Silahkan Bandingkan Harga Kami dengan yang lain! 0877 8185 7176 0877 8186 7176

Ini Dia 5 Keutamaan Dan Keistimewaan Bulan Syawal Yang Harus Diketahui !

Halo sobat zeropromosi ! Setelah bulan Ramadan berlalu, seluruh umat islam akan menyambut datangnya bulan syawal. Yups, bulan syawal adalah yang menjadi pertanda bahwa umat islam telah mencapai hari kemenangan yaitu pada tanggal 1 syawal yang tidak lain merupakan Hari Raya Idul Fitri. Tidak hanya istimewa karena menjadi bulan kemenangan umat Islam tapi bulan syawal juga memiliki banyak sekali keistimewaan yang mendatangkan kebaikan bagi umat islam.

Ini Dia 5 Keutamaan Dan Keistimewaan Bulan Syawal Yang Harus Diketahui  !

Setiap muslim sangat dianjurkan untuk meningkatkan ibadah dan memperbanyak amalan kepada Allah SWT bukan hanya di bulan Ramadan tapi juga bulan syawal. Dengan begitu amalan pada bulan Ramadan tidak hanya berakhir di bulan Ramadan saja tapi terus berlanjut hingga syawal dan bulan berikutnya. Selain sebagai bulan Kemenangan, Bulan Syawal juga memiliki banyak keutamaan dan keistimewaan lain dengan berbagai amalan dan sunah yang bisa dijalankan.

Oleh karena itu kali ini zeropromosi ingin memberitahukan kepada sobat zero, apa saja sih keutamaan dan keistimewaan bulan syawal. Biar ibadahnya makin mantap, yuk langsung aja simak artikel berikut ini sampai selesai !

Bulan Kemenangan Umat Islam

Bulan Kemenangan Umat Islam merupakan salah satu keutamaan dan keistimewaan bulan syawal

Selain Ramadan, bulan syawal juga menjadi bulan yang paling ditunggu oleh umat islam. Karena tepat pada tanggal 1 syawal semua umat islam akan merayakan lebaran atau Hari Raya Idul Fitri. Di tanggal 1 bulan syawal semua umat islam diharamkan untuk berpuasa, mereka semua juga akan kembali ke fitrahnya, dan semua doa akan diampuni di hari ini setelah berpuasa sebulan lamanya di bulan Ramadan.  Hari ini tentu menjadi hari bahagia untuk semua orang islam karena bulan syawal juga menjadi pertanda kemenangan bagi umat muslim yang sudah berhasil berperang melawan hawa nafsu serta berpuasa selama 1 bulan di bulan Ramadan. Saat malam terakhir Ramadan, semua umat islam akan mengumandangkan takbir hingga setelah salat Id. Tentu hal ini membawa begitu banyak kebahagiaan untuk umat islam.

Bulan Silaturahmi

Bulan Silaturahmi merupakan salah satu keutamaan dan keistimewaan bulan syawal

Saat bulan syawal tiba yakni tepatnya Hari Raya Idul Fitri, semua orang akan bersilaturahmi. Umat islam akan berbondong-bondong mengunjungi kerabat dan keluarga untuk silaturahmi (Jangan lupa bawa bingkisan lebaran yaa sobat, Hampers Idul Fitri premium dari zeropromosi bisa jadi pilihan yang tepat. Atau kamu juga bisa berikan Eco Gift Hampers yang lebih terjangkau). Di bulan yang istimewa ini semua orang akan saling bermaaf-maafan. Bahkan banyak orang yang rela untuk mudik atau pulang ke kampung halaman untuk silaturahmi dengan semua anggota keluarga. Jadi tidak heran lagi jika bulan syawal memang memiliki begitu banyak keistimewaan bagi umat islam.

Bulan Peningkatan dan Penyempurna Ibadah

Bulan Peningkatan dan Penyempurna Ibadah merupakan salah satu keutamaan dan keistimewaan bulan syawal

Tidak hanya menjadi bulan kemenangan untuk umat islam, bulan syawal juga menjadi bulan peningkatan iman serta penyempurna ibadah selama bulan Ramadan. Bulan syawal menjadi bulan peningkatan kualitas dan kuantitas ibadah, dimana syawal itu sendiri memiliki arti ‘peningkatan’, tepatnya peningkatan ibadah sebagai hasil pelatihan selama bulan Ramadan. Bulan syawla menjadi saat yang tepat untuk melihat berhasil atau tidaknya penyempurnaan ibadah selama Ramadan. Karena seperti yang kita tau bahwa bulan Ramadan harusnya menjadikan kita sebagai makhluk yang lebih baik lagi. Selain itu, bulan syawal juga hadir untuk menyempurnakan ibadah selama bulan Ramadan (Kalau untuk menyempurnakan momen idul fitri bisa berikan souvenir Mug spesial Idul Fitri ini, momen kumpul bareng keluarga jadi lebih hangat karena minum minuman favorit dengan Mug cantik). Jadi jika ada yang belum bisa dilakukan di bulan Ramadan, bisa dilakukan di bulan syawal seperti misalnya I’tikaf.

Puasa 6 Hari Seperti Satu Tahun

Puasa 6 Hari Seperti Satu Tahun merupakan salah satu keutamaan dan keistimewaan bulan syawal

Salah satu keistimewaan lain dari bulan syawal adalah siapapun yang berpuasa di bulan syawal selama 6 hari maka pahalanya sama seperti puasa satu tahun. Yups, meskipun telah berpuasa selama sebulan yakni di bulan Ramadan, umat islam akan kembali berpuasa di bulan syawal selama 6 hari. Puasa 6 hari atau puasa syawal ini memiliki banyak sekali keutamaan seperti salah satunya yaitu mendapatkan ganjaran dari Allah SWT berupa  pahala berpuasa selama setahun penuh. Seperti yang diriwayatkan dalam hadits shahih Imam Muslim. “Barang siapa berpuasa Ramadhan kemudian dilanjutkan dengan enam hari dari Syawal, maka seperti pahala berpuasa setahun.” (HR. Muslim)

Puasa syawal bisa dikerjakaan pada hari ke dua bulan syawal atau bisa juga dikerjakan secara tidak berurut dan tetap mendapatkan manfaat serta keutamaan yang sama. Puasa ini juga bisa dijadikan sebagai amalan untuk menyempurnakan ibadah di bulan Ramadan loh sobat, jadi sayang banget kalau tidak diamalkan.

Bulan Baik Untuk Menikah

Bulan Baik Untuk Menikah merupakan salah satu keutamaan dan keistimewaan bulan syawal

Keistimewaan lain di bulan syawal adalah menjadi bulan yang sangat baik untuk melangsungkan pernikahan. Sebenarnya setiap hari dan setiap bulan itu baik, hanya saja di bulan syawal ada keistimewaan lain yang tidak ada di bulan lainnya yakni perihal pernikahan. Sebagai seorang muslim pasti kamu sudah gak asing lagi deh sama keistimewaan bulan syawal yang satu ini. Dimana menikah di bulan Syawal merupakan salah satu sunah rasul, karena Nabi Muhammad SAW sendiri menikahi istrinya Sayidah Aisyah RA pada bulan Syawal. Seperti yang dijelaskan dalam hadits muslim dari istri rasul Aisyah RA : “Rasulullah SAW menikahiku saat bulan Syawal dan mengadakan malam pertama dengan aku di bulan Syawal. Manakah istri beliau yang lebih mendapatkan perhatian selain aku?” (HR. Muslim, An Nasa’i). Nah kalau kamu mau menikah, bulan syawal adalah waktu yang tepat. Jangan lupa berikan souvenir terbaik untuk momen terbaik dalam hidupmu, pastikan kamu membelinya di zeropromosi ya. (Baca juga : Inspirasi Souvenir Pernikahan Yang Menarik dan Berkesan disini ).

Siapapun yang melangsungkan pernikahan di bulan Syawal (pada tanggal berapapun di bulan syawal), maka akan mendatangkan kebaikan bagi pasangan dan keluarga yang melaksanakannya. Oleh karena itu tidak heran kenapa banyak yang menikah di bulan syawal alias setelah lebaran. Jadi ada yang mau nikah di bulan syawal gak nih ?

Nah sobat zeropromosi, itulah beberapa keutamaan dan keistimewaan bulan syawal yang sangat penting untuk sobat ketahui. Jadi, mumpung masih bulan syawal yuk tingkatkan lagi ibadahnya.

Sekian dan semoga artikel ini bisa memberikann manfaat untuk sobat zero semua ya. Jangan lupa share artikel ini juga ke teman, kerabat dan keluarga kamu ya. Agar mereka bisa tau dan lebih semangat untuk menyempurnakan ibadah. Terimakasih, selamat lebaran dan mohon maaf lahir batin ya sobat J

» Thanks for reading Ini Dia 5 Keutamaan Dan Keistimewaan Bulan Syawal Yang Harus Diketahui !

0 Response to "Ini Dia 5 Keutamaan Dan Keistimewaan Bulan Syawal Yang Harus Diketahui !"

Posting Komentar

Komentar anda sangat membantu dan kami akan merespon secepatnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Klien Kami