Tubuh Drop Jelang Puasa Ramadhan ? Segera Lakukan 7 Hal Ini !

Halo sobat zeropromosi ! Waah tak terasa yaa sebentar lagi kita akan menyambut bulan suci ramadhan 1443 Hijriyah. Bulan ramadhan menjadi bulan mulia yang dinantikan oleh seluruh umat islam tak terkecuali di Indonesia. Sebelum ramadhan tiba, ada banyak hal yang harus kamu persiapkan lho. Mulai dari perlengkapan ibadah untuk tarawih, rekomendasi menu untuk berbuka dan sahur, souvenir/hampers ramadhan (tas idul fitri dengan cetakan ramadhan seperti ini cocok untuk dijadikan tas bingkisan ramadhan yang berkesan) dan tak kalah penting adalah menyiapkan fisik agar tetap sehat dan siap berpuasa di bulan ramadhan. Kesehatan menjadi hal yang paling penting untuk diperhatikan ya sobat, terlebih saat ini pandemi masih menjadi wabah penyakit di Indonesia.

Tubuh Drop Jelang Puasa Ramadhan ? Segera Lakukan 7 Hal Ini !

Kondisi ini tentu membuat kita harus lebih ekstra dalam menjaga kesehatan agar kuat berpuasa dan terhindar dari paparan virus Covid-19. Bukan hanya kesehatan diri sendiri, kita juga perlu memerhatikan kesehatan anggota keluarga dan orang yang tinggal bersama kita. Dan untuk menjaga kesehatan tidak hanya diperlukan asupan makanan yang seimbang, tapi juga gaya hidup yang sehat. Maka dari itu agar sobat zero tidak drop jelang puasa ramadhan, kamu bisa menerapkan tips menjaga kesehatan tubuh jelang ramadhan yang akan zeropromosi bahas kali ini. Kira-kira apa saja sih yang perlu kamu lakukan ? Yuk langsung aja simak tipsnya di artikel berikut ini ya !

Mulai Kurangi Jumlah Aktivitas merupakan salah satu tips menjaga kesehatan tubuh jelang ramadhan

Mulai Kurangi Jumlah Aktivitas merupakan salah satu tips menjaga kesehatan tubuh jelang ramadhan

Menjelang ramadhan mungkin kita akan disibukan dengan banyaknya aktivitas karena diburu waktu agar bisa selesai sebelum ramadhan. Sebagian besar masyarakat biasanya memilih untuk menyelesaikan semua pekerjaan sebelum ramadhan dengan tujuan agar nantinya ketika ramadhan tiba pekerjaan tidak terlalu banyak dan melelahkan. Tapi perlu kamu sadari justru kebiasaan ini kurang baik karena akan membuat tubuhmu kelelahan, sedangkan untuk menyambut hari pertama berpuasa biasanya diperlukan tenaga ekstra karena harus beradaptasi dengan kebiasaan baru. Maka dari itu dari sekarang kamu bisa cicil untuk mengatur jadwal pekerjaan dan aktivitas mu sehari-hari, usahakan kurangi aktivitas atau kegiatan berlebih yang dapat menguras tenaga dan membuat tubuhmu cepat lelah.

Ubah Pola Tidur merupakan salah satu tips menjaga kesehatan tubuh jelang ramadhan

Ubah Pola Tidur merupakan salah satu tips menjaga kesehatan tubuh jelang ramadhan

Menjelang puasa hari pertama biasanya butuh banyak penyesuaian seperti salah satunya pola tidur. Pola tidur di hari biasa dengan hari di bulan ramadhan tentu berbeda karena saat ramadhan kamu harus bangun sahur dan menunggu adzan subuh. Nah, agar kamu gak kaget dengan perubahan yang terjadi saat ramadhan nanti, kamu bisa mulai mempersiapkan dirimu dengan merubah pola tidur yang lebih teratur. Jika sebelumnya kamu tidur selalu diatas jam 10 malam hingga larut malam, kini kamu harus terbiasa untuk tidur lebih awal dengan waktu tidur sekitar 7-8 jam perhari. Kebiasaan tidur malam atau begadang sangat tidak bagus untuk kesehatan tubuhmu, apalagi saat ramadhan kamu harus bangun lebih awal untuk makan sahur. Perlu kamu tahu, waktu dan kualitas tidur (bantal leher dengan model U seperti ini sangat bagus untuk membantu kamu tidur lebih nyaman dan kualitas tidur jadi lebih baik) juga bisa memengaruhi hormon dalam tubuh lho. Bahkan nafsu makan mu juga bisa bertambah kalau kualitas tidur mu kurang bagus, jadi bawaannya lapar terus deh. Pasti gak mau kan nanti puasanya kurang lancar karena lapar terus hehe.

Perbanyak Minum Air Putih merupakan salah satu tips menjaga kesehatan tubuh jelang ramadhan

Perbanyak Minum Air Putih merupakan salah satu tips menjaga kesehatan tubuh jelang ramadhan

Sebelum ramadhan ataupun saat ramadhan sudah seharusnya kamu menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan perbanyak minum air putih. Apalagi saat ramadhan nanti kamu gak bisa tuh minum di siang bolong karena sedang berpuasa. Oleh karena itu agar tubuh mu tetap terhidrasi, kamu harus terbiasa banyak minum air putih dari sekarang. Bahkan saat ramadhan pun kamu harus banyak minum air putih setelah berbuka dan sahur dengan takaran yang dianjurkan yaitu 2 gelas air putih setelah berbuka, 4 gelas air putih saat makan malam, dan 2 gelas air putih saat sahur. Untuk di malam hari kamu gak harus langsung minum 4 gelas air ya, kamu bisa cicil misalnya 2 gelas saat malam dan 2 gelas saat tarawih. Saat tarawih kamu juga bisa sedia air putih agar tidak harus disela sholat, agar tidak repot kamu bisa membawa botol minum sendiri dari rumah yang kira-kira cukup untuk menampung  2 gelas air atau lebih (Tumbler Cruise sangat tepat dijadikan pilihan, kapasitasnya besar tapi ringan dan praktis dibawa saat tarawih). Dengan begitu kamu ga perlu repot beli air minum diluar dan kebutuhan cairan tubuh juga terpenuhi.

Konsumsi Buah dan Sayur merupakan salah satu tips menjaga kesehatan tubuh jelang ramadhan

Konsumsi Buah dan Sayur merupakan salah satu tips menjaga kesehatan tubuh jelang ramadhan

Untuk menjaga kesehatan tubuh mu jelang ramadhan, kamu perlu merubah gaya hidup yang bisa dimulai dari makanan yang kamu makan setiap harinya. Kenapa makanan?  Karena makanan mengandung sejumlah nutrisi yang akan memberikan stamina untuk tubuh kita, jadi kamu harus mengkonsumsi makanan dengan nutrisi yang cukup. Selain makan makanan pokok seperti nasi dan lauk pauk, kamu juga harus banyak makan buah dan sayur agar nutrisinya semakin lengkap. Dengan nutrisi yang tepat dan cukup bisa mempertahankan stamina dan meningkatkan kekebalan tubuh. Jadi puasa hari pertama nya juga gak bakalan lemes-lemes amat deh. Apalagi sekarang masih pandemi, asupan nutrisi mu harus diperhatikan dengan baik yaa. Jika sudah berpuasa pun kamu harus memerhatikan asupan nutrisi yang kamu makan, jadi tubuh gak lemes dan puasa jadi lebih lancar deh.

Hindari Makanan Berlemak merupakan salah satu tips menjaga kesehatan tubuh jelang ramadhan

Hindari Makanan Berlemak merupakan salah satu tips menjaga kesehatan tubuh jelang ramadhan

Sebelum puasa ramadhan biasanya banyak orang akan merayakannya dengan cara makan makanan yang mereka suka karena nantinya mereka harus menunggu waktu berbuka terlebih dahulu. Hal ini tidak disalahkan tapi kamu perlu membatasi makanan yang kamu konsumsi, apalagi kalau dimakan sehari sebelum puasa. Karena seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, makanan yang kita makan itu mengandung nutrisi yang akan mempengaruhi kesehatan tubuh. Jadi kamu harus perhatikan jenis makanan yang kamu makan dengan benar seperti salah satunya hindari makanan yang berlemak. Makanan yang berlemak itu lebih sulit unuk dicerna sehingga organ tubuh harus bekerja lebih ekstra dan tubuh membutuhkan lebih banyak tenaga. Hal ini tentu akan membuat tubuhmu jadi kurang nyaman dan dapat memicu kenaikan berat badan karena rasa lapar yang terus datang . Akhirnya kamu jadi cepat merasa capek dan males-malesan deh pas puasa, pasti gamau kan jadi gak produktiv saat puasa.

Minum Suplemen/Vitamin Jika Perlu merupakan salah satu tips menjaga kesehatan tubuh jelang ramadhan

Minum Suplemen/Vitamin Jika Perlu merupakan salah satu tips menjaga kesehatan tubuh jelang ramadhan

Agar tubuhmu tetap sehat dan bugar jelang puasa, kamu juga bisa kok mengkonsumsi suplemen atau vitamin yang berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh. Suplemen/vitamin akan membuat tubuhmu mendapatkan perlindungan ekstra karena nutrisi yang ada di dalamnya. Jadi tubuhmu tetap sehat, daya tahan tubuh meningkat dan bisa terhindar dari paparan virus covid-19. Selain minum suplemen/vitamin, kamu juga harus menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker dan selalu mencuci tangan setelah melakukan aktivitas atau memegang benda (Penggunaan handsanitizer spray seperti ini bisa menjadi alternatif ketika beraktivitas di luar rumah, lihat detailnya disini). Dengan menerapkan protokol kesehatan, maka tubuh jadi terlindungi dan puasa mu insyaallah lancar.

Rutin Olahraga merupakan salah satu tips menjaga kesehatan tubuh jelang ramadhan

Rutin Olahraga merupakan salah satu tips menjaga kesehatan tubuh jelang ramadhan

Tips terakhir yang bisa kamu terapkan untuk menjaga tubuh agar tetap sehat jelang puasa adalah rutin berolahraga. Bukan hanya sebelum puasa, saat berpuasa pun kamu harus tetap rutin berolahraga lho. Tidak perlu melakukan gerakan olahraga yang ekstra, kamu bisa lakukan gerakan olahraga yang ringan-ringan saja. Manfaat olahraga sudah sangat jelas, jadi kamu pasti paham dong manfaatnya untuk apa. Untuk waktu berolahraga yang tepat ketika berpuasa bisa dilakukan saat sore hari menjelang berbuka puasa. Jadi kalau udah capek pas olahraga gak perlu nunggu lama untuk berbuka puasa hehe.

Nah sobat zeropromosi, itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh jelang bulan ramadhan. Tips ini bisa kamu lakukan agar tidak drop sebelum ramadhan ataupun saat ramadhan.

 Sekian dan semoga artikel yang kami tulisan ini bisa menjadi sumber informasi yang bermanfaat untuk sobat zero semua ya. Jangan lupa share artikel ini juga ke semua teman mu agar mereka juga tau bagaimana cara untuk menjaga kesehatan jelang ramadhan. Yuk cari tahu tips-tips dan artikel menarik lainnya di zeropromosi.com, terimakasih dan selamat menyambut bulan ramadhan!😁

» Thanks for reading Tubuh Drop Jelang Puasa Ramadhan ? Segera Lakukan 7 Hal Ini !

18 Responses to "Tubuh Drop Jelang Puasa Ramadhan ? Segera Lakukan 7 Hal Ini !"

  1. Mantap, untuk jaga imun

    BalasHapus
    Balasan
    1. smoga bermanfaat. terima kasih atas kunjungannya ☺️

      Hapus
  2. Wahhh pas banget nih minggu" ini cepet banget ngedrop, makasih banyak ya min infonya sangat bermanfaat 👍🏻

    BalasHapus
    Balasan
    1. smoga bermanfaat. terima kasih atas kunjungannya ☺️

      Hapus
  3. wah mantap nemu artikel ini, makasih min infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. smoga bermanfaat. terima kasih atas kunjungannya ☺️

      Hapus
  4. Makasihhh min sangat bermanfaat infonya dibulan puasa ini 🥰

    BalasHapus
    Balasan
    1. smoga bermanfaat. terima kasih atas kunjungannya ☺️

      Hapus
  5. Thank you min buat info2nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. smoga bermanfaat. terima kasih atas kunjungannya ☺️

      Hapus
  6. Balasan
    1. smoga bermanfaat. terima kasih atas kunjungannya ☺️

      Hapus
  7. Tipsnya sangat membantu 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. smoga bermanfaat. terima kasih atas kunjungannya ☺️

      Hapus
  8. Sangatt bermanfaat sekali tipsnya ☺️

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak. terima kasih atas kunjungannya ☺️

      Hapus

Komentar anda sangat membantu dan kami akan merespon secepatnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Klien Kami