Silahkan Bandingkan Harga Kami dengan yang lain! 0877 8185 7176 0877 8186 7176

Ini Dia Hikmah Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW !

Halo sobat zeropromosi ! Maulid Nabi merupakan salah satu moment hari besar islam yang sangat diistimewakan oleh seluruh umat islam tak terkecuali di Indonesia. Maulid Nabi merupakan moment peringatan dan perayaan atas lahirnya Baginda Rasulullah Muhammad SAW. Peringatan ini sebenarnya baru ada dan menjadi tradisi yang dikembangkan jauh setelah wafatnya Rasulullah ﷺ. Umat islam biasanya memperingati hari kelahiran Nabi setiap tanggal 12 Rabiul Awal dalam penanggalan tahun hijriah, tepat saat dimana Nabi Muhammad SAW dilahirkan ke dunia. Seperti yang ditinjau dalam sejarah, seorang pimpinan Dinasti Ayyubiah yakni Salahuddin Al Ayyubi mengimbau agar kelahiran Rasulullah ﷺ dirayakan secara massal pada 12 Rabiul Awal. Oleh karena itu hingga kini peringatan ini diperingati dan dirayakan dengan meriah setiap tahunnya oleh umat islam sebagai bentuk ekspresi kegembiraan dan juga penghormatan kepada Baginda Rasulullah ﷺ.

Ini Dia Hikmah Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW !

Biasanya umat islam khusunya di Indonesia akan memperingati maulid Nabi ini dengan mengadakan berbagai macam acara seperti pengajian, da’wah, dan acara keagamaan lainnya. maulid Nabi juga diikuti oleh semua kalangan usia mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, semua bergembira menyambut moment kelahiran sosok penting bagi orang muslim yakni Nabi Muhammad SAW yang menjadi suri tauladan bagi semua umat manusia. Namun dibalik kemeriahan acara maulid Nabi tiap tahunnya bukan hanya semata-mata untuk memperingati hari kelahiran beliau saja melainkan memiliki tujuan serta hikmah lain di dalamnya. 

Dan kali ini Zeropromosi juga telah merangkum beberapa hikmah dalam memperingati peringatan maulid Nabi Muhammad SAW. Agar kita lebih banyak tahu dan rasa cinta kita kepada Baginda Rasulullah Muhammad SAW semakin tebal, yuk simak artikelnya sampai selesai !

Waktu Untuk Bergembira

Waktu Untuk Bergembira merupakan salah satu hikmah memperingati peringatan maulid nabi

Peringatan maulid Nabi menjadi moment yang membawa kebahagiaan dan kegembiraan untuk seluruh umat islam di dunia sebab pada tanggal 12 Rabiul Awal tahun Gajah atau tahun 570 Masehi telah lahir suri tauladan umat islam yakni Nabi Muhammad SAW yang menjadi suri tauladan bagi umat islam. Nabi Muhammad SAW lahir di kota Mekkah dan membawa kebahagian untuk semua orang saat itu. Oleh karena itu umat islam saat ini juga sudah semestinya merasakan kegembiraan saat moment peringatan maulid Nabi ini tiba. Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an :
قُلْ بِفَضْلِ اللَّهِ وَبِرَحْمَتِهِ فَبِذَٰلِكَ فَلْيَفْرَحُوا هُوَ خَيْرٌ مِمَّا يَجْمَعُونَ
“Katakanlah: “Dengan karunia Allah dan rahmat-Nya, hendaklah dengan itu mereka bergembira. Itu adalah lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan”. Perintah bergembira yang dimaksud adalah perintah bergembira akan lahirnya sosok Rasulullah SAW yang menjadi rahmat bagi semesta alam, termasuk kita umat manusia. Oleh karena itu sangat disayangkan jika ada yang tidak ikut serta merasakan dahsyatnya suasana haru dan bahagia saat acara maulid Nabi. Belum lagi acara-acara yang diadakan di iringi dengan shalawat dan tabuhan alat music rebana serta hadro membuat hati semakin tersentuh bahagia. 
Biasanya dimalam maulid di beberapa tempat pasti mengadakan acara Pawai Obor, biasanya terdapat panitia yang membatu mengamankan acara pawai agar berjalan lancer. Nah buat kalian nih yang masih bingung menentukan pin kepoanitiaan acara di zeropromosi kami menyediakan Pin Cermin Gantungan Kunci yang bisa kalian custom sesuai dengan acara maulid nabi, selain harganya yang murah pin ini juga terdapat cermin di sisi belakang jadi tambah terlihat kece deh.

Memperbanyak Shalawat Kepada Rasulullah

Memperbanyak Shalawat Kepada Rasulullah merupakan salah satu hikmah memperingati peringatan maulid nabi

Maulid Nabi biasanya diperingati dengan cara mengadakan berbagai acara keagamaan seperti pengajian dan da’wah. Selain itu acara-acara dan moment ini juga akan mendorong setiap umat islam untuk memperbanyak membaca shalawat kepada Nabi. Karena seperti yang kita tahu membaca shalawat kepada Nabi Muhammad memiliki banyak sekali keutamaan seperti menjalankan perintah Allah SWT, mendapatkan balasan pahala yang berlipat ganda, dihapus dosa-dosanya, dimudahkan menuju jalan surga hingga mendapatkan syafaat Nabi Muhammad SAW di akhirat nanti. Semakin banyak kita bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW maka akan semakin baik, sebab shalawat itu sendiri merupakan doa dan pujian untuk Nabi Muhammad SAW. Seperti yang dijelaskan dalam Al-Qur'an surat Al-Ahzab ayat 56, Allah SWT berfirman sebagai berikut:
إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا
Artinya : "Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bersalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya." 
Nah biasanya disetiap tempat pasti terdengar suara gema solawat indah untuk Nabi Muhammad SAW, baik lantunan speaker ataupun dengan marawis dan hadroh. Buat kalian yang masih binggung nih buat cari speaker yang mudah di bawa kemana – mana, di zeropromosi Souvenir BTSPK08 Nova Speaker Bluetooth Portable Custom Premium bisa jadi salah satu referensi nih buat sobat, selain ukurannya yang portable design nya yang unik membuat tampilanya semakin terlihat keren.

Menebalkan Rasa Cinta Kepada Rasulullah

Menebalkan Rasa Cinta Kepada Rasulullah merupakan salah satu hikmah memperingati peringatan maulid nabi

Saat peringatan maulid Nabi atau kelahiran Nabi Muhammad SAW tiba, umat islam dianjurkan untuk membaca shalawat dan melantunkan pujian serta doa setiap saat kepada Rasulullah. Moment maulid Nabi ini adalah moment kelahiran sosok mulia yang menjadi suri tauladan umat islam di seluruh dunia. Oleh karena itu moment ini bisa kembali mengingatkan pada semua umat islam akan hari lahirnya seseorang yang istimewa dan sangat berpengaruh dalam sejarah umat manusia. Dengan memperingati moment maulid Nabi kita bisa kembali mengingat dan menghormati Baginda Rasulullah, kita juga bisa kembali meneguhkan serta menebalkan rasa cinta kepada Nabi Muhammad SAW dengan mengikuti ajarannya dan melakukan hal-hal baik lainnya. Mencintai dan mengagungkan Nabi Muhammad SAW adalah sebuah kewajiban bagi umat islam, seperti yang dijelaskan dalam Al-Qur’an QS. Ali 'Imran Ayat 31 :  
قُلْ اِنْ كُنْتُمْ تُحِبُّوْنَ اللّٰهَ فَاتَّبِعُوْنِيْ يُحْبِبْكُمُ اللّٰهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوْبَكُمْ ۗ وَاللّٰهُ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ
“Katakanlah (Muhammad), “Jika kamu mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mencintaimu dan mengampuni dosa-dosamu.” Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Meneladani  Sifat Rasulullah

Meneladani  Sifat Rasulullah merupakan salah satu hikmah memperingati peringatan maulid nabi

Hikmah lain dari kegiatan memperingati maulid Nabi adalah meneladani sifat, perilaku dan perbuatan Nabi Muhammad dala segala aspek baik itu kehidupan sehari-hari ataupun aktualisasi diri. Nabi Muhammad juga merupakan sosok penyempurna akhlak dan penegak hak sesama, beliau senantiasa menolong orang lain dan bersyukur. Beliau bisa menjadi sosok panutan dan tauladan bagi semua orang terutama anak-anak jaman sekarang. Karena seperti yang kita tahu jaman sudah semakin maju, banyak teknologi baru dibuat yang membuat anak-anak hingga orang dewasa lupa akan kewajiban mereka. Semua orang baik pria dan wanita, anak-anak hingga orang dewasa juga bisa meneladani sifat dan perilaku Rasulullah. 
Salah satu sifat yang harus kalian teladani yaitu bersedekah, buat kalian yang ingin bersedekah kalian bisa banget loh menggunakan kantong Goody bag ataupun spunbond bag yang bisa kalian isi dengan apapun, dengan begitu kalian membantu menjaga kelestarian alam kita ini. Dengan begitu kecintaan kita kepada beliau juga semakin bertambah dan tentu saja kehidupan akan menjadi lebih baik. Tak lupa, kebajikan apapun yang dilakukan pasti akan mendapatkan balasan, begitu juga saat kita berusaha menjadi seseorang yang beriman dan cinta kepada Rasulullah.

Melanjutkan Perjuangan Rasulullah

Melanjutkan Perjuangan Rasulullah  merupakan salah satu hikmah memperingati peringatan maulid nabi

Hikmah yang terakhir dalam memperingati peringatan maulid Nabi tentunya melanjutkan perjuangan Rasulullah. Rasulullah pernah bersabda, “Sesungguhnya aku diutus tidak lain adalah untuk menyempurnakan akhlak” (HR. Ahmad, Malik dan Al-Bukhari dalam Al-Adab Al-Mufrad). Hadits ini  menunjukkan bahwa Rasulullah serta agama yang beliau sebarkan bertujuan mengajarkan umatnya untuk berperilaku baik. Cerita perjuangan Rasulullah mungkin sudah sangat sering kita dengar, beliau berda’wah untuk mengajarkan kepada seluruh umatnya untuk berperilaku baik seperti mengikuti Al-Qur’an dan sunnah-sunnah yang ada.Dan seperti yang kita tahu acara maulid Nabi biasanya dimeriahkan dengan berbagai kegiatan keagamaan seperti pengajian, membaca shalawat bersama hingga mendengarkan da’wah dan lainnya. Lewat peringatan maulid Nabi ini kita bisa menjadi bagian dari misi Nabi Muhammad SAW untuk melakukan da’wah dan menyebarkan kebaikan. Dari peringatan maulid Nabi kita juga bisa mendapatkan banyak ilmu saat mendengarkan da’wah kyai, ustadz, ataupun ulama dan lainnya. Dengan ikut serta memperingati maulid Nabi kita menjadi bagian dari misi perjuangan da’wah beliau, belum lagi jika kita mengamalkan semua yang kita sehingga inshaallah keimanan dalam diri kita akan semakin sempurna.

Nah sobat zeropromosi itulah beberapa hikmah saat memperingati peringatan maulid Nabi Muhammad SAW yang perlu kamu ketahui. Jadi bukan hanya menjadi sebuah perayaan semata, kita bisa menjadikan moment kelahiran Nabi Muhammad SAW untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.

Demikian artikel yang kami tulis semoga bisa memberikan manfaat serta menginspirasi sobat zero semua untuk terus bershalawat dan menebalkan rasa cinta kepada Rasulullah. Terimakasih sudah membaca dan jangan lupa untuk share artikel ini juga ke semua teman, kerabat dan keluarga kamu ya. Sampai jumpa di artikel berikutnya dan selamat menyambut moment peringatan maulid Nabi Muhammad SAW bagi yang merayakan, ya ! 😁

» Thanks for reading Ini Dia Hikmah Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW !

14 Responses to "Ini Dia Hikmah Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW ! "

Komentar anda sangat membantu dan kami akan merespon secepatnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *