Silahkan Bandingkan Harga Kami dengan yang lain! 0877 8185 7176 0877 8186 7176

7 Jajanan Khas Ramadhan Yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan !

Halo sobat zeropromosi ! Akhirnya kita kembali memasuki bulan suci ramadhan, bulan penuh berkah yang selalu dinantikan oleh seluruh umat islam. Di bulan ramadhan semua umat islam akan mulai berpuasa selama satu bulan penuh, tak hanya menahan haus dan lapar kita juga harus menahan nafsu dan amarah. Meskipun harus berpuasa seharian penuh selama satu bulan, rasanya semua ini sangat menyenangkan lho apalagi bulan puasa punya suasana dan vibes yang berbeda dari bulan lainnya. Apalagi saat puasa akan ada banyak sekali makanan khas yang bisa kita rasakan hanya di bulan puasa.

7 Jajanan Khas Ramadhan Yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan !

Seperti contohnya kolak yang pasti ada saat bulan puasa, kalau dimakan di hari lain selain bulan puasa rasanya jadi kurang nikmat dan kurang pas gitu ya sobat. Bicara soal makanan khas bulan ramadhan, Indonesia sendiri punya banyak sekali makanan/jajanan takjil yang bisa kita nikmati saat berbuka puasa nanti. Biasanya sebelum maaghrib banyak orang yang mulai keliling ngabuburit menunggu adzan maghrib sembari mencari takjil khas ramadhan, mulai dari yang di pinggir jalan, toko-toko hingga tempat pasar akan ramai dikunjungi para pencari takjil hihi.

Nah supaya kamu gak jajan takjil yang itu-itu aja, kali ini minzer akan berikan rekomendasi jajanan khas ramadhan yang gak boleh kamu lewatkan. Yuk cek daftar nya disini !

Kolak merupakan salah satu jajanan khas ramadhan yang gak boleh dilewatkan

Kolak merupakan salah satu jajanan khas ramadhan yang gak boleh dilewatkan

Yang pertama dan yang pasti wajib kamu coba sebagai takjil bukaan puasa adalah kolak. Yups, makanan dengan cita rasa manis dan gurih ini jadi incaran banyak orang ketika bulan ramadhan. Makanan yang disajikan dengan kuah santan dan gula merah ini memiliki rasa manis yang pas, memiliki beberapa isian seperti potongan buah pisang, singkong, kolang-kaling atau biji salak. Beberapa penjual ada yang membuat isian ini bersamaan atau dipisah-pisah agar bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Jadi kamu suka kolak apa nih ? Kalau makan kolak jangan lupa sedia air putih ya sobat karena biasanya ada kolak yang cukup kental dengan rasa manis yang bisa bikin tenggorokan jadi gampang seret. Gunakan aneka macam tumbler dari zeropromosi agar kamu bisa sedia air putih setiap saat.

Kue Putu Mayang merupakan salah satu jajanan khas ramadhan yang gak boleh dilewatkan

Kue Putu Mayang merupakan salah satu jajanan khas ramadhan yang gak boleh dilewatkan

Buat kamu pecinta manis pasti happy banget nih karena saat ramadhan banyak sekali makanan khas ramadhan yang bercita rasa manis seperti kue putu mayang. Kue cantik asal betawi yang selalu disajikan ketika bulan ramadhan, rasanya berbuka akan kurang afdol kalau gaada kue cantik berbentuk mie ini. Kue putu mayang terbuat dari tepung kanji atau tepung beras yang diuleni dengan air mendidih kemudian akan dibentuk seperti kerupuk mie bulat. Setelah itu kue akan dikukus dan disirami dengan kuah manis kinca yang terbuat dari gula merah/aren dan santan yang juga diberikan sedikit kelapa parut. Wahhh ga kebayang deh nikmatnya manis dan legit dari santan nih, auto bikin ngiler.

Pacar Cina merupakan salah satu jajanan khas ramadhan yang gak boleh dilewatkan

Pacar Cina merupakan salah satu jajanan khas ramadhan yang gak boleh dilewatkan

Next masih makanan khas ramadhan dari Betawi, kali ini ada bubur pacar cina. Eits ini bukan berarti makanannya punya pacar ya hehe, makanan ini merupakan makanan khas orang Betawi yang terbuat dari tapioka dengan bentuk seperti butiran kecil layaknya mutiara. Makanan ini juga sering disebut dengan sagu mutiara, butiran-butiran setengah transparan ini nantinya akan dimasak dengan cara direbus dan disajikan bersamaan dengan kuah santan manis seperti kolak, biar makin seger bisa tambahkan es batu. Warna-warni dari pacar cina membuat makanan khas ramadhan ini lebih cantik dan menarik, buat yang belum punya pacar mungkin bisa coba pacar cina dulu nih hihihi ( Baca juga rekomendasi souvenir ramadhan dan idul fitri yang bisa kamu berikan ke doi dan orang tersayang disini).

Kicak merupakan salah satu jajanan khas ramadhan yang gak boleh dilewatkan

Kicak merupakan salah satu jajanan khas ramadhan yang gak boleh dilewatkan

Jajanan lain yang juga gak boleh kamu lewatkan ketika puasa ramadhan adalah kicak atau getuk kicak, makanan khas Jepara yang bisa kamu dapatkan saat bulan ramadhan. Getuk kicak biasanya terbuat dari bahan parutan ubi singkong yang diberi warna, nantinya adonan akan dibentuk dan disajikan dengan parutan kelapa bisa juga ditambah saus kinca yang manis. Perpaduan rasa manis dan gurih sangat pas di lidah orang Indonesia yang suka berbuka dengan makanan manis.

Kurma  merupakan salah satu jajanan khas ramadhan yang gak boleh dilewatkan

Kurma  merupakan salah satu jajanan khas ramadhan yang gak boleh dilewatkan

Meskipun bukan termasuk jajanan, kurma  menjadi salah satu yang paling banyak dicari ketika bulan ramadhan. Kurma merupakan salah satu buah asal Arab yang di anjurkan Rasulullah untuk dikonsumsi ketika berbuka puasa. Dalam hadits riwayat Abu Dawud, Rasulullah SAW bersabda, "Apabila salah seorang di antara kalian berbuka, maka berbukalah dengan kurma , sebab kurma itu mendatangkan berkah. Namun apabila tidak ada, berbukalah dengan air karena air itu mensucikan (bersih)." Minum air itu penting ya guys jadi jangan lupa untuk minum air apalagi setelah makan makanan manis (Gunakan mug keramik custom idul fitri cantik dari zeropromosi, klik disini untuk lihat detailnya) .

Nabi Muhammad SAW juga menganjurkan untuk makan kurma dalam jumlah ganjil seperti 1, 3, 5, 7 dst karena makan kurma dalam jumlah ganjil atau genap memberi efek yang berbeda. Jika mengonsumsi dalam jumlah genap akan menghasilkan gula dalam darah dan potassium tanpa memberikan banyak energi. Tapi jika dimakan dalam jumlah ganjil dapat melindungi otak dari stres oksidatif dan peradangan, tubuh juga dapat mengubahnya menjadi karbohidrat sehingga makan kurma jumlah ganjil dapat menambah energi dan mengembalikan stamina dalam tubuh setelah berpuasa.

Es Kelapa merupakan salah satu jajanan khas ramadhan yang gak boleh dilewatkan

Es Kelapa merupakan salah satu jajanan khas ramadhan yang gak boleh dilewatkan

Beralih dari makanan ke minuman, es kelapa menjadi salah satu minuman segar yang bisa kamu pilih untuk berbuka nanti. Meskipun es kelapa bisa didapatkan kapan saja selain bulan ramadhan, es kelapa jadi pilihan nomor 1 yang disukai banyak orang karena rasanya yang menyegarkan. Apalagi sekarang juga banyak es kelapa yang dicampur dengan berbagai sirup berasa sehingga kamu gak akan bosan minum es kelapa yang original.

Es Timun Suri merupakan salah satu jajanan khas ramadhan yang gak boleh dilewatkan

Es Timun Suri merupakan salah satu jajanan khas ramadhan yang gak boleh dilewatkan

Next ada es timun suri, es yang cuma ada di bulan ramadhan jadi kamu gaboleh lewatkan yang satu ini. Es timun suri terbuat umumnya mirip dengan es kelapa yang disajikan dengan kuah gula atau sirup, namun bedanya es ini menggunakan potongan buah timun suri yang banyak ditemukan saat bulan ramadhan aja. Timun suri yang lembut dan memiliki rasa manis adem ini bikin buka puasa jadi makin seger. Kamu juga bisa membuat es timun suri sendiri lho di rumah, hanya dengan potongan buah timun suri yang di campur kedalam air gula yang sudah dimasak sebelumnya. Kamu juga bisa tambahkan topping lain seperti biji selasih, sirup favorit atau perisa dan buah lainnya.

Nah sobat zeropromosi itulah beberapa jajanan khas ramadhan yang wajib kamu coba, kira-kira yang mana nih yang mau kamu cari untuk bukaan nanti ? Atau kamu punya rekomendasi makanan lain yang gak kalah enak untuk dijadikan menu bukaan atau takjil ? Yuk komen dibawah.

Selain siapin takjil, kamu juga bisa nih mulai siapkan souvenir dan hamper untuk idul fitri nanti. Kamu bisa dapatkan aneka macam souvenir idul fitri dan hampers menarik di Zeropromosi, ada Souvenir Premium Hampers Lebaran Idul Fitri yang bisa kamu dapatkan disini, ada juga Giftbox Eco Hampers Idul Fitri Bingkisan Lebaran yang lebih terjangkau. Mau yang lebih hemat ? Langsung aja order Souvenir Mug Idul Fitri dan Tas Idul Fitri yang bisa kamu custom disini, ada promo menarik untuk kamu lho !

Butuh Souvenir Ramadhan dan Idul Fitri ? Ingat Zeropromosi !

» Thanks for reading 7 Jajanan Khas Ramadhan Yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan !

2 Responses to "7 Jajanan Khas Ramadhan Yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan ! "

  1. Bener bangt
    Alhamdulillah tahun ini saya dikasih rezeki bisa nikmatin menu menu ramadhan , semoga tahun tahun berikutnya masih bisa bertemu ramadhan

    BalasHapus

Komentar anda sangat membantu dan kami akan merespon secepatnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Klien Kami