Ini Dia 5 Manfaat Mengikuti Upacara Bendera Yang Perlu Kamu Tahu !

Sobat zeropromosi - Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia akan tiba dalam beberapa hari lagi. Biasanya moment ini akan di sambut dan dirayakan dengan meriah, seluruh masyarakat di berbagai daerah di Indonesia hingga WNI yang sedang di luar negeri pun ikut serta memeriahkan nya. Ada banyak cara yang dilakukan masyarakat Indonesia untuk memperingati dan memeriahkan Hari Kemerdekaan RI. Mulai dari memasang hiasan pernak-pernik merah putih khas Kemerdekaan, memasang umbul-umbul, menghias kampung, mengadakan acara  hiburan, mengadakan perlombaan dan yang gak boleh ketinggalan adalah mengadakan upacara bendera bersama.

Ini Dia 5 Manfaat Mengikuti Upacara Bendera Yang Perlu Kamu Tahu

Yups, upacara bendera menjadi kegiatan yang paling penting dan utama nih saat Hari Kemerdekaan tiba. Biasanya pemerintah juga mengadakan upacar bendera di beberapa tempat seperti gedung pemerintah atau istana negara. Masyarakat mulai dari anak-anak hingga orang dewasa juga ikut serta mengadakan upacara bendera lho. Jika masih duduk di bangku sekolah biasanya pihak sekolah juga akan mengadakan upacara bendera. Bukan hanya saat memperingati Hari Kemerdekaan, tapi upacara bendera juga dilakukan setiap seminggu sekali pada hari senin pagi.

Tapi sobat zero ada yang tahu gak nih, ternyata upacara bendera dilakukan bukan hanya sebagai aktifitas biasa saja lho, melainkan memiliki banyak sekali manfaat untuk kehidupan sehari-hari terutama dalam berbangsa dan bernegara. Nah, agar sobat zero lebih tau dan dapat memahami makna upacara bendera, kali ini zeropromosi akan memberitahu apa saja manfaat dari mengikuti upacara bendera. Yuk simak manfaatnya di artikel berikut ini !

Melatih Keberanian dan Jiwa Kepemimpinan

Melatih Keberanian dan Jiwa Kepemimpinan merupakan salah satu manfaat mengikuti upacara bendera

Setiap pelaksanaan upacara bendera pasti akan ada pembagian tugas siapa saja yang akan menjadi petugas upacara. Jika di sekolah biasanya petugas upacara terdiri dari pemimpin upacara, pengibar bendera, pembawa Naskah Pancasila, pembaca Teks Pembukaan UUD 1945, pemimpin lagu/dirigen hingga kelompok paduan suara dan banyak lagi. Nah dalam setiap pembagian tugas ini tentu ada beberapa orang yang mau dan tidak mau ketika ditunjuk, terlebih lagi jika ditunjuk untuk menjadi pemimpin upacara. Sebab tugas dari seorang pemimpin upacara adalah memipin kegiatan upacara agar bisa berjalan dengan baik. Tapi tidak semua orang berani untuk menjadi pemimpin upacara karena harus berada di paling depan dan diperhatikan oleh banyak orang. Oleh karena itu ketika ditunjuk untuk menjadi petugas upacara bendera , maka hal ini bagus untuk melatih keberanian dan jiwa kepemimpinan kamu. Bukan hanya saat di sekolah tapi juga saat di luar sekolah entah itu saat masa kuliah, bekerja dan di lingkungan sekitar. Dengan mengikuti upacara bendera kamu bisa belajar untuk menjadi seorang pemimpin yang baik. Siapa nih yang sering di tunjuk untuk jadi petugas upacara ?

Membiasakan Diri Untuk Disiplin

Membiasakan Diri Untuk Disiplin merupakan salah satu manfaat mengikuti upacara bendera

Upacara bendera biasanya dilakukan dengan aturan dan susunan yang telah ditentukan. Setiap petugas dan peserta upacara di wajibkan untuk mengikuti sejumlah aturan dan sususan acara dengan baik hingga selesai. Maka dari itu upacara bendera yang dilakukan setiap hari senin dan di hari tertentu ini juga sangat bermanfaat untuk membiasakan diri agar lebih disiplin. Saat disekolah jika ada yang tidak bisa mengikuti upacara dengan baik maka guru akan memisahkan barisan nya. Jadi jangan sampai kamu terus-terusan kena hukuman karena tidak mengikuti upacara dengan baik ya.

Memupuk Rasa Sosial dan Kebersamaan

Memupuk Rasa Sosial dan Kebersamaan merupakan salah satu manfaat mengikuti upacara bendera

Saat mengadakan upacara bendera di sekolah biasanya petugas upacara akan di gilir berganti dari kelas satu ke kelas lainnya. Semua murid akan berkumpul di satu lapangan yang sama untuk mengikuti upacara bendera dengan khikmat. Begitu juga saat mengikuti upacara bendera selain di sekolah, semua orang akan berkumpul di lapangan yang sama sehingga secara tidak langsung kegiatan ini akan memupuk rasa sosial dan kebersamaan. Jika rasa ini ada maka upacara bendera pasti akan berjalan dengan lancar karena setiap orang bisa bekerja sama dengan baik. Meskipun ada sebuah kesalahan ketika upacara bendera berlangsung, dengan rasa sosial dan kebersamaan tentu tidak akan terjadi kericuhan apalagi mentertawakannya.
Kalian pasti lagi persiapan untuk acaran 17an kan? Lagi sibuk nyari souvenir juga? Nyari souvenir yang identik warna merah putih atau bisa dicetak full colour tema kemerdekaan? Nah mau tahu apa aja sih yang bisa dijadikan souvenir 17an? Yuklah kita simak video ini bareng-bareng.


Terbiasa Tampil Rapi

Terbiasa Tampil Rapi merupakan salah satu manfaat mengikuti upacara bendera

Hayooo siapa nih yang pernaah dihukum karena gak rapih pas upacara, entah kurang dasi lah, topi, kaus kaki salah dan banyak lagi. Untuk sebagian besar anak sekolah yang tidak terbiasa mungkin akan merasa ribet, padahal aslinya upacara bendera ini bisa memberikan manfaat untuk diri sendiri di kemudian hari lho. Salah satunya adalah membiasakan diri untuk senantiasa berpenampilan rapih. Jika kita telah terbiasa menggunakan pakaian rapih lengkap dengan atribut yang seharusnya, maka kebiasaan ini akan terbawa hingga seterusnya. Jika penampilan rapih maka orang-orang juga akan menilai kamu memiliki kredibilitas dan integritas yang tinggi. Hal ini sangat berpengaruh terhadap personal branding kamu lho.

Menumbuhkan Jiwa Nasionalisme

Menumbuhkan Jiwa Nasionalisme merupakan salah satu manfaat mengikuti upacara bendera

Manfaat yang paling penting ketika mengikuti upacara bendera adalah dapat menumbuhkan jiwa nasionalisme terutama pada pelajar dan penerus bangsa. Terlebih lagi saat pengibaran bendera, semua peserta upacara akan melakukan sikap sempurna sebagai bentuk hormat terhadap Sang Merah Putih serta untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah merebut Kemerdekaan dari para penjajah. Oleh karena itu lewat upacara bendera yang rutin dilakukan ini bisa meningkatkan rasa nasionalisme seseorang.
Oh ya, Tunjukkan rasa nasionalis kamu melalui mug 17 Agustus atau mug merah putih ini. designnya keren2 loh!
terus bisa custom nama kamu juga nih
saatnya katakan : AKU INDONESIA !! pemesanan bisa di :
https://tokopedia.link/NguRsaVwzrb
https://shopee.co.id/zeropromosi/18208121800

Nah sobat zeropromosi, itulah beberapa manfaat mengikuti upacara bendera yang perlu kamu ketahui. Berhubung sebentar lagi tiba Hari Kemerdekaan RI, jangan lupa untuk mengikuti upacara bendera ya. Meskipun tidak bisa mengikuti upacara secara langsung, kamu bisa kok menyaksikannya lewat televisi atau media sosial. Jangan lupa ajak anggota keluarga yang lain ya, tetap terapkan protoko; kesehatan agar semua aman dan sehat.

Sekian dan semoga artikel ini bisa memberikan manfaat ya. Jangan lupa untuk share artikel ini juga ke semua teman, kerabat dan keluarga kamu agar mereka tau betapa pentingnya mengikuti upacara bendera. Terimakasih sudah membaca dan sampai jumpa di artikel berikutnya !

» Thanks for reading Ini Dia 5 Manfaat Mengikuti Upacara Bendera Yang Perlu Kamu Tahu !

4 Responses to "Ini Dia 5 Manfaat Mengikuti Upacara Bendera Yang Perlu Kamu Tahu ! "

  1. Balasan
    1. terima kasih atas kunjungannya, smoga bermanfaat

      Hapus
  2. bener banget min, jadi lebih disipilin. cuma ya kadang ada juga sih yg bikin murid jadi males karena durasinya lama 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas kunjungannya, smoga bermanfaat

      Hapus

Komentar anda sangat membantu dan kami akan merespon secepatnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Klien Kami