Ternyata Ini Lho Arti Setiap Kode Status Pengiriman Shopee Xpress Yang Wajib Kamu Tahu !

Halo sobat zeropromosi - Saat ini kegiatan jual beli online sudah menjadi kebiasaan banyak orang sehingga banyak sekali jasa pengiriman barang atau ekspedisi bermunculan. Salah satu ekspedisi pengiriman barang yang sedang menjadi favorit banyak orang ialah Shopee xpress. Siapa sih yang gatau shopee xpress, jasa pengiriman barang yang masih satu grup dengan shopee. Seperti yang kita tahu, shopee sudah menjadi salah satu marketplace terbesar di Asia Tenggara dengan beragam fitur lengkap yang akan membantu setiap orang untuk menemukan kebutuhan mereka dengan lebih mudah. Shopee xpress sendiri baru ada beberapa tahun belakangan ini, meskipun sudah terkenal tapi hanya penjual terpilih saja yang dapat menggunakan jasa pengiriman ini dan ditangani langsung oleh pihak shopee.

Ternyata Ini Lho Arti Setiap Kode Status Pengiriman Shopee Xpress Yang Wajib Kamu Tahu !

Tidak hanya itu, shopee juga menerapkan beberapa ketentuan seperti ukuran berat barang yang bisa dikirim hingga barang apa saja yang bisa dikirim menggunakan shopee. Bahkan tidak semua penjual di shopee bisa menggunakan jasa pengiriman shopee xpress lho, karena hanya penjual terpilih saja yang bisa menggunakan shopee xpress. Meskipun memiliki beberapa syarat yang cukup ketat, untuk penggunaan shopee xpress juga cukup mudah ko, baik untuk penjual maupun pembeli. Untuk layanannya sendiri shopee menyediakan beberapa pilihan diantaranya : 

Layanan shopee xpress

  1. Shopee Xpress Standard : Layanan shopee xpress yang pertama adalah shopee xpress satndart, seperti namanya layanan yang satu ini adalah jenis layanan standart yang artinya layanannya biasa saja. Biasanya shopee xpress standart memerlukan waktu pengemasan yang lebih lama dari layanan lainnya sekitar 2 hari atau lebih. Meskipun untuk waktu pengemasannya lebih lama, tapi shopee xpress standart bisa mengirim barang dengan berat hingga 200 kg untuk sekitar pulau jawa. Untuk kamu yang suka beli barang-barang dengan jarak cukup jauh bisa pakai layanan shopee yang satu ini nih. Harganya juga cukup terjangkau dan biasanya shopee xpress standart bekerja sama dengan ekspedisi besar lainnya.
  2. Shopee Xpress Sameday : Untuk layanan shopee yang satu ini mungkin udah gak asing lagi yak an. Persis seperti namanya, layanan yang satu ini menawarkan jasa pengiriman barang yang lebih cepat dengan estimasi sampai tujuan di hari yang sama. Harganya pun tidak beda jauh dengan yang standart sehingga cocok dijadikan pilihan untuk kamu yang ingin barangnya cepat sampai.
  3. Shopee Xpress Instant : Pada layanan yang satu ini shopee menawarkan pengiriman barang dengan estimasi sampai yang hampir sama dengan tipe sameday. Bedanya hanya penjual tertentu saja yang bisa menerapkan layanan ini di toko mereka.
  4. dan Shopee Xpress Hemat : Layan shopee xpress yang satu ini cocok banget untuk kamu yang punya budget pengiriman kecil nih. Karena harganya lebih terjangkau dari tipe layanan shoopee xpress yang lain. Untuk estimasi sampai nya pun hanya 3 hari atau lebih, jadi tetep worth it kan.

Jika kamu sudah memilih untuk menggunakan layanan shopee xpress, nantinya pengiriman barang akan di tangani oleh pihak resmi shopee. Setiap barang akan diproses sedemikian rupa mulai dari pengecakan berat barang hingga pengiriman. Oiya, sebelum barang dikirim biasanya akan diberikan alamat tujuan masing-masing dan kemudian di buatkan resi oleh pihak shopee. Resi ini sama seperti resi yang digunakan oleh pihak ekspedisi lain seperti J&T, JNE, SICEPAT dan lainnya yang berfungsi untuk melacak dan memantau keberadaan barang. Biasanya resi shopee akan muncul dibagian barang yang akan dikirim, resi ini bisa di cek oleh penjual dan juga pembeli ya, untuk kamu yang sedang memesan barang juga harus sering check resi karena kamu bisa tahu dimana posisi barang pesananmu. Untuk cek resi shopee xpress juga sangat mudah karena pihak shopee sudah menyediakan khusus untuk cek resi dan status pengiriman barang melalui aplikasi shopee. Caranya seperti ini :

cek resi dan status pengiriman barang melalui aplikasi shopee

  1. *Untuk cek resi melalui aplikasi shopee : Pertama kamu hanya perlu membuka aplikasi shopee dan cek status pengiriman barang mu di bagian menu lalu klik barang yang sedang dikirim. Kamu bisa pilih pesanan mana yang ingin kamu tracking, setelah itu klik status pengiriman dibagian bawah pesanan. Nantinya akan muncul tampilan status pengiriman barang dan biasanya terdapat resi. Kalau kamu ingin cek status pengiriman barang lewah smartphone, resi tidak akan diperlukan karena bisa di klik langsung tulisan lacak berwarna hijau. Saat di klik akan muncul status pengiriman barang mu sudah sampai mana, biasanya shopee juga memberikan view live maps sudah sampai mana barang mu dibawa oleh kurir shopee. Dari sini udah langsung terlihat deh posisi barang mu dengan jelas.
  2. *Cek resi melalui website : Selain cek lewat aplikasi shopee, kamu juga bisa cek status pengiriman barang mu melalui website https://spx.co.id/ . Kamu bisa akses website ini menggunakan pc ataupun smartphone karena web ini milik shopee resmi jadi sangat aman. Untuk melihat status pengiriman barang, kamu hanya perlu menyalin dan paste kode resi mu di kolom  “Enter Tracking Number to Track Your Package”. Setelah memasukkan resi, kamu bisa klik tombol track yang ada di sebelah kolom. Setelah klik tombol track nantinya akan muncul status pengiriman barang secara berurut dimulai dari pesanan dibuat, menunggu sortir, proses sortir, sedang dikirim hingga sampai tujuan. Setelah sampai tujuan pun shopee akan memberikan tombol khusus untuk melihat bukti pengiriman. Jadi dijamin barang kamu lebih aman dan pasti sampai tujuan.

Jika kamu melihat dan membandingkan tampilan status pengiriman keduanya sebenarnya hampir-hampir sama, bedanya ada pada tampilan cek resi shopee yang dilengkapi maps sedangkan di website tidak. Untuk segi tampilan status pengiriman dari keduanya pun sama dan mudah dipahami karena sebagian besar hasil tracking menggunakan bahasa Indonesia yang mudah dipahami. Namun memang ada beberapa kode atau status pengiriman barang yang terbilang asing sehingga masih banyak orang yang bingung dengan arti dari kode dan status pengiriman barang menggunakan shopee xpress. 

Maka dari itu agar kamu tidak kebingungan saat tracking resi, kali ini zeropromosi 087781867176 akan memberitahukan beberapa arti dari status dan kode pengiriman barang menggunakan Shopee Xpress. Kami akan memberitahukan beberapa arti status pengiriman Shopee Xpress berurutan sesuai dengan yang tertera di status pengiriman pada umumnya. Jadi buat kamu yang sering pake Shopee Xpress wajib tahu nih, yuk langsung aja simak penjelasannya berikut ini. 

arti dari status dan kode pengiriman barang menggunakan Shopee Xpress

Nomor Resi Pengiriman Telah Dibuat

Saat barang mu hendak dikirim biasanya pihak shopee akan membuatkan resi terlebih dahulu. Nah, setelah resi dibuat biasanya pihak shopee akan langsung memberitahukan bahwa resi telah dibuat.Biasanya status pengiriman ini akan menjadi yang paling awal, setelah resi muncul barang akan langsung masuk ke proses pengiriman.

[(Nama Daerah Pengirim) First Mile Hub] Paket Anda Telah Diambil Dari Penjual

Untuk status pengiriman yang ini biasanya akan muncul saat barang sudah diambil dari penjual atau berarti penjual sudah menyerahkan paket ke gudang penerimaan shopee terdekat di daerah penjual dan akan diteruskan ke gudang sortir.

[(Nama Daerah Pengirim) First Mile Hub] Paket Telah Diterima Pick-up Hub

Status pengiriman ini memiliki arti bahwa barang/paket telah diambil dari seller dan diterima oleh pihak gudang Shopee Xpress untuk segera dikirim.

[(Nama Daerah Pengirim) First Mile Hub] Paket Dalam Perjalanan Ke [(Nama Daerah) DC]

Ini artinya barang/paket sudah berada dalam perjalanan dari gudang shopee daerah penjual menuju gudang pusat sortir terdekat antara daerah penjual dan pembeli.

[(Nama Daerah DC)] Paket Telah Diterima Pusat Sortir

Status pengiriman ini memiliki arti bahwa barang/paket telah sampai dan diterima oleh gudang pusat sortir untuk melewati proses penyortiran barang.

[(Nama Daerah) DC] Paket Dalam Perjalanan Ke [(Nama Daerah Penerima) Hub]

Ini artinya barang/paket sudah dikirim oleh kurir dari gudang pusat sortir menuju gudang penampungan barang shopee di daerah terdekat penerima.

[(Nama Daerah Gudang Terdekat Penerima) Hub] Paket Telah Diterima Hub Pengiriman

Kalau status pengiriman ini sudah muncul itu artinya barang/paket mu sudah tiba di gudang penerimaan barang shopee terdekat dari alamat tujuan atau penerima untuk selanjutnya diproses pengiriman menuju alamat tujuan.

[(Nama Daerah Gudang Terdekat Penerima) Hub] Paket Sedang Dikirim Oleh Kurir

Nah kalau sudah muncul status ini kamu harus senang nih, karena ini artinya barang/paket mu sedang dikirim dan akan diantarkan oleh kurir menuju alamat tujuan. Pastikan di rumah atau alamat tujuan mu ada orang untuk menerima barang yaa.

[(Nama Daerah Gudang Terdekat Penerima) Hub] Paket anda telah diterima [Nama Penerima]

Ini artinya barang/paket sudah berhasil dikirimkan oleh kurir dan telah diterima oleh penerima. Biasanya di sini akan tertulis nama siapa yang menerima barang, jadi usahakan selalu ada orang dirumah saat paket mu sudah tiba ya.

Nah beberapa status pengiriman diatas akan muncul jika proses pengirimannya lancar ya sobat, jika pengiriman mengalami kendala biasanya akan ada status pengiriman lain seperti dibawah ini :

Percobaan Pengiriman Paket Anda Gagal

Ini artinya barang/paket gagal dikirim karena alasan tertentu dan akan dikirim lagi esok hari. Kemungkinan gagal bisa dikarenakan cuaca buruk atau tidak ada penerima di alamat tujuan sehingga kurir harus membawa kembali paket.

Reason: [Lokasi Tidak Terjangkau]

Ini artinya kurir tidak dapat menjangkau alamat tujuan/penerima karena beberapa alasan, bisa karena alamat tidak dapat dijangkau akibat akses yang sulit atau alamat kurang lengkap dan tidak sesuai.

Paket Anda Dalam Proses Pengembalian Ke Penjual

Jika di status pengiriman mu muncul seperti ini, itu artinya barang/paket sedang berada dalam proses pengembalian kepada penjual dengan alasan tertentu. Mungkin saat dikirim tidak ada yang menerima atau alat salah dan kurang lengkap. Jadi pastikan kamu selalu menulis alamat dengan lengkap dan sertakan nomor telpon yang dapat dihubungi agar barang tidak di kembalikan kepada penjual.

Paket Anda Dalam Proses Pengembalian Ke Pusat Sortir

Ini artinya paket mu sudah mulai diproses untuk dikembalikan ke gudang pusat sortir Shope Xpress daerah pengirim untuk melihat lebih lengkap siapa penjual dan kemana akan dikembalikan.

Paket Telah Diterima Pusat Sortir

Ini artinya barang/paket telah sampai dan diterima olah gudang pusat sortir Shopee Xpress untuk selanjutnya diatur pengiriman menuju alamat penjual/pengirim.

Paket Anda Telah Dikembalikan Ke Penjual

Ini artinya barang/paket sudah dikembalikan dan diterima kembali oleh penjual karena tidak berhasil dikirim ke alamat tujuan.

Server Error

Ini artinya resi yang kamu masukkan salah atau tidak sesuai sehingga tidak bisa ditemukan dan di tracking. Kamu bisa coba cek kembali resi dengan benar dan masukan kembali resi yang benar.
Selain beberapa status pengiriman diatas, masih ada beberapa status pengiriman Shopee Xpress yang mungkin tidak banyak dimengerti. Seperti misalnya :
* HUB : HUB artinya gudang untuk menampung barang yang terletak di setiap kota di seluruh Indonesia
* DC : DC artinya gudang utama Shopee Xpress tempat penyortiran barang
* First Mile Hub : First Mile Hub artinya gudang pengiriman barang Shopee Express yang menjadi lokasi penerimaan paket dari penjual
Nah sobat zeropromosi, itulah beberapa arti dari status/kode pengiriman barang menggunakan Shopee Xpress. Sebenarnya untuk status pengiriman shopee Xpress itu mudah dimengerti karena kebanyakan menggunakan bahasa Indonesia yang jelas. Namun zeropromosi ingin berbagi sedikit info berdasarkan apa yang telah kami alami, jadi semoga penjelasan yang telah kami tulis bisa membantu kalian semua ya. Jika sobat zero masih merasa kesulitan atau mengalami masalah seputar pengiriman menggunakan Shopee Xpress bisa coba menghubungi pihak shopee resmi di beberapa kontak berikut ini ya :
 
Kantor Pusat : Sopo-del Tower A, Lantai 30, Jl. Mega Kuningan Barat III Jl. Mega Kuningan Barat No.1-6, RT.4/RW.5, Kuningan, Kuningan Tim., Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan.
No. Telp : 08001500702 ( Senin s/d Minggu 24 Jam, termasuk Hari Libur Nasional.)
Email Support : https://seller.shopee.co.id/edu/form
Facebook : https://www.facebook.com/ShopeeID
Instagram : https://www.instagram.com/shopee_id/
Twitter : https://twitter.com/ShopeeID
Demikian itulah beberapa arti kode status pengiriman Shopee Xpress yang wajib kamu tahu. Sebagai seseorang yang rajin belanja online sepertinya wajib save artikel ini nih haha. Semoga artikel beserta informasi yang telah kami berikan bisa menjadi referensi yang bermanfaat untuk kalian semua yaa. Jangan lupa untuk share artikel ini juga ke teman, kerabat dan keluarga kamu yang suka pakai Shopee Xpress ya. Jika ada yang kurang dimengerti dan ingin ditanyakan bisa komen di kolom komentar kami ya, siapa tau minzer bisa bantu sobat zero xixi…
Sampai jumpa di artikel berikutnya yaaa…😁

» Thanks for reading Ternyata Ini Lho Arti Setiap Kode Status Pengiriman Shopee Xpress Yang Wajib Kamu Tahu !

0 Response to "Ternyata Ini Lho Arti Setiap Kode Status Pengiriman Shopee Xpress Yang Wajib Kamu Tahu !"

Posting Komentar

Komentar anda sangat membantu dan kami akan merespon secepatnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Klien Kami