Ternyata Ini Yang Perlu Kamu Siapkan Untuk Menyambut Ramadhan !

Halo sobat zeropromosi ! Tak terasa tinggal beberapa hari lagi umat islam di seluruh dunia akan segera merasakan indahnya bulan ramadhan yang penuh berkah. Bulan ramadhan yang indah selalu dinanti-nantikan oleh umat muslim di berbagai belahan dunia lantaran dipenuhi dengan keberkahan yang melimpah. Bahkan Allah SWT juga berjanji untuk melipat gandakan setiap pahala amal baik yang kita kerjakan selama bulan ramadhan. Keistimewaan bulan suci ramadhan juga bukan semata-mata karena imbalan pahala yang besar tapi juga suasananya yang berbeda, apalagi adanya malam Lailatur Qadr yakni malam beribu bulan yang tidak ada pada malam lain selain di bulan ramadhan. Maka tidak heran jika umat islam akan berlomba-lomba untuk memperbaiki ibadah, melakukan kebaikan di bulan ramadhan dan mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa.

Ternyata Ini Yang Perlu Kamu Siapkan Untuk Menyambut Ramadhan !

Umat islam juga akan menyambut bulan suci ramadhan dengan penuh suka cita dan bergembira sehingga suasana ramadhan akan mulai terasa sejak 2 minggu sebelum ramadhan. Akan tetapi di bulan ramadhan kali ini kita tidak tahu apakah pandemi akan meradang sehingga ramadhan tahun lalu akan terulang kembali, dimana shalat tarawih dibatasi dan suasana puasa jadi kurang meriah. Hal ini mungkin bisa saja terjadi, maka dari itu penting untuk kita melakukan persiapan yang matang sebelum ramadhan tiba agar nantinya jadi terbiasa. 

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini zeropromosi ingin mengajak sobat zero untuk mulai melakukan persiapan sebelum berpuasa di bulan ramadhan. Perlu kamu tahu, ada beberapa hal yang perlu kamu siapkan menjelang bulan ramadhan agar puasa kali ini berjalan dengan baik dan lancar. Yuk cari tahu apa saja yang perlu sobat zero siapkan sebelum ramadhan tibaa, cek info lengkapnya di artikel berikut ini ya !

Siapkan Iman di Hati merupakan salah satu hal yang perlu kamu siapkan untuk menyambut ramadhan

Siapkan Iman di Hati merupakan salah satu hal yang perlu kamu siapkan untuk menyambut ramadhan

Sebelum memasuki bulan ramadhan dan menahan diri dari segala godaan, sangat penting untuk kamu menyiapkan iman di dalam hati. Ketidaksiapan hati untuk menyambut bulan ramadhan tentu tidak baik karena hanya akan membuat ibadah puasa yang kita jalankan itu sia-sia. Jika hati dan iman kita tidak siap untuk menyambut ramadhan, maka akibatnya adalah kelemahan untuk menjalankan kewajiban dan terhalang dari ridho Allah SWT. Maka dari itu sebelum menyiapkan makanan, persiapan puasa dan lainnya, ada baiknya kita tingkatkan iman dan ketaqwaan dalam diri hingga akhirnya bulan ramadhan bisa kita jalani dengan penuh kebahagiaan. Hati yang bahagia ketika menjalankan kewajiban maka rasanya tidak akan berat untuk menjalankannya. Untuk melatih dan meningkatkan keimanan dalam diri bisa dilakukan dengan cara mulai meninggalkan hal-hal yang sekiranya kurang baik untuk dilakukan dan mulai melakukan hal-hal yang lebih baik serta bermanfaat.

Perbarui Taubat merupakan salah satu hal yang perlu kamu siapkan untuk menyambut ramadhan

Perbarui Taubat merupakan salah satu hal yang perlu kamu siapkan untuk menyambut ramadhan

Setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan dan dosa, oleh karena itu agar bulan ramadhan ini bisa dijalani dengan hati yang tenang kamu perlu memperbarui taubatmu. Memperbarui taubat artinya bertaubat kepada Allah SWT dan meminta pengampunan serta ridho-Nya agar bisa menjalankan ibadah puasa di bulan suci ramadhan. Sebenarnya taubat bisa dilakukan dengan banyak cara, tidak hanya meminta ampunan dari Allah SWT tapi juga dari orang-orang yang mungkin sebelumnya pernah disakiti. Setelah bertaubat insyaallah hati akan terasa lebih tenang untuk menjalani ibadah di bulan ramadhan. Jangan lupa untuk selalu meminta perlindungan dan pertolongan dari Allah SWT agar ramadhan ini bisa dilalui dengan baik hingga akhir.

Meningkatkan Kualitas Ibadah dan Perbanyak Amal Baik merupakan salah satu hal yang perlu kamu siapkan untuk menyambut ramadhan

Meningkatkan Kualitas Ibadah dan Perbanyak Amal Baik merupakan salah satu hal yang perlu kamu siapkan untuk menyambut ramadhan

Hal lain yang perlu kamu siapkan sebelum ramadhan tiba adalah meningkatkan kualitas ibadah. Untuk perihal ibadah sebenarnya kita harus meningkatkan kualitasnya bukan hanya pada bulan ramadhan tapi setiap hari. Akan tetapi tidak di pungkiri sebagai manusia seringkali kita lalai untuk mengerjakan ibadah dan perintah Allah SWT. Maka dari itu agar saat ramadhan tiba kita sudah siap melakukan banyak ibadah dan amal kebaikan. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan kualitas ibadah, seperti mulai membiasakan diri untuk sholat sunnah, terbiasa membaca Al-Qur’an, tidak menunda waktu sholat, mencoba membaca surah lebih panjang saat sholat, membaca dzikir dan masih banyak lagi. 
Kamu juga bisa memperbanyak amal baik seperti membantu orang lain, berbagi makanan berbuka atau sekedar melakukan kegiatan sosial. Kamu juga bisa membagikan souvenir mug dengan berbagai ucapan kepada sodara, teman maupun keluarga kamu (tertarik bisa cek disini). Setiap amal baik yang kamu lakukan pasti akan dibalas oleh Allah SWT, jadi yuk sama-sama perbaiki diri.

Memperdalam Ilmu Agama merupakan salah satu hal yang perlu kamu siapkan untuk menyambut ramadhan

Memperdalam Ilmu Agama merupakan salah satu hal yang perlu kamu siapkan untuk menyambut ramadhan

Selain meningkatkan kualitas ibadah, kita juga perlu untuk memperdalam ilmu dan pengetahuan agama terutama perihal ramadhan. Kamu bisa mencoba mencari tahu lewat buku atau internet mengenai hal-hal yang mungkin diperbolehkan dan tidak diperbolehkan saat ramadhan. Kamu juga bisa mencarii tahu amalan apa saja yang bisa kamu lakukan selama bulan ramadhan atau tata cara melakukan ibadah yang benar saat ramadhan, entah itu urutan sholat tarawih atau yang lain.

Kesehatan Fisik dan Jasmani merupakan salah satu hal yang perlu kamu siapkan untuk menyambut ramadhan

Kesehatan Fisik dan Jasmani merupakan salah satu hal yang perlu kamu siapkan untuk menyambut ramadhan

Di masa pandemi seperti sekarang ini sangat penting bagi kita untuk memastikan kesehatan fisik dan jasmani sebelum menjalani ibadah puasa di bulan ramadhan. Apalagi di bulan ramadhan kita akan berpuasa 30 hari lamanya sehingga sangat penting untuk memerhatikan kesehatan tubuh. Pastikan tubuhmu sehat dan kuat untuk menjalankan puasa ya. Agar tubuh mu tetap sehat dan bugar, kamu bisa mulai membiasakan diri untuk berolahraga, merubah pola hidup menjadi lebih sehat dan yang terpenting adalah banyak minum air putih terutama air hangat menggunakan tumbler seperti tumbler LED yang bisa menjaga suhu minuman tahan lebih lama (klik disini untuk melihat modelnya ya). Jika tubuhmu sehat maka puasa dibulan ramadhan bisa dijalani dengan lancar.

Siapkan Materi merupakan salah satu hal yang perlu kamu siapkan untuk menyambut ramadhan

Siapkan Materi merupakan salah satu hal yang perlu kamu siapkan untuk menyambut ramadhan

Saat bulan ramadhan biasanya kebutuhan menjadi lebih banyak, dimulai dengan keperluan untuk sahur, berbuka puasa atau sekedar camilan setelah sholat tarawih. Nah biasanya harga barang-barang saat bulan ramadhan akan naik drastis sehingga kamu perlu menyiapkan materi untuk memenuhi kebutuhan selama bulan ramadhan. Kamu juga perlu menyisihkan uang uang membayar zakat ataupun bersedekah di bulan ramadhan, jadi usahkan siapkan dan atur semuanya dengan baik.

Persiapkan Kebutuhan Rumah merupakan salah satu hal yang perlu kamu siapkan untuk menyambut ramadhan

Persiapkan Kebutuhan Rumah merupakan salah satu hal yang perlu kamu siapkan untuk menyambut ramadhan

Hayooo siapa nih yang merasa kalau bulan puasa tuh ada aja pengennya, pengen kolak lah, gorengan, es buah dan banyak makanan lainnya. Nah, perihal makanan juga perlu kamu siapkan dari sekarang lho sobat. Apalagi saat jelang ramadhan biasanya harga bahan makanan juga naik, jadi kamu bisa nih stok kebutuhan di rumah dari sekarang sebelum harganya semakin mahal. Untuk menghindari basi dan mubazir, kamu bisa mencatat keperluan rumah yang memang akan digunakan seperti bahan makanan pokok, bumbu-bumbu dan sembako yang pasti terpakai. Kamu juga bisa menyiapkan keperluan rumah yang lain seperti Mug Keramik Custom untuk wadah minuman dingin, Tumbler untuk menemani mu saat sholat tarawih di masjid/musholah, atau mungkin Set Alat Makan untuk jaga-jaga kalau tiba-tiba ada teman lama yang ngajak buka puasa bersama diluar. Jadi pastikan kamu menyiapkan semua kebutuhan yang akan digunakan selam bulan ramadhan ya, jangan sampai ada yang terlewat apalagi set alat makan. Karena di masa pandemi seperti sekarang ini kita harus lebih hati-hati ketika makan diluar, dengan membawa set alat makan sendiri tentu kebersihan alat makan mu lebih terjamin.Kamu juga juga bisa memberikan mug, tumbler ataupun set alat makan kepada teman dan saudara mu sebagai souvenir ramadhan yang bermanfaat, itung-itung silaturahmi sebelum ramadhan juga deh. Selain menyiapkan keperluan rumah, kamu juga perlu menyiapkan keperluan ibadah seperti sajadah, mukena, kain sarung dan tasbih agar ibadah jadi lebih nyaman.

Buat Rencana Kegiatan Selama Ramadhan merupakan salah satu hal yang perlu kamu siapkan untuk menyambut ramadhan

Buat Rencana Kegiatan Selama Ramadhan merupakan salah satu hal yang perlu kamu siapkan untuk menyambut ramadhan

Hal berikutnya yang perlu kamu siapkan sebelum ramadhan adalah merencanakan kegiatan selama bulan ramadhan. Sebelum ramadhan tiba ada baiknya jika kamu menguatkan niat dan menentukan tujuan di  bulan ramadhan. Jika perlu kamu bisa membuat list target dan kegiatan yang akan kamu lakukan selama bulan ramadhan. Misalnya kamu ingin membawa Al-Qur’an setiap hari setengah juz, melakukan sedekah subuh atau mungkin ikut membagikan takjil dan makanan berbuka kepada orang yang membutuhkan. Kamu bisa menulis semua yang ingin kamu lakukan di buku agenda (Buku agenda/memo mini dengan sticky note berwarna sangat cocok untuk menemani aktivitas mu di bulan ramadhan karena sticky note cantik bisa mengingatkan mu untuk melakukan aktivitas). Jika kamu memiliki organisasi, kamu juga bisa berikan buku agenda kepada mereka agar rencana di bulan ramadhan bisa terealisasikan dan mudah dikontrol menggunakan buku agenda. Catat setiap hal yang ingin kamu lakukan dan sudah lakukan, bukan sebagai bahan perhitungan atau sombong tapi catatan ini bisa menjadi reminder untuk kamu yang terkadang suka lupa. Kamu juga bisa membuat catatan bacaan Al-Qur’an mu sudah sampai mana, jadi ga bakal bingung lagi deh.

Nah sobat zeropromosi, itulah beberapa hal yang perlu kamu siapkan sebelum ramadhan tiba. Dari semua point yang kami sampaikan semoga bisa dijadikan reminder untuk sobat zero semua bahwa bulan suci ramadhan akan segera tiba. Jangan sampai nantinya kita tidak siap untuk menjalankan kewajiban sebagai seorang muslim, jadi yuk sama-sama kita siapkan diri kita sebaik mungkin agar puasa ramadhan tahun ini berjalan lancar dan penuh berkah.

Sekian dan semoga artikel ini bisa menjadi inspirasi untuk sobat zero yang melaksanakan ibadah puasa di bulan ramadhan ya. Jangan lupa untuk share artikel ini juga ke teman, kerabat dan keluarga mu agar mereka juga bisa mempersiapkan diri untuk menyambut bulan suci ramadhan. Terimakasih sudah membaca dan selamat menyambut indahnya bulan ramadhan bagi sobat zero yang menjalankan, ya !😁

» Thanks for reading Ternyata Ini Yang Perlu Kamu Siapkan Untuk Menyambut Ramadhan !

18 Responses to "Ternyata Ini Yang Perlu Kamu Siapkan Untuk Menyambut Ramadhan !"

  1. Mantap min infonya !

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga bermanfaat kak. terima kasih atas kunjungannya

      Hapus
  2. Paling penting adalah siapin hatiπŸ™πŸ™

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga bermanfaat kak. terima kasih atas kunjungannya

      Hapus
  3. sangat membantu untuk tipsnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga bermanfaat kak. terima kasih atas kunjungannya

      Hapus
  4. Semangat menyambut ramadhan

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga bermanfaat kak. terima kasih atas kunjungannya

      Hapus
  5. Terimakasih tipsnya πŸ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga bermanfaat kak. terima kasih atas kunjungannya

      Hapus
  6. Sangat bermanfaat πŸ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga bermanfaat kak. terima kasih atas kunjungannya

      Hapus
  7. selamat menyambut ramadhan

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga bermanfaat kak. terima kasih atas kunjungannya

      Hapus
  8. Balasan
    1. semoga bermanfaat kak. terima kasih atas kunjungannya

      Hapus
  9. Baguss bagus tipsnya πŸ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga bermanfaat kak. terima kasih atas kunjungannya

      Hapus

Komentar anda sangat membantu dan kami akan merespon secepatnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Klien Kami