Inilah Nilai-Nilai Yang Terkandung Dalam Pancasila Dan Wajib Untuk Diketahui !

Halo sobat zeropromosi ! Sebagai warga negara  Indonesia, sudah menjadi sebuah kewajiban untuk kita mengikuti semua peraturan yang ada. Dan seperti yang kita tahu, Negara Kesatuan Republik Indonesia memiliki dasar negara yaitu Pancasila. Yups, Pancasila merupakan dasar negara kita, Pancasila juga menjadi landasan dan pedoman bagi seluruh masyarakat Indonesia dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara. Mungkin ketika di sekolah semua anak akan mendapatkan membahas tentang Pancasila, begitu juga ketika belajar di kampus semua akan mendapatkan pendidikan tentang Pancasila.

Inilah Nilai-Nilai Yang Terkandung Dalam Pancasila Dan Wajib Untuk Diketahui !

Meskipun semua tahu apa itu Pancasila beserta isinya, tapi tidak semua orang tahu dan dapat memahami dengan baik apa nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Oleh karena itu agar sobat zeropromosi lebih memahami isi dan nilai dari setiap sila yang ada dalam Pancasila, kali ini zeropromosi akan memberikan sedikit rangkuman tentang nilai-nilai yang terkandung Pancasila.
Agar makin paham dan bisa menerapkan Pancasila dengan baik dalam kehidupan sehari-hari, yuk langsung baca dan simak artikelnya sampai selesai !

Nilai Ketuhanan merupakan salah satu nilai yang terkandung dalam Pancasila

Nilai Ketuhanan merupakan salah satu nilai yang terkandung dalam Pancasila

Seperti yang sudah kita tahu bahwa Pancasila terdiri dari 5 sila dan pada sila pertama berbunyi “Ketuhanan Yang Maha Esa”. Di dalam sila pertama yang dilambangkan dengan gambar bintang berwarna emas dengan latar belakang berwarna hitam ini merupakan nilai ketuhanan. Sila pertama ini menggambarkan bahwa Indonesia merupakan negara yang beragama. Dimana itu artinya setiap warga negara Indonesia mengakui adanya tuhan dan memeluk agama sesuai dengan keyakinannya masing-masing. Warga negara Indonesia juga memiliki kebebasan untuk memilih agama yang dipercayai tanpa ada paksaan sedikit pun.
Adapun cara yang bisa kita terapkan dari sila pertama ini adalah beriman kepada tuhan dari agam yang dipercaya, beribadah sesuai dengan kepercayaan masing-masing, saling menghargai dan menghormati antar pemeluk agama, memiliki rasa toleransi dalam kehidupan sehari-hari dan kehidupan beragama, serta tidak saling mencemooh ataupun merendahkan agama lainnya.  Jadi ingat ya sobat, tetap saling menghargai meskipun kita memiliki teman atau tetangga dengan agama dan kepercayaan yang berbeda.

Nilai Kemanusiaan merupakan salah satu nilai yang terkandung dalam Pancasila

Nilai Kemanusiaan merupakan salah satu nilai yang terkandung dalam Pancasila

Masuk ke sila ke-2 dalam Pancasila yang dilambangkan dengan rantai emas berlatar belakang berwarna merah. Sila ke-2 ini berbunyi “Kemanusiaan yang adil dan beradab”, yang mengandung nilai kemanusian. Nilai kemanusian dalam sila ke-2 ini mengajarkan kepada seluruh warga negara Indonesia untuk berlaku adil dan manusiawi kepada semua orang tanpa membeda-bedakan apa agamanya, jabatannya, sukunya, dan semua perbedaan yang ada. Secara tidak langsung sila ke-2 ini juga memberikan pemahaman kepada kita semua bahwa semua manusia memiliki derajat yang sama, saling menjaga, dan bekerja sama untuk menciptakan kedamaian negara. Jika diperhatikan dengan lebih teliti, lambang ikatanrantai pada sila ke-2 ini memiliki bentuk yang berbeda.
Ada dua bentuk rantai yakni rantai berbentuk lingkaran yang melambangkan pria dan berbentuk persegi yang melambangkan wanita.  Rantai di lambang sila ke-2 ini juga terlihat tidak terputus atau saling menyambung sebagai gambaran hubungan rakyat Indonesia yang saling terikat baik itu pria ataupun wanita. Dan untuk menerapkan nilai yang terkadung dalam sila ke-2 kita bisa melakukan banyak hal seperti tidak membedakan setiap orang, saling membantu satu sama lain, perduli dengan sesama, saling menghargai dan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan.

Nilai Persatuan merupakan salah satu nilai yang terkandung dalam Pancasila

Nilai Persatuan merupakan salah satu nilai yang terkandung dalam Pancasila

Sila ke-3 dilambangkan dengan sebuah pohon beringin besar berlatar belakang warna putih yang berperan sebagai simbol negara Indonesia sendiri. Lambang sila ke 3 ini sendiri memiliki arti sebagai tempat berteduh dan sebagai kesatuan semua rakyat Indonesia dengan keberagamaan yang ada. Persis seperti bunyinya “Persatuan Indonesia”,  sila ke-3 ini mengandung nilai persatuan yang artinya seluruh warga Indonesia harus bersatu dan tidak boleh terpecah-belah sebab adanya perbedaan.
Nilai persatuan pada sila ke-3 juga terkandung nilai patriotisme dan cinta Tanah Air, dimana itu artinya setiap rakyat Indonesia berkewajiban untuk bekerjasama dan rela berkorban untuk kepentingan negara. Oleh karena itu di setiap kondisi kita wajib untuk menjunjung tinggi rasa cinta tanah air dengan menurunkan ego dan bekerja sama membangun kesatuan negara, menggunakan bahasa persatuan bahasa Indonesia, berjiwa partiotisme dan cinta tanah air.

Nilai Kerakyatan merupakan salah satu nilai yang terkandung dalam Pancasila

Nilai Kerakyatan merupakan salah satu nilai yang terkandung dalam Pancasila

Selanjutnya ada nilai kerakyatan yang terdapat dalam sila ke 4 Pancasila. Didalam sila ke 4 Pancasila yang berbunyi “Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan” ini terdapat nilai kerakyatan yang menjadi cerminan adanya demokrasi di Indonesia dan mengutamakan rakyatnya. Sila ke-4 ini dilambangkan dengan kepala banteng berwarna hitam dan putih dengan latar belakang berwarna merah.
Lambang ini menjadi gambaran warga negara Indonesia yang hidup rukun dan bersosialisasi satu sama lain tanpa membeda-bedakan. Adapun nilai dan cara kita untuk menerapkan sila ke-4 dalam kehidupan adalah dengan mengutamakan kekeluargaan, menyelesaikan masalah dengan cara musyawarah, tidak memaksakan kehendak dan menerima keputusan, dan kedaulatan bangsa ditangan rakyat.

Nilai Keadilan merupakan salah satu nilai yang terkandung dalam Pancasila

Nilai Keadilan merupakan salah satu nilai yang terkandung dalam Pancasila

Dalam sila yang terakhir atau sila ke-5 dalam Pancasila terdapat nilai keadilan yang dilambangkan dengan padi dan kapas yang merupakan salah satu sumber sandang pangan rakyat Indonesia. Nilai keadilan dalam sila ke-5 yang berbunyi “Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia” ini mengajarkan warga negara Indonesia untuk bersikap adil kepada semua orang. Nilai ini juga bermakna bahwa setiap warga negara berhak mendapat kesamaan kesejahteraan yang menjadi tujuan negara. Lambang ini juga merupakan sebuah gambaran tujuan bangsa Indonesia untuk mensejahterakan seluruh rakyatnya tanpa adanya kesenjangan sosial, budaya, ekonomi dan politik.
Oleh karena itu sebagai warga negara yang baik kita juga harus bisa menerapkan setiap nilai yang terkandung dalam sila ke-5 dengan cara selalu menerapkan perilaku yang adil dalam semua hal, menghormati dan menghargai hak setiap orang,  berani memperjuangkan keadilan dan turut serta untuk mendukung kemajuan dan pembangunan bangsa.

Nah sobat zeropromosi, itulah rangkuman nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sebagai jati diri bangsa. Sebagai warga negara yang baik tentu sudah menjadi kewajiban kita untuk mengamalkan dan menerapkan setiap nilai yang ada dalam Pancasila kedalam kehidupan sehari-hari.

Sekian artikel kali ini semoga bisa memberikan manfaat untuk semua sobat zeropromosi. Jangan lupa untuk menerapkannya dan share ke semua teman, kerabat dan keluarga kamu ya. Agar mereka juga jadi lebih paham dengan nilai yang terkandung dalam Pancasila. Terimakasih sudah membaca !😁

» Thanks for reading Inilah Nilai-Nilai Yang Terkandung Dalam Pancasila Dan Wajib Untuk Diketahui !

0 Response to "Inilah Nilai-Nilai Yang Terkandung Dalam Pancasila Dan Wajib Untuk Diketahui !"

Posting Komentar

Komentar anda sangat membantu dan kami akan merespon secepatnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Klien Kami