Silahkan Bandingkan Harga Kami dengan yang lain! 0877 8185 7176 0877 8186 7176

8 Tips Mudah Kelola Keuangan Jelang Lebaran

Halo sobat zeropromosi ! Meskipun saat ramadhan terbilang jarang makan karena berpuasa, ternyata tidak membuat pengeluaran berkurang loh. Justru menurut banyak orang saat ramadhan pengeluaran semakin bertambah karena banyak hal yang diinginkan, terlebih lagi jika sudah mendekati waktu nya lebaran atau hari raya idul fitri. Moment lebaran memang menjadi moment yang paling di nantikan oleh semua umat muslim di dunia, akan tetapi lebaran juga menjadi moment yang di wanti-wanti oleh masyarakat terutama ibu rumah tangga karena pengeluaran akan jauh lebih banyak dari bulan ramadhan.

8 Tips Mudah Kelola Keuangan Jelang Lebaran

Meskipun biasanya para pekerja akan mendapatkan gaji dan uang THR, tetap saja hal itu tidak menjamin setiap orang bisa mengelola keuangannya dengan baik. Apalagi biasanya jelang lebaran semua orang akan berbondong-bondong untuk membeli keperluan lebaran hingga tak sedikit masyarakat yang berperilaku konsumtif.
Tapi sobat zero tenang aja, karena kali ini zeropromosi akan memberikan beberapa tips mudah untuk kamu agar bisa mengelola keungan jelang lebaran dengan baik. Mumpung masih lama lebaran, yuk mulai persiapkan keuangan mu agar tidak boros dan kehabisan uang setelah lebaran. Simak tipsnya sampai habis ya !

Cek dan Buat Anggaran Keuangan merupakan salah satu tips mudah kelola keuangan jelang lebaran  

Cek dan Buat Anggaran Keuangan merupakan salah satu tips mudah kelola keuangan jelang lebaran

Hal dan langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk mengelola keungan kamu adalah dengan mengetahui kondisi anggaran dan keuangan kamu saat ini. Karena biasanya di bulan ramadhan ada banyak pengeluaran yang tak seharusnya hingga akhirnya keuangan tidak terkendali. Oleh karena itu sebelum lebaran tiba ada baiknya jika kamu cek kondisi keuangan kamu dan mulai lah untuk membuat perencanaan keuangan yang baru menjelang lebaran. Perencanaan keuangan menjadi hal yang penting agar kamu bisa tau pengeluaran apa saja yang memang diperlukan. Jangan sampai karena kamu tidak buat perencanaan keuangan dengan baik, kamu malah jadi boros. Emangnya kamu mau kehabisan uang pas lebaran atau bahkan setelah lebaran? Pasti gamau kann. Membuat perencanaan keuangan tidak sesulit yang kamu bayangkan ko sobat. Cukup membuat perencanaan yang sederhana dan tulis pos-pos yang memang penting dan harus diutamakan. 
Dengan cara kamu mencatat di buku khusus anggaran keuangan bisa lebih teratur dan ter control semua keuangan kamu menjelang lebaran nanti. Kalo bisa catat di notebook dengan sticky note, agar rapih dan memudahkan mencari setiap catatan keuangan kamu. Seperti memo notebook (N-801) ini. Souvenir Memo Notebook Colorfull + sticky note (N-801) merupakan souvenir memo varian recycle note yang dibuat dengan bahan dasar kertas daur ulang ramah lingkungan. Souvenir memo ini memiliki bentuk yang unik dan juga keren loh, karena dilengkapi dengan sticky note dan juga pulpen yang berbahan dasar daur ulang juga. (Yuk klik disini untuk lihat lebih lengkap)

Buat Daftar Prioritas merupakan salah satu tips mudah kelola keuangan jelang lebaran

Buat Daftar Prioritas merupakan salah satu tips mudah kelola keuangan jelang lebaran

Saat ramadhan apalagi jelang lebaran pasti ada aja yang mau beli, beli makanan lah, beli furniture lah, beli pakaian dan banyak lagi. Eits, tapi sebelum kamu jadi berperilaku konsumtif dan boros, kamu harus melakukan hal penting yaitu membuat daftar prioritas. Daftar prioritas ini penting untuk kamu miliki agar kamu bisa lebih hemat karena tau mana yang harus dibeli dan mana yang tidak. Karena biasanya jelang lebaran banyak promo, kamu harus bisa tahan nafsu untuk beli ya sobat. Kalau kamu memaklumi nanti malah jadi keterusan deh. Makanya daftar perioritas ini penting untuk kamu agar tidak bablas saat belanja.

Buat Anggaran Khusus Untuk Zakat merupakan salah satu tips mudah kelola keuangan jelang lebaran

Buat Anggaran Khusus Untuk Zakat merupakan salah satu tips mudah kelola keuangan jelang lebaran

Zakat merupakan salah satu amalan wajib bagis seluruh umat muslim yang harus di tunaikan sebelum lebaran tiba. Oleh karena itu biar kamu ga lupa, kamu bisa membuat anggaran khusus untuk menunaikan zakat wajib ini. Usahakan anggaran untuk zakat ini dipisahkan sejak awal untuk mengantisipasi kemungkinan terpakai ya sobat. Hitunglah dengan baik dan benar berapa biaya yang kamu perlukan untuk membayar zakat, jangan sampai salah apalagi kurang ya. kalo kalian sudah memiliki budged anggaran zakat justru lebih bagus lho. Kamu bisa tau amalan apa yang ingin kamu berikan. Misalnya kamu ingin memberikan zakat ke banyak orang, kamu bisa berikan mug edisi lebaran custom sebagaui zakat. Dengan goodiebag lebaran dan isian laiinya yang lain. Karena mug selain bermanfaat untuk digunakan, mug juga bisa dijadikan sebagai pajangan dekorasi lho. Kerenn kan? Langsung ajaa kepoin toko Zeropromosi yang punya banyak design souvenir edisi idul fitri lainnya.

Pisahkan Gaji dan THR merupakan salah satu tips mudah kelola keuangan jelang lebaran

Pisahkan Gaji dan THR merupakan salah satu tips mudah kelola keuangan jelang lebaran

Menjelang lebaran biasanya perusahaan akan memberikan gaji dan juga THR atau tunjangan hari raya kepada semua karyawan. Nah kalau kamu sudah dapat gaji dan THR, usahakan jangan digabung alias dipisah ya sobat. Kamu bisa gunakan gaji bulanan mu untuk membeli keperluan sehari-hari seperti biasanya. Untuk THR sendiri bisa kamu simpan untuk membeli keperluan jelang lebaran seperti membayar zakat, membeli keperluan lebaran, memberikan THR dan juga untuk tabungan. Jangan karena kamu dapat THR dan gaji di waktu yang bersamaan membuat kamu jadi berperilaku konsumtif ya sobat.

Sisihkan Uang Untuk Dana Darurat merupakan salah satu tips mudah kelola keuangan jelang lebaran

Sisihkan Uang Untuk Dana Darurat merupakan salah satu tips mudah kelola keuangan jelang lebaran

Yang namanya bulan ramadhan apalagi menjelang lebaran, pasti ada aja deh keperluan yang mendadak dan terduga. Nah, untuk mengantisipasi kamu menggunakan uang tabungan pokok dan anggaran yang sudah di buat, kamu bisa menyisihkan uang gaji ataupun THR kamu untuk dijadikan sebagai tambahan dana darurat ya. Jangan sampai kamu menghabiskan semua uang begitu saja ya, kamu harus ingat biasanya di hari lebaran kamu akan berkumpul dengan saudara dan keluarga. Jangan lupa kamu juga punya saudara yang masih anak-anak yang harus di beri THR haha.

Belanja Kebutuhan Dari Jauh-Jauh Hari merupakan salah satu tips mudah kelola keuangan jelang lebaran

Belanja Kebutuhan Dari Jauh-Jauh Hari merupakan salah satu tips mudah kelola keuangan jelang lebaran

Menjelang lebaran tentu kebutuhan akan lebih banyak dibandingkan bulan ramadhan, mulai dari kebutuhan makanan lebaran, pakaian, bingkisan dan pernak pernik lebaran lainnya. Biasanya menjelang lebaran semua kebutuhan juga akan naik harganya, biar kamu lebih hemat kamu bisa belanja kebutuhan dari jauh-jauh hari sebelum lebaran. Biar makin hemat lagi kamu juga bisa manfaatkan kesempatan promo lebaran yang  bertebaran, lumayan kan harganya jadi lebih murah hehe. Eits tapi kamu harus ingat ya, jangan sampai kamu lepas kontrol ya ketika melihat promo lebaran ya. Ingat, belilah barang yang memang kamu butuhkan.

Masak Makanan Sendiri merupakan salah satu tips mudah kelola keuangan jelang lebaran

Masak Makanan Sendiri merupakan salah satu tips mudah kelola keuangan jelang lebaran

Saat berpuasa pasti ada aja deh makanan yang pengenin. Daripada beli beli terus, lebih baik kamu membuat makanan sendiri dirumah. Kamu bisa buat makanan sendiri entah untuk sahur ataupun berbuka, meskipun sedikit repot tapi masak makanan sendiri bisa membuat kamu jadi lebih hemat hingga 50% lho sobat. Misalnya kamu beli lauk diluar sekali beli hanya cukup untuk sekali makan, tapi kalau kamu buat sendiri pasti bisa cukup untuk sahur dan berbuka bukan. Jadi mulailah terbiasa untuk menghemat ya sobat, itung-itung belajar masak juga hehe.

Siapkan Bingkisan Lebaran merupakan salah satu tips mudah kelola keuangan jelang lebaran

Siapkan Bingkisan Lebaran merupakan salah satu tips mudah kelola keuangan jelang lebaran

Biasanya beberapa orang akan memberikan bingkisan atau parcel lebaran kepada keluarga atau orang terdekat. Jika kamu termasuk kedalam orang yang sering memberikan bingkisan, kamu bisa mencoba untuk membuat bingkisan lebaran sendiri dirumah. Usahakan kamu membeli kebutuhan bingkisan juga dari jauh-jauh hari ya sobat, karena biasanya semua barang akan naik harganya ketika mendekati hari lebaran. Kamu bisa buat bingkisan lebaran dengan isian yang lebih bermanfaat dan juga disesuaikan dengan keinginan dan juga budget yang kamu miliki. Jika biasanya bingkisan lebaran hanya berisikan makanan, kamu bisa membuat nya dengan tampilan yang lebih unik seperti memberikan mug lebaran, tumbler, dan souvenir lebaran lainnya. Selain lebih hemat, bingkisan yang kamu berikan pasti akan lebih bermanfaat untuk yang menerima nya. Kalau kamu bingung kamu bisa cari di internet kreasi bentuk bingkisan lebaran yang menarik. 
Tapi kalau soal souvenir lebaran kamu bisa andalkan Zeropromosi.com . Di zeropromosi ada banyak jenis souvenir spesial lebaran yang dijual dengan harga murah dan bisa dicustom tulisan ataupun gambar sesuai dengan keinginan kamu. Jadi kamu bisa sesuaikan deh dengan tema bingkisan lebaran kamu. Soal harga kamu gaperlu khawatir karena zeropromosi adalah tempat dan vendor souvenir terbaik yang menjual dengan harga termurah. Jadi kalau kamu butuh souvenir lebaran dan promosi ? Ingat zeropromosi !

Nah sobat zeropromosi itulah beberapa tips mudah yang bisa kamu coba untuk mengelola keuangan jelang lebaran dengan lebih baik. Ingat ya sobat, hari raya idul fitri adalah moment istimewa untuk silaturahmi bukan untuk foya-foya. Jadi yuk lebih bijak dalam menggunakan uang demi kenyamanan di masa depan.

Sekian artikel kali ini semoga bisa memberikan manfaat dan menginspirasi sobat zero semua ya. Jangan lupa share artikel ini juga ke semua teman, kerabat dan keluarga kamu ya. Terimakasih ! 😁

» Thanks for reading 8 Tips Mudah Kelola Keuangan Jelang Lebaran

12 Responses to "8 Tips Mudah Kelola Keuangan Jelang Lebaran"

Komentar anda sangat membantu dan kami akan merespon secepatnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *