Silahkan Bandingkan Harga Kami dengan yang lain! 0877 8185 7176 0877 8186 7176

5 Fakta Unik Dan Menarik Seputar Tahun Baru

Hai sobat zeropromosi ! Sebentar lagi kita akan merayakan pergantian tahun atau tahun baru nih, di waktu yang sudah tinggal beberapa hari lagi tahun akan berganti pasti sudah banyak yang mulai mempersiapan diri entah untuk liburan, membuat resolusi, mengadakan acara dan banyak lagi. Dan biasanya moment pergantian tahun ini akan semakin meriah saat malam tahun baru tiba, dimana semua orang memiliki kegiatan nya masing masing untuk meryakan malam tahun baru, dan pastinya malam tahun baru akan menjadi malam yang begitu meriah bukan hanya di Indonesia tapi juga hampir di seluruh dunia.  

5 Fakta Unik Dan Menarik Seputar Tahun Baru

Oiya, bicara soal tahun baru nih sobat, ternyata perayaan tahun baru itu bukan hanya sebatas perayaan meriah, pesta dan sebagainya. Tapi ternyata ada banyak fakta unik dan menarik di balik perayaan dan moment pergantian tahun baru ini. Dan kali ini Zeropromosi akan memberikan beberapa fakta unik dan menarik seputar tahun baru loh, jadi buat yang penasaran ada hal unik apa saja yang terjadi saat tahun baru, kuy simak artikelnya sampai habis !

Alasan Kenapa Tanggal 1 Januari Di Tetapkan Sebagai Awal Tahun

Alasan Kenapa Tanggal 1 Januari Di Tetapkan Sebagai Awal Tahun merupakan fakta unik dan menarik seputar tahun baru

Semua orang tentu sudah tahu bahwa tanggal 1 januari merupakan tanggal yang menjadi awal tahun baru, tapi kamu tau gak sih kenapa tanggal 1 januari yang ditetapkan sebagai awal tahun, kenapa gak 1 februari dan yang lain ? Ternyata menurut salah satu versi pada zaman dahulu yakni pada masa Kaisar Romawi Julius Caesar, ia memperkenalkan kalender Julian, yang kemudian menetapkan 1 Januari sebagai awal tahun atau tahun baru. Kalender Julian ini di perkenalkan oleh Julius Caesar 45 tahun sebelum Masehi yang merupakan tahun surya dengan jumlah hari tetap setiap bulannya, dan disisipi satu hari tiap 4 tahun untuk penyesuaian panjang tahun tropis.
Ia juga yang menentukan tanggal 1 Januari menjadi hari pertama dalam satu tahun, kemudian kalender ini digunakan secara resmi di seluruh Eropa, sampai kemudian diterapkannya reformasi dengan Kalender Gregorian pada tahun 1582. Reformasi kalender Julian ini di sempurnakan oleh Paus Gregorius XIII karena kurang selaras dengan kalender matahari sehingga di sebut dengan kalender Gregorian.  Ia juga menggunakan satu hari kabisat setiap empat tahun agar kalender itu bisa selaras dan menetapkan tanggal 1 Januari sebagai hari pertama dalam satu tahun. Inilah mengapa kita memiliki tahun kabisat setiap empat tahun sekali dan tanggal 1 Januari merupakan awal tahun. Jadi kalender yang sampai saat ini kita gunakan adalah kalender Gregorian.

Ada 39 Perayaan Tahun Baru di Seluruh Dunia

Ada 39 Perayaan Tahun Baru di Seluruh Dunia merupakan fakta unik dan menarik seputar tahun baru

Seperti yang kita ketahui hampir seluruh dunia pasti akan merayakan tahun baru dan perlu kamu ketahui juga bahwa di seluruh dunia itu terdapat 39 zona waktu yang berbeda, nah dengan rentang perbedaan waktu di seluruh dunia ini yang membuat perayaan tahun baru dilaksanakan sebanyak 39 kali di tempat yang berbeda menurut zona waktunya masing-masing. Wahh keren dan unik banget ya sobat.

Di Akita, Jepang Anak-Anak Takut Dengan Perayaan Tahun Baru

Di Akita, Jepang Anak-Anak Takut Dengan Perayaan Tahun Baru merupakan fakta unik dan menarik seputar tahun baru

Jika di Indonesia semua anak-anak akan sangat gembira ketika malam dan perayaan tahun baru tiba, berbeda dengan anak-anak di Akita, Jepang. Kok bisa sih mereka takut ? Jadi gini sobat, seperti yang kita tahu bahwa ada banyak sekali perayaan unik saat tahun baru di seluruh dunia san salah satunya ada di Akita, Jepang. Di sana ada salah satu perayaan yang sudah menjadi tradisi turun-temurun  yang disebut dengan Namahage Festival Akita. Namahage sendiri merupakan nama salah satu Dewa yang aneh menyerupai setan, yang lebih dikenal sebagi oni. Dan di malam tahun baru akan ada kelompok pemuda desa yang akan menyamar sebagai Dewa Namahage lengkap dengan menggunakan jas hujan jerami, band pinggang, mengenakan topeng besar, memegang pisau kayu dan ember. 
Nantinya kelompok pemuda tersebut akan mengunjungi rumah-rumah warga untuk mencari anak nakal dan malas sambil berteriak, “Ada anak nakal di sini?” atau “Ada anak yang tidak patuh pada orang tua di sini?” Meskipun hal ini baik dan bagus, tetap saja banyak anak-anak yang ketakutan. Eits tapi perayaan ini bukan hanya untuk memeringati anak-anak yang nakal saja loh, tapi juga untuk mengajarkan sekaligus untuk menegur secara halus kepada orang dewasa yang malas dan sebagainya. Unik dan keren banget ya sobat, kalo festival ini ada di Indonesia gimana ya haha.

Kribati Menjadi Negara Pertama Yang Merayakan Tahun Baru

Kribati Menjadi Negara Pertama Yang Merayakan Tahun Baru merupakan fakta unik dan menarik seputar tahun baru

Karena hampir seluruh dunia akan merayakan tahun baru dengan waktu yang berbeda, tentu aka nada salah satu Negara yang merayakan tahun baru nya lebih awal dari yang lain termasuk Indonesia. Nah, kamu harus tau nih ternyata salah satu Negara kepulauan seperti Indonesia yang berada di Samudra Pasifik Tengah yaitu Kribati menjadi Negara yang selalu merayakan tahun baru pertama kali loh. Ini karena negara ini dilalui Garis Tanggal International.

Samoa Menjadi Negara yang Merayakan Tahun Baru Paling Akhir

Samoa Menjadi Negara yang Merayakan Tahun Baru Paling Akhir merupakan fakta unik dan menarik seputar tahun baru

Kalau ada awal berarti ada akhir dong, kalau Kribati menjadi Negara pertama yang merayakan tahun baru, berbeda dengan Samoa Amerika Serikat. Negara ini akan merayakan tahun baru paling akhir dari Negara lainnya. Sebenarnya yang menjadi Negara yang merayakan tahun baru paling akhir adalah Pulau Baker dan Pulau Howland di Amerika Serikat, akan tetapi pulau ini merupakan pulau yang tak berpenghuni atau tidak ada yang tinggal di pulau tersebut sehingga Samoa yang paling akhir merayakan tahun baru. Banyak loh wisatawan yang datang ke Samoa untuk merayakan tahun baru lagi, kamu ingin coba juga gak ?  Biar bisa tahun baruan 2 kali gitu hehe.

Sobat zero, itulah beberapa fakta unik dan menarik seputar tahun baru. Jadi gimana nih, menurut kamu mana yang paling unik ? Yuk koment di bawah. 

Oiya di moment tahun baru yang penuh kebahagiaan dan kemeriahan jangan lupa untuk memberikan sesuatu yang spesial untuk orang-orang terdekat mu ya, kamu bisa memberikan mereka souvenir loh. Dan kamu bisa mendapatkan aneka macam souvenir tahun baru yang menarik dan unik seperti artikel kali ini di Zeropromosi, bisa custom juga lohhh. Yuk kepoin websitenya Zeropromosi.com
Sekian dan semoga artikel kali ini bisa memberikan manfaat untuk kamu semua ya, jangan lupa untuk di share ke teman, kerabat dan keluarga kamu ya. Terimakasih dan selamat tahun baru ! 😁

» Thanks for reading 5 Fakta Unik Dan Menarik Seputar Tahun Baru

0 Response to "5 Fakta Unik Dan Menarik Seputar Tahun Baru "

Posting Komentar

Komentar anda sangat membantu dan kami akan merespon secepatnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Klien Kami