Ini Dia Tips Merayakan Natal Yang Lebih Ramah Lingkungan !

Halo sobat zeropromosi ! Tak lama lagi umat kristiani di seluruh dunia akan merayakan hari Natal pada 24 Desember. Hari natal menjadi hari yang paling ditunggu oleh umat kristiani sebab hari ini memperingati kelahiran Yesus Kristus. Natal biasanya dirayakan dengan meriah, terlebih hari natal berdekatan dengan momen pergantian tahun sehingga semua orang akan mempersiapkan natal sekaligus tahun baru. Kemeriahan natal bisa dirasakan oleh semua orang di berbagai tempat karena adanya dekorasi-dekorasi cantik khas natal. Namun sangat disayangkan terkadang setelah perayaan natal berakhir banyak orang yang menyisakan sampah dan limbah yang akan mencemari lingkungan.

Ini Dia Tips Merayakan Natal Yang Lebih Ramah Lingkungan !

Terlebih saat ini perubahan iklim terjadi secara siginifikan dalam beberapa waktu sehingga kita sudah seharusnya lebih peduli dengan keadaan dan kelestarian lingkungan.  Seperti makna natal yang kita tahu adalah sebuah berkah untuk manusia dan alam semesta sehingga kita patut menjaganya. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini Zeropromosi ingin mengajak sobat zero untuk merayakan natal yang lebih ramah lingkungan. Sehingga natal tak hanya membawa kebahagian untuk kita umat manusia tapi juga untuk semua makhluk hidup.
Agar natal kali ini lebih berkesan dan ramah lingkungan, yuk simak tips nya di artikel berikut ini !

Gunakan Pohon Natal Ramah Lingkungan

Gunakan Pohon Natal Ramah Lingkungan merupakan salah satu tips merayakan natal yang lebih ramah lingkungan

Natal sangat identik dengan adanya pohon natal yang diberikan beragam hiasan menarik khas natal. Pohon natal biasanya menggunakan pohon cemara atau pinus karena dianggap sebagai lambang kehidupan yang abadi bersama Allah sebab pohon cemara masih tetap bisa bertahan hijau saat musim dingin atau salju sekalipun. Oleh karena itu hingga kini pohon cemara dan pinus banyak dijadikan pohon natal. Meskipun sudah ada pohon natal buatan atau artisial, lebih baik kamu gunakan pohon natal asli yang nantinya bisa ditanam kembali di halaman rumah. Jadi meskipun untuk mendapatkan nya harus menebang pohon terlebih dahulu, setidaknya kamu bisa menanamnya kembali. Jika sulit untuk menemukan pohon natal asli, kamu bisa kok membuat pohon natal yang ramah lingkungan dari barang-barang bekas seperti gelas plastik, botol plastik, batang-batang kayu yang sudah jatuh, kertas tak terpakai, kardus, sendok plastik dan banyak lagi. Pohon natal yang terbuat dari barang bekas tentu akan membuat kamu jadi lebih kreatif dan lebih hemat. Biar seru kamu bisa buat pohon natal nya bersama dengan anggota keluarga ya.

Ganti Lampu Natal Jadi Lampu LED

Ganti Lampu Natal Jadi Lampu LED merupakan salah satu tips merayakan natal yang lebih ramah lingkungan

Saat natal tiba biasanya semua orang akan bersiap menghias rumah dengan pernak-pernik khas natal. Bahkan ada juga yang menghias seluruh rumah dengan lampu-lampu natal sehingga malam natal jadi sangat indah. Tapi tahukah kamu, penggunaan lampu natal biasa bisa menyebabkan membengkaknya tagihan listrik dan berisiko kebakaran jika digunakan terlalu lama. Untuk mengantisipasi hal ini terjadi, kamu bisa mengganti lampu natal dengan tipe lampu LED yang lebih aman. Lampu LED juga jauh lebih hemat dari lampu biasa, jadi coba pertimbangkan lagi ya sobat.

Buat Hiasan Dari Barang Bekas

Buat Hiasan Dari Barang Bekas merupakan salah satu tips merayakan natal yang lebih ramah lingkungan

Untuk mengurangi sampah plastik dan lainnya, kamu bisa nih menjadi lebih kreatif dengan membuat hiasan natal dari barang bekas. Eits, meskipun hanya dari barang bekas kamu bisa merubahnya jadi hiasan unik dan pastinya ramah lingkungan. Kamu bisa mencoba membuat Christmas Wreath dari kartu ucapan natal tahun sebelumnya yang kamu simpan. Daripada nantinya kartu itu jadi rusak dan terbuang, lebih baik kamu mengubahnya menjadi Christmas Wreath. Caranya juga mudah ko, kamu hanya perlu mengunting kartu-kartu menjadi bentuk seperti tangan lalu susun semuanya secara melingkar. Kamu bisa menambahkan glitter untuk effect salju dan tambahkan pita untuk menggantungnya. Kamu juga bisa menambahkan hiasan bunga dari sedotan dan tampilannya jadi lebih cantik deh. Selain unik, dengan membuat hiasan sendiri juga membuat kamu jadi lebih hemat lho. Lumayan kan bisa ditabung untuk liburan akhir tahun hehe.

Berikan Kado Natal Ramah Lingkungan

Berikan Kado Natal Ramah Lingkungan merupakan salah satu tips merayakan natal yang lebih ramah lingkungan

Jika kamu berniat untuk memberikan kado natal, kali ini kamu harus mencari kado natal yang lebih bermanfaat dan ramah lingkungan ya. Usahakan kamu memberikan kado natal yang tahan lama atau bisa digunakan berulang kali agar kado bisa disimpan lebih lama dan tidak cepat menjadi sampah. Kamu bisa memberikan kado yang awet dan ramah lingkungan seperti tumbler air minum, peralatan makan portable dan tas ramah lingkungan yang bisa kamu dapatkan di Zeropromosi.  Jika kamu ingin yang lebih ramah lingkungan dan hemat, kamu juga bisa membuat kado natal sendiri seperti membuat makanan, kue natal, exploding box dari kertas daur ulang dan banyak lagi.

Bungkus Kado Dengan Kertas Daur Ulang

Bungkus Kado Dengan Kertas Daur Ulang merupakan salah satu tips merayakan natal yang lebih ramah lingkungan

Kado natal yang dibungkus dengan kertas warna-warni dan berkilau memang terlihat sangat indah, tapi tahukah kamu bahwa ternyata kertas kado yang berkilau dan mengandum logam, plastik dan sejenisnyaa itu akan sulit diurai. Jadi lebih baik kamu gunakan kertas yang sudah tidak terpakai sebagai bungkus kado natal ya. Kamu bisa kok membuat kado natal tetap cantik walaupun hanya menggunakan kertas daur ulang. Kamu bisa mengikatnya dengan benang woll atau rami, kemudian berikan hiasan label atau jika perlu kamu bisa menambahkan bunga kering agar terlihat lebih indah.

Kurangi Hidangan Daging

Kurangi Hidangan Daging merupakan salah satu tips merayakan natal yang lebih ramah lingkungan

Hayooo siapa nih yang bingung dengan point yang satu ini? Perlu sobat zero ketahui bahwa daging seperti kambing, babi bahkan sapi itu bisa merusak lingkungan. Kok bisa ? Iya bisa lho sobat, seperti misalnya sapi yang saat diternak bisa menghasilkan gas metana dimana itu jauh lebih berbahaya daripada karbondioksida. Jadi lebih baik kamu menyajikan hidangan dari sayur-sayuran atau produk tahu dan sejenisnya. Selain lebih ramah lingkungan, makan sayuran juga bagus untuk kesehatan.
Rayakan Natal Dirumah merupakan salah satu tips merayakan natal yang lebih ramah lingkungan
Siapa nih yang selalu merayakan natal diluar ? Sebenarnya merayakan natal diluar itu tidak masalah, yang menjadi masalah adalah kadang kita lupa untuk menjaga lingkungan sekitar dengan meninggalkan sampah saat pulang. Tak hanya itu, saat pergi keluar rumah kita juga menggunakan transportasi yang menjadi penyebab polusi udara karena karbondioksida yang dihasilkan. Jadi agar kualitas udara tetap bagus lebih baik rayakan natal dirumah bersama keluarga. Lagipula merayakan natal dirumah juga seru kok, apalagi kalau bareng-bareng sama keluarga. Tapi kamu juga harus ingat untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan rumah saat mengadakan acara ya.

Nah sobat zeropromosi itulah beberapa tips merayakan natal yang lebih ramah lingkungan. Jadi menurut kamu gimana nih, atau ada tips lain yang ingin kamu berikan ? Yuk komen di kolom komentar. 

Oiya, jika kamu mencari kado atau souvenir natal yang ramah lingkungan bisa order di Zeropromosi. com ya. Di Zeropromosi ada banyak pilihan produk ramah lingkungan yang cocok dijadikan kado dan souvenir natal. Butuh Souvenir Natal ? Ingat Zeropromosi !
Sekian dan semoga artikel ini bisa memberikan manfaat dan menginspirasi sobat zero semua untuk tetap menjaga lingkungan ya. Jangan lupa share artikel ini ke keluarga kamu, kerabat dan teman mu agar mereka juga tahu bagaimana cara merayakan natal yang ramah lingkungan. Terimakasih sudah membaca dan selamat merayakan hari natal bagi yang merayakan, ya !😁

» Thanks for reading Ini Dia Tips Merayakan Natal Yang Lebih Ramah Lingkungan !

0 Response to "Ini Dia Tips Merayakan Natal Yang Lebih Ramah Lingkungan !"

Posting Komentar

Komentar anda sangat membantu dan kami akan merespon secepatnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Klien Kami