Kemampuan Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Penulis

Setiap orang di dunia ini pastilah memiliki sebuah imajinasi atau perasaan dalam hati yang ingin mereka ungkapan kepada semua orang. Entah mengungkapnya dengan ucapan langsung atau bahkan dituangkan ke dalam sebuah media. Misalnya seperti dalam bentuk lagu, lukisan dan tulisan.

Kemampuan Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Penulis
Dan yang paling sering digunakan untuk mengungkap sebuah imajinasi dan juga perasaan adalah dalam bentuk tulisan, entah itu berjenis puisi, pantun, gurindam, cerpen bahkan novel. Tak heran banyak orang yang menjadikan menulis sebagai hobi mereka dan tak sedikit juga yang memutuskan untuk menjadi seorang penulis karena berawal dari hobi tersebut.

Kedengarannya menjadi penulis itu mudah, hanya merangkai-rangkai kata hingga membentuk rentetan kalimat panjang yang nantinya akan dibaca oleh orang lain. Nyatanya, menulis atau menjadi seorang penulis tidak semudah yang dibayangkan terlebih jika ingin menjadi seorang penulis beneran atau penulis yang baik, memiliki banyak karya dan dikagumi orang.

Sekalipun menjadi penulis handal itu tidaklah mudah tapi bukan mereka yang sekarang mungkin masih ber-title penulis abal-abal tidak bisa menjadi penulis handal kelak. Semua orang bisa saja menjadi penulis handal asal mereka tahu apa saja hal yang harus diperhatikan dalam menulis dan kemampuan apa saja yang harus dimiliki dan dikembangkan oleh seorang penulis.

Dirangkum dalam beberapa sumber referensi, berikut ini adalah kemampuan yang harus dimiliki dan dikembangkan oleh seorang penulis.

Seorang Penulis Harus Tahu Bahasa Yang Baik dan Benar.

Seorang Penulis Harus Tahu Bahasa Yang Baik dan Benar
Bahasa merupakan hal yang sangat krusial bagi seorang penulis, maka dari itu salah satu modal yang harus dimiliki oleh penulis adalah mengetahui struktur bahasa yang baik dan juga benar. Karena penggunaan bahasa dalam menulis, memiliki andil yang cukup besar pagi para pembaca nanti. Jika penyampaian bahasa yang digunakan baik , bagus dan benar pasti para pembaca akan memberikan respon positif pada tulisanmu, sekalipun kamu menggunakan bahasa non baku atau dicampur dengan bahasa kekinian.
Dan sebaliknya jika penyampaian bahasa yang digunakan kacau, amburadul pastilah pembaca akan mempertimbangkan ulang untuk membaca tulisanmu sampai akhir.

Seorang Penulis Harus Berani Mengembangkan Imajinasinya.

Seorang Penulis Harus Berani Mengembangkan Imajinasinya
Life is full of imagination, everyone own it and imagination has no limit.
Imajinasi atau khayalan. Jangan sering menganggap jika sebuah imajinasi hanyalah pemikiran konyol yang sama sekali tidak penting, karena imajinasi dapat membuat seseorang menciptakan sesuatu yang tidak pernah dipikirkan oleh orang lain sebelumnya.
Penulis juga mengandalkan imajinasi dalam setiap penulisannya. Seorang penulis harus berani mengembangkan setiap imajinasi yang dimilikinya. Karena meski hanya satu imajinasi tetapi jika dikembangkan dengan baik mampu menciptakan adegan demi adegan hingga membuat satu cerita dengan alur yang menarik.
Ingat, salah satu hal yang mampu menggerakan seorang pembaca mau membaca ceritamu adalah alur cerita. Semakin unik dan menarik ceritamu maka semakin berminat pula mereka membaca ceritamu.

Seorang Penulis Harus Kaya Kosakata.

Seorang Penulis Harus Kaya Kosakata
Mengetahui banyak vocabulary atau kaya kosakata merupakan modal lain yang harus diperhatikan dan miliki jika ingin menjadi penulis handal. Semakin kaya kosakata yang kamu miliki, semakin mudah pula kamu mengembangkan tulisanmu.
Misalnya saja, orang lain mungkin hanya tahu kata “melihat” tapi lain ceritanya jika kamu memiliki banyak kosakata. Kamu bisa mengungkapkannya dengan kata lain yang memiliki makna sama seperti menonton, melirik, mengerling dan lain sebagainnya.
Penggunaan kosakata juga membuat ceritamu tidak monoton karena tidak ada pengulangan kata. Bayangkan jika ceritamu terlalu banyak menggunakan ungkapan kalimatnya yang sama rasanya pasti terasa hambar.

Seorang Penulis Harus Memiliki Wawasan Luas.

Seorang Penulis Harus Memiliki Wawasan Luas
Semua yang kamu tulis, itulah nanti yang akan dibaca oleh orang lain dan mereka pasti akan masuk dan merasakan setiap alur yang kamu ciptakan.
Imajinasi memang perlu diperlukan saat menulis, tapi pengetahuan umum juga sangat diperlukan oleh penulis supaya tulisan yang dihasilkan lebih berbobot, tidak kosong, tidak juga berisi tentang hal fiktif saja namun juga ada nilai-nilai pengetahuan social yang bisa menambah informasi bagi si pembacanya.

Seorang Penulis Harus Menulis Dengan Idenya Sendiri.

Seorang Penulis Harus Menulis Dengan Idenya Sendiri
Sebagai pembaca kalian pasti pernah membaca sebuah cerita dengan tema yang sama tetapi miliki alur yang berbeda, betul kan? Itu karena setiap penulis memiliki cara sendiri untuk mengembangkan ide yang dimiliki meskipun tema cerita yang diangkat adalah tema yang sudah umum.
Seorang penulis entah itu masih pemula ataupun sudah handal, dilarang untuk menjiplak tulisan dari ide orang lain atau simple-nya dilarang plagiat. Terinspirasi boleh saja namun sekali lagi penulis harus menuangkan tulisannya dengan ide-ide yang murni dari pemikirannya sendiri.

Seorang Penulis Harus Bisa Peka Akan Keadaan Sekitar.

Seorang Penulis Harus Bisa Peka Akan Keadaan Sekitar
Penulis peka akan keadaan sekitar? Buat apa sih, emang perlu?
Memang diperlukan sebab dengan kita peduli dan peka akan keaadaan sekitar, kita jadi lebih tahu apa polemic yang terjadi di masyarakat. Poin plus yang bisa kamu dapatkan dengan peka pada sekitar adalah kamu akan menemukan bumbu yang bisa ditambahkan ke dalam cerita dan juga kamu bisa menyampaikan pesan-pesan moral melalui tulisanmu.

Itulah beberapa kemampuan yang harus diperhatikan, dimiliki dan dikembangkan oleh seorang penulis. Jika kita memiliki keinginan kuat, mau belajar, focus, disiplin dan konsentrasi, pasti kita bisa menjadi penulis professional sekalipun kita awalnya hanya penulis pemula.

Semoga informasi ini bermanfaat buat kalian ya sobatzero.

Penulis : Maya

» Thanks for reading Kemampuan Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Penulis

0 Response to "Kemampuan Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Penulis"

Posting Komentar

Komentar anda sangat membantu dan kami akan merespon secepatnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *