Silahkan Bandingkan Harga Kami dengan yang lain! 0877 8185 7176 0877 8186 7176

6 Strategi Efektif Membangun Koneksi Positif antara Guru dan Siswa !

Hai sobat zeropromosi ! Sebentar lagi Hari Guru akan tiba, biasanya momen ini diperingati dengan berbagai kegiatan dimulai dengan melaksanakan upacara bendera hingga kegiatan menyenangkan di sekolah. Mengingat pentingnya sosok guru bagi setiap orang khususnya anak-anak, seperti yang kita tahu menjadi guru bukanlah hal yang mudah, terutama untuk membangun hubungan yang positif antara guru dan siswa karena hal ini penting untuk membangun lingkungan pembelajaran yang produktif.

6 Strategi Efektif Membangun Koneksi Positif antara Guru dan Siswa !

Siswa yang memiliki hubungan baik dengan guru mereka lebih cenderung termotivasi untuk belajar, berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran, dan mencapai hasil yang lebih baik dalam pendidikan mereka. Oleh karena itu membangun hubungan positif dengan siswa merupakan tugas penting yang harus dilakukan. Namun, pernahkah sobat zero terpikir bagaimana caranya agar bisa menciptakan lingkungan belajar yang positif selama di sekolah ? 

Sebenarnya setiap tenaga pendidik alias guru memiliki cara mereka masing-masing, akan tetapi pada kesempatan kali ini minzer akan berikan sedikit bocoran mengenai strategi efektif yang bisa membantu dalam membangun koneksi yang positif antara guru dan siswa guna menciptakan lingkungan yang aman, inklusif, dan mendukung di kelas. Jika kamu seorang guru maka kamu wajib simak artikel ini sampai akhir, yuk simak artikelnya dan catat apa yang kamu perlukan !

Jadi Pendengar Yang Baik Untuk Siswa merupakan salah satu strategi efektif membangun koneksi positif antara guru dan siswa

Jadi Pendengar Yang Baik Untuk Siswa merupakan salah satu strategi efektif membangun koneksi positif antara guru dan siswa

Yang pertama dan sepertinya cukup penting untuk dilakukan seorang guru adalah dengan menjadi seorang pendengar yang baik bagi para siswa nya. Saat guru mendengarkan dengan sabar apa yang ingin disampaikan siswa, mereka akan merasa dihargai dan didengarkan. Hal ini dapat menciptakan rasa kepercayaan dan kenyamanan di antara siswa dimana hal ini merupakan fondasi penting dalam hubungan positif. Ketika siswa merasa bahwa guru mereka benar-benar mendengarkan dan memahami mereka, mereka lebih cenderung untuk membuka diri, berbicara tentang kekhawatiran atau kebutuhan mereka, dan merasa terlibat dalam pembelajaran. Dengarkan mereka dengan sabar, hindari interupsi, dan tanyakan pertanyaan yang relevan. Dengan begitu, ini akan menjadi langkah awal yang sangat penting dalam membangun hubungan positif yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan siswa.

Ketahui Kebutuhan Mereka merupakan salah satu strategi efektif membangun koneksi positif antara guru dan siswa

Ketahui Kebutuhan Mereka merupakan salah satu strategi efektif membangun koneksi positif antara guru dan siswa

Setiap siswa adalah pribadi yang berbeda, oleh karena itu setiap siswa juga memiliki kebutuhan yang berbeda. Disinilah tugas seorang guru harus dilakukan, dengan mengenali dan mengetahui kebutuhan siswa-siswanya. Pastikan kamu memahami kebutuhan, minat, dan kekuatan masing-masing siswa. Hal ini membantu menciptakan lingkungan di mana siswa merasa dihargai, diakui, dan didukung, sehingga memungkinkan hubungan guru-siswa yang positif untuk pertumbuhan akademik dan perkembangan pribadi siswa. Kamu bisa mencoba pendekatan untuk mengetahui kebutuhan para siswa, bisa melakukan observasi melalui kebiasan siswa saat belajar, bicara secara langsung atau melakukan survei di kelas. Buat kegiatan pendekatan ini jadi lebih menyenangkan agar mereka mau terbuka dan jujur saat survey. Gunakan cara yang kreatif seperti memberikan sticky note warna (kamu bisa dapatkan sticky note cantik di zeropromosi) yang dapat diisi pesan anonym setiap siswa, meskipun anonym setidaknya kamu jadi tahu apa saja yang dirasakan oleh siswa di kelas.

Berikan Support Saat Diperlukan

Berikan Support Saat Diperlukan merupakan salah satu strategi efektif membangun koneksi positif antara guru dan siswa

Selain mengenali siswa dengan baik, guru juga perlu lho memberikan support atau dukungan disaat diperlukan. Memberikan dukungan akan menjadi strategi efektif dalam membangun koneksi positif antara guru dan siswa, baik dalam hal akademik maupun masalah pribadi. Respons yang baik dari guru akan dilihat oleh siswa sehingga mereka merasa dipedulikan, lebih aman dan didukung. Dalam konteks pembelajaran, hal ini juga dapat memotivasi siswa untuk terus berusaha mengatasi hambatan dan tantangan yang mereka hadapi. Siswa yang merasa didukung oleh guru memiliki peluang yang lebih baik untuk mengatasi masalah, meraih kesuksesan, dan mengembangkan hubungan positif dengan mereka. Oleh karena itu, memberikan dukungan saat diperlukan adalah kunci untuk membangun ikatan yang kuat dan positif antara guru dan siswa. Bukan hanya dari perkataan, kamu juga bisa memberikaan dukungan lewat hadiah kecil sebagai penyemangat. Contohnya Mug keramik custom dari zeropromosi, kamu bisa custom mug dengan kalimat motivasi agar siswa semangat setiap harinya.

Berikan Feedback

Berikan Feedback merupakan salah satu strategi efektif membangun koneksi positif antara guru dan siswa

Setelah menjadi hari-hari di sekolah, siswa juga layak lho mendapatkan feedback positif dari guru. Bisa karena sudah semangat belajar, berhasil mengerjakan tugas dengan baik, berperilaku baik dan hal lain. Memberikan feedback/umpan balik yang positif saat siswa berkinerja baik adalah cara yang efektif untuk memotivasi mereka. Pujian yang tulus dan pengakuan atas usaha mereka bisa meningkatkan rasa percaya diri dan dorongan untuk belajar lebih baik. Kamu juga bisa memberikan reward sederhana untuk para siswa, bisa berupa cemilan atau mungkin hadiah spesial yang bermanfaat seperti Tumbler Custom dari Zeropromosi. Hadiah ini akan menjadi bukti kepedulian guru kepada siswa nya serta siap untuk membantu mereka mencapai potensi terbaik.

Ciptakan Suasana Kelas Kreatif dan Inklusif

Ciptakan Suasana Kelas Kreatif dan Inklusif merupakan salah satu strategi efektif membangun koneksi positif antara guru dan siswa

Agar hubungan guru dan siswa menjadi lebih baik, kamu bisa coba membangun suasana kelas yang lebih menyenangkan dengan menerapkan metode pembelajaran yang kreatif. Suasana kelas yang kreatif dapat menciptakan ruang di mana eksplorasi dan kreativitas diberi nilai tinggi, dan hal ini memungkinkan siswa untuk merasa lebih nyaman ketika berpartisipasi. Selain itu, kamu juga harus memastikan bahwa semua siswa merasa dihargai dan diterima, tanpa memandang latar belakang atau kemampuan mereka. Hal ini akan menciptakan rasa keadilan dan kesetaraan di kelas, ketika siswa merasa diakui dan dihargai, mereka lebih cenderung untuk merasa terhubung dengan guru mereka dan lebih terbuka terhadap pembelajaran.

Jaga Komunikasi Terbuka dan Kenali Batas Profesional

Jaga Komunikasi Terbuka dan Kenali Batas Profesional merupakan salah satu strategi efektif membangun koneksi positif antara guru dan siswa

Yang terakhir dan perlu diterapkan adalah menjaga komunikasi yang terbuka sehingga siswa akan merasa nyaman untuk berbicara dengan guru tentang kekhawatiran, masalah, atau pertanyaan yang mereka miliki. Hal ini juga akan menciptakan rasa kepercayaan di antara siswa dan guru, dan memungkinkan mereka merasa didengarkan dan dihargai. Di sisi lain, guru juga harus mengenali batas-batas profesional dengan siswa untuk menjaga hubungan yang sehat dan etis. Guru harus menjaga keseimbangan antara mendengarkan siswa dengan penuh perhatian dan menjaga integritas professional guna menghindari situasi yang dapat menimbulkan konflik kepentingan atau mengaburkan garis antara peran guru dan peran lain. Dengan menjaga batas-batas ini, guru dapat mempertahankan hubungan yang sehat dan saling menghormati dengan siswa.

Demikian itulah beberapa tips dan strategi efektif yang bisa kamu lakukan untuk membangun hubungan baik antara guru dan siswa. Membangun hubungan positif antara guru dan siswa memang memerlukan usaha dan kesabaran, tetapi hasilnya akan membawa manfaat jangka panjang dalam pembelajaran siswa.

Sekian dan semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian ya, kalau kamu ada cara tersendiri gak nih ? Kalau ada yuk coba komen dibawah 😊

» Thanks for reading 6 Strategi Efektif Membangun Koneksi Positif antara Guru dan Siswa !

12 Responses to "6 Strategi Efektif Membangun Koneksi Positif antara Guru dan Siswa !"

Komentar anda sangat membantu dan kami akan merespon secepatnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *