Silahkan Bandingkan Harga Kami dengan yang lain! 0877 8185 7176 0877 8186 7176

Dompet Kritis Setelah Lebaran ? Lakukan 4 Hal Ini Agar Keuangan Kembali Stabil !

Halo sobat zeropromosi ! Hari raya Idul Fitri atau lebaran merupakan salah satu momen bahagia yang paling dinanti oleh semua umat islam di seluruh dunia. Hari ini merupakan momen spesial yang menjadi pertanda kemenangan umat islam karena telah menjalankan ibadah puasa 1 bulan lamanya, bukan hanya puasa menahan haus dan lapar tapi juga menahan emosi hingga hawa nafsu. Maka tak heran jika hari raya Idul Fitri khususnya di Indonesia yang memiliki jumlah umat islam terbanyak di dunia ini senantiasa dirayakan dengan meriah.

Dompet Kritis Setelah Lebaran ? Lakukan 4 Hal Ini Agar Keuangan Kembali Stabil !

Biasanya persiapan hari raya Idul Fitri membutuhkan biaya yang lebih banyak sehingga tak heran jika beberapa orang mengalami kondisi keuangan yang tidak stabil setelah lebaran. Inilah sebabnya mengapa kita harus pandai mengelola keuangan agar kondisi keuangan tetap stabil dan kamu jadi gak kebingungan.

Tapi kalau hal ini sudah terjadi kamu tidak perlu khawatir ya, karena kali ini minzer akan berikan sedikit tips untuk kamu agar kondisi keuanganmu kembali stabil setelah lebaran. Hayooo siapa yang dompetnya sudah menipis dan kritis ? Yuk simak tipsnya di artikel berikut ini !

Evaluasi dan Cek Kembali Keuanganmu

Evaluasi dan Cek Kembali Keuanganmu merupakan salah satu tips menstabilkan kondisi keuangan setelah lebaran

Sebelum melakukan tindakan ada baiknya jika kamu melakukan evaluasi dan cek kembali kondisi keuanganmu setelah lebaran. Biasanya kondisi keuangan setelah lebaran bisa jadi memprihatinkan apalagi mengingat pengeluaran yang begitu banyak. Kamu juga bisa cek pengeluaran apa saja yang sudah kamu gunakan selama lebaran, dengan begitu kamu juga tau kemana saja uang kamu keluar. Kamu bisa catat semua pengeluaran mu selama lebaran, kamu juga bisa gunakan catatan ini untuk persiapan lebaran tahun berikutnya. Kamu juga bisa gunakan catatan ini untuk rencana anggaran berikutnya. Agar tidak hilang kamu bisa catat di buku khusus keuangan, bisa gunakan buku agenda tebal yang isianya bisa di refill seperti Buku Agenda custom dari zeropromosi. Buku agenda ini juga cocok untuk digunakan di kantor sebagai fasilitas hingga souvenir perusahaan yang lebih bermanfaat.

Pisahkan dan Simpan Dana Yang Tersisa

Pisahkan dan Simpan Dana Yang Tersisa merupakan salah satu tips menstabilkan kondisi keuangan setelah lebaran

Setelah mengevaluasi dan cek semua track pengeluaran kamu, usahakan jika ada dana yang tersisa coba dipisah dan disimpan terlebih dahulu. Hitung dan catat dana yang tersisa, jika kamu sudah ada pemasukan tambahan cobalah untuk segera mencatatnya. Pastikan kamu tidak tergoda untuk menggunakan sisa dana sebelumnya ya, dana ini bisa kamu gunakan untuk anggaran berikutnya. Jadi tahan dulu untuk menggunakannya ya.

Prioritaskan Kebutuhan

Prioritaskan Kebutuhan merupakan salah satu tips menstabilkan kondisi keuangan setelah lebaran

Setelah lebaran biasanya waktu libur lumayan lama, jika kamu mengandalkan uang pemasukanmu dari bulan sebelumnya mungkin hasilnya akan lebih sedikit. Maka dari itu kami sarankan untuk kamu menggunakan uang tambahan untuk kebutuhan yang utama, misalnya seperti membayar cicilan sebelumnya, membayar biaya sewa (jika kamu kos), membeli bahan makanan dan hal lain yang sekiranya cukup penting(Kamu bisa gunakan wadah tempat makanan seperti Lunch box seperti ini atau wadah interlock ini agar bahan makanan lebih awet dan tahan lama). Pastikan kamu membeli hal hal yang dibutuhkan ya sobat, jika ada keinginan untuk membeli sesuatu mungkin bisa ditahan dan dipending dulu yaa. Kamu juga harus membatasi pengeluaranmu setiap harinya agar keuangan tidak semakin menipis, banyak cara yang bisa kamu lakukan seperti membawa bekal makan siang sendiri dari rumah, membawa air minum sendiri (Gunakan tumbler sendiri agar kualitas air lebih terjamin, kamu bisa dapatkan aneka macam tumbler di zeropromosi) , menggunakan transportasi umum yang lebih terjangkau atau tidak membeli terlalu banyak cemilan diluar.

Susun dan Buat Anggaran Yang Baru

Susun dan Buat Anggaran Yang Baru merupakan salah satu tips menstabilkan kondisi keuangan setelah lebaran

Setelah semua hal yang pokok terselesaikan, kamu bisa menyusun dan membuat rencana anggaran yang baru. Usahakan buatlah serinci mungkin, coba tulisan pengeluaran dan pemasukanmu secara rinci beserta dengan pengeluaran pokok yang pasti ada. Pastikan kamu membuat post-post tertentu agar tidak ada pengeluaran yang tidak di rencanakan. Rencana anggaran ini bisa kamu pakai hingga bulan berikutnya sampai kondisi keuanganmu benar-benar stabil. Jangan lupa pisahkan juga uang untuk dana darurat dan tabungan, jika uangnya tidak cukup bisa sisahkan untuk dana darurat terlebih dahulu.

Disiplin Dalam Mengatur Keuangan

Disiplin Dalam Mengatur Keuangan merupakan salah satu tips menstabilkan kondisi keuangan setelah lebaran

Yang terakhir dan yang paling penting adalah kamu harus disiplin dalam mengatur dan mengelola keuangan, pastikan kamu juga konsisten dengan renacana anggaran yang telah kamu buat. Biasakan dirimu untuk disiplin terutama disaat-saat pasca lebaran, sabar dan tunggulah hingga kondisi keunganmu sudah membaik. Eits, meskipun sudah membaik bukan berarti kamu jadi boros dan tidak terkontrol ya. Lakukan hal yang sama hanya saja dengan penerapan yang sedikit berbeda.

Demikian itulah beberapa tips yang bisa kamu coba untuk memperbaiki kondisi keuanganmu setelah lebaran. Jangan lupa dicoba yaa, dan share artikel ini juga agar yang lain juga bisa menerapkannya dirumah. 

Sekian dan semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat zero yang mengalami hal ini seperti minzer hihihi... Sampai jumpa di artikel berikutnya ! J

» Thanks for reading Dompet Kritis Setelah Lebaran ? Lakukan 4 Hal Ini Agar Keuangan Kembali Stabil !

0 Response to "Dompet Kritis Setelah Lebaran ? Lakukan 4 Hal Ini Agar Keuangan Kembali Stabil !"

Posting Komentar

Komentar anda sangat membantu dan kami akan merespon secepatnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *