Tips Ciptakan Ramadhan Yang Ramah Lingkungan, Jadi Lebih Berkah !

Halo sobat zeropromosi ! Sudah hampir setengah bulan lamanya kita menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan, bulan penuh berkah yang selalu dinantikan oleh umat islam di seluruh dunia. Ibadah puasa biasanya identik dengan kegiatan berbuka puasa, mulai dari yang ngabuburit untuk mengisi waktu luang hingga berburu takjil dan makanan untuk berbuka nanti. Ngabuburit itu sendiri sudah menjadi kebiasaan unik masyarakat Indonesia, banyak orang ngabuburit sambil cari takjil.

Tips Ciptakan Ramadhan Yang Ramah Lingkungan, Jadi Lebih Berkah !

Kebiasaan ini sebenarnya ada plus minus nya lho sobat, saat membeli takjil masih banyak pedagang yang menggunakan bungkus plastik atau kantong plastik. Banyaknya jumlah penggunaan plastik di bulan ramadhan dinilai lebih tinggi dari hari biasanya lho, maka dari itu banyak pihak yang mulai melakukan gerakan puasa plastik dimana kita stop gunakan plastik. Meskipun seperti nya agak sulit tapi kalau belum kita coba mana tau hasilnya. Nah agar ramadhan kali ini lebih berkah untuk semuanya bahkan alam dan satwa, yuk terapkan gerakan puasa plastik di bulan ramadhan.

Buat sobat zero yang masih bingung sini minzer kasih tips ciptakan ramadhan yang ramah lingkungan dengan puasa plastik. Simak tipsnya di artikel berikut ini ya !

Gunakan Tas Belanja Sendiri

Gunakan Tas Belanja Sendiri merupakan salah satu tips terapkan puasa plastik di bulan ramadhan

Agar kamu tidak menyumbang banyak sampah plastik, akan lebih baik jika kamu menggunakan tas belanja sendiri. Tas belanja berbahan
kain spunbond dari zeropromosi bisa jadi pilihan yang tepat karena pilihan ukuran dan modelnya beragam, berhubung sedang ramadhan dan idul fitri kamu juga bisa pilih tas tema idul fitri dan bisa dibagikan ke anggota keluarga agar mulai mengganti kantong plastik. Tas bahan kain ini bisa digunakan untuk berulang kali, selain itu bahannya juga ramah lingkungan dan aman untuk dicuci kembali atau digunakann untuk menyimpan makanan seperti takjil. Selain jadi ramah lingkungan, kamu juga bisa berhemat untuk membeli kantong plastik.

Gunakan Alat Makan Reusable

Gunakan Alat Makan Reusable merupakan salah satu tips terapkan puasa plastik di bulan ramadhan

Tips berikutnya sebaiknya kamu gunakan peralatan makan seperti sendok/garpu yang reusable atau bisa digunakan kembali, apalagi mengingat saat puasa banyak jadwal bukber yang diadakan. Kalau kamu menggunakan alat makan sekali pakai yang umumnya terbuat dari plastik maka akan meninggalkan sampah plastik yang sulit diurai. Jadi lebih baik kalau ikut bukber bawa peralatan makan sendiri ya sobat, bisa gunakan alat makan yang terbuat dari kayu/bamboo atau
stainless steel seperti ini. Kalau kamu membeli minuman bukaan diluar juga jangan gunakan sedotan plastik ya, karena menurut penelitian sampah plastik sedotan memiliki jumlah yang cukup besar dari sampah plastik lain. Jadi yuk ganti sedotan plastik ke sedotan yang ramah lingkungan, kamu bisa cek jenis sedotan ramah lingkungan yang bisa kamu gunakan disini. (Dapatkan juga paket sedotan stainless ramah lingkungan disini)

Gunakan Botol Minum Sendiri

Gunakan Botol Minum Sendiri merupakan salah satu tips terapkan puasa plastik di bulan ramadhan

Hayoo siapa nih yang suka jajan minuman kemasan ? Emang enak sih seger-seger gitu, apalagi kalo diminum pas buka puasa. Tapi kamu harus ingat bahwa botol kemasan minuman plastik ini menjadi salah satu penyumbang sampah plastik yang cukup besar, bahan materialnya juga sulit diurai dan berbahaya untuk kesehatan tubuh. Untuk mengurangi sampah plastik ini kamu bisa beralih menggunakan botol minum sendiri yang bisa kamu gunakan berulang kali (Klik disini untuk melihat koleksi botol minum tumbler yang kami miliki), selain itu kualitas minuman juga lebih terjamin dan higienis. Biar lebih hemat kamu bisa buat minuman segar sendiri dirumah, bisa buat infuse water, jus buah atau es lainnya yang kamu suka. Rasanya juga pasti lebih segar dan sehat daripada harus beli minuman diluar.

Buat Makanan Bukaan dan Sahur Sendiri

Buat Makanan Bukaan dan Sahur Sendiri merupakan salah satu tips terapkan puasa plastik di bulan ramadhan

Agar kamu bisa mengurangi penggunaan plastik, kamu juga bisa nih buat makanan untuk berbuka puasa dan sahur sendiri dirumah. Selain bisa mengurangi penggunaan plastik kamu juga bisa berhemat karena sekali masak bisa dapat banyak. Jangan lupa ya saat belanja gunakan tas ramah lingkungan, kalau kamu gamau masak sendiri juga bisa beli lauk pauk tapi gunakan wadah penyimpanan dari rumah ya seperti kotak bekal. Meskipun beberapa wadah makanan juga terbuat dari plastik tapi bahan yang digunakan berbeda serta bisa digunakan kembali, jadi gak nyumbang sampah plastik deh.

Berbuka Puasa Secukupnya

Berbuka Puasa Secukupnya  merupakan salah satu tips terapkan puasa plastik di bulan ramadhan

Yang terakhir dan mungkin banyak orang tidak  tau adalah lebih baik jika kamu berbuka puasa secukupnya saja. Karena bagaimanapun juga jika kamu berbuka puasa terlalu banyak akan meninggalkan sisa sisa makanan, belum lagi kalau kamu membeli makanan dan cemilan kemasan plastik. Jadi buka puasa secukupnya saja ya, jangan sampai kekeyangan dan makanan jadi mubazir deh.

Nah sobat zeropromosi itu dia tips puasa plastik di bulan Ramadhan agar jadi lebih ramah lingkungan, gak cuma bagus untuk diri sendiri tapi juga lingkungan dan makhluk hidup lain, ramadhan jadi lebih berkah deh. Jangan lupa share artikel ini ya agar  yang lain juga bisa ikut puasa plastik. 

Sekian dan semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua ya, selamat mencoba dan selamat menunaikan ibadah puasa J

» Thanks for reading Tips Ciptakan Ramadhan Yang Ramah Lingkungan, Jadi Lebih Berkah !

4 Responses to "Tips Ciptakan Ramadhan Yang Ramah Lingkungan, Jadi Lebih Berkah !"

  1. Jadi kangen ramadhan­čą░

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih, terima kasih ya kak sudah berkunjung kesini

      Hapus
  2. Masyaallah ramadhan berkah banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih, terima kasih ya kak sudah berkunjung kesini

      Hapus

Komentar anda sangat membantu dan kami akan merespon secepatnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Klien Kami