Ini Lho 8 Dampak Makan Sahur Yang Tidak Akan Pernah Kamu Duga !

Halo sobat zeropromosi ! Di bulan ramadhan yang penuh berkah ini semua umat islam sudah mulai berpuasa hingga 30 hari lamanya. Selama berpuasa di bulan ramadhan, umat islam tidak hanya harus menahan rasa lapar dan haus tapi juga emosi, hawa nafsu dan hal lain yang dapat membatalkan puasa. Oleh karena itu sebelum berpuasa umat islam disarankan untuk makan sahur sebagai sumber energi saat puasa serta menjadi pembeda puasa umat islam dengan umat-umat sebelumnya. Biasanya makan sahur dilakukan pada dini hari sebelum waktu subuh atau terbitnya fajar.

Ini Lho 8 Dampak Makan Sahur Yang Tidak Akan Pernah Kamu Duga !

Meskipun sahur hanya sunnah atau bukan menjadi bagian dari syarat sah berpuasa, tetap saja sahur sangat penting untuk kita. Kebanyakan orang mungkin tahu bahwa makan sahur itu penting untuk membuat perut terisi dan kuat menjalani puasa seharian. Tapi hal yang perlu kamu tahu bahwa makan sahur sebenarnya bukan hanya sekedar waktu untuk mengisi perut atau memenuhi kebutuhan cairan tapi ada banyak dampak dan keutamaan penting di dalamnya. Lalu apa sih dampak dan keutamaan sahur sehingga sangat penting untuk kita melakukannya ketika ingin berpuasa ? Biar gak salah pemahaman, kali ini zeropromosi akan memberitahu apa saja dampak dan manfaat makan sahur yang tidak akan pernah kamu duga. Yuk cari tahu di artikel berikut ini !

Selalu Ada Berkah Di dalamnya

Selalu Ada Berkah Di dalamnya merupakan salah satu dampak makan sahur yang tidak pernah kamu duga

Hayooo siapa nih yang suka banget atau sering ninggalin makan sahur ? Meskipun bukan hal yang wajib, makan sahur penting lho dan tidak boleh ditinggalkan. Alasannya bukan hanya karena untuk mengisi perut melainkan ada berkah di dalam waktu makan sahur. Yups, setiap waktu yang dilewati orang berpuasa itu berkah apalagi di waktu sahur dan berbuka. Seperti yang di anjurkan oleh Nabi Muhammad SAW dalam Hadits Riwayat al-Bukhari : "Bersantap sahurlah kalian, karena dalam sahur itu ada keberkahan." Nah buat kamu yang suka ninggalin sahur jangan sampai merasa rugi ya, walaupun hanya minum air kamu akan tetap mendapatkan keberkahannya lho. Masyaallah luar biasa banget ya sobat, sahur aja bisa dapet berkah.

Membantu Tubuh Untuk Siap Puasa

Membantu Tubuh Untuk Siap Puasa merupakan salah satu dampak makan sahur yang tidak pernah kamu duga

Sebelum berpuasa kita dianjurkan untuk makan sahur, dampak dan manfaatnya tentu ada pada tubuh kita. Untuk di Indonesia sendiri biasanya masyarakat akan berpuasa selama kurang lebih 13 jam, agar tubuh tetap kuat tanpa asupan apapun maka penting bagi kita untuk sahur. Meskipun terkadang makan sahur tak se menggoda saat berbuka, tetap saja sahur dapat membantu tubuh kita agar siap untuk menjalani ibadah puasa. Oleh karena itu saat sahur kita disarankan untuk makan makanan yang bernutrisi sama halnya seperti saat berbuka puasa. Kalau kamu merasa malas untuk masak dini hari, kamu bisa menyiapkan menu makanan sahur dari malam atau setelah pulang sholat tarawih lalu simpan di tempat wadah penyimpanan yang aman (Set kotak makan seperti ini sangat cocok dijadikan pilihan karena bahannya food grade dan mampu menjaga kualitas makanan yang disimpan). Ketika waktu sahur tiba kamu hanya perlu menghangatkannya kembali dan tidak memerlukan waktu yang lama. Nantinya makanan yang di konsumsi selama sahur akan menjadi lemak di tubuh kita, lemak ini lah yang akan membantu tubuh tetap kuat selama puasa. Lemak dalam tubuh ibarat makanan cadangan saat puasa yang akan terbakar menjadi energi, jadi biarpun tubuh tak terisi makanan atau minuman selama 13 jam tubuh akan kuat.

Mencegah Dehidrasi

Mencegah Dehidrasi merupakan salah satu dampak makan sahur yang tidak pernah kamu duga

Saat berpuasa sangat penting bagi kita untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh agar organ tubuh dapat bekerja dengan baik sebagaimana mestinya. Cairan tubuh yang diperlukan oleh tiap orang umumnya berbeda, tapi biasanya yang dianjurkan adalah sekitar 2 liter dalam sehari. Sedangkan waktu untuk minum di bulan ramadhan sangatlah terbatas sehingga waktu sahur menjadi waktu yang tepat untuk memenuhi cairan tubuh. Bukan hanya dengan minum air tapi juga makan makanan yang mengandung banyak cairan. Jika cairan tubuh terpenuhi maka kamu tidak akan merasakan haus apalagi dehidrasi ketika berpuasa. Walaupun terdengar sulit untuk memenuhi kebutuhan cairan yang banyak dengan waktu yang lebih sedikit, kamu bisa mengakalinya dengan menyediakan Tumbler berisikan air minum agar kamu tidak lupa untuk minum dari jam berbuka hingga waktu imsak (Tumbler Dundee dengan kapasitas besar ini sangat cocok untuk digunakan selama ramadhan, tidak perlu sering mengisi air dan kualitas air tetapp terjaga). Tidak perlu langsung dihabiskan, kamu bisa membagi waktu untuk minum air seperti 2 gelas saat berbuka, 4 gelas saat malam hari dan 2 gelas saat waktu sahur.

Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi

Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi merupakan salah satu dampak makan sahur yang tidak pernah kamu duga

Pernah gak sih sobat zero jadi gak fokus kalau lagi puasa ? Nah hal ini bisa saja disebabkan karena perut yang lapar. Menahan lapar memang hal biasa  saat puasa, tapi jika kamu tidak sahur maka rasa lapar akan meningkat. Ketika perut merasa lapar nantinya kadar gula darah dalam tubuh menjadi rendah dan tidak ada sumber makanan yang dapat dicerna sehingga akan menyebabkan penurunan energi dalam tubuh. Hal ini lah yang menjadi penyebab kamu jadi kurang fokus saat berpuasa. Maka dari itu sahur sangat penting apalagi jika punya banyak aktivitas, jadi jangan tinggalkan sahur yaa sobat. Pastikan makanan yang kamu makan juga mengandung cukup nutrisi untuk membuat dirimu tetap fokus saat beraktivitas ya seperti mengkonsumsi oatmeal, telur, sayur-sayuran dan lainnya. Supaya gak bosan, kamu bisa mengkombinasikan menu sahur setiap harinya. Catat menu sahur apa yang ingin kamu masak agar tidak lupa untuk membeli bahannya ya (Buku memo yang dilengkapi sticky note tempel ini sangat cocok untuk digunakan karena kamu bisa mencatat keperluan ramadhan mu).

Mencegah Terjadinya Penurunan Berat Badan Secara Drastis

Mencegah Terjadinya Penurunan Berat Badan Secara Drastis merupakan salah satu dampak makan sahur yang tidak pernah kamu duga

Setiap harinya kita memerlukan energi yang cukup untuk beraktivitas, begitu berpuasa tentu kita memerlukan lebih banyak energi. Saat berpuasa energi yang kita perlukan lebih banyak, sedangkan asupan makanan nya lebih sedikit sehingga tubuh akan berusaha membakar setiap lemak dalam tubuh untuk diubah menjadi energi. Hal ini lah yang menyebabkan terjadinya penurunan berat badan. Jika kamu dalam program diet hal ini mungkin bagus, tapi jika penurunan berat badan terlalu drastis maka akan berbahaya untuk kesehatan tubuh. Maka dari itu agar hal ini tidak terjadi, kamu perlu untuk makan sahur dengan cukup agar tubuh bisa mendapatkan energi dari makanan yang di makan saat sahur.

Dapat Meringankan Penyakit Asam Lambung

Dapat Meringankan Penyakit Asam Lambung merupakan salah satu dampak makan sahur yang tidak pernah kamu duga

Bagi penderita penyakit asam lambung atau gerd mungkin akan merasa khawatir ketika bulan ramadhan tiba. Pasalnya mereka harus berpuasa sedangkan tubuh mereka harus menerima asupan makanan dan minuman secara rutin agar kadar asam lambung tidak meningkat. Tapi siapa sangka menurut penelitian, puasa justru bisa meringankan gejala penyakit asam lambung lho. Berdasarkan Acta Medica Indonesian – The Indonesian Journal of Internal Medicine pada 2016, beberapa orang yang menjalankan puasa justru merasakan gejala yang lebih ringan daripada mereka yang tidak berpuasa. Hal ini disebabkan karena waktu atau pola makan yang lebih teratur saat berpuasa, seperti saat berbuka dan saat sahur. Saat sahur jadi waktu yang penting untuk mengisi perut agar tidak terlalu lama kosong, jadi buat kamu yang punya penyakit asam lambung jangan lewatkan makan sahur ya. Selain itu puasa juga membuat mereka untuk bisa menahan diri dari keinginan makan cemilan yang dapat memperparah penyakit asam lambung, jadi pastikan makanan yang kamu konsumsi dapat membuat dirimu kenyang lebih lama ya.  

Nah sobat zeropromosi itu dia beberapa dampak positif dari makan sahur yang mungkin tidak pernah kamu duga. Dari sekian banyaknya dampak positif makan sahur, yang mana nih yang belum pernah kamu tahu ? Oiya, waktu makan sahur juga bisa membantu kamu agar tidak kelewatan sholat subuh karena jarak waktunya yang cukup dekat. Jadi meskipun ramadhan sudah akan berakhir, jangan lupa untuk tetap sahur ya !

Sekian dan semoga artikel yang kami tulis ini bisa memberikan manfaat untuk sobat zero semua ya. Share artikel ini juga ke semua teman kamu agar mereka tahu manfaat dan pentingnya makan sahur.  Terimakasih sudah membaca dan selamat menjalankan ibadah puasa ramadhan !😀

» Thanks for reading Ini Lho 8 Dampak Makan Sahur Yang Tidak Akan Pernah Kamu Duga !

0 Response to "Ini Lho 8 Dampak Makan Sahur Yang Tidak Akan Pernah Kamu Duga ! "

Posting Komentar

Komentar anda sangat membantu dan kami akan merespon secepatnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Klien Kami