Beragam Fakta Unik Tradisi Munggahan Yang Ada di Indonesia !

Sobat zeropromosi ! Tak terasa suasana bulan suci ramadhan sudah mulai terasa, banyak hal-hal unik saat ramadhan sudah mulai bermunculan. Seperti adanya pedagang buah timun suri, banyak pedagang-pedagang es kelapa dan masih banyak lagi. Tidak hanya saat ramadhan tiba, sebelum ramadhan biasanya masyarakat Indonesia suka melakukan sesuatu seperti halnya tradisi untuk menyambut datangnya bulan suci ramadhan. Salah satu tradisi unik yang sering dilakukan sebelum ramadhan oleh masyarakat Indonesia adalah tradisi ‘Munggahan’.

Beragam Fakta Unik Tradisi Munggahan Yang Ada di Indonesia !

Tradisi munggahan rutin dilakukan oleh banyak masyarakat Indonesia terutama masyarakat suku sunda. Tradisi ini biasanya diadakan 3 atau 4 hari sebelum hari pertama berpuasa di bulan ramadhan. Biasanya semua orang yang merayakan tradisi ini akan melakukan beberapa kegiatan seperti bepergian ke tempat wisata, pergi kerumah sanak saudara dan keluarga, mendatangi makan keluarga yang telah tiada dan masih banyak banyak. Di balik kemeriahan dan keseruan tradisi ini terdapat beberapa fakta unik yang membuat kamu jadi makin penasaran dengan tradisi masyarakat Indonesia yang satu ini.

Jadi agar kamu juga bisa ikut merasakan tradisi jelang ramadhan ini, kali ini zeropromosi telah merangkum beberapa fakta unik tradisi munggahan yang diadakan jelang ramadhan dan hanya ada di Indonesia. Yuk simak fakta uniknya dan coba untuk ikut serta merayakannya. Simak artikelnya sampai habis ya !

Memiliki Banyak Makna

Memiliki Banyak Makna merupakan salah satu fakta unik tradisi munggahan jelang ramadhan

Tradisi munggahan mungkin telah banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia, tapi tidak semua orang tahu makna sebenarnya dari tradisi munggahan yang diadakan jelang ramadhan. Tradisi ini sendiri memiliki banyak makna yang berbeda, tapi jika di cerna dengan baik maknanya hampir-hampir sama. Pertama, munggahan memiliki arti pindah atau melakukan sesuatu yang sifat nya berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Hal ini dikarenakan saat munggah, masyarakat akan pergi ke tempat-tempat yang biasanya tidak dikunjungi seperti tempat wisata, pergi ziarah atau yang lainnya karena saat bulan ramadhan tiba mungkin kita tidak akan bisa pergi jauh-jauh dikarenakan sedang berpuasa. Munggahan juga bermakna perubahan dan sampai dimana itu artinya akan terjadinya perubahan dari yang tadinya kita menjalani hari-hari seperti biasa akan tergantikan dengan aktivitas-aktivitas yang penuh kebaikan seperti berpuasa, sholat tarawih bersama dan masih banyak lagi. Munggahan juga memiliki arti bahwa ramadhan akan segera tiba dan umat islam di dunia telah sampai di bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT dan Nabi Muhammas SAW, oleh karena itu semua umat islam pasti akan sangat bergembira ketika ramadhan tiba.

Identik Dengan Makan Bersama

Identik Dengan Makan Bersama merupakan salah satu fakta unik tradisi munggahan jelang ramadhan

Fakta unik lain dari tradisi munggahan jelang ramadhan adalah identik dengan makan bersama, biasanya setiap orang akan merayakannya dengan cara masak dan makan bersama dengan keluarga, teman dan orang terdekat. Biasanya anggota keluarga ataupun teman akan kumpul bersama entah di rumah atau di luar, nantinya mereka akan masak dan makan bersama untuk mengingat bahwa sebentar lagi ramadhan akan tiba dan tidak akan ada yang namanya makan siang karena berpuasa. Tidak hanya dirayakan oleh anggota keluarga, biasanya anak-anak kecil hingga orang dewasa di kampung-kampung juga akan mengadakan acara munggahan untuk memperat tali silaturahmi jelang ramadhan. Semua orang akan berkumpul di satu tempat untuk memeriahkan munggahan, akan tetapi pada tahun ini mungkin acara munggahan tidak akan semeriah 2 tahun sebelumnya karena pandemi covid-19 yang masih mewabah. Tapi sobat zero tidak perlu khawatir karena kini kamu tetap bisa mengadakan acara munggahan bersama dengan menerapkan protocol kesehatan. Setidaknya kamu harus membuat ketentuan untuk mengadakan acara munggahan dimana setiap orang wajib memakai masker dan pihak tempat penyelenggara juga harus menyediakan hand sanitizer atau tempat untuk mencuci tangan. Berhubung acara munggahan diadakan jelang ramadhan, kamu juga bisa melakukan sosialisasi untuk menyiapkan diri jelang ramadhan di masa pandemi kepada masyarakat. Caranya bisa dengan memberikan masker atau handsanitizer custom yang bisa kamu dapatkan di Zeropromosi. Nantinya kamu bisa custom cetakan ramadhan agar semua orang jadi makin semangat untuk menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan. Agar lebih berkesan, kamu juga bisa memberikan souvenir ramadhan berupa mug atau mungkin buku agenda agar mereka bisa mencatat setiap list aktivitas selama bulan ramadhan. Kamu juga bisa memberikan souvenir ramadhan kepada orang terdekat mu, jadi mereka akan ingat kamu dan lebih semangat untuk berpuasa.

Sebagai Ajang Silaturahmi

Sebagai Ajang Silaturahmi merupakan salah satu fakta unik tradisi munggahan jelang ramadhan

Munggahan biasanya di adakan saat mendekati bulan ramadhan, biasanya 2,3 atau 4 hari sebelum puasa ramadhan. Munggahan yang mungkin banyak orang tahu adalah tradisi kumpul dan makan bersama, tapi dibalik itu munggahan dijadikan sebagai ajang untuk silaturahmi oleh umat islam di Indonesia khususnya masyarakat sunda. Saat munggahan biasanya semua orang yang ikut serta akan saling bertemu dan meminta maaf dengan tujuan agar ramadhan bisa diawali dengan sesuatu yang baik. Jika ada yang sedang marahan semua akan berbaikan dan meminta maaf agar puasa ramadhan juga menjadi berkah.

Sebagai Ucapan Rasa Syukur

Sebagai Ucapan Rasa Syukur merupakan salah satu fakta unik tradisi munggahan jelang ramadhan

Jelang ramadhan, umat islam umumnya memiliki cara tersendiri untuk menyambutnya. Begitu juga dengan tradisi munggahan yang ternyata dilakukan sebagai ucapan rasa syukur dan bahagia atas tibanya bulan suci ramadhan yang penuh berkah. Oleh karena itu semua orang yang mengadakan munggahan pasti akan merasa senang dan bahagia karena akan menyambut bulan yang mulia. Meskipun kini tradisi munggahan sudah mulai dilakukan dengan cara yang lebih modern akibat perkembangan jaman, tetap saja makna dan tujuannya tetap sama yakni sebagai ucapan rasa syukur kepada Allah SWT karena mengijinkan untuk bertemu kembali dengan bulan ramadhan.

Cara Merayakannya Sangat Beragam

Cara Merayakannya Sangat Beragam merupakan salah satu fakta unik tradisi munggahan jelang ramadhan

Selain dirayakan dengan cara makan bersama, tradisi munggahan juga bisa dirayakan dengan cara yang lebih beragam. Belum lagi jaman sudah semakin maju dan banyak orang merakannya dengan cara mereka sendiri. Kamu bisa merayakannya dengan cara yang kamu mau tapi yang penting adalah membawa kebaikan baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Setiap cara yang dilakukan diwujudkan untuk mengucapkan rasa syukur, jadi secara umum yang dilakukan saat munggahan adalah pergi ziarah ke makan, pergi ke tempat yang sebelumnya tak biasa dikunjungi atau tempat wisata, makan bersama dengan banyak orang, silaturahmi, berdoa bersama, hingga melakukan kegiatan sosial. Bahkan ada salah satu tradisi unik yang dilakukan saat munggahan adalah proses mensucikan diri dengan mandi besar di sungai ataupun di tempat pemandian khusus. Biasanya masyarakat akan beramai-ramai mandi di sungai dan membaca doa agar mereka bisa memasuki bulan ramadhan dengan keadaan yang telah bersih atau suci. Inilah sebabnya mengapa banyak tempat wisata yang memiliki tempat pemandian khusus akan ramai dikunjungi.  

Banyak Pihak Yang Diuntungkan

Banyak Pihak Yang Diuntungkan merupakan salah satu fakta unik tradisi munggahan jelang ramadhan

Fakta unik yang terakhir adalah banyaknya pihak yang akan mendapatkan keuntungan ketika masyarakat Indonesia mengadakan tradisi munggahan. Yups, saat munggahan biasanya semua orang akan melakukan banyak kegiatan diantaranya pergi ke tempat wisata atau ziarah. Nah pihak wisata dan penjaga tempat ziarah tentu akan merasa senang karena banyaknya aktivitas kunjungan dari masyarakat. Hal ini tentu akan sangat membantu masyarakat sekitar akibat dampak pandemi yang sudah berkepanjangan. Dengan adanya aktivitas wisata dari masyarakat yang mengadakan munggahan, maka itu dapat membantu orang lain. Selain itu munggahan juga tidak hanya dirayakan dengan cara bersenang-senang, banyak masyarakat yang mengadakan munggahan dengan cara yang lebih bermanfaat seperti masak dan makan bersama di panti atau berbagi sedekah sebelum ramadhan. Jadi, bukan hanya diri kita sendiri yang merasakan kesenangan tradisi ini tapi orang lain juga ikut merasakan berkahnya.
Kalian juga bisa berbagi kebahagiaan dengan memberikan ucapan idul fitri lewat mug yang akan membuat penerimanya senang, penasaran kan? Kalian bisa lihat disini
 

Nah sobat zeropromosi, itulah beberapa fakta unik tradisi munggahan yang diadakan jelang ramadhan oleh masyarakat Indonesia. Jadi kapan nih kamu mau munggahan bareng keluarga atau teman dan orang tersayang ? Saat mengadakan munggahan jangan lupa untuk berdoa agar bisa di pertemukan dengan bulan ramadhan yang penuh berkah ya.

Sekian dan semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat zero semua ya. Semoga tahun ini kita bisa diijinkan oleh Allah SWT untuk merasakan indahnya berpuasa di bulan ramadhan ya sobat. Terimakasih sudah membaca dan jangan lupa share artikel ini juga ke semua teman dan keluarga mu agar mereka juga tahu beragam fakta unik tradisi munggahan. Selamat menyambut bulan suci ramadhan bagi sobat zero yang menjalankan, ya ! Happy ramadhan !  😁

» Thanks for reading Beragam Fakta Unik Tradisi Munggahan Yang Ada di Indonesia !

12 Responses to "Beragam Fakta Unik Tradisi Munggahan Yang Ada di Indonesia !"

Komentar anda sangat membantu dan kami akan merespon secepatnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Klien Kami