Ini Dia Berbagai Kegiatan Yang Rutin Dilakukan Untuk Memperingati Maulid Nabi !

Halo sobat zeropromosi ! Tak lama lagi umat islam akan menyambut datangnya bulan Rabiul Awal yang penuh berkah karena pada tanggal 12 Rabiul Awal merupakan hari dimana Nabi Muhammad SAW dilahirkan ke dunia. Tentu saja bulan ini menjadi bulan yang sangat diistimewakan oleh seluruh umat islam tak terkecuali di Indonesia. Dengan jumlah masyarakat beragama islam yang cukup banyak, sudah tentu peringatan maulid Nabi di Indonesia akan diperingati dan dirayakan dengan meriah. Tak hanya orang dewasa, anak-anak, remaja hingga orang tua pun ikut serta memperingati hari besar ini. Moment ini biasanya diperingati sebagai bentuk pengungkapan ekspresi bahagia dan hormat kepada Nabi Muhammad SAW. Oleh karena itu semua orang akan menyambutnya dengan senang hati dan perasaan bahagia.

Ini Dia Berbagai Kegiatan Yang Rutin Dilakukan Untuk Memperingati Maulid Nabi !

Dan pada tahun ini peringatan maulid Nabi diperingati pada tanggal 12 Oktober mendatang. Menjelang peringatan maulid Nabi yang tinggal menghitung hari, biasanya masyarakat sudah mulai mempersiapkan acara untuk memperingati Maulid Nabi. Tapi peringatan maulid Nabi tentu saja berbeda dari peringatan nasional dimana peringatan ini akan dimeriahkan dengan berbagai aktifitas keagamaan yang menyenangkan dan pastinya lebih bermanfaat. 

Berikut telah Zeropromosi rangkum beberapa aktifitas dan kegiatan yang rutin dilakukan masyarakat Indonesia untuk memperingati maulid Nabi Muhammad SAW. Yuk simak artikelnya lebih lengkap agar kamu juga bisa mempersiapkan acara peringatan maulid Nabi !

Tabligh Akbar merupakan salah satu kegiatan yang rutin dilakukan untuk memperingati maulid nabi

Tabligh Akbar merupakan salah satu kegiatan yang rutin dilakukan untuk memperingati maulid nabi

Perayaan maulid Nabi Muhammad SAW memang menjadi moment istimewa yang dinantikan umat islam, banyak kegiatan keagamaan penuh filosofi di adakan agar masyarakat bisa lebih memaknai moment penting ini. Salah satu kegiatan atau acara yang senantiasa di adakan adalah “Tabligh Akbar” dimana kata tabligh itu sendiri berasal dari kata kerja (fi'il) Balagha > yubalighu yang artinya menyampaikan. Sedangkan menurut istilah, tabligh adalah menyampaikan ajaran-ajaran Islam yang diterima dari Allah SWT kepada umat manusia untuk dijadikan pedoman hidup agar bisa  memperoleh kebahagiaan dunia dan akhirat. Acara tabligh akbar biasanya diadakan untuk memperingati hari-hari besar  dalam sejarah Islam seperti moment maulid Nabi, isra’ mi’raj, peringatan tahun baru islam, pergantian tahun masehi dan banyak lagi. Istilah acara tabligh akbar ini sudah ada sejak lama dan sudah menjadi tradisi turun temurun yang tidak hanya diadakan saat moment hari besar islam tapi juga moment-moment nasional. Kegiatan tabligh akbar biasa nya diisi dengan beragam acara keagamaan lainnya seperti membaca ayat suci Al-Qur’an bersama, membaca dzikir dan shalawat, serta mendengarkan dakwah dari mubaligh (penceramah/ulama yang menyampaikan dakwah) yang biasanya akan menyampaikan banyak ajaran-ajaran islam agar masyarakat yang hadir juga bisa memaknai moment ini dengan merealisasikan ajaran dan sunnah Rasul ke dalam kehidupan sehari-hari. Jadi secara garis besar acara ini diadakan untuk menyampaikan ajaran-ajaran Islam kepada seluruh umat islam agar bisa menyempurnakan akhlak dan memperkuat iman. Adanya tabligh akbar juga bisa mempererat tali silaturahmi antar sesame umat islam lho, terlebih kita juga bisa terus melestarikan tradisi yang luar biasa istimewa ini. Kamu sering ikut acara tabligh akbar gak nih ?

Pawai merupakan salah satu kegiatan yang rutin dilakukan untuk memperingati maulid nabi

Pawai merupakan salah satu kegiatan yang rutin dilakukan untuk memperingati maulid nabi

Saat bulan Rabiul Awal biasanya masyarakat di beberapa daerah di Indonesia akan mengadakan kegiatan pawai seperti pawai obor sambil melantunkan shalawat, pawai biasa menggunakan pakaian muslim sambil melantunkan shalawat dan banyak lagi. Kegiatan pawai ini memang sudah menjadi bagian dari peringatan maulid Nabi yang dilaksanakan pada malam 11 Rabiul Awal. Kegiatan pawai biasanya direncanakan dari beberapa hari lalu oleh masyarakat sekitar terutama anak-anak mudah pengurus masjid, mereka akan membuat kepanitiaan yang bertanggung jawab saat kegiatan berlangsung. Semua orang mulai dari anak-anak hingga orang dewasa biasanya ikut serta memeriahkan kegiatan pawai. Untuk kegiatan pawai obor biasanya diadakan saat malam hari setelah maghrib atau isya, semua orang yang ikut pawai akan berkumpul di satu titik sambil membawa obor yang telah disiapkan. Biasanya di sepanjang jalan juga akan dipasang obor sehingga jalan lebih terang dan suasana maulid lebih terasa. Kegiatan ini bukan hanya untuk seru-seruan aja lho, tapi sebagai salah satu cara untuk menyampaikan kebahagiaan atas moment kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Perlombaan Keagamaan merupakan salah satu kegiatan yang rutin dilakukan untuk memperingati maulid nabi

Perlombaan Keagamaan merupakan salah satu kegiatan yang rutin dilakukan untuk memperingati maulid nabi

Kegiatan lain yang juga sering diadakan untuk memperingati moment maulid Nabi adalah mengadakan perlombaan-perlombaan keagamaan. Banyak masyarakat di berbagai daerah di Indonesia akan mengadakan perlombaan keagamaan atau yang lebih sering di sebut dengan pekan maulid saat bulan Rabiul Awal tiba. Kegiatan perlombaan keagamaan yang dilaksanakan oleh masyarakat ini bertujuan untuk menguatkan tali silaturahmi antar sesama sembari menyiarkan ajaran-ajaran Islam. Biasanya perlombaan ini diadakan dengan membagi kelompok usia para peserta seperti anak sekolah TK, SD, SMP, SMA dan seterusnya. Jenis lomba yang diadakan juga beragam lho, mulai dari lomba adzan, membaca al-Qur’an, hafalan surat, cerdas cermat tentang islam, dakwah, sholat, kaligrafi dan masih banyak lagi. Kegiatan ini tak hanya menyenangkan tapi juga bermanfaat untuk mendorong masyarakat terutama anak-anak untuk mempelajari ajaran-ajaran islam serta meneruskan perjuangan Rasulullah.  Acara ini juga bisa menjadi saranan untuk memperkuat iman dan mental terutama pada anak-anak. Jadi kalau ada acara perlombaan seperti ini saat maulid Nabi jangan dilewatkan ya sobat. Ajak adik, anak, saudara ataupun tetangga mu untuk ikut serta memeriahkannya atau setidaknya kamu juga bisa menyaksikan bersama saat acara nya berlangsung. Tak hanya seru, tapi kamu juga bisa memperoleh banyak ilmu baru.

Bakti Sosial merupakan salah satu kegiatan yang rutin dilakukan untuk memperingati maulid nabi

Bakti Sosial merupakan salah satu kegiatan yang rutin dilakukan untuk memperingati maulid nabi

Kegiatan terakhir yang juga sering dilakukan untuk memperingati maulid Nabi adalah melakukan kegiatan bakti sosial bersama. Kegiatan ini biasanya di adakan oleh remaja-remaja organisasi di lingkungan rumah, sekolah dan lainnya. Biasanya setiap oran yang ikut kegiatan ini akan bersama-sama melakukan kegiatan bakti sosial yang beragam seperti membersihkan kawasan masjid bersama, membersihkan jalan, mendonor darah, membagikan makanan, atau menggalang dana untuk diberikan kepada mereka yang membutuhkan. Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk membentuk karakter umat islam yang perduli dan penuh kasih. Jadi peringatan maulid Nabi ini tidak hanya dimaknai dengan perayaan yang meriah seperti makan-makan dan sebagainya melainkan dengan hal-hal yang lebih bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain.

Sobat zeropromosi, demikian itulah beberapa kegiatan dan aktifitas yang rutin dilakukan oleh masyarakat Indonesia untuk memperingati moment maulid Nabi Muhammad SAW. Moment peringatan maulid Nabi memang sangat istimewa bagi umat islam, jadi jangan lupa untuk memperbanyak shalawat kepada Nabi Muhammad SAW juga ya.

Kira-kira saat maulid Nabi ada gak aktifitas lain yang kamu lakukan ? Yuk coba koment dibawah. Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk share artikel ini ke semua teman, kerabat dan keluarga kamu juga ya. Terimakasih sudah membaca dan selamat memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW bagi yang merayakan, ya !😀

» Thanks for reading Ini Dia Berbagai Kegiatan Yang Rutin Dilakukan Untuk Memperingati Maulid Nabi !

0 Response to "Ini Dia Berbagai Kegiatan Yang Rutin Dilakukan Untuk Memperingati Maulid Nabi !"

Posting Komentar

Komentar anda sangat membantu dan kami akan merespon secepatnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Klien Kami