Silahkan Bandingkan Harga Kami dengan yang lain! 0877 8185 7176 0877 8186 7176

Beragam Tradisi Unik 17an Di Sejumlah Daerah Di Indonesia

Hai sobat zeropromosi ! Menjelang hari kemerdekan Indonesia yang akan tiba tepat pada tanggal 17 agustus mendatang, kira-kira sobat zeropromosi udah ada rencana belum nih mau ngapain aja ?  Seperti yang kita tahu, peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia senantiasa dirayakan dengan meriah di berbagai kota di Indonesia. Hampir di seluruh jalan di berbagai daerah akan dipenuhi dengan hiasan khas kemerdekaan yaitu merah putih. Ada yang memasang bendera merah putih di sepanjang jalan, ada yang memasang bendera bertuliskan nama daerah, bahkan masyarakat juga sangat kreatif untuk menghias kampung bersama-sama. Hari kemerdekaan Indonesia atau yang sering disebut dengan sebutan 17an ini memang menjadi moment yang paling ditunggu oleh masyarakat setiap tahunnya.

Beragam Tradisi Unik 17an Di Sejumlah Daerah Di Indonesia

Sederet acara dan perlombaan akan di adakan dengan meriah, anak-anak hingga orang dewasa pun ikut serta memeriahkannya. Tapi sobat zero harus tahu nih, selain acara pesta rakyat atau perlombaan tradisional seperti balap karung, tarik tambang, atau lomba makan kerupuk, ternyata masih ada banyak tradisi unik lainnya di berbagai daerah di Indonesia yang dilakukan untuk memeriahkan hari kemerdekaan RI lho.
Dan kali ini zeropromosi juga telah merangkum beberapa tradisi unik masyarakat di berbagai daerah di Indonesia yang dilakukan sebagai bentuk memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia. Meskipun kali ini akan terhalang paandemi, tapi setidaknya sobat zero masih bisa menyaksikan nya di internet. Kira-kira ada tradisi dari daerah kamu gak nih ? Yuk simak tradisinya di artikel beriikut ini !

Sampan Layar Di Batam merupakan salah satu tradisi unik 17an di berbagai daerah Indonesia

Sampan Layar Di Batam merupakan salah satu tradisi unik 17an di berbagai daerah Indonesia

Salah satu tradisi unik yang dilakukan saat 17 agustus atau hari kemerdekaan RI adalah tradisi sampan layar di kota Batam. Yups, Sampan Layar menjadi salah satu tradisi unik yang digelar di Kecamatan Belakangpadang, Batam, Kepulauan Riau (Kepri) setiap tahunnya sebagai bentuk untuk menyemarakkan HUT RI. Tradisi ini sudah dilakukan sudah berlangsung sebelum tahun 1965 lho sobat, bukan hanya warga asli setempat, tradisi ini juga kerap di hadiri oleh banyak masyarakat luar daerah. Sampan layar awalnya adalah transportasi utama masyarakat pesisir Kepri sejak dulu, tapi seiring berkembangnya jaman sampan layar mulai ditinggalkan. Maka dari itu pemerintah setempat berinisiatif untuk melestarikan sampan layar dengan cara membuat perlombaan sampan layar setiap HUT Kemerdekaan RI.  Perlombaan ini biasanya di ikuti oleh para nelayan hingga wisatawan asing menggunakan sampan layar yang bisa dimuat oleh kurang lebih 9 orang. Sebelum perlombaan dimulai, para peserta akan menghias sampan layar semenarik mungkin dengan berbagai warna-warna indah. Keseruan tradisi ini juga banyak mengundang perhatian wisatawan lho sobat. Jadi ada gak nih yang mau ikutan tradisi ini saat 17an mendatang ?

Pawai Jampana Di Bandung merupakan salah satu tradisi unik 17an di berbagai daerah Indonesia

Pawai Jampana Di Bandung merupakan salah satu tradisi unik 17an di berbagai daerah Indonesia

Masih dari kota yang berawalan huruf B nih, kali ini ada kota Bandung dengan julukan Paris Van Java yang memiliki tradisi unik untuk memeriahkan hari kemerdekaan RI. Di Kota Bandung ada salah satu tradisi unik bernama “Pawai Jampana” yang menjadi kegiatan khas masyarakat Bandung. Pawai Jampana ini merupakan kegiatan rutin masyarakat kota Bandung yang dilakukan dengan cara membawa  tandu besar berisikan berbagai hasil bumi, kerajinan dan makanan bersama-sama. Tandu besar berisikan hindangan  dan makanan ini biasanya akan dibawa oleh 4 orang yang kemudian semua isi tandu akan dimakan bersama dengan masyarakat kota Bandung. Tradisi ini juga banyak mengundang perhatian wisatawan lho sobat, jadi gak heran deh kalau banyak masyarakat yang senang berkunjung ke kota Bandung.

Lari Obor Estafet Di Semarang merupakan salah satu tradisi unik 17an di berbagai daerah Indonesia

Lari Obor Estafet Di Semarang merupakan salah satu tradisi unik 17an di berbagai daerah Indonesia

Selain terkenal dengan Pasar Johar nya yang mejadi pasar terbesar di Asia Tenggara, ternyata kota Semarang juga memiliki tradisi unik setiap 17 an lho sobat. Tradisi ini dinamakan “Lari Obor Estafet” yang merupakan kegiatan olahraga bernuansa budaya yang sudah menjadi tradisi di Kecamatan Gajahmungkur, kota Semarang. Awalnya lari obor merupakan sebuah strategi komunikasi dan interaksi yang dilakukan oleh pejuang dan masyarakat Kota Semarang dimasa penjajahan. Tapi kini lari obor dijadikan sebagai tradisi rutin untuk memperingati hari kemerdekaan RI. Tradisi ini biasanya dilakukan berkelompok dan setiap tahunnya peminat nya semakin banyak lho sobat. Bukan hanya dari masyarakat setempat ternyata lari obor estafet diikuti masyarakat dari luar daerah. Ada yang pernah lihat atau pernah ikutan gak nih ?

Tirakatan Di Jawa merupakan salah satu tradisi unik 17an di berbagai daerah Indonesia

Tirakatan Di Jawa merupakan salah satu tradisi unik 17an di berbagai daerah Indonesia

Tradisi unik lainnya berasal dari masyarakat pulau Jawa khusunya Yogyakarta. Yups, Yogyakarta memang menjadi salah satu kota dengan keberagamaan budaya, salah satunya tradisi “Tirakatan atau Malam Tirakat”. Tradisi ini merupakan tradisi rutin masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya yang dilaksanakan untuk menyambut hari kemerdekaan RI. Tradisi ini dilaksanakan tepat pada malam tujuh belas Agustus, sebagai ungkapan rasa syukur atas kemerdekaan yang telah dicapai. Tradisi ini juga disertai dengan pembacaan doa untuk para pahlawan yang telah gugur dan semakin sakral dengan adanya tumpeng lengkap dengan bendera merah putih di atasnya. Setelah acara berdoa bersama biasanya acara akan dilanjutkan dengan penampilan tarian tradisional, paduan suara, dan pementasan wayang dari anak-anak dan orang tua. Waahhh pasti seru banget nih, tradisi ini merupaka tradisi masyarakat Jawa ya sobat. Jadi bukan hanya masyarakat Yogyakarta aja kok yang melaksanakannya, masyakarat dari kota lain di pulau Jawa juga ikut melakukannya.

Baritan Di Malang merupakan salah satu tradisi unik 17an di berbagai daerah Indonesia

Baritan Di Malang merupakan salah satu tradisi unik 17an di berbagai daerah Indonesia

Masih di pulan Jawa, kali ini kota Malang juga punya tradisi unik yang dilakukan untuk memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia nih, Tradisi ini disebut “Baritan”. Tradisi Baritan biasanya dilakukan untuk menyambut hari kemerdekaan, biasanya masyakarat akan mengadakan acara makan bersama layaknya liwetan dengan posisi duduk yang saling berhadapan. Tradisi ini menjadi salah satu bentuk mengekspresikan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nikmat kemerdekaan yang diberikan. Tradisi ini juga sebagai bentuk hormat kepada jasa-jasa para pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan Indonesia. Selain bermanfaat untuk mengingatkan kita akan rasa nasionalisme, tradisi ini juga bisa mempererat hubungan antar masyarakat lho.

Telok Abang Di Palembang merupakan salah satu tradisi unik 17an di berbagai daerah Indonesia

Telok Abang Di Palembang merupakan salah satu tradisi unik 17an di berbagai daerah Indonesia

Berbeda dengan tradisi di daerah lain, kali ini di Palembang ada tradisi 17an yang unik yaitu “Telok Abang”. Telok Abang atau Kapal Telok Abang merupakan permainan tradisional berupa kapal atau perahu yang terbuat dari gabus. Saat 17an tiba biasanya mainan ini akan menjadi pernak-pernik khas kemerdekaan, lengkap dengan bendera merah putih kecil-kecil sebagai hiasan. Nah, biasanya saat 17an beberapa tempat akan mengadakan perlombaan berupa festival telok abang, dimana setiap peserta harus menghias mainan dari telur yang populer di Palembang. Sebelum nya telur akan direbus terlebih dahulu kemudian diwarnai menggunakan pewarna makanan berwarna merah. Setelah itu telur yang sudah berubah menjadi warna merah ini akan diletakan di wadah seperti kapal mainan yang disebut telok abang. Ada juga yang menancapkan telur pada mainan yang berbentuk miniature kapal, perahu dan lainya. Perlu sobat zero ketahui istilah “Telok Abang” berasal dari Telok yang berarti telur dan Abang yang berarti warna merah, itu artinya telur berwarna merah. Tradisi ini menjadi tradisi rutin masyarakat Palembang sebagai simbol perjuangan para pahlawan merebut kemerdekaan Republik Indonesia dari tangan penjajah.

Perahu Jong di Kepulauan Riau merupakan salah satu tradisi unik 17an di berbagai daerah Indonesia

Perahu Jong di Kepulauan Riau merupakan salah satu tradisi unik 17an di berbagai daerah Indonesia

Jika sebelumnya ada sampan layar, maka kali ini ada tradisi “Perahu Jong” dari Kepulauan Riau. Perahu Jong merupakan salah satu permainan tradisional masyarakat Kepulauan Riau yang dimulai saat datang angin musim utara. Saat ini masyarakat pesisir Kepulauan Riau yang berprofesi sebagai nelayan tidak akan melaut dikarenakan angin sedang kencang. Maka dari itu untuk mengisi waktu luang, masyarakat mengadakan permainan berupa Perahu Jong dimana ukuran dari perahu ini juga kecil dan tidak bisa ditumpangi. Saat hari kemerdekaan tiba biasanya masyarakat Kepulauan Riau juga akan mengadakan perlombaan Perahu Jong yang mengandalkan angin kencang. Para peserta biasanya akan menghias Perahu Jong mereka dengan warna-warna yang indah. Setiap peserta harus membuat miniatur perahu layar ini seimbang dan mampu sampai ke garis finish berupa gawang. Lintasan perahu jong berbentuk lurus dan yang menjadi garis finish adalah sebuah gawang, siapapun yang perahunya bisa sampai dan memasuki gawang duluan maka ia adalah pemenangnyaa. Terdengar mudah ya sobat, padahal aslinya susah-susah gampang lho. Ada yang mau coba kut festivalnya juga ? Tradisi ini kerap dilaksanakan di Kepulauan Riau ya sobat.

Nah sobat zeropromosi, itulah beberapa tradisi unik saat 17an di berbagai daerah di Indonesia. Kira-kira kamu ingin menyaksikan  dan ikut serta dalam tradisi yang mana nih ? 

Meskipun beberapa tradisi kali ini kemungkinan akan ditiadakan karena pandemi, bukan berarti kita tidak bisa merayakan hari kemerdekaan RI ya sobat. Kita tetap bisa memeriahkannya dengan mengadakan beberapa acara dirumah dan jangan lupa untuk selalu bersyukur atas kemerdekaan yang kita dapatkan. Meskipun kita harus saling berjauhan, yang terpenting kita tetap saling mendoakan, merawat, dan menjaga keharmonisan dalam bermasyarakat dan bernegara.
Sekian dan semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat zero semua ya. Jangan lupa untuk share artikel ini juga ke semua teman, kerabat dan keluarga kamu ya. Terimakasih sudah membaca dan selamat merayakan hari kemerdekaan. Merdeka !!!💪

» Thanks for reading Beragam Tradisi Unik 17an Di Sejumlah Daerah Di Indonesia

0 Response to "Beragam Tradisi Unik 17an Di Sejumlah Daerah Di Indonesia "

Posting Komentar

Komentar anda sangat membantu dan kami akan merespon secepatnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Klien Kami