Silahkan Bandingkan Harga Kami dengan yang lain! logo WhatsApp 0877 8185 7176 logo WhatsApp 0877 8186 7176

Ini Dia Tips Mudah Dan Praktis Mengolah Daging Qurban Sebelum Dimasak

Hai sobat zeropromosi ! Setelah merayakan hari raya Idul Fitri gak terasa ya sebentar lagi umat islam juga akan kembali merayakan hari besar islam yang amat istimewa yakni hari raya Idul Adha. Hari raya Idul Adha ini selalu dinantikan banyak orang karena terdapat beragam keistimewaan yang tidak didapatkan di hari lain. Salah satunya ialah ibadah berqurban atau menyembelih hewan ternak berupa sapi, kambing, domba, kerbau ataupun unta. Ibadah qurban ini pahalanya amat besar lho sobat, maka dari itu semua umat islam yang mampu melaksanakannya sangat diajurkan untuk melakukan qurban. Saat Idul Adha biasanya penyembelihan hewan qurban akan dilaksanakan setelah salat id hingga 3 hari di hari tasyrik.

Ini Dia Tips Mudah Dan Praktis Mengolah Daging Qurban Sebelum Dimasak

Di Indonesia sendiri hewan yang sering disembelih adalah sapi dan kambing, setelah penyembelihan biasanya daging hewan qurban akan dibagikan kepada masyarakat dan kaum dhuafa. Nah kalau kamu sering mendapatkan daging qurban biasanya akan diolah menjadi menu makanan lezat apa nih ? Eits, tapi sebelum diubah jadi menu makanan, kamu harus tau nih tips dan trik untuk mengolah daging qurban agar rasanya lebih enak dan empuk saat dimakan. 

Agar tidak salah mengolahnya, kali ini zeropromosi akan memberikan tips mudah dan praktis untuk mengolah daging qurban sebelum dimasak. Biar rasanya makin nikmat, yuk langsunga aja simak tipsnya di artikel berikut ini !

Gunakan Teknik Penyembelihan Hewan Yang Tepat

Gunakan Teknik Penyembelihan Hewan Yang Tepat merupakan salah satu tips mudah mengolah daging qurban sebelum dimasak

Sebelum masuk kebagian teknik pengolahan daging qurban, kamu harus tahu nih ternyata teknik penyembelihan hewan juga dapat mempengaruhi cita rasa daging lho. Jika kamu menyembelih hewan dirumah atau dibantu dengan tetangga, kamu harus tau bagaimana cara penyembeliha hewan yang benar. Umumnya hewan akan mudah stress jika disembelih di tempat yang ramai apalagi berisik. Jadi usahakan kamu menyembelih hewan di tempat yang lebih terututup dan perlakukan hewan dengan lebih lembut agar tidak mudah stress. 
Jika hewan stress maka saat disembelih otot-ototnya akan menegang dan hal ini dapat mempengaruhi cita rasa, aroma dan tekstur daging. Jadi, agar daging qurban bagus dan memiliki cita rasa yang baik jangan membuat hewan yang akan disembelih stress ya sobat. Eitsss jangan lupa juga ketika penyembelihan pastikan terlebih dahulu tangan kamu bersih yaa, kamu bisa gunakan handsanitizer dispenser automatic dan foam soap otomatis fitcare yang di design khusus untuk mempermudah sangat ingin mencuci tangan ataupun handsanitizer  

Jangan Langsung Dimasak

Jangan Langsung Dimasak merupakan salah satu tips mudah mengolah daging qurban sebelum dimasak

Setelah daging qurban di kuliti dan dipotong menjadi beberapa bagian oleh panitia qurban, Biasanya daging yang sudah dipotong langsung di taro di plastik untuk dibagikan ke masyarakat yang membutuhkan, agar lebih ramah lingkungan lebih baik di taro di goodie bag , karena lebih higenis dan bermanfaat juga bisa digunakan berkali-kali dan di cuci 
Nah, jika mendapatkan bagian daging qurban ada baiknya kamu menunggu terlebih dahulu ya sobat, alias jangan langsung diolah menjadi makanan. Hal ini dilakukan sebagai bentuk teknik pelayuan atau mengendurkan otot-otot daging qurban agar lebih empuk saat diolah. Teknik pelayunan ini merupakan salah satu cara penanganan daging segar setelah penyembelihan yang bisa dilakukan dengan cara menggantung atau menyimpan selama waktu tertentu pada temperatur di atas titik beku daging. Kalau kamu sering kepasar pasti sering kan melihat daging yang digantung, nah ini salah satu cara untuk melayukan daging agar kualitas daging meningkat.

Potong Daging Menjadi Lebih Kecil

Potong Daging Menjadi Lebih Kecil merupakan salah satu tips mudah mengolah daging qurban sebelum dimasak

Biasanya panitia qurban akan memberi daging qurban dengan ukuran potongan yang lumayan besar sehingga lebih sulit untuk diolah. Agar daging qurban bisa diolah lebih mudah kamu bisa memotong daging menjadi ukuran yang lebih kecil. Dengan ukuran yang lebih kecil tentu kamu bisa mengolahnya dengan mudah dan bumbu yang akan diberikan juga jadi lebih mudah meresap ke seluruh bagian daging. Meskipun daging tidak langsung dimasak, kalau ukurannya lebih kecil pun daging bisa disimpan tanpa makan ruang yang besar. Saat memotong daging usahakan perhatikan arah seratnya, agar lebih empuk kamu bisa memotong daging berlawanan dari arah seratnya.

Jangan Cuci Daging Jika Disimpan Di Kulkas

Jangan Cuci Daging Jika Disimpan Di Kulkas merupakan salah satu tips mudah mengolah daging qurban sebelum dimasak

Saat Idul Adha biasanya daging qurban yang diberikan lumayan banyak sehingga beberapa orang tidak langsung mengolahnya apalagi memasaknya sekaligus sehingga harus disimpan terlebih dahulu. Nah biasanya para ibu rumah tangga akan menyimpan daging qurban di kulkas atau freezer menggunakan wadah yang bisa menyimpan daging kurban kamu 
Tapi jangan lupa untuk dipotong-potong dulu yaa agar muat banyak. Tapi satu hal yang perlu kamu tahu, saat ingin disimpan di kulkas sebaiknya daging qurban baik itu sapi ataupun kambing tidak dicuci terlebih dahulu. Daging yang telah dicuci tapi tidak langsung dimasak akan membuat bakteri yang ada pada air menyebar ke daging. Saat daging sudah terkena air maka daging jadi lebih rentan untuk terkonaminasi sehingga kualitas daging akan berkurang. Maka dari itu jikaa ingin disimpan di kulkas jangan dicuci ya, bersihkan saja dari kotoran dan langsung bungkus dengan plastic atau wadah tertutup yang rapat. Berbeda jika ingin langsung dimasak, kamu bisa mencuci daging sampai bersih dengan air mengalir.

Gunakan Daun Pepaya

Gunakan Daun Pepaya merupakan salah satu tips mudah mengolah daging qurban sebelum dimasak

Jika ingin disimpan atau ingin dimasak, ada satu cara untuk membuat tekstur daging jadi lebih empuk yaitu menggunakan daun pepaya. Saat ingin disimpan ataupun dimasak kamu bisa membalut daging yang sudah dibersihkan menggunakan daun pepaya hingga rapat. Kemudian simpan daging qurban selama satu malam di lemari pendingin atau kulkas. Setelah itu kamu bisa deh memasak atau menyimpan daging, tapi usahakan saat menyimpan daging simpanlah dibagian freezer kulkas ya.

Berikan Parutan Nanas

Berikan Parutan Nanas merupakan salah satu tips mudah mengolah daging qurban sebelum dimasak

Selain membungkus daging dengan daun pepaya, tips lain yang sudah banyak dilakukan untuk mengolah daging agar lebih empuk adalah dengan memberikan parutan buah nanas. Yups, buah nanas memiliki kadar asam yang tinggi sehingga mampu menghilangkan bau pada daging sekaligus menjadikan tekstur daging lebih empuk. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu memotong nanas menjadi beberapa bagian kecil atau di hancurkan lalu lumuri ke daging yang ingin diolah. Kamu bisa mencampurkan dan meremas daging dengan nanas dan tunggu hingga 20-30 menit sampai daging menjadi empuk. Usahakan jangan terlalu lama ya sobat karena bisa membuat daging terlalu empuk dan membuat cita rasa daging berubah.

Rebus Dengan Air Mendidih

Rebus Dengan Air Mendidih merupakan salah satu tips mudah mengolah daging qurban sebelum dimasak

Sebelum mengolah menjadi menu makanan, ada baiknya kamu merebus daging menggunakan air mendidih. Kamu bisa merebus daging menggunakan panci atau jika ada bisa gunakan presto agar prosesnya lebih cepat. Usahakan masukan daging saat air sudah benar-benar mendidih ya sobat, karena hal ini akan mempengaruhi tekstur dan cita rasa daging yang dimasak. Tapi ingat ya jangan rebus daging terlalu lama karena jadi over cook dan rasanya akan berubah.

Nah sobat zeropromosi itulah beberapa tips mudah dan praktis untuk mengolah daging qurban sebelum dimasak menjadi menu masakan. Agar cita rasa daging lebih enak jangan lupa untuk mengikuti semua tips yang telah zeropromosi berikan ya sobat. Kira-kira Idul Adha nanti mau masak apa nih ? Yuk komen dibawah, siapa tau bisa saling berbagi resep hehe.

Sekian dan semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk kalian semua ya. Jangan lupa share artikel ini juga ke semua teman, kerabat dan keluarga kamu ya agar mereka juga tau cara yang benar untuk mengolah daging. Terimakasih sudah membaca dan selamat hari raya Idul Adha !😁

» Thanks for reading Ini Dia Tips Mudah Dan Praktis Mengolah Daging Qurban Sebelum Dimasak

2 Responses to "Ini Dia Tips Mudah Dan Praktis Mengolah Daging Qurban Sebelum Dimasak "

Komentar anda sangat membantu dan kami akan merespon secepatnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *