5 Perbedaan Mencolok Lebaran Idul Adha Dengan Idul Fitri Yang Harus Kamu Tahu !

Hai sobat zero! Dalam agama islam terdapat 2 hari besar yang istimewa yakni Idul Fitri dan Idul Adha. Kedua hari besar nan istimewa ini selaalu ditunggu-tunggu serta dirayakan dengan meriah dan penuh sukacita setiap tahunnya. Hari raya umat islam ini dirayakan dalam waktu yang berbeda, Idul Fitri dirayakan tanggal 1 syawal dan Idul Adha dirayakan 70 hari setelah Idul Fitri tepatnya pada tanggal 10 bulan Dzulhijjah. Selain memiliki perbedaan waktu untuk merayakannya, kedua hari raya islam ini ternyata memiliki banyak perbedaan lain yang mungkin tidak diketahui oleh banyak orang.

5 Perbedaan Mencolok Lebaran Idul Adha Dengan Idul Fitri Yang Harus Kamu Tahu !

Berhubung sebentar lagi umat islam akan merayakan hari raya Idul Adha, kali ini zeropromosi akan memberitahukan beragam perbedaan antara hari raya Idul Fitri dengan hari raya Idul Adha yang jarang orang tahu.
Biar makin banyak tahu, yuk langsung aja simak perbedaannya di artikel berikut ini. Baca dan simak artikelnya sampai selesai ya,!

Maknanya Berbeda

Maknanya Berbeda merupakan salah satu perbedaan mencolok Idul Adha dengan Idul Fitri

Meskipun sama-sama merupakan hari raya besar umat islam, tapi keduanya memiliki  arti dan makna yang berbeda lho sobat. Hari raya Idul Adha merupakan hari besar islam yang dirayakan sebagai bentuk untuk memperingati peristiwa qurban yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim AS. Sejak peristiwa itulah seluruh umat islam di anjurkan untuk melaksanakan ibadah qurban setiap Idul Adha. Sedangkan makna dari hari raya Idul Fitri sendiri sebagai bentuk hari kemenangan umat islam karena telah berpuasa selama sebulan penuh di bulan ramadhan.  

Waktu Pelaksanaannya

Waktu Pelaksanaannya merupakan salah satu perbedaan mencolok Idul Adha dengan Idul Fitri

Seperti yang kita tahu bahwa kedua hari raya islam ini dirayakan atau dilaksanakan dengan waktu yang berbeda dan jaraknya cukup dekat. Hari raya Idul Fitri dilaksanakan pada tanggal 1 bulan syawal dimana Idul Fitri merupakan akhir dari perjuangan umat islam untuk berpuasa ramadhan selama 30 hari. Sedangkan Idul Adha dilaksanakan pada tanggal 10 Dzulhijjah yang bertepatan dengan puncak pelaksanaan haji di mekah yaitu saat jamaah haji melakukan wukuf di padang Arafah.

Lama Takbir

Lama Takbir merupakan salah satu perbedaan mencolok Idul Adha dengan Idul Fitri

Saat hari raya baik itu Idul Fitri ataupun Idul Adha semua umat islam akan mengumandangkan takbir. Akan tetapi waktu dari takbir yang dikumandangkan berbeda antara saat Idul Fitri dan Idul Adha. Saat hari raya Idul Adha umat islam akan mengumandangkan takbir sejak waktu subuh saat hari Arafah hingga waktu sholat Ashar pada hari Tasyrik terakhir. Berbeda dengan Idul Fitri dimana umat islam akan mengumandangkan takbir sejak maghrib di malam terakhir ramadhan sampai sebelum sholat ied 1 syawal.

Sunnah Makan Sebelum Salat Id

Sunnah Makan Sebelum Salat Id merupakan salah satu perbedaan mencolok Idul Adha dengan Idul Fitri

Perbedaan lain yang sangat mencolok dari kedua hari besar islam ini adalah tentang aturan sunnah makan sebelum berangkat salat id. Saat Idul Fitri umat islamdiperintahkan untuk makan dan minum terlebih dahulu sebelum menjalankan shalat Ied. Hal ini dilakukan sebagai tanda kalau hari raya diharamkan untuk berpuasa. Tapi lain halnya saat menjelang shalat Idul Adha, dimana semua umat islam dianjurkan menahan diri untuk tidak makan maupun minum sebelum salat Id. Seperti yang dijelaskan 'Abdullah bin Buraidah, dari ayahnya, ia berkata :
"Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam biasa berangkat shalat 'ied pada hari Idul Fitri dan beliau makan terlebih dahulu. Sedangkan pada hari Idul Adha, beliau tidak makan lebih dulu kecuali setelah pulang dari shalat 'ied baru beliau menyantap hasil qurbannya." (HR. Ahmad 5: 352). Larangan makan dan minum ini bukan bermaksud untuk berpuasa tapi agar setelah pulang shalat Id bisa menyantap makanan dari hasil qurban.

Waktu Pelaksanaan Salat nya Berbeda

Waktu Pelaksanaan Salat nya Berbeda merupakan salah satu perbedaan mencolok Idul Adha dengan Idul Fitri

Bukan hanya waktu pelaksanaannya yang berbeda tapi waktu pelaksanaan salat id saat Idul Fitri dan Idul Adha juga berbeda. Saat Idul Fitri biasanya waktu pelaksanaan salatnya lebih siang untuk memberi kesempatan kepada mereka yang hendak membayar zakat fitrah atau makan terlebih dahulu. Sedangkan salat Idul Adha dilaksanakan lebih pagi dari salat Idul Fitri agar setelah salat id bisa langsung melaksanakan kegiatan penyembelihan hewan qurban. Seperti yang diriwayatkan Imam asy-Syafi'i dalam hadistnya : "Bahwa Rasulullah SAW memerintahkan kepada beberapa sahabatnya untuk memajukan waktu sholat Adha dan mengakhirkan waktu sholat fithr."

Nah sobat zeropromosi, itulah beberapa perbedaan dari lebaran Idul Fitri dan Idul Adha yang perlu untuk kamu ketahui. 

Karena sebentar lagi Idul Adha, yuk siapkan souvenir menarik untuk sanak saudara dan keluarga kan akan bersilaturahmi nanti. Jangan lupa siapkan juga fasilitas kaos seragam untuk panitia qurban yang bisa didapatkan di Zeropromosi.com agar acara lebih teratur dan bisa terus diiingat oleh mereka. Meskipun suasana Idul Adha tak semeriah Idul Fitri, Idul Adha tetap menjadi hari istimewa penuh berkah yang ditunggu banyak orang. Jadi jika butuh souvenir idul adha ? Ingat zeropromosi !
Demikian itulah beragam informasi yang bisa kami sampaikan, semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua ya. Jika ada yang ingin ditambahkan bisa koment di kolom komentar ya. Terimakasih sudah membaca dan selamat hari raya Idul Adha !😁

» Thanks for reading 5 Perbedaan Mencolok Lebaran Idul Adha Dengan Idul Fitri Yang Harus Kamu Tahu !

0 Response to "5 Perbedaan Mencolok Lebaran Idul Adha Dengan Idul Fitri Yang Harus Kamu Tahu !"

Posting Komentar

Komentar anda sangat membantu dan kami akan merespon secepatnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Klien Kami