Beragam Makna Hari Raya Idul Adha Yang Perlu Kamu Ketahui !

Halo sobat zeropromosi ! Setiap tahunnya umat islam biasanya akan merayakan 2 kali hari raya yaitu hari raya Idul Fitri dan hari raya Idul Adha. Hari Raya Idul Adha jatuh setiap tanggal 10 Dzulhijjah, dimana pasa hari ini seluruh umat islam yang tengah menjalankan ibadah hari sedang melakukan wukuf di padang Arafah. Jika pada hari raya Idul Fitri sebelumnya umat Islam akan berpuasa Ramadan selama satu bulan penuh, berbeda dengan hari raya Idul Adha dimana umat islam akan melaksanakan puasa sunah bulan Dzulhijjah, puasa sunah Tarwiyah dan puasa sunah Arafah.  Hari Raya Idul Adha juga disebut sebagai lebaran haji karena bertepatan dengan moment puncak pelaksanaan ibadah haji oleh umat islam.

Beragam Makna Hari Raya Idul Adha Yang Perlu Kamu Ketahui !

Idul Adha menjadi salah satu hari besar bagi umat islam karena dijaman Nabi Ibrahim AS dulu, hari ini beliau mengurbankan putranya Nabi Ismail untuk Allah SWT. Namun kemudian Allah SWT menggantikan Nabi Ismail dengan seekor domba hingga Hari Raya Idul Adha juga disebut dengan hari raya qurban. Banyaknya kejadian bersejarah membuat Idul Adha sangat istimewa bagi umat islam.
 
Maka dari itu kali ini Zeropromosi ingin memberikan rangkuman beragam makna penting Hari Raya Idul Adha yang perlu untuk kamu ketahui. Yuk baca dan simak maknanya di artikel berikut ini !

Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT merupakan salah satu makna Idul Adha yang perlu diketahui

Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT merupakan salah satu makna Idul Adha yang perlu diketahui

Seperti dalam kisah penyembelihan Nabi Ismail oleh ayahnya sendiri yaitu Nabi Ibrahim mengajarkan kita akan betapa taatnya Nabi Ibrahim kepad Allah SWT meskipun beliau diminta untuk mengurbankan anaknya sendiri. Dari kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail ini kita bisa banyak belajar untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dan tidak ragu dengan apa yang diperintahkan oleh-Nya. Seperti makna yang terkandung dalam kate Qurban yang berasal dari kata Quraba atau dekat, ibadah qurban pada hari Idul Adha memiliki makna kedekatan. Bukan hanya mendekatkan diri kepada Allah SWT, qurban juga menjadi sarana untuk lebih dekat dengan keluarga dan sesame. Berqurban ketika Hari Raya Idul Adha juga merupakan salah satu perintah Allah SWT, dan jika kita mampu untuk melaksanakannya makan kita harus melaksanakannya. Maka dari itu ketika kita melakukan qurban itu artinya kita juga telah menaati perintah-Nya. Lewat kegiatan berqurban juga mengajarkan kepada kita untuk selalu bersikap rendah hati dan mengingat bahwa apa yang kita miliki sekarang itu hanya titipan Allah SWT dan akan kembali kepada-Nya.

Pengorbanan dan Keikhlasan merupakan salah satu makna Idul Adha yang perlu diketahui

Pengorbanan dan Keikhlasan merupakan salah satu makna Idul Adha yang perlu diketahui

Qurban sering disebut udhhiyah atau dhahiyyah yang artinya hewan sembelihan. Fisiknya memang hewan yang disembelih, tetapi hakikatnya adalah pengorbanan dan pengabdian diri sepenuh hati kepada Allah SWT. Belajar dari kisah Nabi Ibrahim yang diperintahkan untuk menyembelih anaknya sendiri Nasi Ismail. Dalam kisah tersebut bisa kita ketahui bahwa Nabi Ibrahim yakin dan tidak ragu untuk melakukan apa yang diperintahkan oleh Allah SWT, walaupun ia harus mengorbankan anaknya sendiri. Begitu juga dengan Nabi Ismail yang mau dengan ikhlas melaksanakan perintah Allah SWT untuk diqurban oleh ayahnya sendiri. Karena keikhlasan dan keyakinan mereka, Allah SWT menggantikan qurbannya dengan seekor domba. 
Dengan berqurban setiap muslim menggugurkan sifat egoisme dan cinta mereka yang berlebihan terhadap segala hiasan dunia seperti hartag una meraih takwa sebagaimana Allah SWT telah berfirman dalam Qur’an surah Al-Hajj ayat 37 yang artinya: “Daging-daging dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketaqwaan dari kamulah yang dapat mencapainya. Demikianlah Allah telah menundukkannya untuk kamu supaya kamu mengagungkan Allah terhadap hidayah-Nya kepada kamu. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik.“ (QS Al-Hajj : 37).

Moment Silaturahmi merupakan salah satu makna Idul Adha yang perlu diketahui

Moment Silaturahmi merupakan salah satu makna Idul Adha yang perlu diketahui

Hari Raya Idul Adha menjadi moment silaturahmi umat islam karena bukan hanya saat Idul Fitri, saat Hari Raya Idul Adha semua umat islam juga akan saling berkunjung ke rumah sanak saudara dan keluarga. Semua umat islam juga akan mempererat hubungan silaturahmi dengan tetangga ketika melaksanakan shalat id dan saat penyembelihan hewan qurban.

Saling Berbagi merupakan salah satu makna Idul Adha yang perlu diketahui

Saling Berbagi merupakan salah satu makna Idul Adha yang perlu diketahui

Makna penting lain saat Idul Adha adalah indahnya saling berbagi. Saat hari raya Idul Adha tiba, orang yang berkecukupan dianjurkan untuk membeli dan menyembelih hewan qurban seperti kambing atau sapi. Biasanya hewan qurban yang telah disembelih dagingnya akan dibagikan kepada saudara, tetangga dan orang yang membutuhkan. Dengan begitu dihari yang istimewa kita bisa saling berbagi dengan banyak orang sehingga bukan hanya yang menyembelih saja yang mendapatkan manfaat tapi juga orang-orang yang ada disekitar.

Nah sobat zeropromosi itulah beragam makna penting perayaan Hari Raya Idul Adha yang diperingati 70 hari setelah Hari Raya Idul Fitri. Selain memiliki banyak manfaat, Idul Adha juga dipenuhi dengan kebahagiaan dan keberkahan. Semoga kita semua bisa menikmati momen Idul Adha yang penuh keberkahan ya.

Sekian dan semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua ya. Jangan lupa share artikel ini juga ke semuaa teman, kerabat dan keluarga kamu ya. Terimakasih dan Selamat Hari Raya Idul Adha !😁

» Thanks for reading Beragam Makna Hari Raya Idul Adha Yang Perlu Kamu Ketahui !

0 Response to "Beragam Makna Hari Raya Idul Adha Yang Perlu Kamu Ketahui !"

Posting Komentar

Komentar anda sangat membantu dan kami akan merespon secepatnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Klien Kami