Beragam Fakta Unik dan Menarik Lebaran Idul Fitri Di Indonesia

Hai sobat zeropromosi! Waahhh kamu pasti udah happy banget yah karena sebentar lagi lebaran Idul Fitri akan tiba. Layaknya saat Ramadan tiba, Hari Raya Idul Fitri juga selalu dinantikan oleh seluruh umat islam di dunia tak terkecuali Indonesia. Di Indonesia sendiri, baik itu Ramadan tiba ataupun Idul Fitri akan disambut dengan antusias. Semua orang sangat bergembira terutama saat lebaran Idul Fitri. Pasalnya hari kemenangan umat islam ini memiliki banyak sekali keistimewaan, oleh karena itu dari jauh-jauh hari semua orang akan mempersiapkan keperluan lebaran.

Beragam Fakta Unik dan Menarik Lebaran Idul Fitri Di Indonesia

Nah saat tiba hari lebaran yakni tanggal 1 syawal, semua umat islam akan melaksanakan salat Idul Fitri bersama serta berdoa dan silaturahmi dengan sanak saudara. Tapi selain itu, ternyata lebaran Idul Fitri di Indonesia itu memiliki beragam keunikan yang tidak bisa kamu temukan di negara lain lho.
Oleh karena itu kali ini zeropromosi akan memberitahukan beragam fakta unik dan menarik lebaran Idul Fitri di Indonesia. Hmm, kira-kira ada apa aja ya ? Yuk simak fakta uniknya di artikel berikut ini. Baca dan simak sampai selesai ya sobat ! 😁

Asal-Usul “Lebaran” merupakan salah satu fakta unik dan menarik lebaran di Indonesia

Asal-Usul “Lebaran” merupakan salah satu fakta unik dan menarik lebaran di Indonesia

Hampir seluruh masyarakat Indonesia pasti sudah gak asing lagi dengan kata “lebaran”, bahkan kebanyakan orang Indonesia juga menyebut hari raya Idul Fitri dengan kata lebaran. Padahal kata lebaran ini bukan berasal dari kosa kata arab loh. Kata lebaran ternyata berasal dari tradisi Hindu di Jawa loh sobat. Kata Lebaran berarti “selesai, usai, atau habis” yang kemudian istilah ini dipakai oleh para Wali untuk menyebarkan agama Islam di Tanah Jawa. Dalam bahasa Jawa sendiri, kata “Lebaran” berasal dari “wis bar” yang berarti sudah selesai. Hingga akhirnya diartikan sebagai “sudah selesai menjalan ibadah puasa bulan Ramadan”. Tapi, jika menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, kata “Lebaran” diartikan sebagai hari raya umat Islam yang jatuh pada tanggal 1 Syawal tepat setelah menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. Hayo siapa nih yang baru tau ?

Berburu Pakaian Baru merupakan salah satu fakta unik dan menarik lebaran di Indonesia

Berburu Pakaian Baru merupakan salah satu fakta unik dan menarik lebaran di Indonesia

Saat Idul Fitri akan tiba, biasanya semua orang akan berbondong-bondong untuk membeli berbagai keperluan lebaran. Tapi satu yang gak pernah ketinggalan untuk dibeli adalah pakaian baru untuk lebaran. Yups, di Indonesia sendiri semua pusat perbelanjaan akan ramai dengan orang yang berburu pakaian baru untuk lebaran. Hal ini sudah menjadi kebiasaan tiap tahun jelang lebaran, karena kalau gak pakai pakaian baru rasanya kayak kurang lengkap aja gitu. Ada juga yang berpendapat bahwa dengan memakai pakaian baru di hari Lebaran itu menjadi simbol dari hari Lebaran itu sendiri, yakni kembali ke keadaan fitri dan suci. Padahal sebenarnya ini bukan menjadi kewajiban saat Idul Fitri loh, kita hanya di sunahkan untuk menggunakan pakaian terbaik yang kita miliki, bukan malah membeli yang baru. Yang terpenting itu kebersihan dan kesucian hati ya sobat. Gapapa kok kalau gak beli baju baru, selagi masih ada yang lama dan masih bagus serta layak, ya kamu bisa pakai itu.

Mudik Berasal Dari Bahasa Betawi merupakan salah satu fakta unik dan menarik lebaran di Indonesia

Mudik Berasal Dari Bahasa Betawi merupakan salah satu fakta unik dan menarik lebaran di Indonesia

Bukan hanya identik dengan baju baru, lebaran Idul Fitri di Indonesia juga sangat identik dengan tradisi mudik atau pulang kampung. Mudik merupakan kegiatan seseorang yang merantau untuk pulang ke kampung halamannya. Kata mudik itu sendiri ternyata berasal dari bahasa betawi asli jaman dulu, saat dimana Jakarta masih disebut dengan nama Batavia loh sobat. Awalnya kata mudik berasal dari kata “udik” yang artinya "selatan atau hulu”, kata ini juga sering dijadikan sebagai nama daerah di ibukota seperti Meruya Udik, Meruya Ilir, dan sebagainya. Kemudian, dulu para petani dan pedagang hasil bumi di ibukota sering membawa dagangannya melalui sungai. Dari situlah muncul istilah milir-mudik, yang artinya sama dengan bolak-balik. Mudik atau menuju udik saat pulang dari kota kembali ke ladangnya, begitu terus secara berulang kali hingga akhirnya disebut mudik atau yang bisa dikatakan sebagai pulang kampung.

Adanya THR merupakan salah satu fakta unik dan menarik lebaran di Indonesia

Adanya THR merupakan salah satu fakta unik dan menarik lebaran di Indonesia

Ketika lebaran Idul Fitri akan tiba, itu tandanya THR pun akan cair. Tapi tahukah kamu, ternyata hanya di Indonesia lho yang menerapkan peraturan pemberian THR kepada para pekerja atau karyawan sebelum lebaran Idul Fitri tiba. THR pertama kali muncul pada era kabinet Soekiman Wirjosandjojo dekade 1950. Awalnya, THR hanya diberikan kepada para aparatur sipil negara setiap Lebaran. Akan tetapi banyak buruh dan pekerja yang tidak terima karena merasa tidak adil. Saat itu banyak yang melakukan demo dan mogok kerja hingga akhirnya THR diberikan kepada seluruh pekerja di Indonesia. THR atau Tunjangan Hari Raya biasa nya diberikan dalam bentuk uang dan ada juga yang memberikan tambahan berupa sembako dan makanan pokok. Tujuan dari memberikan THR sendiri adalah untuk memacu produksi dan semangat para pekerja. Oleh karena itu setiap tahun semua pekerja atau karyawan akan mendapatkan THR.

Makanan Khas Lebaran merupakan salah satu fakta unik dan menarik lebaran di Indonesia

Makanan Khas Lebaran merupakan salah satu fakta unik dan menarik lebaran di Indonesia

Saat lebaran Idul Fitri, semua orang akan disibukan dengan berbagai keperluan lebaran seperti salah satunya adalah makanan khas lebaran. Yups, di hari lebaran Idul Fitri akan banyak tersedia makanan khas lebaran mulai dari makanan berat seperti ketupat lengkap dengan lauk pauk nya hingga makanan kue kering dan cemilan untuk tamu. Makanan yang disajikan saat lebaran di Indonesia memang sangat khas, seperti ketupat dengan opor ayam yang menggoda hingga berbagai jenis kue kering seperti nastar, kastengel, kue jipang, dan yang gak ketinggalan adalah rengginang yang suka menipu banyak orang haha. Hayo ngaku siapa yang suka ketipu pas lagi buka toples biskuit eh ternyata isinya rengginang :D

Berkunjung Ke Rumah Kerabat merupakan salah satu fakta unik dan menarik lebaran di Indonesia

Berkunjung Ke Rumah Kerabat merupakan salah satu fakta unik dan menarik lebaran di Indonesia

Fakta unik dan menarik lebaran di Indonesia yang terakhir adalah mengunjungi rumah kerabat untuk silaturahmi. Kegiatan berkunjung ke rumah kerabat serta sanak saudara saat lebaran sudah menjadi tradisi di Indonesia. Biasanya setelah selesai salat Id semua akan saling meminta maaf terlebih dahulu dengan keluarga inti, kemudian setelah itu akan berkunjung kerumah saudara dan kerabat yang lai. Biasanya jika di desa-desa, semua orang terutama anak muda akan keliling kampung untuk mengunjung rumah-rumah tetangga. Kegiatan ini menjadi kegiatan paling seru saat lebaran karena bisa bertemu banyak orang sekaligus icip-icip cemilan lebaran hehe. Jika saat kecil dulu, biasanya kalau berkunjung ke rumah saudara atau kerabat akan mendapatkan uang persenan atau salam tempel. Nah, kalau sobat dulu pernah dapet berapa nih pas lebaran ? :D

Nah sobat zeropromosi, itulah beberapa fakta unik dan menarik lebaran Idul Fitri di Indonesia. Kalau kamu biasanya ngalamin yang mana nih sobat ? Yuk komen di bawah, jika ada yang ingin ditambahkan juga bisa komen di kolom komentar ya. 

Sekian artikel kali ini, semoga bisa memberikan manfaat untuk sobat zero semua ya. Terima kasih dan Selamat Hari Raya Idul Fitri bagi yang merayakan! 😁

» Thanks for reading Beragam Fakta Unik dan Menarik Lebaran Idul Fitri Di Indonesia

0 Response to "Beragam Fakta Unik dan Menarik Lebaran Idul Fitri Di Indonesia"

Posting Komentar

Komentar anda sangat membantu dan kami akan merespon secepatnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Klien Kami