Arti Istilah Status Pengiriman Menggunakan ID Express

Hai sobat zeropromosi ! Siapa sih yang gatau ekspedisi ID Express yang sedang menjadi ekspedisi favorit banyak orang ketika belanja online di marketplace terutama shopee. Yups Jasa pengiriman barang yang satu ini merupakan perusahaan baru di bidang jada pengiriman barang yang bekerja sama dengan Shopee . Bukan hanya karena termasuk pengiriman pertama di Indonesia yang mengoptimalkan pengelolaan sistem dengan teknologi terdepan dan perangkat lunak berbasis robot, tapi ID Express ini juga menawarkan harga yang sangat ekonomis sehingga tidak heran jika ekspedisi ini sedang menjadi primadona banyak orang.

Arti Istilah Status Pengiriman Menggunakan ID Express

Ngomong-ngomong tentang ID Express yang terbilang masih baru ini, belum banyak masyarakat yang mengetahui tentang ID Express dengan lebih detail karena informasi tentang ID Express ini masih belum banyak di internet. Oleh karena itu hari ini kami akan membahas info lengkap seputar ID Express, mulai dari cara melacak resi, cek ongkos kirim hingga arti dari setiap istilah dan kode pengiriman yang muncul saat tracking resi. Jadi buat kamu yang suka belanja online atau kirim barang menggunakan ekspedisi ID Express wajib banget baca artikel ini sampai habis nih. Kuy langsung aja kita bahas ! 👇
Harus kamu ketahui bahwa ID Express yang merupakan PT. IDexpress Service Solution ini hadir sebagai perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengiriman pertama di Indonesia yang mengoptimalkan pengelolaan sistem dengan teknologi terdepan dan perangkat lunak berbasis robot loh. ID Express juga sudah menerapkan konsep tersebar atau desentralisasi yang merupakan konsep terbaru dalam industri pengiriman dimana konsep ini mampu mengurangi waktu dan biaya pengiriman. Waduhhh keren banget ya sobat. Oiya kamu juga jangan khawatir, meskipun ID Express ini lebih terkenal di shopee, sebenarnya ID Express ini juga sudah bekerja sama dengan beberapa toko online yang sudah menerapkan konsep pengiriman geosentris dan juga didukung oleh jasa layanan fulfillment Center yang menjadikan jasa tersebut terbilang baik, dan bagusnya lagi adalah ID Express ini juga buka pada hari libur loh. Jadi kamu gausah pusing deh kalau mau kirim atau beli barang di hari libur. 
ID Express juga memiliki fasilitas pickup ke lokasi tanpa ada minimal berat paket sehingga kamu tidak perlu mengantar barang ke counter nya langsung. ID Exxpress juga menyediakan fasilitas lain berupa website dan aplikasi yang bisa membantu kamu agar lebih mudah untuk mengetahui perihal pengiriman barang, mengetahui biaya ongkos pengiriman barang hingga mengetahui posisi barang atau paket yang sedang dikirim. Buat kamu yang masih belum terlalu paham caranya gimana, nih mimin bakalan kasih tau gimana caranya yah. Let’s go !

Cara Cek Ongkir Pengiriman Barang Menggunakan ID Express

Buat kamu yang mungkin ingin menggunakan ekspedisi ID Express untuk mengirim barang, kamu bisa dengan mudah mengetahui berapa perkiraan harga ongkos kirim dari barang yang akan kamu kirim melalui website resminya ID Express atau kamu juga bisa download aplikasinya di Play store.
  • Untuk cek ongkos kirim melalui website nya gampang banget loh, 
Cara Cek Ongkir Pengiriman Barang Menggunakan ID Express
kamu hanya perlu masuk ke website nya ID Express https://idexpress.com/ . Nanti akan muncul halaman depan website nya dengan beragam menu. Untuk cek ongkir kamu bisa scroll sedikit ke bawah dimana terdapat kolom tarif kiriman yang bisa kamu isi untuk mengetahui berapa perkiraan harga ongkos kirim nya. Kamu tinggal masukin aja tuh kota pengirim dan kota tujuan, kemudian jangan lupa masukan berat barang dan dimensi barang yang akan dikirim yaitu Panjang, Lebar dan Tinggi. Setelah itu kamu bisa klik periksa dan nanti akan muncul harga/tarif ongkos kirimnya. Gampang banget kan.
  • Nah jika kamu mau yang lebih praktis lagi kamu bisa download aplikasi ID Express Customer di Play store. 
Cara Cek Ongkir Pengiriman Barang Menggunakan ID Express
Di aplikasi tersebut kamu akan lebih mudah untuk memanage barang kirimn begitu pun dengan cek ongkos kirim. Pertama kamu download dulu aplikasinya, kemudian buat akun dan kamu bisa langsung menggunakan aplikasinya untuk cek tarif ongkos kirim barang yang akan kamu kirim di bagian menu beranda. Kamu bisa klik ‘cek biaya kirim’ kemudian akan muncul persis seperti yang di website kamu akan di minta mengisi kota asal (pengirim), kota tujuan (penerima), berat barang, dan dimensi ukuran Panjang Lebar dan Tinggi dalam cm. Setelah itu akan muncul deh tarifnya, gampang dan praktis banget kan.

Cara Tracking/Cek Resi Pengiriman Menggunakan Id Express

Saat mengirim ataupun membeli barang, tentunya semua orang sangat membutuhkan nomor resi untuk mengetahui proses pengiriman dan perkiraan kapan barang akan sampai. Tapi kamu tenang aja karena sama seperti jasa pengiriman lain, ID Express juga akan memberikan nomor air waybill atau nomor resi yang bisa digunakan untuk melacak keberadaan dan status pengiriman barang. Untuk melacak nomor resinya juga gampang banget karena kamu bisa lacak resi melalui website resminya atau bisa juga dari aplikasi ID Express Customer. Dan buat kamu yang belum tau gimana caranya, nih mimin bantu ya hehe.
  • Untuk melacak nomor resi yang diberikan kamu bisa lacak melalui website resminya ID Express ya. 
Cara Tracking/Cek Resi Pengiriman Menggunakan Id Express
Kamu bisa masuk ke halaman website ID Express di https://idexpress.com/ kemudian akan muncul bagian home dari websitenya. Kamu bisa klik menu tracking atau untuk lebih mudah kamu bisa scroll sedikit ke bawah lalu ada kolom pelacakan pengiriman. Lalu kamu hanya perlu masukan nomor waybill atau nomor resi yang telah diberikan. Setelah nomor resi di input, kamu bisa klik ‘Tracking’ dan akan muncul pop up verifikasi yang harus kamu isi. Kamu tinggal isi aja kode verifikasinya lalu klik ‘verifikasi’ dan taraaa langsung muncul deh tuh status pengiriman barangnya dengan lengkap.
  • Kalo kamu gamau ribet buka-buka website, kamu bisa ko lacak resi nya melaui aplikasi ID Express Customer. 
Cara Tracking/Cek Resi Pengiriman Menggunakan Id Express
Untuk saat ini aplikasinya baru tersedia di Play store ya belum ada di Aapp store. Kamu bisa download aplikasinya disini, kemudian kamu bisa daftar akun atau langsung aja masuk ke menu pelacakan yang terdapat kolom di bagian atas untuk kamu isi nomor resi, kamu langsung aja isi nomor resi nya terus klik tanda ( + ). Setelah itu kamu bisa klik ‘Cek 1’. Tanpa menunggu lama status pengiriman barang kamu aakn muncul secara lengkap, gampang  banget kan.

Arti Istilah Dan Kode Status Pengiriman Barang Menggunakan ID Express

Arti Istilah Dan Kode Status Pengiriman Barang Menggunakan ID Express

Meskipun mudah dan sudah digunakan banyak orang, ternyata belum banyak yang tau apa arti dari semua istilah dan status pengiriman menggunakan ID Express loh. Jadi supaya gak salah mengartikan, kami juga akan menjelaskan arti dari setiap istilah dalam status pengiriman barang menggunakan ID Express. Berikut artinya :
  • Pick up scan - Paket telah diterima di [ Cabang di kota pengirim ]
Biasanya status ini merupakan status pengiriman yang akan muncul pertama kali, dimana ini artinya barang atau paket yang akan dikirim sudah di data dan sedang berada di kantor cabang kota pengirim.
  • Sending scan - Paket dikirimkan ke [ Kantor pusat di kota pengirim ]
Ini artinya barang/paket kamu sedang dikirim ke kantor pusat ID Express di tempat atau kota si pengirim untuk selanjutnya di kirim ke kota atau alamaat tujuan.
  • Arrival scan - Paket telah sampai di [ Kantor pusat di kota pengirim ]
Ini artinya barang/paket yang sedang dikirim sudah sampai di kantor pusat ID Express di tempat atau kota si pengirim untuk selanjutnya di sortir dan dikirim ke kota tujuan.
  • Sending scan - Paket dikirimkan ke [ Kota Transit Terdekat Dari Kota Tujuan ]
Ini artinya setelah barang berada di kantor pusat pengirim, maka selanjutnya akan dikirim ke kota tujuan dan mungkin akan ada transit. Dan jika muncul status ini, ini artinya barang/paket sedang dikirim menuju kota transit terdekat dengan alamat penerima.
  • Arrival scan - Paket telah sampai di [ Kota Transit Terdekat Dari Kota Tujuan ]
Ini artinya barang/paket sudah sampai ddan berada di kantor terdekat di kota tujuan untuk selanjutnya dikirim ke kantor pusat di kota tujuan.
  • Sending scan - Paket dikirimkan ke [ Kota Tujuan ]
Ini artinya barang/paket sedang dikirim menuju kantor pusat di kota tujuan untuk kemudian dikirim ke kantor cabang terdekat dari alamat penerima.
  • Arrival scan - Paket telah sampai di [ Kota Tujuan ]
Ini artinya barang/paket sudah sampai dan berapa  di kantor pusat ID Express yang ada di kota tujuan untuk kemudian dikirim ke kantor cabang terdekat dari alamat penerima.
  • Sending scan - Paket dikirimkan ke [ Kantor cabang terdekat dari alamat penerima ]
Ini artinya barang/paket sedang dalam perjalanan menuju kantor cabang ID Express terdekat dari alamat si penerima.
  • Arrival scan - Paket telah sampai di [ Kantor cabang terdekat dari alamat penerima ]
Ini artinya barang/paket sudah sampai dan berada di kantor cabang terdekat dari alamat penerima untuk kemudian di kirim ke alamat penerima oleh kurir.
  • Delivery scan – Kurir [ Nama Kurir ] sedang proses pengantaran
Ini artinya barang/paket kamu sudah di bawa oleh kurir untuk proses pengantaran ke alamat tujuan. Jadi usahakan di rumah ada orang ya sobat supaya ada yang menerima barang atau setidaknya handphone kamu bisa dihubungi untuk jaga-jaga kurir sulit menemukan alamat.
  • POD scan - Paket telah diterima oleh [ Nama penerima ]
Nah ini artinya barang/paket sudah berhasil dikirim ke alamat tujuan dan sudah diterima oleh penerimanya. Biasanya nama penerima akan tertulis di status pengiriman, jadi kalau bukan kamu yang terima kamu bisa lihat siapa yang menerima dan tanya aja deh tuh ada paket sampe atau gak :D
 
Biasanya untuk status pengiriman barang di ID Express itu mudah untuk dimengerti karena mereka menggunakan bahasa sehari-hari yang sudah jelas artinya apa, jadi kamu tidak akan sulit untuk mengartikannya. Akan tetapi jika kamu memiliki masalah atau pertanyaan seputar barang atau paket kiriman kamu, kamu bisa menghubungi pihak ID Express di :
Hotline : 021-80823899
Instagram : @idexpress_indonesia
Facebook : IDexpress Indonesia
Linkedin : idexpressindonesia
Sobat zero demikian itulah beberapa info lengkap seputar ID Express, semoga informasi ini bermanfaat ya. Jangan lupa untuk di share sebanyak-banyaknya ya sobat, share ke teman, ke kerabat, dan juga keluarga kamu. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan bisa komen di kolom komentar ya. Terimakasih dan sampai jumpa !😁

» Thanks for reading Arti Istilah Status Pengiriman Menggunakan ID Express

0 Response to "Arti Istilah Status Pengiriman Menggunakan ID Express"

Posting Komentar

Komentar anda sangat membantu dan kami akan merespon secepatnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Klien Kami