Silahkan Bandingkan Harga Kami dengan yang lain! 0877 8185 7176 0877 8186 7176

Cara Mudah Cek Ongkir Hingga Arti Status Pengiriman Barang Lengkap Menggunakan Dakota Cargo

Halo sobat Zeropromosi ! Hari ini Zeropromosi balik lagi dengan artikel yang pastinya akan bermanfaat banget buat kalian semua. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan dan menjelaskan kepada sobat zero semua gimana sih caranya cek ongkir ketika ingin mengirim barang menggunakan Dakota Cargo hingga arti dari status pengiriman saat tracking resi Dakota Cargo. 

Cara Mudah Cek Ongkir Hingga Arti Status Pengiriman Barang Lengkap Menggunakan Dakota Cargo

Bagi sebagian besar masyarakat mungkin sedikit asing dengan jasa ekspedisi pengiriman barang yang satu ini karena jarang dan tak banyak yang menyediakan nya di opsi pengiriman saat belanja online di marketplace. Tapi kamu harus tau nih kalau ekspedisi pengiriman yang satu ini juga tidak kalah populer dan bagusnya dengan JNE, J&T atau yang lainnya. Apalagi jika kamu ingin mengirim barang dalam jumlah besar atau banyak, Dakota Cargo ini sangat reccommended sekali karena harganya sangat kompetitif dan terjangkau. Jadi yuk langsung aja simak artikel berikut ini !
Perlu kamu ketahui bahwa Dakota Cargo merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengiriman atau kargo terbesar di Indonesia yang melayani pengiriman domestik lewat darat, laut, dan udara ke seluruh wilayah di Indonesia loh. Dakota Cargo ini juga memiliki 4 pilar pelayanan yaitu aman (secure), cepat (faster), nyaman comfortable), dan harga bersaing (price competitive). 

Dan untuk saat ini Dakota Cargo memiliki lima jenis layanan pengiriman yang bisa kamu pilih dan sesuaikan dengan tarif bervariasi dan lebih kompetitif yang biasanya tergantung dengan berat barang yang dikirim dan tujuan pengiriman. Berikut adalah layanan yang disediakan oleh Dakota Cargo :

  • Kiriman Regular, Jenis layanan pengiriman yang pertama adalah kiriman reguler dimana layanan ini merupakan layanan pengiriman barang dengan penyampaian ke tempat tujuan dalam waktu yang relatif singkat berdasarkan pada jarak pengiriman barang.
  • Kiriman TDS atau Two Day Service, Untuk layanan yang satu ini jika kamu melakukan pengiriman barang untuk hari ini dan barang sudah di data oleh pihak Dakota Cargo hari ini, maka batang akan tiba di kota atau alamat tujuan paling lama dua hari. Dan pihak Dakota Cargo juga memberikan jaminan bila barang tidak sampai maka biaya akan dikembalikan (free of charge).
  • Kiriman Top Urgent, Layanan yang satu ini merupakan salah satu jenis layanan pengiriman barang dengan estimasi barang sampai keesokan harinya atau dala waktu 24 jam. Lagi-lagi Dakota Cargo juga memberikan jaminan jika barang tidak sampai dalam waktu satu hari maka biaya pengiriman akan dikembalikan.
  • Door to Door, Untuk layanan yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang ingin mengirim barang dalam jumlah banyak dan tidak mau datang langsung ke counter Dakota Cargo, karena layanan ini menyediakan fasilitas pengambilan barang dimana dengan menggunakan jenis pelayanan ini kamu tidak perlu bersusah payah mengantarkan kiriman ke counter Dakota dan barang akan dikiriman ke alamat penerima.
  • Door to Port, Nah untuk pelayanan yang satu ini pihak Dakota Cargo akan mengambil barang di tempat kamu dan atas kesepakatan bersama, barang akan dikirim akan diambil sendiri oleh penerimanya di kantor cabang/agen Dakota Cargo.
Jasa pengiriman yang satu ini memiliki keunggulan di harga yang di tawarkan, jika dibandingkan dengan ekspedisi lain, selisih ongkos kirimnya lumayan dan harga yang ditawarkan Dakota Cargo juga lebih murah. Setiap ekspedisi atau jasa pengiriman barang tentunya memiliki syarat dan ketentuannya masing-masing seperti misalnya untuk masalah tarif ongkir, dan Dakota Cargo juga memiliki ketentuannya sendiri. Jika kamu ingin menggunakan Dakota Cargo sebagai jasa pengiriman yang mengirim atau mengantar barang dan paket kamu, kamu juga harus tau nih gimana perhitungan tarif ongkir si Dakota Cargo ini.

Cara Cek Tarif Ongkos Kirim

Cara Cek Tarif Ongkos Kirim Dakota

Untuk kamu yang ingin menggunakan ekspedisi ini, ada syarat – syarat perhitungan ongkir yang wajib kamu perhatikan. Untuk menentukan harga atau tarif biaya kirim, di Dakota ada perhitungan minimal berat. Di Dakota Cargo untuk perhitungan berat barang dengan berat 1 – 20 kg pertama adalah sama. Misalnya kamu ingin kirim atau membeli barang dengan total beratnya 10 kg, maka perhitungan tarif ongkir akan sama dengan yang berat 20 kg. Kecuali jika total berat barang yang dikirim diatas 20 kg, maka biaya hitung tarifnya akan dihitung tiap kg tambahannya. Selain itu, untuk kiriman dalam jumlah yang besar dan banyak akan diberlakukan perhitungan berat volumetrik.
  • Untuk pengiriman via Darat & Laut akan menggunakan rumus Panjang x Lebar  x Tinggi di bagi 4000 dimana harga tarif akan tergantung dengan berat volumenya bukan berdasarkan berat aktual nya. Misalnya kamu ingin mengirim barang dengan berat 40 kg yang memiliki memiliki dimensi Panjang : 100 cm, lebar 70 cm, Tinggi 35 cm. Maka berat barang yang nantinya akan menjadi acuan tarif ongkos kirim adalah hasil dari P x L x T : 4000 = 100 x 70 x 35 : 400 = 61,25 kg. Nah 61,25 kg ini lah yang akan dihitung tarif ongkos kirimnya, bukan berat aktualnya yang 40 kg.
  • Begitu juga dengan pengiriman barang via udara, bedanya jika menggunakan via udara rumus yang digunakan adalah P X L X T : 6.000. Kamu tinggal masukin aja deh tuh ukuran dari barang yang akan dikirim.
Atau jika kamu ingin lebih mudah, kamu bisa cek tarif ongkir menggunakan Dakota Cargo langsung melalui website atau situs resminya Dakota Cargo di https://www.dakotacargo.co.id/ lalu kamu bisa klik “ Cek Tarif “, kemudian kamu bisa isi lokasi pengirim dan juga lokasi atau alamat tujuan dengan lengkap. Setelah itu kamu bisa klik bacaan Cek Tarif dan perkiraan tarif ongkos kirim barang akan langsung terlihat. 

Sama seperti jasa pengiriman barang yang lain, setelah kamu mengirim barang kamu akan menerima nomor resi yang bisa digunakan untuk bisa mengetahui posisi terkini paket atau barang kiriman. Jadi kamu ga perlu deh tuh khawatir barang dan paket yang kamu kirim atau beli tidak sampai. Untuk melacak keberadaan dan posisi barang menggunakan pengiriman Dakota Cargo juga terbilang sangat mudah karena di website resminya Dakota sudah menyediakan fitur dan fasilitas pelacakan kiriman yang ada di bagian home websitenya. Kamu hanya perlu mengunjungi websitenya di https://www.dakotacargo.co.id/ lalu akan muncul tampilan awalnya yang berisikan Pelacakan Pengiriman. Selanjutnya kamu bisa langsung isi no resi di kolom yang disediakan, lalu klik cari dan taraaa status pengiriman dan keberadaan barang kamu akan muncul secara lengkap dengan keterangannya. Gampang banget kan sobat. 
 
Cara cek resi dakota

Eits tunggu dulu artikelnya belum selesai nih hehe. Saat kamu tracking aau lacak keberadaan kamu menggunakan resi yang diberikan, nanti akan muncul semua aktifitas dan proses pengiriman barang kamu secara lengkap. Tapi kamu pernah ga sih ngerasa bingung apa sih arti dari setiap status dan proses pengiriman yang ada di hasil tracking resi ? Untuk mengantisipasi kebingungan kamu, mimin bakalan kasih penjelasan tentang arti dari setiap istilah status pengiriman menggunakan Dakota Cargo. Pepatah pernah bilang, “ lebih baik mencegah daripada mengobati “. Nah supaya kamu ga bingung pas tracking resi Dakota Cargo, berikut penjelasan dan arti dari istilah status pengiriman barang menggunakan Dakota Cargo :
Arti Status Pengiriman Barang Menggunakan Dakota Cargo

Barang Dibuatkan BTT(Bukti Tanda Terima) Oleh : [Nama Cabang di Kota Alamat Pengirim]. Untuk Tujuan : [ Alamat Penerima/Tujuan ]

Saat kamu tracking resi pengiriman Dakota Cargo, status atau proses pengiriman yang akan muncul adalah point ini. Status ini berarti barang yang akan dikirim sedang dibuatkan Bukti Tanda Terima oleh cabang atau counter Dakota Cargo terdekat dari tempat si pengirim. Karena biasanya sebelum dikirim, barang yang sudah diterima dari customer harus dibuatkan Bukti Tanda Terima(BTT) yang juga merupakan resi terlebih dahulu untuk selanjutnya dikirim.

Barang Berangkat (Transit) Ke : [ Nama Kota Cabang Dakota Pusat di Kota Pengirim ]

Status ini artinya barang atau paket kamu sudah dalam perjalanan menuju cabang atau agen pusat di kota si pengirim untuk selanjutnya dikirim ke kota tujuan/penerima.

Barang Sampai (Transit) di : [ Nama Kota Cabang Dakota Pusat di Kota Pengirim ]

Ini artinya barang kamu sudah sampai atau sudah berada di kantor cabang atau agen counter Dakota pusat di kota pengirim untuk selanjutnya disortir dan dikirim ke kota tujuan/ penerima.

Barang Berangkat (Transit) Ke : LEGUNDI GROUP

Biasanya barang yang dikirim menggunakan Dakota Cargo akan transit terlebih dahulu di agen Dakota cabang Gresik dan jika status ini sudah muncul itu artinya barang sudah dikirim dan sedang dalam perjalanan menuju cabang Gresik untuk selanjutnya segera di kirim ke kota tujuan/penerima.

Barang Sampai (Transit) di : LEGUNDI GROUP     Gresik

Ini artinya barang atau paket kamu sudah sampai di kota transit an yaitu cabang Gresik untuk di sortir danlangsung dikirim ke kota tujuan/ penerima.

Barang Berangkat Ke : [ Nama Cabang Kota Tujuan ]

Ini artinya barang yang sudah dikirim dan sedang dalam perjalanan menuju kantor cabang Dakota terdekat di kota atau alamat tujuan/penerima.

Barang Sampai di : [ Nama Cabang Kota Tujuan ]

Ini artinya barang atau paket kamu sudah sampai di kantor cabang Dakota terdekat di kota tujuan dan akan segera dikirim ke alamat tujuan/penerima barang.

Barang Diloper Oleh Petugas

Nah, kalau sudah muncul status ini itu artinya kamu harus siap-siap karena barang sudah diberikan ke kurir untuk diantar ke alamat tujuan/penerima. Jadi usahakan ada orang dirumah dan nomor handphone kamu aktif ya untuk jaga-jaga saat kurir sulit menemukan alamat rumah kamu.

Barang Diterima Oleh : [ Nama Penerima ]

Nah ini artinya barang atau paket kamu sudah sampai di alamat tujuan dan sudah diterima, kemudian kurir akan menuliskan siapa yang menerima barang/paket. Jadi kamu bisa tau siapa yang menerima barang/paket, bisa oleh penerima paket, keluarga, teman atau tetangga sebelah lokasi rumah penerima.

Nah sobat zero, itu tadi adalah beberapa arti dari status pengiriman barang menggunakan Dakota Cargo. Umumnya di hasil status tracking resi Dakota Cargo tidak banyak status dan kode pengiriman yang sulit untuk diartikan karena mereka sudah menjelaskannya secara jelas di kolom keterangan yang ada. 

Jadi kamu ga akan bingung lagi saat tracking resi, apalagi mimin udah kasih tambahakan penjelasannya tuh hehe. Tapi jika kamu masih bingung dan ada yang ingin ditanyakan, kamu bisa menghubungi pihak Dakota Cargo di cabang yang terdekat dari rumah kamu atau kota tujuan barang yang sedang dikirim. Untuk kantor cabang pusat tiap kota nya kamu bisa cek di websitenya Dakota Cargo, berikut adalah beberapa cabang Dakota Cargo.
  1. Tangerang Cabang : Jl Gatot Subroto KM.5.4 Sastra Plaza Ruko D-107 Jati Uwung, TANGERANG, (021) 55656324, (021) 55656325
  2. Tangerang Counter : Jl. Bumi Serpong Damai Sektor XI, Ruko Boulevard Tekno Blok C. No. 12 BSD City - Tangerang Selatan, TANGERANG. No telpon : 08129693905, 02129313354
  3. Demak Agen : Alamat : Dusun Jetisari, kelurahan Katonsari, kecamatan Demak, kabupaten Demak No telpon : 0813 8838 8225
  4. Lahat Cabang : Alamat : Jalan Lingkar Luar Manggul, kota Lahat, Sumatera Selatan No telpon : 0895 6209 96057
  5. Sampora Agen : Alamat : Jalan Raya Kuningan Cirebon, desa Sampora, Cilimus, Kuningan No telpon : 0822 5889 4825
  6. Jepara Agen : Alamat : jalan Soekarno Hatta Km 06, desa Langon, kecamatan Tahunan, kaputane Jepara No telpon : (0291) 595 414 / 0812 2925 021
  7. Banjar Patroman Agen : Alamat : Jalan Letjen Suwarto No 41, kelurahan Parungsari, Banjar No telpon : 0852 2056 5599
  8. Kroya Agen : Jl. Gatot Subroto RT. 029 RW. 001 Desa Kroya, Kec.Kroya, Kab. Cilacap - Jawa Tengah, Kroya. Cilacap No telpon : 081392353877
  9. Benowo Agen : Alamat : Benowo Trade Center A-32, jalan Raya Ngasinan, Pakal, Surabaya No telpon : 0822 4500 1358
  10. Kertabumi Agen : Alamat : Jalan Kertabumi No 99, kelurahan Karawang Kulon, Karawang Barat No telpon : 0813 8014 6444
  11. Batang Counter : Alamat : Jalan Urip Sumoharjo No 58, Sambong Tengah, Batang No telpon : 0852 2879 2599
  12. Jambi Counter : Alamat : Jalan D. I Panjaitan No 30, kelurahan Kebun Handil, Jelutung, Jambi No telpon : (0741) 3612 044 / 0853 6723 8069
  13. Muaro Bungo Counter : Alamat : Jalan Jendral Sudirman, Lintas Sumatra Km 02, kelurahan Manggis, Bathin III, Bungo No telpon : 0823 7624 6824
Untuk lebih jelasnya lagi kamu juga bisa langsung menghubungi kantor pusat dan Customer Service Dakota Cargo di :
Kantor Pusat :
Jl. Wibawa Mukti II No.8, RT.002/RW.010, Jatiasih, Kec. Jatiasih, Kota Bks, Jawa Barat 12230
Telpon : (021) 824-329-76 , (021) 824-010-76
Email : company@dakotacargo.co.id
Facebook : https://www.facebook.com/dakotabuanasemesta/
Instagram : https://www.instagram.com/dakotacargo.id/ atau @dakotacargo.id
Twitter : https://twitter.com/dakotacargo_id atau @dakotacargo_id

Demikian itulah beberapa penjelasan tentang cara cek ongkir Dakota Cargo hingga arti dari status Pengiriman menggunakan Dakota Cargo. Semoga informasi dan artikel ini bermanfaat dan bisa membantu kalaian semua ya sobat, dan jika ada yang ingin ditanyakan seputar pengiriman barang menggunakan Dakota Cargo atau seputar souvenir dan merchandise bisa koment di kolom komentar yaa. 

Terimakasih dan jangan lupa untuk di share juga ke teman, kerabat dan keluarga kamu ya ! Sampai jumpa di artikel selanjutnya ! ~

» Thanks for reading Cara Mudah Cek Ongkir Hingga Arti Status Pengiriman Barang Lengkap Menggunakan Dakota Cargo

0 Response to "Cara Mudah Cek Ongkir Hingga Arti Status Pengiriman Barang Lengkap Menggunakan Dakota Cargo"

Posting Komentar

Komentar anda sangat membantu dan kami akan merespon secepatnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *