Silahkan Bandingkan Harga Kami dengan yang lain! 0877 8185 7176 0877 8186 7176

5 Tradisi Unik Saat Natal Yang Hanya Terjadi Di Indonesia

Hai sobat zeropromosi ! Gak terasa ya kita sudah ada di bulan penghujung tahun yakni bulan Desember. Bulan yang selalu dinantikan oleh banyak orang karena adanya liburan akhir tahun dan yang pasti bulan ini menjadi bulan penuh suka cita yang dinanti-nantikan oleh seluruh umat kristiani. Yups, karena di bulan yang menjadi penghujung tahun ini, umat kristiani akan merayakan hari Natal. Siapa nih yang sabar pengen cepet-cepet Natal hehe. Kemeriahan perayaan Natal yang penuh dengan kemeriahan dan tradisi unik serta dekorasi yang cantik hamper ada di seluruh penjuru kota di Indonesia.

5 Tradisi Unik Saat Natal Yang Hanya Terjadi Di Indonesia

Natal yang identik dengan kebahagiaan dan suka cita ini semakin menarik dengan berbagai tradisi dan budaya yang ada di Indonesia. Yup, di Indonesia sendiri kamu akan menjumpai berbagai macam tradisi unik saat Natal yang hanya terjadi dan ada di Indonesia. Bahkan di beberapa daerah dan kota di Indonesia memiliki tradisi unik dan khas yang hanya akan terjadi saat Natal tiba, dan kali ini Zeropromosi akan memberitahukan beberapa tradisi unik saat Natal yang hanya terjadi di Indonesia. Mungkin kamu bisa berkunjung ke daerah tersebut untuk merasakan tradisi unik nya secara langsung.

Tradisi Rabo-Rabo di Jakarta merupakan salah satu tradisi unik saat natal yang hanya terjadi di Indonesia

Tradisi Rabo-Rabo di Jakarta merupakan salah satu tradisi unik saat natal yang hanya terjadi di Indonesia

Sebagai salah satu kota besar di Indonesia yang merupakan pusat Ibu kota Indonesia ini tentu membuat nya kaya akan budaya Indonesia. Meskipun terkenal dengan kemoderan nya, ternyata di kota Jakarta masih ada suku Betawi beragama kristiani yang memiliki dan menjalankan tradisi unik yang hanya terjadi saat Natal loh sobat. Tradisi ini bernama Rabo-rabo, tradisi ini kerap dirayakan tiap tahunnya oleh masyarakat Jakarta yang bertempat tinggal di Kampung Tugu, Jakarta Utara. Tradisi ini merupakan salah satu tradisi unik warga Jakarta yang sangat kental dengan pengaruh Portugis yang pernah tinggal di Jakrta. Tradisi yang ada saat Natal tiba ini merupakan sebuah tradisi memainkan lagu Natal dengan musik keroncong, sambil berkeliling dari rumah ke rumah. Hampir sama seperti saat lebaran idul fitri, tradisi ini bertujuan untuk silaturahmi. Seperti kita ketahui, warga Kampung Tugu merupakan orang-orang keturunan Portugal, sehingga tidak heran jika mereka memegang teguh tradisi yang turun temurun ini.
Tradisi ini biasanya diawali dengan mengunjungi gereja-gereja terdekat di Kampung Tugu kemudian mereka semua akan mengunjungi satu persatu rumah warga sambil menyanyi dan menari diiringi musik tradisional Keroncong Tugu. Ketika berkunjung ke sebuah rumah mereka akan saling memberi salam dan meminta maaf. Dan uniknya, tiap rumah yang di kunjungi harus ada satu perwakilan untuk ikut dengan rombongan yang menari dan keliling kerumah warga yang lain. Setelah itu perayaan ini diakhiri dengan ‘mandi-mandi’, yakni para warga akan saling mencorat-coret wajah satu sama lain dengan bedak putih sebagai simbol penghapusan kesalahan menjelang tahun baru. Wahhh kyknya seru banget ya sobat.

Tradisi Bakar Batu di Papua merupakan salah satu tradisi unik saat natal yang hanya terjadi di Indonesia

Tradisi Bakar Batu di Papua merupakan salah satu tradisi unik saat natal yang hanya terjadi di Indonesia

Jika di Jakarta ada tradisi Rabo-Rabo, maka Papua juga punya tradisi unik saat Natal tiba. Setiap Natal tiba, orang Papua selalu merayakannya dengan tradisi bakar batu. Tradisi bakar batu ini merupakan tradisi unik membakar batu yang dilakukan dengan tujuan untuk memasak dan dimakan bersama-sama. Saat melakukan tradisi bakar batu, beragam jenis makanan seperti daging dan sayur akan dikumpulkan bersama dengan kayu bakar, kemudian semua bahan makanan tadi akan ditutup menggunakan kumpulan batu. Kemudian kayu yang sudah ada tadi akan dibakar dan panas dari api kayu bakar akan diserap batu yang menutupi makanan sehingga makanan yang di tumpuk batu ini akan matang secara sempurna. Setelah makanan matang, semua akan makan bersama-sama di atas daun sebagai alas makanan. Wahhh seru ya jadi kyk liwetan gitu tapi ini masaknyaa unik dan keren banget.

Tradisi Wayang Kristus di Yogyakarta merupakan salah satu tradisi unik saat natal yang hanya terjadi di Indonesia

Tradisi Wayang Kristus di Yogyakarta merupakan salah satu tradisi unik saat natal yang hanya terjadi di Indonesia

Sebagai kota istimewa dengan banyaknya kekayaan seni dan budaya yang dimiliki nya, Yogyakarta juga memiliki salah satu tradisi unik yang terjadi saat Natal. Yakni tradisi wayang kristus yang menceritakan kisah kelahiran Yesus Kristus. Wayang memang sudah menjadi ikon khas Yogyakarta, jika biasanya wayang menceritakan tentang sebuah dongeng tradisional, maka pada saat perayaan Natal di Yogyakarta wayang akan di adakan dengan tema spesial yaitu kelahiran Yesus Kristus. Eits, meskipun gak certain dongeng tradisional, dalang nya yang merupakan pendeta yang memimpin ibadah akan mengenakan kostum khas Yogyakarta, yakni blangkon atau beskap.

Tradisi Ngejot Dan Penjor di Bali merupakan salah satu tradisi unik saat natal yang hanya terjadi di Indonesia

Tradisi Ngejot Dan Penjor di Bali merupakan salah satu tradisi unik saat natal yang hanya terjadi di Indonesia

Kota yang terkenal dengan keindahan pulaunya ini memang memiliki warga dengan mayoritas beragama Hindu, tapi ternyata saat Natal tiba warga Bali yang beragama kristiani memiliki tradisi unik yang akan mereka lakukan saat Natal yaitu Ngejot dan Penjor. Ngejot sendiri merupakan tradisi yang dilakukan saat Natal dengan memberi bingkisan makanan khas Bali kepada para tetangga yang beragama Hindu. Soalnya, tradisi serupa juga sering dilakukan oleh umat beragama Hindu kepada umat Kristiani dalam upacara Galungan. Selain itu, umat Kristiani di Bali juga akan memasang Penjor atau janur di depan rumah mereka ataupun gereja sebagai tanda perayaan Natal, mereka juga akan mengenakan pakaian adat ketika beribadah.

Tradisi Kunci Taon di Manado merupakan salah satu tradisi unik saat natal yang hanya terjadi di Indonesia

Tradisi Kunci Taon di Manado merupakan salah satu tradisi unik saat natal yang hanya terjadi di Indonesia

Kota Manado yang kebanyakan warganya adalah umat kristiani juga memiliki tradisi unik mereka sendiri loh, tradisi di Manado ini dinamakan Kunci Taon yang berarti “Pengunci Tahun”. Berbeda dengan yang lain, tradisi Kunci Taon di Manado ini mulai dirayakan oleh warga setempat sejak tanggal 1 Desember. Karena bagi mereka sukacita Natal harus dirayakan sepanjang bulan. Mereka akan merayakan berbagai acara perayaan pra Natal sejak awal Desember sampai dengan puncaknya di tanggal 25 Desember. Perayaan unik saat Natal ini juga sekaligus dijadikan sebagai penanda tutup tahun. Dalam perayaan ini, biasanya warga Manado akan merayakannya dengan pesta kostum bertema Natal dan melakukan pawai keliling kota.
Nah sobat zeropromosi, itulah beberapa tradisi unik saat Natal yang hanya ada dan terjadi di Indonesia. Ternyata keberagaman budaya di Indonesia tuh emang keren-keren ya sobat. Kalo kamu lagi pengen liburan menikmati suasana Natal yang berbeda, bisa banget tuh datengin daerah yang ada di atas tadi, pasti seru banget deh. 

Kalo kelima kota di Indonesia tadi punya tradisi unik saat natal nya masing-masing, kira-kira di kota kamu ada tradisi apa nih saat Natal tiba ? Yuk koment di kolom komentar.

Sekian artikel hari ini, semoga bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta bisa menginspirasi kamu. Terimakasih dan sampai jumpa !😁

» Thanks for reading 5 Tradisi Unik Saat Natal Yang Hanya Terjadi Di Indonesia

0 Response to "5 Tradisi Unik Saat Natal Yang Hanya Terjadi Di Indonesia "

Posting Komentar

Komentar anda sangat membantu dan kami akan merespon secepatnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *