Silahkan Bandingkan Harga Kami dengan yang lain! 0877 8185 7176 0877 8186 7176

Tradisi Unik Perayaan Natal di Berbagai Daerah Indonesia

Sobat zeropromosi - Hampir di penjuru belahan dunia memiliki cara atau tradisi tersendiri untuk merayakan cerianya hari natal dan juga tahun baru. Bahkan hal itu sudah menjadi acara yang wajib dirayakan disetiap tahunnya. Misalnya saja seperti perayaan Natal di India, mereka tidak menggunakan pohon cemara sebagai pohon natal tetapi menggunakan pohon mangga. Hiasan rumahnya pun dengan daun mangga.

Tradisi Unik Perayaan Natal di Berbagai Daerah Indonesia
Lalu bagaimana dengan Indonesia? Meskipun mayoritas masyarakatnya penganut agama Islam tapi negara ini juga memiliki tradisi unik dalam merayakan natal loh.

Gak Percaya, Berikut ini kami rangkum tradisi-tradisi yang biasa dilakukan masyarakat Indonesia di berbagai daerah dalam merayakan Natal :

Tradisi Unik Perayaan Natal Lovely December di Toraja

Tradisi Unik Perayaan Natal Lovely December di Toraja

Lovely December, Lovely Toraja atau juga bisa disebut Sang Torayan merupakan tradisi pesta akhir tahun dimana masyarakat Toraja saling memperkuat tali silaturahmi atau persaudaraan.
Karena saat bulan December masyarakat Toraja semua pulang kampung untuk melepas rindu. Hal ini bertepatan dengan hari Natal dan Tahun Baru, maka dari itu mereka menggunakan moment ini untuk menunjukkan potensi seni dan kebudayaan khas Toraja. Banyak sekali rangkaian kegiatan dari Lovely December ini, mulai dari festival kopi, festival kuliner, tarung kerbau dan masih banyak lagi.

(kalian jangan lewatkan souvenir pen senter ini ya untuk perayaan natal kalian)

Tradisi Unik Perayaan Natal Marbinda dari Sumatera

Tradisi Unik Perayaan Natal Marbinda dari Sumatera

Tradisi yang berasal dari Batak Toba ini sekilas mirip dengan Idul Adha (Qur'ban) yaitu menyembelih hewan lalu dibagikan kepada masyarakat sekitar.
Hewan yang disembelih dalam tradisi Marbinda ini adalah hewan yang dibeli dari dana masyarakat yang telah dikumpulkan sebelumnya.
Setiap warna menerima potongan daging dengan sama rata, hal ini mengibaratkan akan sukacita Natal dan tahun baru dimana setiap orang bisa merayakannya dengan kegembiraan dan keceriaan.

untuk menambah sukacita natal, kalian juga bisa mengabadikan moment natal kalian dengan dicetak di mug natal ini. dijamin moment kalian akan selalu dikenang

Tradisi Unik Perayaan Natal Rabo-Rabo di Jakarta

Tradisi Unik Perayaan Natal Rabo-Rabo di Jakarta

Tradisi satu ini bisa dijumpai di kampung Tugu, Semper Barat Kecamatan Toja, Jakarta Utara.
Tradisi dilaksanakan setelah selesai berdoa di gereja, mereka bersilaturahmi dengan mengunjungi rumah warga satu pe satu dan tak hanya itu mereka melakukannya dengan bernyanyi diiringi oleh musik tradisional keroncong tugu.
Hal yang membuat tradisi ini makin terlihat unik adalah setiap warga yang rumahnya sudah dikunjungi wajib bergabung pada rombongan dan melanjutkan silaturahmi kerumah selanjutnya. Coba bayangkan betapa ramai dan panjangnya rombongan ini sampai di rumah terakhir?

Bagi kalian yang butuh tas souvenir natal juga bisa langsung memesannya dikami. harga dijamin bersaing

Tradisi Unik Perayaan Natal dengan Tradisi Wayang Kulit Kristus di Yogyakarta

Tradisi Unik Perayaan Natal dengan Tradisi Wayang Kulit Kristus di Yogyakarta

Kalo mendengar wayang kulit pasti lah langsung teringat Yogyakarta, karena tradisi natal satu ini berasal dari daerah Yogya.
Pagelaran wayang ini sama seperti pagelaran wayang kulit pada umumnya, dipimping oleh seorang dalang dan diiringi oleh musik tradisional, yang membedakan adalah jalan cerita/kisah yang diusungnya.
Latar belakang dari wayang kulit ini diambil dari Al-Kitab baik Perjanjian Lama ataupun Perjanjian Baru, nama tokohnya pun demikian misalnya saja Yeremia, Samuel dan Daud.

Tradisi Unik Perayaan Natal Meriam Bambu di Flores

Tradisi Unik Perayaan Natal Meriam Bambu di Flores

Jika kalian berkunjung ke Flores pada bulan December, bersiap-siaplah karena kalian akan mendengar dentuman-dentuman yang dihasilkan dari Mariam Bambu.
Karena tradisi ini selalu dilakukan oleh masyarakat flores untuk menyambut kelahiran Yesus Kristus disamping acara menghias kandang natal.
Oh ya menurut budaya Manggarai dan Flores sebenarnya digunakan untuk memberi kabar kematian, karena jarak daerah satu sama lain yang jauh maka mereka menyalakan meriam bambu untuk menandakan bahwa ada kabar duka.

Tradisi Unik Perayaan Natal di Bali dengan Tradisi Ngejot dan Penjor

Tradisi Unik Perayaan Natal di Bali dengan Tradisi Ngejot dan Penjor

Masyarakat Bali sebagian besar beragama Hindu namun saat menjelang natal toleransi begitu terasa di pulau yang selalu miliki hal-hal indah tersebut.
Saat Natal tiba, masyarakat Kristiani disana saling membagikan bingkisan makanan khas Bali kepada tetangga. Tradisi ini disebut dengan ngejot, tradisi ini sebenarnya dilakukan oleh umat Hindu saat perayaan Galungan.
Satu lagi ada tradisi Penjor, yaitu menghias rumah dan gereja dengan janur kuning. Ini tanda bahwa mereka tengah merayakan sukacita Natal.

Tradisi Unik Perayaan Natal Sirine dan Lonceng di Ambon

Tradisi Unik Perayaan Natal Sirine dan Lonceng di Ambon

Kelahiran Yesus Kristus pastinya harus dirayakan dengan meriah, hal itu merupakan bentuk kebahagiaan umat Kristiani karena Sang Juru Selamat telah datang kedunia.
Masyarakat Ambon merayakan hari lahirnya Yesus ini dengan membunyikan sirine dan lonceng-lonceng yang ada digereja secara bersamaan. Seperti perayaan natal di daerah lainnya, natal di Ambon juga dipenuhi oleh hiasan pohon natal, sinterklas dan lain sebagainya.

Tradisi Unik Perayaan Natal  Kunci Taon dari Manado

Tradisi Unik Perayaan Natal  Kunci Taon dari Manado

Karena sukacita Natal harus dirayakan keceriaan bahkan sebelum puncaknya pada tanggal 25 December. Masyarakat Manado merayakan natal lebih awal yaitu dari tanggal 1 December, mereka melalukan doa pra-natal sampai nanti pada puncak perayaannya pada 25 December.
Saat selesai puncak natal, mereka lantas pergi bersilaturahmi dan berziarah ke makam keluarga. Tak hanya itu mereka juga membersihkan dan menghias area makam dengan bunga segar.
Nah, diminggu pertama Januari perayaan Natal masih berlangsung. Masyarakat Manado akan melakukan pawai dengan menggunakan kostum unik.

Tradisi Unik Perayaan Natal Barapen atau Bakar Batu asal Papua

Tradisi Unik Perayaan Natal Barapen atau Bakar Batu asal Papua

Pagi-pagi sekali sebelum berangkat berdoa, masyakat Papua sudah berkumpul untuk memasak daging babi, ubi, kangkung dan pelengkap lainnya diatas batu pas yang dibakar diatas kayu. Masyarakat Papua tidak menggunakan korek api, mereka menghasilkan api dari kayu bakar yang saling digesekkan.
Setelah kembali dari berdoa, mereka kembali berkumpul untuk makan bersama sekaligus bersilaturahmi. Barapen merupakan wujud rasa syukur atas segala kasih yang telah diberikan Tuhan. Barapen juga sering dilakukan untuk perayaan lainnya lho bukan saat pas Natal saja.

Nah guys bagaimana? Natal di Indonesia tidak kalah unik dari luar negeri kan? Keberagaman dalam perayaan natal ini semakin membuat Indonesia terlihat indah dan unik ya. 

Jangan lupa di share info ini ya agar bermanfaat buat banyak orang

» Thanks for reading Tradisi Unik Perayaan Natal di Berbagai Daerah Indonesia

0 Response to "Tradisi Unik Perayaan Natal di Berbagai Daerah Indonesia"

Posting Komentar

Komentar anda sangat membantu dan kami akan merespon secepatnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *