Bagaimana Cara Meminta Tolong Yang Baik? | Barang Promosi, Mug Promosi, Payung Promosi, Pulpen Promosi, Jam Promosi, Topi Promosi, Tali Nametag Bagaimana Cara Meminta Tolong Yang Baik?

Bagaimana Cara Meminta Tolong Yang Baik?

Zeropromosi - Sebagai seorang makhluk sosial enggak mungkin kalo kita gak meminta bantuan ke orang lain. Meski untuk sebuah hal yang sekecil apapun, pasti kita membutuhkan bantuan orang lain entah itu keluarga, teman dekat bahkan orang lain yang gak kita kenal sekalipun.

Bagaimana Cara Meminta Tolong Yang Baik?
Saat kita perlu bantuan, hal yang kita lakukan adalah meminta sebuah pertolongan. Meski kita memiliki hubungan yang sangat dengan orang yang akan kita mintai tolong bukan berarti kita bisa seenak jidat minta tolong tanpa memiliki etika. Tetap harus yang sopan dan baik. Karena kalo kita minta tolong dengan cara yang baik, orang lain pasti akan dengan senang hati membantu kita kan?
Lalu bagaimana caranya meminta tolong yang baik?

1. Lihat Kondisi Orang Yang Akan Dimintai Tolong.

Lihat Kondisi Orang Yang Akan Dimintai Tolong.
Kamu memang perlu dibantu, tapi kamu juga perlu melihat orang yang akan kamu mintai tolong. Apakah ia tepat dan mampu menolong kamu? Jangan sampai kamu meminta tolong pada orang yang kondisinya lebih lemah dari kamu, itu akan membuatnya merasa amat terbebani.

2. Perhatikan Waktu.

Perhatikan Waktu.
Kamu memang enggak tahu kapan kamu akan meminta tolong, karena namanya perlu bantuan bisa datang kapan saja. Tapi selama itu bukan hal yang dadakan, kamu harus memperhatikan waktu saat meminta tolong. Kamu enggak mungkin dong meminta tolong pada orang yang moodnya sedang buruk, tengah bersedih atau bahkan sedang sibuk? Yang ada kamu hanya mendapatkan cap gak tahu diri, meminta tolong tapi gak tahu waktu.

3. Jangan Bertele-Tele.

Jangan Bertele-Tele
Jangan bertele-tele dalam menjelaskan pertolongan apa yang aku perlukan apalagi memberikan sebuah kode-kode. Jangan membuat orang yang ingin menolongmu berfikir keras dengan apa yang kamu maksud. Langsung to the point pada masalah inti, misalnya, "Tolong bukain pintu ya dek."  Orang lain mendengarnya akan lebih enak dan langsung tahu apa harus ia lakukan untuk menolongmu.

4. Gunakan Kalimat Yang Sopan dan Jangan Lupakan Kata Tolong.

Gunakan Kalimat Yang Sopan dan Jangan Lupakan Kata Tolong
Meminta tolong, berarti kita membutuhkan sebuah bantuan. Itulah kenapa kita harus menggunakan kalimat yang sopan saat meminta tolong, kepada siapapun tak terkecuali orang-orang yang sudah begitu dekat dengan kita. Jangan sampai lupa kata sakral, yaitu tolong. Karena meminta bantuan tanpa kata tolong rasanya  seperti kurang pas. Kalopun tidak menyertakannya, pakailah kata atau kalimat yang bermakna sama. Seperti, "Bisakah kamu membukakan pintu?"
Itu akan terdengar lebih baik dan sopan seperti, "Tolong buka pintunya."
Ketimbang kamu mengucapkan, "Bukain pintunya."
Orang yang kamu mintai tolong pun juga akan terlihat senang, jika mau meminta dengan kalimat yang sopan. Ia merasa lebih dihargai.

5. Ucapkan Terima Kasih.

Ucapkan Terima Kasih
Pernahkah kamu mengalami, saat kamu ingin memberi sesuatu kepada orang yang telah menolongmu tapi dia menolak? Dan tersenyum lebar saat kamu mengucapkan terima kasih?.
Ada orang kadang menganggap kata terima kasih itu sebagai hal yang besar. Seseorang mengucapkan terima kasih setelah ia bantu, bisa membuat orang tersebut merasa senang. Karena mereka menerima timbal balik atas apa yang mereka lakukan, meski timbal balik yang ia peroleh bukan suatu barang kasat mata.
Itulah sebabnya setelah kamu menerima bantuan, jangan lupa mengucapkan terima kasih. Hal itu sangat sederhana, tapi mengandung arti yang begitu besar.

Selain lima hal diatas,  dalam meminta tolong jangan beranggapan bahwa dirimu adalah yang paling penting. Hingga kamu meminta orang lain untuk segera menolongmu, ingatlah bahwa mereka juga memiliki urusan pribadi sendiri.

penulis : Maya

» Thanks for reading Bagaimana Cara Meminta Tolong Yang Baik?

6 Responses to "Bagaimana Cara Meminta Tolong Yang Baik?"

  1. I do not even know the way I stopped up right
    here, however I assumed this publish used to be
    great. I do not realize who you are but certainly you're going to a famous blogger in case
    you aren't already. Cheers!

    BalasHapus
  2. I go to see everyday some sites and information sites to
    read articles, but this weblog provides feature based posts.

    BalasHapus
  3. No matter if some one searches for his required thing, so
    he/she needs to be available that in detail, so that
    thing is maintained over here.

    BalasHapus

Komentar anda sangat membantu

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *