Jangan menilai orang dari tampilan luarnya saja, setiap orang punya cerita

zeropromosi - Sadar tidak kalau makin hari, kita menjadi manusia yang sering menilai dan menghakimi seseorang begitu saja? Melihat orang melakukan hal-hal yang menurut Anda aneh, Anda langsung men-judge seenaknya atau bahkan menertawakan. Padahal, setiap orang punya kisah dalam hidupnya. 

Bisa jadi kisah itulah yang membuatnya melakukan hal 'aneh', namun siapa tahu, kisah di balik keanehan itu luput dari jangkauan Anda.

Jangan menilai orang dari tampilan luarnya saja, setiap orang punya cerita
Bacalah kisah sederhana ini, semoga setelah anda membacanya anda belajar agar Anda tidak sering menilai orang dari apa yang Anda dilihat dalam waktu yang sebentar, toh Anda tidak melihat kehidupannya secara mendalam.
***
Pada suatu hari, seorang pria tua dan seorang gadis muda usia 25 tahun naik kereta. Mereka duduk berhadapan dengan pasangan pria dan wanita muda. Saat kereta berjalan, gadis muda itu tampak sangat bahagia, seperti anak kecil yang  baru pertama kali merasakan sensasi naik kereta.

"Ayah ayah.. lihat! Pohon-pohon itu berjalan ke arah belakang kita," ujar si gadis muda.

Fenomena itu tentu merupakan hal biasa ketika sedang berada di kendaraan. Namun si gadis tampak sangat antusias, tingkahnya seperti anak-anak.

"Ayah ayah lihat!" ujarnya lagi sambil menunjuk langit, "Awan-awan itu bergerak mengikuti kita,"

Sang pria tua tersenyum melihat tingkah putrinya.

Hal berbeda ditunjukkan dua pasangan yang duduk di depan mereka. Mereka berdua menatap gadis muda itu dengan pandangan aneh. Mereka berpikir bahwa tingkah gadis itu sangat aneh. Di usia 25 tahun masih bertingkah seperti anak-anak. Bahkan balita juga tahu jika sedang naik kereta, pohon akan tampak seolah berjalan ke belakang dan awan tampak seolah mengikuti.

"Kenapa Anda tidak membawa anak Anda ke dokter?" tanya salah satu pasangan. Dia memberikan tatapan kasihan pada gadis muda itu. Mereka berpikir gadis muda itu mengalami kelainan perilaku atau kelainan psikologis.

Sang pria tua hanya tersenyum.
Jangan menilai orang dari tampilan luarnya saja, setiap orang punya cerita

"Saya sudah membawa putri saya ke dokter, sesaat setelah dia lahir. Dokter memberi tahu saya bahwa dia buta," ujar sang pria. "Beberapa waktu lalu putri saya menjalani operasi mata dan berhasil. Ini adalah pertama kalinya dia melihat dunia melalui matanya,"
***

Sangat mudah bagi kita untuk menilai seseorang tampak aneh, bodoh, tidak sopan, kurang ajar dan sebagainya. Namun apakah semua itu membuat Anda lebih baik dari mereka? Tidak juga. 

Karena setiap orang punya cerita dalam hidupnya, kadang mereka juga punya luka. Akan lebih bijak jika Anda tidak menilai orang tanpa tahu kisah di baliknya.

» Thanks for reading Jangan menilai orang dari tampilan luarnya saja, setiap orang punya cerita

0 Response to "Jangan menilai orang dari tampilan luarnya saja, setiap orang punya cerita"

Post a Comment

Komentar anda sangat membantu

back to top