Sifat dan Keistimewaan R.A. Kartini Yang Wajib Diteladani Oleh Perempuan Indonesia

Halo sobat zeropromosi ! Menjelang bulan April, banyak masyarakat terutama perempuan Indonesia yang semangat dan antusias untuk merayakan Hari Kartini. Meskipun tahun lalu dan tahun ini Indonesia harus merayakan Hari Kartini ditengah pandemi, hal ini tidak menyurutkan semangat masayarakat untuk tetap merayakannya meskipun harus menerapkan berbagai peraturan dan protokol kesehatan yang ada.   Hari Kartini yang senantiasa dirayakan oleh masyarakat Indonesia ini menjadi salah satu bentuk penghormatan dan terimakasih kepada seorang pahlawan wanita Indonesia yang telah berjasa memperjuangkan suara, hak dan emansipasi wanita. Yups, ia adalah Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat atau dikenal sebagai R.A. Kartini.

Sifat dan Keistimewaan R.A. Kartini Yang Wajib Diteladani Oleh Perempuan Indonesia

Selama hidupnya, R.A. Kartini senantiasa berjuang untuk memajukan perempuan Indonesia hingga ia mampu membuat banyak perempuan Indonesia bahkan luar negeri pun banyak yang terinspirasi dengan nya. Oleh karena itu sebagai orang Indonesia kita patut bangga karena memiliki tokoh perempuan sepertinya. Walaupun 2 tahun tidak bisa merayakan Hari Kartini semeriah biasanya, perempuan Indonesia tetap bisa merasakandan merayakan Hari Kartini dengan meneruskan perjuangan R.A. Kartini. Tidak perlu sama persis seperti nya, perempuan Indonesia atau kartini muda juga bisa meneruskan perjuangannya dengan menjadi kartini muda yang berhasil dan berkarakter. Kamu juga bisa meneladani beberapa sifat yang dimiliki oleh R.A. Kartini. 

Dan kali ini zeropromosi telah merangkum beberapa sifat dan keistimewaan R.A. Kartini yang wajib diteladani oleh perempuan Indonesia. Yuk simak apa saja sifat Sang Ibu Kartini yang bisa kita teladani di artikel berikut ini !

Rendah Hati dan Sederhana merupakan sifat dan keistimewaan R.A. Kartini yang wajib diteladani

Rendah Hati dan Sederhana merupakan sifat dan keistimewaan R.A. Kartini yang wajib diteladani

Raden Ajeng Kartini atau yang biasa dikenal dengan sebutan R.A. Kartini adalah seorang tokoh Jawa dan Pahlawan Nasional Indonesiayang terlahir dalam keluarga bangsawan. Akan tetapi meskipun ia terlahir dan berada di dalam lingkungan bangsawan tak membuat ia menjadi seorang perempuan yang hidup dalam kemewahan. Kartini bahkan menolak untuk disebut Bangsawan dan kesal dipanggil putri, ia lebih memilih jadi perempuan biasa. Ia juga tidak peduli dengan gelar apa pun yang dimiliki moyangnya terdahulu. Karena menurutnya hanya ada dua macam bangsawan, yakni bangsawan jiwa dan bangsawan budi. Ia selalu bersifat sederhana dan rendah hati serta sangat merakyat dan bersosialisasi dengan siapapun. Bahkan saat ia menikah dengan seorang bangsawan, ia tidak mengadakan pesta ataupun menggunakan pakaian yang mewah di hari pernikahannya.
Wahh sobat zero bisa membayangkan bukan betapa sederhananya Kartini. Padahal jika ia mau, ia bisa saja melakukan apapun seperti yang ia mau bahkan mengadakan pesta mewah sekalipun. Sebagai seorang kartini muda dan perempuan masa kini, kamu wajib banget nih untuk meneladani dan meniru kesederhanaan dan kerendahan hati seorang Kartini. Filsuf, Iris Murdoch pernah mengatakan bahwa rahasia untuk mendapatkan kebahagiaan hidup adalah terus melakukan sesuatu yang sederhana. Artinya, menikmati hidup sesuai dengan kebutuhan dapat memberikan kehidupan yang nyaman, aman, dan bermakna.

Mandiri dan Menghormati Orang Tua merupakan sifat dan keistimewaan R.A. Kartini yang wajib diteladani

Mandiri dan Menghormati Orang Tua merupakan sifat dan keistimewaan R.A. Kartini yang wajib diteladani

Jaman sekarang mungkin seskali kita temui anak yang tidak patuh bahkan tidak bisa menghormati orang tuanya. Bukan hanya melihat dan menjumpai hal tersebut di dalam diri orang lain, secara tidak sadar kita bahkan pernah melakukan hal yang sama. Oleh karena itu untuk mengingatkan kembali bukan hanya kepada perempuan Indonesia tapi juga semua anak Indonesia untuk terus menghormati kedua orang tua. Layaknya seorang Kartini yang senantiasa menghormati keputusan orang tuanya untuk tidak melanjutkan pendidikannya. Meskipun bertentangan dengan hati nuraninya Kartini tetap mematuhi perintah dan keputusan orang tuanya. Akan tetapi meskipun tidak bisa melanjutkan sekolah dan pendidikan tinggi, Kartini tetap menjadi seorang perempuan yang mandiri dan patuh. Kartini selalu belajar dengan caranya sendiri, ia juga selalu mencari cara agar pemikirannya bisa tersampaikan oleh orang banyak. Dari situlah ia gemar menulis mulai dari surat hingga menuangkan pemikirannya lewat tulisan.

Semangat Belajar dan Berwawasan Luas merupakan sifat dan keistimewaan R.A. Kartini yang wajib diteladani

Semangat Belajar dan Berwawasan Luas merupakan sifat dan keistimewaan R.A. Kartini yang wajib diteladani

Kartini adalah sosok yang sangat antusias dengan pendidikan dan ilmu pengetahuan, bahkan ia juga sangat gemar membaca dan menulis. Meskipun tidak diijinkan untuk melanjutkan sekolah, Kartini tetap memiki semangat juang untuk terus belajar dan memiliki wawasan yang luas loh sobat.Tetapi karena tekad bulat kartini untuk mencapai cita citanya, Kartini mulai mengembangkan dengan belajar menulis dan membaca bersama teman sesama perempuannya, saat itu Kartini juga mulai belajar bahasa Belanda. Kartini terus berusaha memperkaya wawasan sebanyak mungkin melalui buku, koran, dan majalah dari dalam maupun luar negeri. Dari kegemarannya ini membuat Kartini berinisiatif untuk memajukan wanita wanita Indonesia dari segala keterbelakangan. Ditambah dengan kemampuannya berbahasa Belanda membuat Kartini sering berkirim surat dengan teman- teman korespondensi di Belanda.  
Sebagai perempuan Indonesia dan kartini muda, kamu juga patut nih untuk meneladani semangat belajar Kartini. Aapalgi jika dibandingkan, di era Kartini pendidikan belum semaju sekarang. Sekarang sudah banyak media yang bisa digunakan untuk belajar dan menggali ilmu. Akan tetapi semua media dan fasilitas pendidikan sekarang akan sia-sia jika dalam diri sendiri tidak ditanamkan semangat belajar. Jadi yuk tanamkan dan tingkatkan terus semangat belajar kamu untuk kemajuan diri sendiri dan juga bangsa.

Berani dan Optimis merupakan sifat dan keistimewaan R.A. Kartini yang wajib diteladani

Berani dan Optimis merupakan sifat dan keistimewaan R.A. Kartini yang wajib diteladani

Seperti yang kita tahu bahwa Kartini adalah sosok perempuan Indonesia dengan pemikiran yang jauh lebih maju dari yang lain. Ia bahkan sering kali memiliki pemikiran cita-cita yang berbeda dengan orang disekelilingnya sehingga banyak juga yang menentang. Meskipun ditentang oleh banyak orang tak membuat Kartini putus asa apalagi menyerah menggapai mimpi dan cita-citanya untuk terus memperjuangkan hak dan martabat perempuan. Dengan keberaniannya, Kartini mendobrak aturan-aturan yang ada, aturan yang selama ini mengekang kaum perempuan di era nya. Kartini juga selalu optimis bahwa ia bisa mewujudkan mimpinya dan apa yang ia lakukan akan memiliki dampak besar di masa yang akan datang. Sifat berani dan optimisnya inilah yang membuat Kartini berani  menyuarakan pendapat dan memperjuangkan hak setiap perempuan hingga akhirnya ia dijuluki sebagai pelopor emansipasi wanita.

Inspiratif merupakan sifat dan keistimewaan R.A. Kartini yang wajib diteladani

Inspiratif merupakan sifat dan keistimewaan R.A. Kartini yang wajib diteladani

Nah sifat teladan sosok R.A. Kartini yang terakhir adalah ia yang selalu menginspirasi banyak oang di sekitarnya. Dengan apa yang selama ini ia lakukan untuk perempuan Indonesia tentu menjadi inspirasi untuk semua perempuan Indonesia hingga sekarang. Berkat Kartini perempuan Indonesia saat ini berani untuk menyuarakan pendapatnya, perempuan Indonesia juga berani untuk bermimpi dan mewujudkan mimpinya. Oleh karena itu sebagai perempuan Indonesia masa kini kamu juga harus bisa menjadi inpiratif untuk banyak orang di sekitarmu. Kamu bisa kok menginspirasi banyak orang dengan melakukan banyak hal positif. Sekecil apapun hal positif yang kamu lakukan tetap akan berdampak untuk lingkungan sekitarmu loh sobat, begitu juga sebaliknya jika kamu melakukan hal yang negative dan kurang baik. Oleh karena itu kamu juga bisa membuat orang lain yakin bahwa hal positif sekecil apapun akan berpengaruh terhadap lingkungan. Dengan begitu akan semakin banyak orang yang berlomba-lomba untuk melakukan hal baik dan menginspirasi satu sama lain.

Kamu juga bisa loh menginspirasi banyak orang lewat souvenir dan merchandise spesial yang kamu berikan saat hari Kartini tiba. Lewat souvenir kamu bisa saling memberikan semangat dan inspirasi untuk tetap semangat menjadi Kartini masa kini yang berhasil. 

Apalagi sekarang kamu bisa mendapatkan aneka macam souvenir bermanfaat dengan mudah di Zeropromosi. Kamu bisa pilih souvenir dan custom logo, tulisan bahkan desain sesuai dengan keinginan kamu. Jadi kamu bisa berikan kalimat atau kutipan semangat untuk mereka yang akan menerima souvenir kamu. Sobat zero tenang aja, ada banyak pilihan souvenir keren dengan harga yang terjangkau kok di Zeropromosi. Jadi kamu tetap bisa menginspirasi banyak orang tanpa harus membuat kantong meringis hehe.
Sekian artikel kali ini, semoga bisa memberikan manfaat dan juga inspirasi untuk kalian semua ya. Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman, kerabat dan keluarga kamu juga ya. Terimakasih dan selamat hari kartini untuk semua perempuan di Indonesia ! Tetap semangat dan selalu menginspirasi sesama perempuan ya !  😁

» Thanks for reading Sifat dan Keistimewaan R.A. Kartini Yang Wajib Diteladani Oleh Perempuan Indonesia

0 Response to "Sifat dan Keistimewaan R.A. Kartini Yang Wajib Diteladani Oleh Perempuan Indonesia"

Posting Komentar

Komentar anda sangat membantu dan kami akan merespon secepatnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Klien Kami