Silahkan Bandingkan Harga Kami dengan yang lain! 0877 8185 7176 0877 8186 7176

Inilah Serba-Serbi Tahun Baru Islam Yang Harus Kamu Tahu !

Halo sobat zeropromosi ! Tahun baru Islam atau yang juga dikenal sebagai Tahun Baru Hijriyah, merupakan momen penting bagi umat Muslim di seluruh dunia. Hari ini menandai beragam peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah Islam seperti salah satunya memperingati penghijrahan Nabi Muhammad SAW dari Kota Makkah ke kota Madinah 622 Masehi. Perayaan Tahun Baru Islam biasanya dilakukan pada bulan Muharram, yang merupakan bulan pertama dalam kalender Hijriyah. Jika pada kalender Hijriyah tahun baru diperingati pada tanggal 1 Januari, maka dalam kalender Hijriyah dimulai pada tanggal 1 Muharram.

Inilah Serba-Serbi Tahun Baru Islam Yang Harus Kamu Tahu !

Sebenarnya perayaan tahun baru islam tidak dirayakan dengan meriah layaknya tahun baru masehi, namun tahun baru islam memiliki beragam keunikan yang membuatnya jadi lebih berkesan. Di beberapa negara bahkan di Indonesia memiliki cara tersendiri untuk memperingati dan merayakan momen penting ini.

Nah buat kamu yang belum banyak tahu soal tahun baru islam, berikut telah kami rangkum serba-serbi tahun baru islam yang harus kamu tahu. Yuk simak artikelnya sampai akhir !

Awal Penetapan Tahun Baru Islam

Awal Penetapan Tahun Baru Islam merupakan salah satu info menarik tahun baru islam yang harus kamu tau

Jika yang banyak orang tahu ada tahun baru masehi pada tanggal 1 Januari, Tahun baru Islam dimulai pada bulan Muharram, yang merupakan bulan pertama dalam kalender Hijriyah. Kalender Hijriyah di tetapkan berdasarkan pada pergerakan bulan dan memiliki 354 atau 355 hari dalam setahun. Awal mulanya penanggalan kalender Hijriyah dimulai berdasarkan usulan Abu Musa Al-Asyari, seorang Gubernur Bashrah pada masa Khalifah Umar bin Khatab RA. Dalam sebuah surat yang ditulis oleh Abu Musa Al-Asyari kepada Khalifah Umar bin Khatab RA, ia mengungkapkan kebingungannya karena menerima surat yang tidak mencantumkan tahun. Karena kebutuhan akan penanggalan yang jelas, kalender Islam kemudian dikembangkan untuk memudahkan penyimpanan dan identifikasi surat-surat tersebut. Kemudian, Ali bin Abi Thalib mengusulkan bahwa momen hijrah Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Yatsrib (yang kemudian dikenal sebagai Madinah) menjadi titik awal tahun dalam kalender Hijriyah. Usul ini disetujui, dan mereka memberikan nama "kalender Hijriyah" untuk penanggalan tersebut. Penetapan kalender Hijriyah sebagai sistem resmi terjadi pada tahun 638 Masehi. Dengan demikian, Abu Musa Al-Asyari, Khalifah Umar bin Khatab RA, dan Ali bin Abi Thalib memiliki peran penting dalam pengembangan dan penetapan kalender Hijriyah sebagai sistem penanggalan yang digunakan dalam agama Islam hingga sekarang. Tujuan utama pembuatan kalender ini adalah untuk memberikan kerapihan dalam penyimpanan surat-surat dan menetapkan referensi waktu yang jelas bagi umat Muslim. Nah biasanya kamu juga bisa menemui penaggalan hijriyah di beberapa kalender masehi (Buat dan dapatkan kalender custom mu di zeropromosi, bisa custom penanggalan hijriyah juga lho), jadi kamu ga ketinggalan momen-momen penting dalam dunia Islam.

Diperingati dan Dirayakan Dengan Cara Berbeda

Diperingati dan Dirayakan Dengan Cara Berbeda merupakan salah satu info menarik tahun baru islam yang harus kamu tau

Meskipun ini adalah tahun baru dalam islam, ternyata momen penting ini tidak dirayakan dengan meriah seperti tahun baru masehi atau penanggalan lainnya lho. Umumnya pada tahun baru islam, umat Islam dianjurkan untuk memeperingatinya dengan cara memperbanyak ibadah, berdoa, merenungkan diri dan lebih mendekatkan diri pada Allah SWT. Tak jarang ada juga kegiatan umum yang dilakukan untuk memperingati momen ini seperti mengadakan pengajian dan acara keagamaan lain (Jangan lupa berikan souvenir yang berkesan seperti Pin Custom agar acara dimomen penting ini tak terlupakan, info lebih lengkap klik disini) . Terkadang berbeda daerah juga memiliki cara dan tradisi mereka sendiri. Kalau di daerah kamu biasanya ngapain nih sobat ?

Ada Alasan Dibalik Nama Bulan Muharram

Ada Alasan Dibalik Nama Bulan Muharram merupakan salah satu info menarik tahun baru islam yang harus kamu tau

Sebelum ada kalender hijriyah, penetapan bulan Muharram sebagai awal pergantian tahun pun ada sejarahnya. Untuk penamaan Bulan Muharram itu sendiri memiliki makna penting dalam Islam. Dalam bahasa Arab "Muharram" berarti "terlarang", pada zaman dulu masyarakat Arab dilarang berperang karena sucinya bulan tersebut. Selain itu pada tanggal 10 Muharram juga terdapat peringatan penting bagi umat Muslim, yaitu Hari Asyura. Pada hari ini, terjadi beberapa peristiwa bersejarah dalam dunia Islam, seperti :

  • Hari diciptakannya Nabi Adam AS, hari bertobatnya Nabi Adam AS dan hari masuknya Nabi Adam AS  ke Surga
  • Hari penyelamatan Nabi Musa AS dari Fir'aun dan pasukannya di Laut Merah
  • Berlabuhnya bahtera Nabi Nuh AS di bukit Judi
  • Hari diangkatnya Nabi Idris AS ke surga
  • Hari saat Nabi Sulaiman AS diberikan kerajaan besar dan menguasai bumi
  • Hari keluarnya Nabi Yunus AS dari perut ikan paus
  • Hari lahirnya Nabi Isa AS dan diangkat ke langit

Untuk memperingati hari Asyura, beberapa umat Muslim memilih untuk berpuasa pada hari ini untuk mengenang peristiwa-peristiwa tersebut. Buat sobat zero yang akan berpuasa pada tanggal 9-10 Muharram nanti jangan lupa konsumsi makanan bergizi dan banyak minum air putih ya. Gunakan Tumbler cantik dari zeropromosi agar kamu tidak lupa minum air putih.

Ditetapkan Sebagai Hari Libur Nasional

Ditetapkan Sebagai Hari Libur Nasional merupakan salah satu info menarik tahun baru islam yang harus kamu tau

Tahukah kamu ternyata di beberapa negara seperti Indonesia, Arab Saudi, Uni Emirat Arab dan Tunisia memberlakukan Tahun Baru Islam/Hijriyah sebagai hari libur nasional sebagai bentuk penghormatan terhadap budaya dan identitas keagamaan. Sehingga pada hari ini masyarakat dibolehkan untuk libur dari segala aktivitas seperti bekerja atau sekolah agar memungkinkan mereka untuk merayakan dan melakukan kegiatan keagamaan tanpa harus terbebani dengan kewajiban kerja atau sekolah. Selain itu, momen ini juga menjadi momen hari besar yang cukup penting, jadi pemerintah juga menetapkan hari ini sebagai hari libur nasional. Hayooo siapa yang gak sabar buat libur ? :D

Nah sobat zeropromosi, itulah beberapa info menarik mengEnai Tahun Baru Islam/Hijiriyah yang harus kamu tahu. Yuk share artikel ini ke orang lain agar mereka juga tahu serba-serbi menarik dari tahun baru islam. 

Terimakasih sudah membaca dan sampai jumpa di artikel berikutnya, selamat memperingati Tahun Baru Islam/Hijriyah untuk sobat zero yang merayakan J

» Thanks for reading Inilah Serba-Serbi Tahun Baru Islam Yang Harus Kamu Tahu !

0 Response to "Inilah Serba-Serbi Tahun Baru Islam Yang Harus Kamu Tahu !"

Posting Komentar

Komentar anda sangat membantu dan kami akan merespon secepatnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Klien Kami