Silahkan Bandingkan Harga Kami dengan yang lain! 0877 8185 7176 0877 8186 7176

Bukan Sekedar Ibadah, Ternyata Ini Dampak Puasa Untuk Kesehatan !

Halo sobat zeropromosi ! Alhamdulillah tahun ini kita kembali dipertemukan dengan bulan suci penuh berkah yang dinantikan umat Islam di seluruh dunia, yakni bulan ramadhan. Bulan ramadhan merupakan bulan istimewa, banyak hal istimewa terjadi dan akan dilakukan pada bulan ini salah satunya yaitu berpuasa. Puasa ramadhan merupakan ibadah wajib semua umat Islam yang dilaksanakan hingga 1 bulan ramadhan. Puasa biasanya dimulai sejak terbit fajar atau terbitnya matahari hingga terbenamnya matahari atau waktu maghrib. Di Indonesia sendiri puasa berlangsung kurang lebih 13 jam setiap harinya, banyak ada juga lho di Negara lain yang puasanya lebih lama yaitu hingga 17 jam setiap harinya. Bukan hanya menahan lapar dan haus, umat islam juga harus menahan nafsu hingga amarah.

Bukan Sekedar Ibadah, Ternyata Ini Dampak Puasa Untuk Kesehatan !

Sebagian besar orang mungkin mengira puasa hanyalah sebuah ibadah wajib semata yang harus dilakukan, padahal nyatanya puasa lebih dari sekadar itu lho (Baca juga hikmah puasa disini). Tak hanya mengajarkan kita untuk lebih bersyukur, menahan amarah, menurunkan ego hingga menahan nafsu, berpuasa hingga satu bulan lamanya memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh.  Bahkan banyak lho pakar ilmiah yang mengakui manfaat dari berpuasa, banyak juga yang menjadikan puasa sebagai cara untuk diet yang lebih sehat dan efektif.

Nah agar kamu makin semangat puasanya minzer akan beritahu apa aja sih manfaat puasa untuk kesehatan ? Simak manfaatnya sampai selesai ya !

Membantu Menstabilkan dan Menurunkan Berat Badan

Membantu Menstabilkan dan Menurunkan Berat Badan merupakan salah satu dampak puasa untuk kesehatan tubuh

Dampak yang pertama, puasa bisa membantu menstabilkan dan menurunkan berat badan kamu lho. Puasa selama satu bulan lamanya bisa jadi alternative kamu untuk melakukan diet yang lebih sehat. Hal ini terjadi asupan makanan, cairan dan nutrisi yang masuk berkurang dan biasanya juga lebih teratur, kemudian berpuasa juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh yang membuat pembakaran kalori dan lemak dalam tubuh juga ikut meningkat. Meskipun begitu kalau kamu ingin diet khusus saat berpuasa harus tetap perhatikan pola makan dan nutrisi yang masuk ya, jangan sampai kamu sengaja tidak makan sahur atau mengurangi porsi makan secara drastis yang bisa menyebabkan tubuh justru gak sehat dan bisa drop. Pastikan juga kebutuhan cairan tubuh terpenuhi karena cairan tubuh menjadi faktor utama tubuh kamu merasa lemas ketika berpuasa, minum air mineral dengan cukup agar tidak dehidrasi saat puasa. Gunakan tumbler botol penyimpanan air minum yang bisa kamu dapatkan di zeropromosi agar kamu tidak lupa untuk minum air, kamu juga bisa membawa tumbler berisikan air minum saat teraweh agar tidak haus( Dapatkan info promo menarik khusus pembelian souvenir best seller idul fitri disini ).

Mengurangi Resiko Diabetes

Mengurangi Resiko Diabetes merupakan salah satu dampak puasa untuk kesehatan tubuh

Tak hanya dapat membantu menurunkan berat badan, ternyata puasa juga berdampak baik untuk membantu mengurangi resiko penyakit  diabetes lho sobat. Puasa dapat membantu mengurangi kadar gula darah dalam tubuh karena adanya pengurangan asupan kalori dan terjadi nya penurunan resistensi insulin yang dapat menganggu sensitivitas insulin sehingga hormon ini bisa mengatur kadar gula darah dengan lebih baik. Hal ini tentu sangat membantu kamu untuk mencegah resiko penyakit diabetes, untuk yang sudah ada riwayat diabetes bisa membuat kadar gula dalam darah jadi lebih terkontrol. Ini sebabnya kenapa saat puasa kamu disarankan untuk mengurangi makanan yang manis, terutama saat berbuka puasa karena bisa meningkatkan kadar gula dalam darah hingga menimbulkan rasa begah dan tak nyaman pada perut. Kalau bisa konsumsi air hangat saat berbuka, gunakan Mug Keramik custom cantik dari zeropromosi untuk teman berbuka mu, bisa custom design idul fitri juga lho.

Mengurangi Peradangan

Mengurangi Peradangan merupakan salah satu dampak puasa untuk kesehatan tubuh

Siapa bilang puasa yang kadang bikin lemes bisa bikin kita sakit ? Nyatanya puasa justru membantu tubuh untuk melakukan perlawanan terhadap penyakit lho. Hal ini terjadi karena saat puasa ada aktivitas sitokin antiinflamasi yang lebih besar terjadi, dan aktivitas sitokin proinflamasi jadi lebih sedikit  sehingga membuat tubuh menjadi anti-inflamasi. Secara singkatnya puasa bisa mengurangi peradangan karena proses inflamasi yang terjadi juga lebih cepat, percepatan proses inflamasi inilah yang membuat tubuh kita jadi lebih kebal terhadap virus penyebab penyakit (Berhubung pandemic baru saja berakhir dan cuaca sedang tidak bagus tetap gunakan handsanitizer setelah menyentuh benda asing ya, gunakan handsanitizer travel size yang bisa kamu dapatkan disini). Makanya kalau puasa kamu harus makan makanan yang sehat dan bergizi.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Meningkatkan Kesehatan Jantung merupakan salah satu dampak puasa untuk kesehatan tubuh

Eits ada lagi nih dampak mengejutkan dari berpuasa, menurut beberapa pakar puasa selama satu bulan bisa membuat kesehatan jantung meningkat karena adanya penurunan darah dan kolesterol jahat dalam tubuh. Tekanan darah yang stabil akan membuat jantung jadi bekerja lebih santai dan tidak memompa darah terlalu terlalu keras sehingga kesehatan jantung jadi meningkat.

Meningkatkan Fungsi Otak

Meningkatkan Fungsi Otak merupakan salah satu dampak puasa untuk kesehatan tubuh

Hayooo siapa nih yang puasa jadi males-malesan, apalagi kalo harus sekolah, ngampus atau bekerja. Eits kamu harus tau nih, ternyata puasa berdampak baik untuk fungsi otak kamu lho. Puasa bisa meningkatkan kecerdasan otak dan membuat kita dapat berpikir lebih tajam dan lebih kreatif, bahkan daya ingat juga bisa meningkat. Saat puasa tubuh akan mengalami penurunan jumlah hormon kortisol yang dihasilkan oleh kelenjar adrenal dimana hal ini dapat menurunkan tingkat stress seseorang hingga puasa jadi lebih enjoy dan fungsi otak bekerja lebih baik. Yuk buat yang mager-mager coba liat ini pasti jadi semangat nih, buat kamu yang males belajar apalagi ujian saat puasa yuk semangat karena fungsi otak saat puasa bekerja lebih optimal.

Tubuh Lebih Sehat dan Umur Panjang

Tubuh Lebih Sehat dan Umur Panjang merupakan salah satu dampak puasa untuk kesehatan tubuh

Memiliki umur panjang dengan riwayat kesehatan tubuh yang baik adalah keinginan semua orang, dan hal ini bisa terjadi saat kamu rajib berpuasa. Yups, seperti yang ada di point-point sebelumnya puasa dapat meningkatkan metabolisme tubuh, menstabilkan tekanan darah hingga meningkatkan kesehatan otak. Bahkan puasa memiliki peran penting dalam kemungkinan umur  panjang, bisa menunda penuaan dini hingga terhindar dari berbagai jenis penyakit. Apalagi kalau kamu makan makanan yang bergizi seperti buah dan sayur yang kaya akan nutrisi, bisa menjaga kesehatan kulit, tubuh dan organ dalam tubuh.

Demikian itulah beberapa dampak baik berpuasa untuk kesehatan tubuh, jadi gimana nih, makin semangat kan puasanya ? Harus dong ya, apalagi zeropromosi juga lagi bagi-bagi promo menarik untuk kamu. Mulai dari souvenir idul fitri hingga souvenir partai yang bisa kamu berikan ke semua orang. 

Jangan lupa share artikel ke yang lain agar mereka juga lebih semangat puasanya, terimakasih sudah membaca dan selamat menunaikan ibadah puasa J

» Thanks for reading Bukan Sekedar Ibadah, Ternyata Ini Dampak Puasa Untuk Kesehatan !

0 Response to "Bukan Sekedar Ibadah, Ternyata Ini Dampak Puasa Untuk Kesehatan !"

Posting Komentar

Komentar anda sangat membantu dan kami akan merespon secepatnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *