Yuk Ketahui 5 Makanan Favorit R.A. Kartini Yang Bisa Kamu Buat Dirumah !

Hai sobat zeropromosi ! Tepat tanggal 21 April seluruh masyarakat Indonesia akan merayakan peringatan Hari Kartini. Hari Kartini ini diperingati setiap tahunnya sejak tahun 1964 hingga sekarang. Berkat perjuangan dan usaha yang ia lakukan selama hidupnya, saat ini perempuan Indonesia bisa mengenyam pendidikan setinggi-tingginya. Kini kehidupan perempuan Indonesia juga semakin baik karena mereka bisa mengembangkan potensi yang mereka miliki.

Yuk Ketahui 5 Makanan Favorit R.A. Kartini Yang Bisa Kamu Buat Dirumah !

Nah karena sebentar lagi Hari Kartini, pasti sobat zero udah ga sabar kan mau merayakannya. Jika biasanya Hari Kartini dirayakan dengan menggunakan pakaian adat daerah masing-masing sebagai perlambang Bhineka Tunggal Ika, kamu juga  bisa loh merayakannya dengan cara mengetahui lebih dalam tentang Kartini sang pelopor emansipasi wanita.
Mungkin semua orang sudah tau kalau Kartini dikenal dengan buku ‘Habis Gelap Terbitlah Terang’ , ternyata kegemarannya menulis juga dilakukan Kartini saat berada di dapur loh. Selain buku yang terkenal itu Kartini juga memiliki buku yang berisikan kumpulan resep masakan yang ia buat saat memasak. Di dalam catatan resep yang ia buat ada banyak sekali jenis makanan yang Kartini tulis menggunakan aksara Jawa yang kemudian ditulis dalam bahasa Jawa. Takaran yang digunakan saat itu juga masih menggunakan alat ukur abad 20 seperti kati, elo dan cangkir. Tapi kamu tenang aja karena Catatan resep yang Kartini buat sudah dibukukan oleh sang cicit almarhum Suryatini N.Ganie sehingga kamu bisa mencoba untuk membuatnya dirumah.
Dalam buku yang berjudul “Kisah dan Kumpulan Resep Putri Jepara” itu ada banyak resep yang ia tulis tapi ada beberapa masakan yang menjadi makanan favoritnya, oleh karena itu kali ini zeropromosi juga ingin memberitahukan apa saja sih makanan favorit Ibu Kartini. Kamu juga bisa buat dirumah nih, yuk simak artikelnya sampai habis !

Nasi Liwet Ayam merupakan salah satu makanan favorit R.A. Kartini yang bisa kamu buat dirumah

Nasi Liwet Ayam merupakan salah satu makanan favorit R.A. Kartini yang bisa kamu buat dirumah

Sama seperti orang lain, Kartini juga memiliki beragam menu makanan yang menjadi favoritnya, salah satu menu favorit Kartini adalah Nasi Liwet Ayam. Siapa sih yang gatau Nasi Liwet, makanan yang disukai banyak orang ini ternyata makanan favorit Kartini juga yang resepnya tertulis di buku “Kisah dan Kumpulan Resep Putri Jepara”. Nasi liwet ayam biasanya dinikmati di atas daun pisang bersama dengan pilihan lauk yang dibuat dengan bumbu racikan tradisional. Bukan hanya menjadi favorit R.A. Kartini, sekarang nasi liwet menjadi favorit banyak orang, bahkan makan nasi liwet bersama-sama menggunakan daun pisang yang lebar sudah menjadi trend loh. Bukan hanya nikmat makannya tapi makan nasi liwet bersama-sama juga bisa mempererat hubungan satu sama lain. Wahhh ada yang mau coba juga ga nih ? (kita juga ada nih perlengkapan makan set yang bisa jadi rekomendasi kamu yang sedang mencari souvenir unik)

Pecel Daun Semanggi merupakan salah satu makanan favorit R.A. Kartini yang bisa kamu buat di rumah

Pecel Daun Semanggi merupakan salah satu makanan favorit R.A. Kartini yang bisa kamu buat di rumah

Pecel semanggi atau pecel daun semanggi adalah sejenis makanan khas Surabaya, Jawa Timur yang dibuat dari daun semanggi yang dikukus dan kemudian dinikmati dengan sambal pedas yang nikmat. Makanan ini juga dapat dihidangkan dengan kecambah, kangkung, kerupuk uli yang terbuat dari beras, serta bumbu yang terbuat dari ketela rambat. Alih-alih membayangkan kenikmatannya,  kamu harus tau nih ternyata makanan khas Jawa Timur ini juga menjadi salah satu makanan favorit Kartini loh sobat. Di era Kartini dulu makanan ini merupakan jajanan keliling yang ia favoritkan saat bersekolah di ELS (Europeesche Lagere School ). (Sedang mencari pulpen souvenir? Disini tempatnya)
Sobat zero pasti pernah liat kan pedagang pecel yang keliling sambil membawa pikulan di kepala ataupun di pinggang, nah begitu juga saat era Kartini dulu yang sebagian besar penjualnya membawa dagangan dengan pikulan. Tapi mungkin kalau sekarang sudah jarang ditemui pedagang pecel tradisional yang menggunakan pikulan, karena sekarang lebih banyak yang mangkal atau menetap. Nah kalau kamu malas keluar untuk beli, kamu juga bisa membuatnya di rumah loh. Karena pecel ini bahannya sederhana dan mudah dibuat, apalagi sekarang udah banyak kok resep yang bisa kamu temukan. Jadi gada alasan lagi deh kalo gatau resep haha.

Ayam Besengek merupakan salah satu makanan favorit R.A. Kartini yang bisa kamu buat di rumah

Ayam Besengek merupakan salah satu makanan favorit R.A. Kartini yang bisa kamu buat di rumah

Hayooo ada yang pernah denger nama makanan ini gak ? Ayam besengek adalah makanan khas Jepara yang sangat di sukai oleh R.A. Kartini loh. Ayam besengek adalah ayam panggang yang dimasak dengan banyak rempah tradisional sehingga rasanya adalah cita rasa nusantara banget. Apalagi ayam besengek ini dimasak seperti gulai menggunakan santai sehingga rasanya gurih dengan cita rasa yang cenderung pedas manis gurih. Jika dilihat ayam besengek mungkin akan terlihat seperti rendang tapi dengan cita rasa yang berbeda.
Eits tau gak sobat, konon katanya menu makanan ayam besengek ini dulunya adalah makanan favorit para bangsawan Jawa Tengah loh. Makanya gak heran deh kalau Kartini bercerita menu ayam besengek ini sering disajikan dirumahnya.  Tapi sekarang kamu bisa kok merasakan kenikmatan ayam besengek ini tanpa harus menjadi bangsawan, mungkin kalau di Jakarta agak sulit ya untuk menemukan makanan ini. Tapi kamu bisa kok buat sendiri dirumah dengan resep yang ada di buku “Kisah dan Kumpulan Resep Putri Jepara”, atau kamu juga bisa cari di internet ya.

Nasi Bogana merupakan salah satu makanan favorit R.A. Kartini yang bisa kamu buat di rumah

Nasi Bogana merupakan salah satu makanan favorit R.A. Kartini yang bisa kamu buat di rumah

Sebagai perempuan asal Jepara sudah bukan menjadi hal aneh lagi jika Kartini menyukai banyak makanan khas Jepara seperti salah satunya Nasi Bogana. Untuk sebagian besar masyarakat terutama anak milenial mungkin terasa asing dengan nama Nasi Bogana yang merupakan menu favorit Kartini sejak dulu. Nasi bogana merupakan makanan khas Jepara yang biasanya disajikan bersama dengan lauk khas Jepara seperti telur pindag, serundeng dan ayam suir. Nasi bogana ini sering disajikan di rumah Kartini layaknya makanan dan menu utama sehari-hari. Kamu juga wajib cobain menu khas Jepara ini nih sobat, apalagi sekarang nasi bogana di modifikasi dengan tambahan sambel goreng yang nikmat dan perpaduan kelapa dengan daging yang menyatu seperti abon. Duhhh pasti enak banget nih.

Sup Pangsit Jepara merupakan salah satu makanan favorit R.A. Kartini yang bisa kamu buat di rumah

Sup Pangsit Jepara  merupakan salah satu makanan favorit R.A. Kartini yang bisa kamu buat di rumah

Berbeda dari menu makanan yang lain, makanan favorit Kartini kali ini adalah makanan dengan perpaduan cita rasa lokal dan asing. Sup pangsit jepara dibuat dengan perpaduan makanan bernuansa lokal dan asing yang berisikan pangsit dan juga seafood. Akan tetapi pangsit yang ada di makanan favorit Kartini ini berbeda dengan pangsit biasanya. Sup ini diperkaya dengan bumbu khas Indonesia dengan pangsit yang terbuat dari telur dadar gulung dan udang cincang. Jadi kalian jangan heran ya kalau mencoba makanan ini tapi gada pangsitnya tapi yang ada malah telur dadar yang ditata dengan cantik hehe.

Nah sobat zeropromosi itulah 5 jenis makanan favorit R.A. Kartini yang bisa kamu buat di rumah. Untuk semua resepnya bisa kamu temukan dengan mudah ya di internet, atau kamu juga nih melihatnya di buku “Kisah dan Kumpulan Resep Putri Jepara” . Yaa itung-itung menghabiskan waktu di Hari Kartini bersama dengan keluarga di rumah bukannn. Kamu juga bisa mencatatnya dengan memo yang banyak tersedia di sini

Sekian dan semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk sobat zero semua yaa… Jangan lupa share artikel ini juga ke teman, kerabat dan keluarga kamu agar mereka bisa coba memasak menu favorit Ibu Kartini. Terimakasih dan selamat Hari Kartini untuk semua perempuan di Indonesia !😃

» Thanks for reading Yuk Ketahui 5 Makanan Favorit R.A. Kartini Yang Bisa Kamu Buat Dirumah !

23 Responses to "Yuk Ketahui 5 Makanan Favorit R.A. Kartini Yang Bisa Kamu Buat Dirumah !"

  1. sup jeparanya kyknya enak yaa, jadi pengen buat deh

    BalasHapus
  2. makasih min, nnt dicoba dirumah

    BalasHapus
  3. jadi pengen makan masakan rumah huhu

    BalasHapus
  4. menu sederhana tapi enak banget

    BalasHapus
  5. Wah makanannya enak-enak keliatannya 😁

    BalasHapus
  6. wahh cocok untuk variasi menu baru , biar ga bosen , terimakasih

    BalasHapus
  7. Nasi liwet emang best banget, apalagi buat sarapan

    BalasHapus
  8. Patut dicoba nihh masakan khas Nusantara nya , thks referensinya

    BalasHapus
  9. Terimakasih mih saya akan mencoba menu" nya, kebetulan suami saya suka makanan pecel daun🥰

    BalasHapus
  10. Nasi liwet ga ada tanding, no debat.

    BalasHapus
  11. Nasi liwet ayamm paling saya suka....

    BalasHapus
  12. pelajaran baru. makasi min

    BalasHapus

Komentar anda sangat membantu dan kami akan merespon secepatnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Klien Kami