Silahkan Bandingkan Harga Kami dengan yang lain! 0877 8185 7176 0877 8186 7176

Ini Dia 5 Fakta Unik Perayaan Cap Go Meh Yang Jarang Diketahui !

Sobat zeropromosi - Tepat pada tanggal 1 Februari lalu, masyarakat Tionghoa merayakan perayaan tahun baru imlek. Imlek menjadi salah satu perayaan penting bagi masyarakat keturunan Tionghoa, biasanya mereka akan mempersiapkan segala keperluan acara dengan detail dari jauh-jauh hari. Perayaan yang sangat identik dengan nuansa warna merah ini sebenarnya merupakan sebuah perayaan pergantian tahun dalam kalender china yang biasanya berlangsung selama 15 hari. 15 hari ini dihitung sejak bulan pertama dalam penanggalan china, dan ternyata masih banyak masyarakat umum yang tidak tahu bahwa imlek dirayakan selama 15 hari dan diakhiri dengan perayaan yang tidak kalah meriah seperti hari pertama imlek.

Ini Dia 5 Fakta Unik Perayaan Cap Go Meh Yang Jarang Diketahui !

Yups, pada hari ke 15 perayaan imlek, masyarakat Tionghoa akan mengadakan perayaan yang cukup meriah yaitu Cap Go Meh atau sering disebut sebagai festival lentera. Meskipun hanya dirayakan pada hari ke-15, Cap Go Meh selalu dirayakan secara meriah di berbagai daerah. Umumnya perayaan Cap Go Meh diawali dengan kegiatan berdoa bersama yang dilanjutkan dengan iringan kenong dan simbal, kemudian di akhiri dengan berbagai pertunjukan tradisional Tionghoa. Namun sayangnya masih banyak masyarakat umum yang tidak mengenal dan mengetahui adanya perayaan Cap Go Meh ini.

Maka dari itu agar sobat zero bisa mengetahui lebih banyak perihal perayaan Cap Go Meh, kali ini zeropromosi akan memberikan sejumlah fakta unik dan menarik perayaan Cap Go Meh yang jarang diketahui.  Penasaran kan ? Yuk langsung aja simak faktanya di artikel berikut ini !

Sebagai Pertanda Berakhirnya Imlek

Sebagai Pertanda Berakhirnya Imlek merupakan salah satu fakta unik cap go meh yang jarang diketahui

Sebagian besar masyarakat mungkin tau apa itu imlek, tapi kira-kira sobat zero tahu gak ya cap go meh itu apa ? Nah, perlu sobat zero tahu cap go meh itu merupakan bagian dari perayaan imlek yang jika di artikan secara bahasa “Cap” itu 10, “Go” itu 5 dan “Meh” itu malam. Jadi pengertian cap go meh secara harfiah adalah malam ke 15 mengingat waktu perayaannya memang pada malam ke 15 imlek. Pada malam ke 15 inilah cap go meh dirayakan dengan meriah oleh semua orang tionghoa dan menjadi akhir dari perayaan imlek. Nah sebelum berakhirnya imlek jangan lupa sempatkan momen yang berkesan dengan memberikan hadiah hadiah imlek untuk kamu berikan ke keluarga dataupun orang tersayang, dengan memberikan gift juga merupakan salah satu untuk memeriahkan perayaan imlek bersama keluarga lho ataupun tuker kado juga bisa. Salah satu kado imlek yang keren dan bermanfaat yaitu mug keramik dengan design yang unik dan lucu. Disisi mug nya juga kamu bisa tambahkan foto custom orang tersayang kamu ataupun tulisan dan design gambar sio naga dengan ucapan gong xie fa cai. Atau kamu yang ingin membuat hampers dengan mug nya juga bisa kok, kamu tinggal tambahkan packaging tas spunbond dengan tema imlek. sekaligus kamu selipkan mug imlek , dodol cina dan angpao. Semakin praktis dan kece deh hampersnya.

Memiliki Banyak Nama Lain

Memiliki Banyak Nama Lain merupakan salah satu fakta unik cap go meh yang jarang diketahui

Layaknya penyebutan perayaan imlek, perayaan cap go meh juga memiliki cara penyebutan yang berbeda di berbagai tempat. Di Indonesia sendiri banyak orang menyebutnya perayaan cap go meh atau festival lentera, di Tiongkok mereka menyebutnya Yuan Xiao atau Shang Yuan sedangkan di negara Barat menyebutnya sebagai lantern festival dan ada juga yang menyebutnya dengan hari kasih sayang karena setiap orang yang merayakan perayaan ini memiliki kesempatan untuk bersosialisasi/interaksi dengan siapapun entah itu teman, keluarga atau bahkan pasangan. Biasanya saat perayaan cap go meh, masyarakat Tionghoa akan berkumpul bersama dengan orang-orang terdekat mereka sehingga perayaan ini jadi lebih meriah dan menyenangkan. Lebih menyenangkan lagi kalo kamu membuat baju custom imlek untuk perayaan imlek bersama keluarga agar lebih kompak dan cakep juga. apalagi banyak orang china lainnya juga yang buat baju custom (untuk pemesanan klik disini). Jadi gak heran sih kenapa ada yang menyebutnya hari kasih sayang atau valentine day. Kalau kamu taunya nama yang mana nih ?

Telah di Lakukan Sejak Abad Ke-17

Telah di Lakukan Sejak Abad Ke-17 merupakan salah satu fakta unik cap go meh yang jarang diketahui

Mungkin sobat zero sudah tau sejarah perayaan imlek, tapi agar lebih lengkap pengetahuannya kamu juga perlu tahu nih sejarah perayaan cap go meh yang menjadi akhir dari perayaan imlek. Perayaan cap go meh ini sendiri diketahui sudah dilakukan sejak awal abad ke-17 pada masa Dinasti Han di Tiongkok, terutama saat migrasi ke wilayah bagian selatan Tiongkok. Awalnya perayaan ini dilakukan hanya untuk menghormati Dewa Thai Yi yang diyakini sebagai dewa tertinggi di langit. Pada perayaan ini para biksu akan menyalakan lentera yang kemudian diterbangkan sebagai pertanda membuang nasib buruk di masa lampau dan berdoa untuk masa depan dan sekarang yang lebih baik. Dulu perayaan ini hanya dirayakan oleh anggota-anggota kerajaan secara tertutup, namun semenjak runtuhnya dinasti perayaan ini kemudian di rayakan secara terbuka oleh masyarakat Tionghoa. Adanya adaptasi dari jaman ke jaman membuat perayaan ini jadi lebih berbeda namun tetap dengan tujuan dan esensi yang sama.

Ada Tradisi Memecahkan Teka-Teki

Ada Tradisi Memecahkan Teka-Teki merupakan salah satu fakta unik cap go meh yang jarang diketahui

Fakta unik dan menarik berikutnya yang perlu kamu tahu adalah adanya tradisi memecahkan teka-teki lampion. Yups, tradisi ini seperti permainan menyenangkan yang memerlukan bantuan lampion. Biasanya tradisi ini di lakukan berbarengan dengan pelepasan lampion-lampion saat malam cap go meh. Sebelum melepaskan lampion, nantinya setiap orang yang akan menulis teka-teki di kertas yang ditempel pada lampion. Eits, teka-teki yang diberikan bukan sembarangan teka-teki lho, mereka akan menulis teka-teki menggunakan prosa atau puisi. Nantinya orang lain akan menebak teka-teki yang ada pada lampion tersebut, siapapun yang bisa menebaknya dianggap telah menembak harimau sastra yang merupakan sebutan dari lentera itu. Biasanya ada hadiah-hadiah kecil menunggu kamu jika bisa menebak teka-teki lampion ini lho. Wahhh, ada yang penasaran dan pengen coba ?

Nah sobat zeropromosi, itulah beberapa fakta unik dan menarik mengenai perayaan Cap Go Meh yang jarang diketahui oleh banyak orang. Meskipun tak sepamor imlek, perayaan cap go meh juga gak kalah seru lho. Apalagi di beberapa daerah di Indonesia seperti Jakarta dan Kalimantan Barat rutin merayakan perayaan cap go meh secara besar-besaran. Jadi untuk kamu yang penasaran juga bisa langsung ikut perayaan cap go meh nanti ya.

Sekian dan semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat zero semua ya. Jangan lupa share artikel ini juga ke semua teman, kerabat dan keluarga kamu agar mereka tahu lebih banyak tentang Cap Go Meh. Terimakasih sudah membaca dan selamat merayakan tahu baru imlek bagi yang merayakan, ya ! 😁

» Thanks for reading Ini Dia 5 Fakta Unik Perayaan Cap Go Meh Yang Jarang Diketahui !

8 Responses to "Ini Dia 5 Fakta Unik Perayaan Cap Go Meh Yang Jarang Diketahui !"

Komentar anda sangat membantu dan kami akan merespon secepatnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *