Cara Tepat Untuk Mengatasi Kurangnya Nafsu Makan Saat Positif Covid-19

Hai sobat zeropromosi ! Seperti yang kita ketahui, virus covid-19 menyerang tubuh manusia dan menyebabkan beberapa gejala mulai dari gejala ringan hingga gejala berat. Ada banyak gejala yang bisa saja dialami oleh sejumlah orang yang terpapar virus covid-19, seperti demam, flu, sakit tenggorokan, mual, diare, nyeri otot, batuk, anosmia, kelelahan hingga kurangnya nafsu makan. Semua gejala ini bisa dialami oleh mereka yang terpapar virus covid-19, bahkan gejala ini bisa saja dirasakan hingga berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan setelah dinyatakan sembuh dari covid-19. Gejala ini dikenal dengan sebutan long covid yang bisa dialami oleh pasien covid-19 dengan gejala ringan dan juga berat.

Cara Tepat Untuk Mengatasi Kurangnya Nafsu Makan Saat Positif Covid-19

Terinfeksi virus covid-19 apalagi sampai menimbulkan beberapa gejala seperti yang telah disebutkan tadi tentu saja akan membuat beberapa orang jadi merasa cemas dan stress. Akan tetapi keadaan ini seharusnya jangan sampai memengaruhi pikiran hingga membuat nafsu makan berkurang. Karena jika nafsu makan berkurang bisa-bisa tubuh akan kekurangan nutrisi dan pemulihan tubuh dari infeksi Covid-19 jadi lebih lama.
Oleh karena itu kali ini zeropromosi akan memberikan tips dan cara yang tepat untuk kamu agar bisa mengatasi masalah berkurangnya nafsu makan saat positif covid-19. Yuk simak tipsnya di artikel berikut ini, simak tipnya sampai habis ya !

Pilih Menu Makanan Favorit

Pilih Menu Makanan Favorit merupakan salah satu cara tepat untuk mengatasi kurangnya nafsu makan saat positif covid-19

Saat tubuh telah terpapar virus covid-19, biasanya gejala-gejala baru akan muncul sehari atau dua hari setelahnya. Gejala yang dialami bisa saja demam dan cepat merasa lelah, adanya demam dan rasa cemas yang menghantui mungkin akan sangat memeranguhi kita sehingga nafsu makan jadi berkurang. Salah satu cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya adalah dengan memilih menu makanan favorit atau makanan yang kamu sukai. Biasanya seseorang tidak bisa menolak untuk tidak makan makanan favorit mereka. Jadi, agar makan jadi lebih mudah dan menyenangkan kamu bisa makan makanan yang kamu sukai. Meskipun rasanya akan terasa berbeda karena sedang sakit, tapi beberapa penelitian mengatakan bahwa makan makanan favorit akan membuat seseorang jadi makan lebih banyak walau sedang sakit sekalipun. Jika kamu sedang diet, tidak apa-apa jika melupakan nya sejenak karena tubuhmu perlu nutrisi yang lebih banyak. Tapi ingat ya sobat kamu harus mengontrol pola makan mu dengan lebih baik, jangan terlalu sering makan junk food meskipun itu makanan favorit mu.

Variasikan Menu Makanan Setiap Hari

Variasikan Menu Makanan Setiap Hari merupakan salah satu cara tepat untuk mengatasi kurangnya nafsu makan saat positif covid-19

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan nafsu makan saat positif covid-19 adalah dengan mengakali menu makanan yang kamu makan setiap harinya. Agar nafsu makan lebih bagus, kamu bisa mencoba untuk mengganti menu makanan mu setiap hari agar lebih bervariasi dan tidak bosan untuk makan. Kamu bisa membuat daftar menu makanan mu setiap hari agar tidak bingung saat ingin makan, kamu bia kombinasikan makanan panas dan dingin, makanan dengan cita rasa manis atau sedikit pedas dan banyak lagi. Cara ini juga bisa membantu untuk merangsang kemampuan merasa saat indra perasa dan penciuman mu hilang.

Pilih Makanan Dengan Tekstur Yang Lembut

Pilih Makanan Dengan Tekstur Yang Lembut merupakan salah satu cara tepat untuk mengatasi kurangnya nafsu makan saat positif covid-19

Saat membuat daftar jadwal menu makanan harian mu, kamu juga perlu untuk memilih makanan yang bagus untuk dikonsumsi saat positif covid-19. Saat positif covid-19 sebaiknya kamu mengkonsumsi makanan yang memiliki tekstur lembut agar lebih mudah dan cepat dicerna. Makanan dengan tekstur lembut seperti sup hangat atau kentang ditumbuk bisa memudahkan kamu saat menelan jika ada gejala sakit tenggorokan.

Makan Dengan Porsi Kecil Tapi Sering

Makan Dengan Porsi Kecil Tapi Sering merupakan salah satu cara tepat untuk mengatasi kurangnya nafsu makan saat positif covid-19

Saat tubuh terinfeksi virus covid-19, mungkin akan ada banyak pola hidup yang dirubah termasuk juga dengan pola makan mu. Saat tidak nafsu makan, kamu bisa mengatasinya dengan cara mengkonsumsi makanan dengan porsi yang lebih sedikit dari biasanya tapi sering. Maksudnya adalah kamu mencoba makan lebih sering tapi dengan porsi yang kecil, sebaiknya kamu konsumsi makanan sebanyak 5–6 kali dalam satu hari. Cara ini akan membantu kamu untuk tetap makan dengan nutrisi yang cukup, kamu juga bisa kok selingi makanan pokok dengan cemilan sehat seperti buah atau pudding.

Makan Makanan Tinggi Kalori dan Protein

Makan Makanan Tinggi Kalori dan Protein merupakan salah satu cara tepat untuk mengatasi kurangnya nafsu makan saat positif covid-19

Saat terinfeksi virus covid-19, menjaga jenis asupan dan pola makan merupakan hal penting yang harus diperhatikan, jadi kamu tidak boleh mengkonsumsi sembarangan makanan. Saat positif covid-19, ahli gizi menyarankan untuk makan makanan yang mengandung tinggi protein dan asupan kalorinya lebih banyak 13 persen dari biasanya. Karena makan makanan yang memiliki kandungan protein dan kalori tinggi bisa membantu memulihkan kondisi tubuh dan mencegah penurunan berat badan. Jadi harus lebih selektif saat memilih makanan ya sobat. Kamu bisa mencoba untuk mengkonsumsi susu, yogurt, daging ayam, ikan, dan makanan dari kacang-kacangan seperti tempe dan tahu.

Relaksasi dan Perbanyak Aktivitas Ringan

Relaksasi dan Perbanyak Aktivitas Ringan merupakan salah satu cara tepat untuk mengatasi kurangnya nafsu makan saat positif covid-19

Saat tubuh terinfeksi virus covid-19 banyak orang akan merasa cemas dan stress yang menyebabkan berkurangnya nafsu makan. Hal ini mungkin wajar kamu alami, tapi tidak boleh dibiarkan terus menurus karena akan membuat kondisi tubuh semakin memburuk. Jadi lebih baik cobalah untuk relaksasi dan tenangkan pikiran mu terlebih dahulu sehingga tubuh menjadi lebih relaks. Jika kondisi pikiran dan mental mu sudah lebih baik makan secara tidak langsung nafsu makan mu akan membaik. Kamu juga bisa mencoba untuk tetap seperti biasa dengan melakukan berbagai aktivitas ringan dirumah. Kamu bisa melakukan relaksasi otot atau olahraga kecil dirumah, menghirup udara segar di sekitar rumah, dan tetap komunikasi dengan orang terdekat melalui smartphone. Saat ingin melakukan aktivitas ringan, usahakan sesuaikan dengan kondisi tubuhmu ya sobat. Jika kondisi tubuh mu sedang tidak bagus alangkah baiknya jika kamu perbanyak istirahat dan konsultasikan dengan dokter.

Nah sobat zeropromosi, itulah beberapa tips dan cara yang tepat untuk mengatasi masalah berkurangnya nafsu makan saat terinfeksi virus covid-19. Untuk sobat zero yang tidak terpapar virus covid-19, namun merasa cemas sehingga nafsu makan berkurang juga bisa mencoba tips ini ya. Saat terpapar virus covid-19 yang terpenting adalah tetap berpikir positif agar mood bagus dan imun tubuh pun meningkat. Selalu penuhi nutrisi harian dan terapkan protokol kesehatan ya.

Sekian dan semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk sobat zero semua ya. Jangan lupa share artikel ini juga ke semua teman, kerabat dan keluarga kamu agar mereka tau apa yang harus dilakukan saat tidak nafsu makan akibat positif covid-19. Terimakasih sudah membaca dan stay safe semua nya !😁

» Thanks for reading Cara Tepat Untuk Mengatasi Kurangnya Nafsu Makan Saat Positif Covid-19

0 Response to "Cara Tepat Untuk Mengatasi Kurangnya Nafsu Makan Saat Positif Covid-19 "

Posting Komentar

Komentar anda sangat membantu dan kami akan merespon secepatnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Klien Kami