Silahkan Bandingkan Harga Kami dengan yang lain! 0877 8185 7176 0877 8186 7176

Ternyata Ini Lho Tantangan Yang Akan Dihadapi Saat Menjalankan Bisnis Online !

Hi sobat ! Saat ini bisnis online menjadi salah satu kegiatan sedang digemari oleh banyak orang. Bisnis online merupakan kegiatan bisnis yang dilakukan secara online melalui internet. Memang terkesan lebih mudah karena tidak perlu memikirkan tempat atau toko untuk berjualan. Tapi pada dasarnya sebenarnya bisnis offline dan bisnis online itu sama, sama-sama melakukan kegiatan jual beli dan harus memiliki barang/ jasa yang nanti akan diperjual belikan. Banyak orang berpikir bisnis online lebih mudah dikerjakan karena hanya memerlukan bantuan internet dan beberapa media online seperti blog, website, sosial media maupun toko online sebagai penggerak bisnis.

Ternyata Ini Lho Tantangan Yang Akan Dihadapi Saat Menjalankan Bisnis Online !

Padahal sebenarnya bisnis online juga memiliki tantangan tersendiri, dan jelas tantangannya pun akan berbeda dengan menjalankan bisnis offline. Tapi sobat zero tidak perlu khawatir akan tantangan yang dihadapi ketika menjalankan bisnis online, karena pada kesempatan kali ini zeropromosi telah merangkum beberapa tantangan yang mungkin akan kamu alami ketika menjalankan bisnis online.
Nah, untuk sobat zero yang sedang atau ingin menjalankan bisnis online bisa jadikan artikel kali ini sebagai pengetahuan tambahan agar kamu bisa menghindari atau bahkan mengatasinya saat hal ini terjadi. Yuk simak artikel lengkapnya sampai selesai !

Kesulitan Menentukan Target Pasar

Kesulitan Menentukan Target Pasar menjadi salah satu tantangan yang dihadapi saat menjalankan bisnis online

Saat menjalankan bisnis tentu kita harus tau mana yang akan menjadi target pasar. Akan tetapi hal ini ternyata tidak cukup mudah untuk dilakukan. Banyak orang yang seringkali salah dalam memasarkan produk mereka sehingga penjualan akan sulit untuk berkembang. Terlebih lagi dalam bisnis online kita hanya akan mengandalkan internet dan iklan yang kita buat. Dan untuk memastikan apakah iklan beserta website yang kamu miliki itu mudah ditemukan oleh target pasar juga tidaklah mudah. Ada banyak cara yang perlu kamu lakukan, seperti memberikan tampilan website yang menarik, menggunakan keyword yang sesuai, membuat iklan yang lebih menarik dan efektif. Nah, agar produk atau jasa yang kamu tawarkan bisa sampai dan sesuai dengan target pasar, kamu bisa melakukan riset terlebih dahulu. Hasil dari riset yang kamu lakukan bisa menjadi bahan informasi tentang bagaimana perilaku target pasar, apa yang diinginkan, dan apakah produk/jasa yang kamu tawarkan itu sudah sesuai dengan pasar yang kamu pilih.

Perkembangan Teknologi dan Trend

Perkembangan Teknologi dan Trend menjadi salah satu tantangan yang dihadapi saat menjalankan bisnis online

Bisnis online memang sangat berbeda dengan bisnis offline, terutama dalam sistem pengerjaannya. Bisnis online hadir karena adanya perkembangan teknologi yang setiap hari akan terus berkembang. Maka perkembangan teknologi jaman sekarang juga akan menjadi tantangan untuk bisnis online yang kamu jalankan. Karena seiring berkembangnya jaman maka keinginan konsumen juga akan terus berubah menyesuaikan dengan jaman. Di jaman yang sudah semakin modern ini akan terus hadir trend-trend baru yang mau-mau tidak mau bisnis kamu harus bisa beradaptasi dengan semua hal ini. Seperti misalnya yang tadinya melalui offline jadi online, yang tadinya berjualan di toko menjadi di marketplace, dan melakukan berbagai kegiatan bisnis lainnya melalui cara digital. Sebagai pebisnis kamu harus siap akan semua perkembangan teknologi dan trend yang ada, kamu harus bisa beradaptasi dengan perubahan tingkah laku konsumen tiap tahunnya. Dan jangan sampai kamu jadi kehilangan konsumen karena tidak bisa mengikuti perkembangan jaman ya sobat.

Banyaknya Kompetitor

Banyaknya Kompetitor menjadi salah satu tantangan yang dihadapi saat menjalankan bisnis online

Kemudahan dalam menjalankan bisnis online membuat banyak orang yang beralih untuk menjalankan bisnis online, sehingga saat ini jumlah orang yang menjalankan bisnis online sangatlah banyak. Maraknya bisnis online tentu akan membuat mu jadi memiliki lebih banyak kompetitor atau saingan bisnis. Semua orang beramai-ramai ingin menjadi yang terdepan dalam dunia bisnis online sehingga persaingan semakin ketat. Kalau sudah begini tentu kamu harus memiliki pemikiran yang lebih luas untuk mencari strategi pemasaran yang lebih efektif. Tapi perlu kamu ketahui, kompetitor bukan hanya menjadi pesaing bisnis tapi juga bisa dijadikan sebagai acuan untuk belajar. Yups, dari kompetitor kamu bisa tau banyak hal, mulai dari tingkah laku konsumen mereka, bagimana mereka berjualan, bagaimana mereka meyakinkan konsumen dan banyak lagi. Kamu bisa menjadikan kompetitor sebagai tempat untuk belajar banyak hal seputar bisnis online. Tidak perlu takut dibilang menjiplak karena kamu bisa menerapkan sistem ATM (Amati, Tiru,Modifikasi ). Cara ini bertujuan untuk memberikan peluang untuk bisnis kamu agar senantiasa menciptakan produk atau strategi yang segar, unik dan efektif.

Meyakinkan Konsumen

Meyakinkan Konsumen menjadi salah satu tantangan yang dihadapi saat menjalankan bisnis online

Banyaknya orang yang beralih dan menjalankan bisnis online membuat kamu harus bisa lebih maju dari yang lain. Tapi sayangnya untuk menjadi nomor satu di hati konsumen tidaklah mudah, diperlukan banyak strategi khusus. Kamu harus bisa memenangkan perhatian konsumen agar mereka yakin untuk melakukan transaksi, bukan hanya melihat produk ataupu website. Memang gak sulit, tapi kamu bisa kok mengatasinya. Caranya kamu harus bisa membuat website dengan tampilan yang menarik dan tidak membosankan untuk dilihat. Selain itu kamu juga harus memberikan konten yang menarik agar konsumen menyukainya. Tapi kamu harus tau bagaimana tipe konten yang disukai oleh konsumen atau visitor website mu sehingga mereka mau untuk melakukan action saat mengunjungi website atau online shop mu.

Maraknya Penipuan Online

Maraknya Penipuan Online menjadi salah satu tantangan yang dihadapi saat menjalankan bisnis online

Kemudahan dalam menggunakan teknologi tak menutup kemungkinan akan terjadi tidak kejahatan. Dan seperti yang sedang banyak terjadi dalam dunia bisnis online adalah adanya penipuan, entah itu ada penjual yang menipu atau pembeli yang menipu. Banyaknya penipuan online yang dilakukan penjual juga menyebabkan konsumen jadi lebih selektif saat melakukan transaksi, mereka juga jadi lebih was-was dan sulit untuk percaya. Tapi kamu juga harus berhati-hati karena bisa saja ada yang menyamar menjadi pembeli dan melakukan tindak kejahatan penipuan di online shop mu. Pastikan kamu selalu waspada dan bisa mengenali setiap konsumen mu ya, agar kamu bisa terhindar dari penipuan.

Mempertahakan Loyalitas Pelanggan

Mempertahakan Loyalitas Pelanggan menjadi salah satu tantangan yang dihadapi saat menjalankan bisnis online

Dalam dunia bisnis kamu pasti akan menemukan konsumen dengan perilaku dan sifat yang beragam. Sehingga kamu harus bisa lebih sabar dalam menghadapi konsumen. Akan tetapi ada hal yang lebih penting dari itu, yaitu kamu juga harus bisa mempertahankan loyalitas pelanggan agar mau membeli produk mu lagi. Seperti pribahasa “pembeli adalah raja”, kamu harus bisa memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen agar mereka merasa puas dan yakin dengan brand serta produk kamu. Selain itu, kamu juga bisa memberikan beberapa penawaran menarik kepada konsumen seperti promo diskon, buy 1 get 1, cashback, promo customer lama atau memberikan hadiah souvenir gratis dengan pembelian tertentu. Untuk sobat zero yang ingin memberikan promo souvenir jangan lupa untuk memberikan souvenir yang sesuai dengan produk yang kamu jual ya. Agar konsumen bisa menggunakan souvenir bersamaan dengan produk mu, dengan begitu konsumen akan lebih mudah ingat dengan produk dan brand kamu.
Jika kamu ingin memberikan souvenir, kamu bisa kok memberikan souvenir yang tidak terlalu mahal seperti pulpen, tumbler, pin, sticker atau produk lain yang sesuai dengan budget kamu. Tapi kamu tenang aja, karena kamu bisa mendapatkan aneka macam souvenir custom dengan kualitas premium dan harga yang terjangkau di Zeropromosi.com . Di zeropromosi kamu juga bisa custom souvenir yang kamu mau sesuai dengan keinginan kamu. Mulai dari custom warna, bentuk, hingga logo dan nama brand atau perusahaan. Jadi souvenir yang kamu berikan nanti bisa menjadi kenang-kenangan sekaligus media promosi usaha kamu.  Cara ini bisa membuat brand dan produkmu mendapatkan nilai plus dari konsumen lho. Siapa tau dengan pelayanan yang baik dan kualitas produk yang bagus membuat konsumen jadi mau melakukan transaksi lagi, dan bisa aja mereka memberitahu orang lain untuk membeli produk yang kamu jual.

Kemampuan Mengelola Keuangan

Kemampuan Mengelola Keuangan menjadi salah satu tantangan yang dihadapi saat menjalankan bisnis online

Tantangan yang terakhir dan banyak membuat bisnis online gugur adalah kemampuan dalam mengelola keuangan. Siapa sangka ternyata kemampuan mengelola keuangan sangatlah penting untuk diperhatikan. Jika bisnis mu sudah besar dan kamu tidak mampu mengelola keuangan, maka bisa saja bisnis mu akan hancur karena masalah finansial. Meskipun terkesan sepele tapi ternyata sudah banyak lho pebisnis yang mengalami masalah ini. Maka dari itu agar bisnis mu tetap berjalan lancar, kamu harus belajar banyak tentang cara mengelola keuangan bisnis. Jika tidak berhati-hati dalam mengelola keuangan, sewaktu-waktu masalah finansial bisa saja menimpa bisnis online mu.

Nah sobat zeropromosi itulah beberapa tantangan yang akan kamu hadapi ketika menjalankan bisnis online. Kamu bisa jadikan beberapa point tadi sebagai informasi tambahan agar kamu lebih hati-hati dan tidak mengalami kerugian.

Sekian dan semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk sobat zero semua ya. Jangan lupa untuk share artikel ini juga ke semua teman, kerabat dan keluarga kamu ya. Agar kita bisa sama-sama belajar dan saling membantu dalam menjalankan bisnis online. Terimakasih sudah membaca dan semangat terus pejuang bisnis !😁

» Thanks for reading Ternyata Ini Lho Tantangan Yang Akan Dihadapi Saat Menjalankan Bisnis Online !

0 Response to "Ternyata Ini Lho Tantangan Yang Akan Dihadapi Saat Menjalankan Bisnis Online ! "

Posting Komentar

Komentar anda sangat membantu dan kami akan merespon secepatnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *