4 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Memaknai Peringatan Maulid Nabi !

Halo sobat zeropromosi ! Tak lama lagi kita akan memasuki bulan oktober dan kebetulan dalam penanggalan hijriah umat islam akan memasuki bulan Rabiul Awal, bulan dimana Nabi besar Muhammad SAW dilahirkan. Bulan Rabiul Awal menjadi bulan istimewa bagi umat islam dimana bulan ini akan dipenuhi dengan kegembiraan dan kebahagiaan. Tak hanya di Indonesia yang memiliki pendudukan dengan jumlah umat islam yang cukup banyak, di seluruh penjuru dunia bulan ini juga menjadi bulan yang diistimewakan. Dan tepat pada tanggal 12 Rabiul Awal atau 19 Oktober mendatang umat islam akan memperingati hari maulid Nabi yang merupakan sebuah cara untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW.

4 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Memaknai Peringatan Maulid Nabi !

Hari peringatan maulid Nabi ini diperingati setiap tahunnya dengan berbagai acara keagamaan dan tradisi yang sakral. Bahkan peringatan ini kerap di meriahkan dengan acara perlombaan keagamaan seperti mengaji, adzan, dan banyak lagi. Semua umat islam dari segala kalangan baik itu perempuan, laki-laki, anak-anak dan orang dewasa juga ikut serta memeriahkan hari peringatan maulid Nabi ini.Tak hanya sebagai perayaan semata, moment maulid Nabi ini tentunya memiliki makna dan keistimewaan sehingga sebagai umat islam kita harus menjadikan moment ini sebagai sarana untuk meningkatkan dan membuktikan kecintaan kita kepada Rasulullah. 

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami Zeropromosi juga telah merangkum beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar bisa lebih memaknai moment maulid Nabi Muhammad SAW dan mengubahnya menjadi rasa cinta. Yuk langsung aja baca dan simak artikelnya sampai selesai !

Perbanyak Membaca Shalawat Kepada Nabi Muhammad SAW

Perbanyak Membaca Shalawat Kepada Nabi Muhammad SAW merupakan salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk memaknai peringatan maulid nabi

Salah satu hal yang tentu harus kita lakukan setidaknya untuk menimbulkan dan membuktikan rasa cinta kepada Rasulullah adalah dengan cara membaca shalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Seperti yang kita tahu membaca shalawat kepada Nabi Muhammad SAW itu memiliki banyak sekali keutamaan seperti salah satunya akan menimbulkan rasa cinta kepada Nabi Muhammad SAW sehingga kita akan senantiasamengingat beliau dan menjalankan segala hal yang diperintah oleh Allah SWT. Tak hanya itu, membaca shalawat kepada Nabi Muhammad SAW sama seperti kita melantunkan pujian dan doa untuk Nabi Muhammad SAW, dan ini menjadi salah satu amalan terbaik yang dianjurkan untuk terus diamalkan oleh umat islam. Perlu kamu tahu, bukan hanya manusia saja yang bershalawat kepada Nabi melainkan Allah SWT dan para malaikat pun ikut membaca shalawat kepada Nabi Muhammad SAW seperti yang difirmankan dalam Al-quran surat Al Ahzab Ayat 56:
  إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا
“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.”  Seperti tujuan diperingatinya maulid Nabi yaitu sebagai bentuk ekspresi kegembiraan, rasa cinta dan hormat kepada Nabi Muhammad SAW maka kita bisa memaknainya dengan memperbanyak membaca shalawat kepada Nabi Muhammad SAW dan inshaallah kita akan mendapatkan syafaat Nabi Muhammad SAW di akhirat kelak.

Memperdalam Ilmu Agama

Memperdalam Ilmu Agama merupakan salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk memaknai peringatan maulid nabi

Semua umat islam pasti tahu bahwa semasa hidupnya bahkan sedari kecil Nabi Muhammad SAW senantiasa melakukan misi dakwahnya yakni untuk mengajarkan tauhid dan memperbaiki akhlak manusia. Oleh karena itu di setiap kemeriahan peringatan maulid Nabi pasti kita akan mendengarkan ceramah atau dakwah dari para ulama dan kyai tentang bagaimana kisah perjuangan Nabi untuk melakukan misinya itu. Maka dari itu kita juga bisa memaknai peringatan maulid Nabi ini dengan terus memperdalam agama sebagaimana yang pernah dikatakan oleh Nabi Muhammad SAW :
Uthlubul 'ilma minal mahdi ilal lakhdi. Artinya: “Tuntutlah ilmu dari buaian (bayi) hingga liang lahat.”
Belajar dan memperdalam ilmu agama sebenarnya bisa menjadi salah satu cara untuk kita mengetahui lebih banyak sunnah-sunnah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW, mengetahui lebih banyak tentang perintah dan larangan Allah SWT sertatahu bagaimana  caranya agar kita bisa menjadi seseorang yang memiliki akhlak baik seperti Nabi Muhammad SAW yang menjadi suri tauladan kita semua. Tak hanya itu, menuntut ilmu terutama ilmu agama juga memiliki banyak keutamaan dan merupakan sebuah kewajiban bagi semua umat islam baik itu laki-laki ataupun perempuan. Kita juga bissa membaca sejarah-sejarah Nabi Muhammad SAW berserta para sahabatnya, semakin banyak kita tahu maka akan semakin besar rasa cinta yang timbul di hati kita untuk Nabi Muhammad SAW.

Mengikuti Sunnah Nabi Muhammad SAW

Mengikuti Sunnah Nabi Muhammad SAW merupakan salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk memaknai peringatan maulid nabi

Hal lain yang tidak kalah penting untuk kita lakukan sebagai bentuk memaknai peringatan maulid Nabi adalah dengan mengikuti dan mengamalkan sunnah-sunnah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Seperti yang kita tahu Nabi Muhammad SAW adalah Nabi terakhir utusan Allah SWT yang wajib di imani oleh seluruh umat islam. Beliau diutus oleh Allah SWT dan menerima wahyu dari Allah SWT, dan seseorang tidak bisa dikatakan sebagai muslim yang seutuhnya sampai ia melaksanakan ubudiyah atau penghambaan diri hanya untuk Allah SWT dan menjadikan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai orang yang dia ikuti. Maka dari itu di moment peringatan maulid Nabi juga kita bisa memperbanyak melakukan amalan dan sunnah dan di anjurkan oleh Nabi Muhammad SAW sebab sunnah itu sendiri menjadi pedoman hidup umat islam. Sunnah yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW mengajarkan banyak hal mulai dari yang kecil sampai yang besar. Oleh karena itu sudah sepatutnya kita menggencarkan mengamalkan sunnah seperti membaca shalawat, berbuat kebaikan kepada setiap orang, mendirikan sholat sunnah, mengucap bismillah sebelum melakukan aktifitas, bersedekah, dan banyak lagi. Tidak hanya sebatas wujud cinta kepada Rasulullah, menjalankan sunnah Rasulullah juga akan mendatangkan cinta Allah SWT kepada kita. Jadi yuk perbanyakan mengamalkan sunnah Rasul di dalam kehidupan sehari-hari.

Meneladani Sifat dan Perilaku Nabi Muhammad SAW

Meneladani Sifat dan Perilaku Nabi Muhammad SAW merupakan salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk memaknai peringatan maulid nabi

Seperti yang telah di jelaskan pada point sebelumnya bahwa Nabi Muhammad SAW merupakan Nabi terakhir utusan Allah SWT yang memiliki misi salah satunya memperbaiki dan menyempurnakan akhlak. Dalam Al-Qur’an surah Al- Qalam ayat 4 dijelaskan :
وَإِنَّكَ لَعَلَىٰ خُلُقٍ عَظِيمٍ
Artinya : “Dan sesungguhnya engkau (Muhammad) berakhlak yang agung.”
Ayat ini menjelaskan bahwa Nabi Muhammad SAW adalah sosok yang berakhlak mulia dan agung sehingga beliau diutus untuk menyempurnakan akhlak manusia. Terlebih Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:
إِنَّمَابُعِثْتُ لِأُتَمِّمَ صَالِحَ الْأَخْلَاقِ
“Sesungguhnya aku hanya diutus untuk menyempurnakan akhlak yang mulia”
Dari kedua ayat ini kita bisa tahu bahwa Nabi Muhammad SAW memang seseorang yang memiliki akhlak mulia dalam segala hal. Oleh karena itu kita juga harus bisa meneladani setiap perilaku dan sifat beliau dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Nah sobat Zeropromosi, itulah beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk memaknai hari peringatan maulid Nabi Muhammad SAW terlebih di masa pandemi  seperti sekarang ini. Meskipun tidak bisa berkumpul dengan sanak saudara muslim kita untuk memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW bersama, setidaknya kita masih bisa melakukan banyak hal untuk membuat moment maulid Nabi tetap istimewa.

Sekian dan semoga artikel ini bisa memberikan manfaat serta mengingatkan kita akan sosok mulia yang telah hadir dalam kehidupan dan hati kita. Terimakasih sudah membaca dan selamat menyambut hari maulid Nabi Muhammad SAW bagi yang merayakan, ya ! Jangan lupa share artikel ini juga😁

» Thanks for reading 4 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Memaknai Peringatan Maulid Nabi !

0 Response to "4 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Memaknai Peringatan Maulid Nabi !"

Posting Komentar

Komentar anda sangat membantu dan kami akan merespon secepatnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Klien Kami