Silahkan Bandingkan Harga Kami dengan yang lain! 0877 8185 7176 0877 8186 7176

Tips Menangani Keluhan dan Komplain Pelanggan Dengan Benar !

Sobat zeropromosi - Dalam dunia bisnis tanggap pelanggan adalah hal biasa yang akan didapatkan, baik itu tanggapan positif ataupun keluhan dan komplain. Seperti yang kita tau tanggapan dari seorang pelanggan itu merupakan sebuah penilaian atas produk berupa barang atau jasa yang mereka gunakan. Pelanggan juga akan menilai setiap pelayanan yang mereka dapatkan, jika mereka merasa puas sudah tentu mereka akan memberikan tanggapan yang bagus seperti pujian bahkan memberikan rekomendasi kepada orang lain. Begitu juga sebaliknya, saat pelanggan tidak merasa puas dan ada sebuah kesalah yang dilakukan perusahaan, biasanya mereka akan memberikan keluhan dan komplain. Sebenarnya komplain dari pelanggan tidak selalu berakibat buruk untuk bisnis jika perusahaan bisa menanggulanginya dengan baik. Keberhasilan perusahaan dalam menangani komplain dan keluhan akan membawa manfaat untuk bisnis, dan bisa menjadi salah satu tolak ukur untuk meningkatkan kualitas dan mengembangkan bisnis.

Tips Menangani Keluhan dan Komplain Pelanggan Dengan Benar !

Akan tetapi mental tiap perusahaan itu berbeda-beda sehingga cara mereka ketika menghadapi suatu permasalahan seperti komplain dari pelanggan juga akan berbeda. Terlebih untuk mereka yang baru saja terjun ke dunia bisnis, komplain dan keluhan mungkin akan membuat mereka sedih dan stress. Maka dari itu sangat penting bagi setiap pebisnis untuk tahu bagaimana cara yang baik dan efektif untuk menangani keluhan pelanggan. Karena dalam hal menangani tanggapan pelanggan apalagi saat mereka merasa marah, ada strategi khusus yang harus kamu lakukan agar nantinya keluhan ini tidak menjadi penyebab adanya kehilangan konsumen melainkan jadi penyebab perkembangan bisnis kamu. 

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini Zeropromosi akan memberikan sedikit tips untuk kamu agar bisa menangani keluhan dan komplain pelanggan dengan benar. Gimana sih cara yang baik dan efektif untuk mengatasinya ? Yuk ketahui cara dan tipnya di artikel berikut ini !

Terima dan Hargai Komplain Pelanggan

Terima dan Hargai Komplain Pelanggan merupakan salah satu tips menangani keluhan dan komplain pelanggan dengan benar

Keluhan atau komplain dari pelanggan memang sering kali membuat pelaku bisnis ketar-ketir. Pasalnya jika tidak bisa ditangani dengan baik maka bisa saja pelanggan menyebarkan dan memberitahu apa yang mereka rasakan ketika menggunakan produk mu. Maka dari itu bagaimanapun cara pelanggan melakukan komplain, kamu harus tetap menerima dan menghargainya. Karena seperti yang kita tahu tipikal pelanggan itu beragam, ada yang santai, ada yang mudah emosi, ada yang cuek dan sebagainya. Maka dari itu sebaiknya kamu tetap menerima dan menghargai komplain mereka dengan mendengarkannya dan memahami apa yang mereka sampaikan. Saat mereka menyampaikan komplain dan keluhan, cobalah untuk tetap bersikap tenang dan tetap dengarkan sampai selesai. Dengan cara ini pelanggan akan merasa bahwa kamu itu perduli dan menghargai pelanggan. Jadi meskipun sebelumnya mereka mengalami sedikit kekecewaan, mereka tidak akan mudah meninggalkan perusahaan.

Berempati dan Bersikap Solutif

Berempati dan Bersikap Solutif merupakan salah satu tips menangani keluhan dan komplain pelanggan dengan benar

Perlu kamu ketahui pelanggan yang memberikan komplain bukan semata-mata ingin marah saja. Mereka lebih ingin tahu bagaimana respon perusahaan dan apakah perusahaan mampu mengatasi masalah yang mereka alami. Dari sini mereka juga akan memberikan penilaian kepada perusahaan, jadi usahakan tujukkanlah rasa empati mu kepada pelanggan saat mereka menyampaikan keluhan. Di sela pembicaraan mu dengan pelanggan cobalah untuk tetap meminta maaf meskipun setelah mendengar keluhan nya itu bukanlah kesalahan dari perusahaan melainkan sebuah kesalahpahaman. Tidak hanya sekedar mendengarkan, memahami kemudian minta maaf. Kamu juga perlu tahu sebenarnya dimana letak permasalahannya  dan cobalah untuk segera memberikan solusi kepada pelanggan. Jika memang tidak bisa langsung memberikan solusi, kamu harus memberikan penjelasan kepada pelanggan sehingga pelanggan juga bisa menunggu solusi yang memang jelas dan tidak menggantung. Atau kamu juga bisa menanyakannya secara langsung solusi seperti apa yang diinginkan pelanggan. Apakah ingin melakukan refund, meminta pergantian barang atau memang mereka hanya ingin memberitahu perasaan dan pengalaman mereka saat menggunakan produk mu. Jika solusi sudah disepakati, jangan lupa untuk melakukan konsfirmasi apakah solusi yang diberikan bisa menyelesaikan masalah atau tidak.

Jadikan Keluhan Pelanggan Sebagai Bahan Evaluasi

Jadikan Keluhan Pelanggan Sebagai Bahan Evaluasi merupakan salah satu tips menangani keluhan dan komplain pelanggan dengan benar

Saat pelanggan menyampaikan keluhan dan komplain, tidak seharusnya pelaku bisnis berkecil hati apalagi tidak terima. Meskipun beberapa pelanggan akan melakukan komplain dengan nada yang marah, tetaplah berpikir jernih dan ambil sisi positifnya. Mungkin saja pelanggan yang loyal memang ingin membantu kamu agar dapat meningkatkan kualitas baik produk ataupun layanan dengan memberitahu apa yang kurang dari bisnis mu. Maka dari itu setiap ada keluhan dan komplain yang masuk cobalah untuk memahaminya dengan baik serta mencatatnya untuk dijadikan bahan evaluasi pengembang bisnis bersama dengan tim kerja yang lain. Dengan bahan evaluasi yang kamu terima dari setiap keluhan pelanggan, kamu bisa menjadikannya untuk mempertimbangkan ide-ide baru yang akan meningkatkan kualitas produk atau pelayanan di bisnis kamu. Jadi jangan selalu menggangap bahwa komplain itu hal yang negative ya sobat.

Ucapkan Terimakasih Dan Berikan Hadiah

Ucapkan Terimakasih Dan Berikan Hadiah merupakan salah satu tips menangani keluhan dan komplain pelanggan dengan benar

Tak banyak pelaku bisnis yang menyadari bahwa komplain dari pelanggan bisa menjadi salah satu cara mereka untuk menujukkan keperdulian kepada perusahaan. Jadi tetap dengarkan dengan baik jika ada pelanggan yang melakukan komplain. Selain itu kamu juga perlu berterimakasih kepada pelanggan, karena berkat keluhan dari mereka kamu bisa tahu apa yang perlu diperbaiki oleh perusahaan untuk meningkatkan kepuasaan setiap pelanggan. Jika perlu kamu bisa memberikan hadiah kenapa pelanggan sebagai bentuk permintaan maaf sekaligus terimakasih karena telah mempercayai perusahaan. Untuk hadiah itu sendiri bisa kamu sesuaikan dengan bisnis kamu. Misalnya kamu memiliki bisnis kuliner, maka kamu bisa memberikan voucher diskon untuk menu tertentu sehingga pelanggan juga akan kembali mempercayai perusahaan. Begitu juga dengan bisnis lainnya, sesuai kan dengan bisnis dan usahakan berikan sesuatu yang bermanfaat untuk mereka ya. Jika kamu bingung, kamu bisa memberikan pelanggan hadiah spesial berupa souvenir atau merchandise yang diberikan cetakan logo atau nama brand perusahaan. Sehingga secara tidak langsung mereka akan terus mengingat mu ketika menggunakan souvenir yang kamu berikan. 
Tapi jangan asal pilih souvenir ya sobat, jangan sampai kamu membuat mereka tambah kecewa karena kamu memberikan souvenir yang biasa saja. Berikan lah souvenir berkualitas seperti tumbler air minum stainless, giftset, powerbank dan souvenir lainnya yang bisa kamu dapatkan di Zeropromosi.com.  Di zeropromosi , kamu bisa menentukan souvenir mu sesuai dengan budget dan kategori bisnis mu. Jadi jangan salah pilih ya, butuh souvenir dan merchandise ? Ingat Zeropromosi !

Nah sobat zeropromosi, itulah beberapa tips yang bisa kamu coba agar bisa menangani keluhan dan komplain pelanggan dengan baik dan efektif. Jangan sampai karena kamu acuh dengan keluhan dari setiap pelanggan justru membuat reputasi bisnis mu jadi tidak baik dimata umum ya. Setiap keluhan pelanggan sangat penting untuk ditanggapi dengan cepat agar nantinya pelanggan tidak merasa lebih kecewa lagi dengan perusahaan.

Sekian dan semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu ya. Jangan lupa share artikel ini juga ke rekan bisnis mu agar tidak salah saat menangani keluhan pelanggan. Terimakasih sudah membaca dan selamat mencoba !😁

» Thanks for reading Tips Menangani Keluhan dan Komplain Pelanggan Dengan Benar !

0 Response to "Tips Menangani Keluhan dan Komplain Pelanggan Dengan Benar ! "

Posting Komentar

Komentar anda sangat membantu dan kami akan merespon secepatnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Klien Kami