Silahkan Bandingkan Harga Kami dengan yang lain! 0877 8185 7176 0877 8186 7176

Ternyata Ini Manfaat Dibalik Adanya Keluhan Pelanggan !

Sobat zeropromosi - Di dalam dunia bisnis pelanggan adalah aspek terpenting yang harus dimiliki. Bukan hanya menguntungkan untuk menambah pemasukan tapi pelanggan juga menjadi aset penting untuk meningkatkan kemajuan bisnis yang kamu jalani. Tapi meskipun para pelaku usaha tau betapa pentingnya pelanggan, mereka tidak menyadari bahwa dalam bisnis pasti ada yang namanya kompetitor atau saingan bisnis sehingga kehilangan pelanggan mungkin bisa saja terjadi. Kehilangan pelanggan sebenarnya bisa disebabkan dengan beberapa hal seperti berubahnya kebutuhan pelanggan atau mungkin karena kesalahan kita sendiri yang kurang peka dan tidak responsive terhadap pelanggan. Meskipun beberapa pelanggan sering memberikan tanggapan seperti kepuasan dan keluhan atau komplain.

Ternyata Ini Manfaat Dibalik Adanya Keluhan Pelanggan !

Perlu sobat zero ketahui, tanggapan atau keluhan pelanggan itu sama pentingnya dengan kepuasaan pelanggan lho sobat. Karena dengan tanggapan dan keluhan dari pelanggan, kamu bisa tahu sejauh dan sebagus apa kualitas dari produk maupun pelayanan yang selama ini kamu berikan. Tidak hanya itu, tanggapan pelanggan sekalipun itu komplain tetap akan memberikan manfaat untuk memperbaiki kualitas bisnis kamu. 

Agar kamu lebih paham, kali ini Zeropromosi juga akan memberikan rangkuman beberapa manfaat dari tanggapan dan keluhan pelanggan. Kira-kira seberapa penting sih tanggapan dan keluhan pelanggan untuk bisnis yang sedang kamu jalankan ? Daripada penasaran, yuk langsung aja simak manfaatnya di artikel berikut ini !

Menjadi Sarana Untuk Mengetahui Kepuasan Pelanggan merupakan salah satu manfaat dibalik adanya keluhan pelanggan

Menjadi Sarana Untuk Mengetahui Kepuasan Pelanggan merupakan salah satu manfaat dibalik adanya keluhan pelanggan

Sobat zero sering dapat tanggapan atau keluhan dari pelanggan ? Kalau kamu sering mendapatkan tanggapan atau keluhan dari pelanggan jangan langsung sedih dan berkecil hati ya sobat. Sebab tanggapan dan keluhan dari pelanggan ini bisa kamu manfaatkan untuk mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan pelanggan kamu. Emang gak mudah sih udah merespon keluhan pelanggan, apalagi jika ada pelanggan yang langsung marah-marah. Tapi kamu haru tahu bahwa ini baik untuk bisnis kamu, jadi tetap tenang dan jangan panik ya. Kamu bisa berikan respon atas keluhan mereka, dan kamu bisa tanyakan kenapa dan apa alasan yang membuat mereka menjadi marah dan memberikan complain. Dari sini tentu kamu bisa tau seberapa besar kepuasan mereka. Meskipun sebelumnya mereka sudah melakukan complain, tapi bisa aja lho tiba-tiba mereka merasa puas sebab kamu memberikan respon bagus dan solusi yang tepat untuk mereka. Jadi jangan sedih dulu ya kalau ada yang complain, begitu juga saat ada yang memberikan tanggapan positif jangan langsung berbesar hati dan senang berlebih. Siapa tau jika kamu bertanya lebih detail mereka akan mengatakan apa yang kurang, jadi kamu tau deh tingkat kepuasan mereka yang sebenarnya. Jika kamu tahu tingkat kepuasan pelanggan, maka kamu tau apa yang harus kamu lakukan seterusnya untuk memajukan bisnis mu.

Sebagai Bahan Untuk Memberikan Pengalaman Pelanggan Yang Berkesan merupakan salah satu manfaat dibalik adanya keluhan pelanggan

Sebagai Bahan Untuk Memberikan Pengalaman Pelanggan Yang Berkesan merupakan salah satu manfaat dibalik adanya keluhan pelanggan

Dalam dunia bisnis pelanggan adalah aset penting yang harus dipertahankan. Hal ini karena pelanggan tentu memiliki potensi untuk menghasilkan income yang lebih besar daripada konsumen biasa. Maka dari itu tata cara pelayanan pelanggan juga pasti akan sedikit lebih berbeda dan spesial. Mungkin sebagian besar pelaku bisnis akan berusaha memberikan pengalaman yang berkesan kepada pelanggan lewat kualitas produk dan layanan yang mereka berikan. Tapi kamu perlu tahu nih, ternyata tanggapan dan keluhan pelanggan juga sangat penting untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang berkesan. Kok bisa ? Jelas bisa dong, seperti yang kita tahu biasanya pelanggan itu lebih aktif daripada konsumen biasa. Mereka lebih sering untuk bertanya, memberikan respon dan penilaian terhadap produk yang kita berikan hingga lebih sering untuk memberikan complain yang sebenarnya dapat membangun bisnis lebih baik. Sebagai pelaku bisnis kamu perlu untuk rutin menanyakan bagaimana pengalaman mereka saat menggunakan produk baik itu barang atau jasa yang kamu berikan. Agar nantinya kamu juga bisa tau seperti apa sih pengalaman berbelanja yang pelanggan inginkan. Jika kamu juga aktif menanyakan pengalaman mereka, bisa saja mereka merasa senang sebab diperhatikan dan dipenuhi kebutuhannya. Jadi jangan jadi pebisnis yang pasif dan hanya mengharapkan pelanggan datang ya, kamu juga harus aktif untuk mencari dan menarik pelanggan.  Hati-hati loh pesaing bisnis di era sekarang semakin banyak, kalau kamu gak aktif nanti bisa tersaingi. Pasti gak mau kan pelanggannya diambil yang lain ? Hehe.

Membantu Untuk Tingkatkan Kualitas Pelayanan dan Produk merupakan salah satu manfaat dibalik adanya keluhan pelanggan

Membantu Untuk Tingkatkan Kualitas Pelayanan dan Produk merupakan salah satu manfaat dibalik adanya keluhan pelanggan

Saat pelaku bisnis mendapatkan tanggapan baik itu pujian ataupun complain, hal ini tentu disebabkan dengan penilaian pelanggan terhadap pelayanan dan produk yang diberikan. Tanggapan pelanggan tidak selamanya buruk kok, dengan adanya tanggapan pelanggan justru bisa membantu kamu untuk tingkatkan kualitas pelayanan dan produk dari bisnis kamu. Karena seperti yang kita tahu, pelanggan tidak akan memberikan complain atau keluhan jika mereka merasa produk atau layanan yang kamu berikan itu sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka. Begitu juga jika kamu mendapatkan tanggapan positif dari pelanggan, itu artinya mereka merasa mendapatkan produk dan pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka. Dari sini kamu juga bisa tahu apa penyebab dari setiap tanggapan positif, complain atau keluhan yang kamu terima. Kamu bisa jadikan ini sebagai masukan untuk bisnis mu, jadi kamu bisa tahu deh apa yang harus diperbaiki untuk meningkatkan kualitas dari pelayanan serta produk yang kamu berikan. Ini sebabnya kenapa kamu gak boleh langsung berkecil hati saat ada pelanggan yang complain.

Meningkatkan Loyalitas Pelanggan merupakan salah satu manfaat dibalik adanya keluhan pelanggan

Meningkatkan Loyalitas Pelanggan merupakan salah satu manfaat dibalik adanya keluhan pelanggan

Eits gak sampai disitu aja lho, manfaat lain dari adanya tanggapan serta keluhan pelanggan ternyata bisa meningkatkan loyalitas pelanggan lho. Seseorang bisa dikatakan pelanggan apabila ia telah membeli atau menggunakan suatu produk baik itu barang dan jasa secara berulang dan terus menerus. Nah, biasanya mereka yang memang merupakan pelanggan loyal akan lebih perduli sehingga berani untuk memberikan tanggapan baik itu pujian atau masukan atas produk dan layanan yang mereka terima. Jika mereka memberikan tanggapan, kamu harus bisa memberikan respon baik beserta dengan solusi yang dapat memuaskan mereka. Hal ini dianggap mampu membuat pelanggan jadi lebih puas dengan solusi yang kamu berikan. Dengan begitu mereka akan semakin percaya dan loyal kepada bisnis kamu. Jika kamu bisa berkomunikasi dengan baik sekalipun saat mereka memberikan keluhan, ini bisa menjadi nilai lebih untuk bisnis kamu dan hubungan dengan pelanggan juga semakin baik.

Meningkatkan Reputasi merupakan salah satu manfaat dibalik adanya keluhan pelanggan

Meningkatkan Reputasi merupakan salah satu manfaat dibalik adanya keluhan pelanggan

Meskipun sebagian besar tanggapan pelanggan itu berupa complain atau keluhan, hal ini juga bisa menjadi sesuatu yang baik untuk meningkatkan reputasi bisnis mu. Kenapa demikian ? Hal ini akan terjadi jika kamu mampu menanggapi keluhan mereka dengan baik dan dapat memberikan solusi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan serta keinginan mereka. Meskipun tadinya mereka merasa kurang puas hingga memberikan keluhan, nyatanya mereka akan tetap memberikan penilaian yang bagus atas tanggapan yang mereka terima ketika memberikan keluhan. Pelanggan juga tidak akan mudah pergi jika mereka merasa kamu mampu memberikan apa yang sesuai dengan keinginan mereka. Biasanya pelanggan juga akan memberikan penilaian yang bagus di media sosial baik itu kolom ulasan toko online dan lainnya. Jadi jangan hanya pikirkan soal kualitas produk dan layanan umum, cobalah pikirkan cara untuk menanggapi keluhan mereka agar kembali merasa puas dan tetap percaya untuk menggunakan produk bisnis mu.

Nah sobat zeropromosi, itulah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari adanya tanggapan dan keluhan pelanggan. Jadi jangan  sedih apalagi panik saat mendapatkan komplain ya sobat, tetap tenang dan berikan respon sebagaimana seharusnya.

Sekian dan semoga artikel ini bisa memberikan inspirasi dan manfaat untuk kamu ya. Jangan lupa untuk share artikel ini juga ke semua teman, kerabat dan keluargamu agar mereka juga tahu manfaat dari keluhan pelanggan. Terimakasih sudah membaca dan sampai jumpa di artikel/tips selanjutnya !😀

» Thanks for reading Ternyata Ini Manfaat Dibalik Adanya Keluhan Pelanggan !

0 Response to "Ternyata Ini Manfaat Dibalik Adanya Keluhan Pelanggan ! "

Posting Komentar

Komentar anda sangat membantu dan kami akan merespon secepatnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *