Silahkan Bandingkan Harga Kami dengan yang lain! 0877 8185 7176 0877 8186 7176

Berbagai Perbedaan dan Kebiasaan Baru Perayaan HUT RI di Masa Pandemi

Halo sobat zeropromosi ! Bulan agustus sudah tiba dan itu artinya sebentar  lagi masyarakat Indonesia akan merayakan hari ulang tahun RI atau hari Kemerdekaan RI tepat pada tanggal 17 agustus mendatang. Hari Kemerdekaan RI menjadi salah satu hari nasional yang diliburkan agar semua masyarakat bisa ikut serta memeriahkan peringatan HUT RI yang sering disebut dengan 17an.

Berbagai Perbedaan dan Kebiasaan Baru Perayaan HUT RI di Masa Pandemi

Yups, moment 17an menjadi moment terseru di bulan agustus yang dinantikan oleh banyak orang. Anak-anak hingga orang dewasa pun ikut memeriahkannya dengan beragam kegiatan yang ada. Biasanya 17an akan dimeriahkan dengan berbagai jenis perlombaan tradisional, mulai dari balap karung, lomba kelereng, makan kerupuk hingga lomba panjat pinang yang membuat kemeriahan.
 
Akan tetapi sayangnya perayaan 17an tahun ini akan digelar berbeda sebab pandemi covid-19 masih menjadi ancaman di Indonesia. Pandemi covid-19 yang sudah mewabah lebih dari 1 tahun ini membuat banyak hal berubah termasuk dengan kegiatan hari Kemerdekaan yang biasanya dirayakan bersama dengan meriah. Kali ini Pemerintah juga sudah membuat berbagai kebijakan baru yang dikhususkan untuk dilakukan saat peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Berbagai kebijakan dibuat seperti tetap menerapkan protokol kesehatan hingga merayakan perayaan HUT RI secara virtual. Meskipun kurang menyenangkan, tapi hal ini perlu dilakukan guna mencegah penularan virus covid-19 semakin tinggi. 

Nah, kali ini zeropromosi juga telah merangkum beberapa perbedaan dan kebiasaan baru yang ada saat peringatan HUT RI di masa pandemi. Kira-kira ada apa aja ya ? Yuk baca dan simak artikelnya sampai selesai !

Dimulai Sejak Tanggal 1 Agustus

Dimulai Sejak Tanggal 1 Agustus merupakan salah satu perbedaan dan kebiasaan baru perayaan HUT RI di masa pandemi

Jika di tahun-tahun sebelumnya pengibaran bendera pusaka sang Merah Putih akan dilakukan pada tanggal 17 Agustus, tahun ini akan berbeda dimana seperti tahun 2020 kemarin kali ini seluruh masyarakat diimbau untuk mengibarkan Bendera Merah Putih secara serentak di seluruh Indonesia sejak tanggal 1 Agustus.  Bukan hanya mengibarkan bendera utama, masyarakat juga dibolehkan untuk memasang berbagai aksesoris khas Kemerdekaan sejak tanggal 1 Agustus - 31 Agustus. Selain itu pemerintah juga sudah menyiapkan platform online khusus untuk memeriahkan acara Kemerdekaan yaitu Rumah Digital Indonesia. Di RDI atau Rumah Digital Indonesia akan ada berbagai kegiatann perayaan hari Kemerdekaan Indonesia yang bisa disaksikan dari rumah dengan aman sejak tanggal 1 Agustus hingga 31 Agustus. Saat mengibarkan bendera Merah Putih ataupun menghias kampung dll, tetap terapkan protokol kesehatan ya sobat.

Festival Kemerdekaan Virtual

Festival Kemerdekaan Virtual merupakan salah satu perbedaan dan kebiasaan baru perayaan HUT RI di masa pandemi

Tahun ini Indonesia kembali harus merayakan hari Kemerdekaan di tengah pandemi, tapi sobat zero tidak perlu khawatir karena pemerintah juga telah membuat sebuah inovasi baru dimana semua kegiatan perayaan hari Kemerdekaan dilakukan secara virtual. Seperti yang ada di point sebelumnya, dimana pemerintah sudah membuat sebuah platform khusus yaitu Rumah Digital Indonesia yang akan membuat kita tetap bisa merasakan vibes 17 Agustus seperti tahun-tahun sebelumnya namun dengan suasana yang baru. Rumah Digital Indonesia akan membantu masyarakat Indonesia untuk tetap mengobarkan semangat Kemerdekaan dan nasionalisme di masa pandemic melalui kemajuan teknologi digital. Mulai tanggal 1 Agutus hingga 31 Agustus RDI akan memberikan berbagai rangkaian acara peringatan hari Kemerdekaan RI secara online, mulai dari panggung hiburan, festival Kemerdekaan, ruang literasi digital, perlombaan dan permainan tradisional Indonesia dengan arena virtual yang bisa dijelahi hingga 360°. Bahkan RDI juga membantu membuka pasar lokal digital untuk mengapresiasikan produk UMKM. Dengan cara ini tentu seluruh masyarakat Indonesia tetap bisa merasakan vibes perayaan hari Kemerdekaan RI dengan meriah tanpa halangan.

Bersikap Sempurna Pada Pukul 10.17 WIB

Bersikap Sempurna Pada Pukul 10.17 WIB merupakan salah satu perbedaan dan kebiasaan baru perayaan HUT RI di masa pandemi

Meskipun peringatan hari Kemerdekaan RI tidak dilakukan secara langsung oleh banyak pihak, tapi masyarakat akan tetap terlibat secara virtual. Menjelang detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus mendatang, pemerintah mengimbau kepada masyarakat untuk turut menghormati peringatan tersebut dengan menghentikan segala aktifitas sejenak dan mengambil sikap sempurna pada pukul 10.17 WIB di tanggal 17 Agustus mendatang. Sikap sempurna yang dimaksud juga disertai dengan sikap hormat persis ketika mengikuti upacara bendera bersama. Seluruh masyarakat di berbagai daerah akan ikut serta melakukannya meskipun ada perbedaan waktu. Waktu yang diikuti adalah WIB, jadi misalnya ada yang beda 2 atau 3 jam berarti harus mengambil sikap sempurna pada pukul 12.17 atau 13.17 . Biasanya hal ini akan diberitahu sejak awal Agustus dan dibantu oleh aparat untuk mengingatkan menggunakan sirine.

Menghentikan Aktifitas Selama 3 Menit

Menghentikan Aktifitas Selama 3 Menit merupakan salah satu perbedaan dan kebiasaan baru perayaan HUT RI di masa pandemi

Saat detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada pukul 10.17 WIB, seluruh masyarakat diminta untuk menghentikan aktifitas sejenak selama 3 menit dan berada dalam sikap sempurna seperti yang telah dijelaskan pada point nomor 3. Masyarakat diimbau untuk menghentikan aktifitasnya selama 3 menit saat lagu kebangsaan Indonesia Raya di nyanyikan hingga selesai. Hal ini juga terdapat dan diatur dalam Undang-undang No 24/2009 Pasal 62 yang isinya :  “Setiap orang yang hadir pada saat Lagu Kebangsaan diperdengarkan dan/atau dinyanyikan, wajib berdiri tegak dengan sikap hormat “. Berhubung tahun ini perayaan Hari Kemerdekaan RI di laksanakan secara virtual, maka masyarakat harus melakukan hal ini di tempat mereka berada yang akan diingatkan oleh aparat menggunakan sirine.  Sikap sempurna yang dimaksud adalah dimana saat lagu kebangsaan diperdengarkan/dinyanyikan setiap orang harus berdiri tegak di tempat masing-masing dengan sikap sempurna, meluruskan lengan ke bawah, mengepalkan telapak tangan, dan ibu jari menghadap ke depan merapat pada paha disertai pandangan lurus ke depan.

Nah sobat zeropromosi itulah beberapa perbedaan dan kebiasaan baru yang ada pada saat peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di masa pandemi. Meskipun sedang pandemi tidak bisa menghalangi semangat kita untuk memeriahkan dan menghormati jasa-jasa pahlawan yang telah memperjuangkan Kemerdekaan. Jangan lupa untuk tetap menerapkan protokol kesehataan saat mengikuti atau mengadakan acara perayaan HUT RI dirumah ya sobat.

Sekian dan semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua. Jangan lupa untuk share artikel ini juga ke semua teman, kerabat dan keluarga kamu agar mereka tau apa saja kebiasaan baru yang dilakukan saat Hari Kemerdekaan nanti ya. Terimakasih sudah membaca, merdeka !!!😀

» Thanks for reading Berbagai Perbedaan dan Kebiasaan Baru Perayaan HUT RI di Masa Pandemi

0 Response to "Berbagai Perbedaan dan Kebiasaan Baru Perayaan HUT RI di Masa Pandemi "

Posting Komentar

Komentar anda sangat membantu dan kami akan merespon secepatnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Klien Kami