Silahkan Bandingkan Harga Kami dengan yang lain! 0877 8185 7176 0877 8186 7176

Berikut Syarat Dan Kriteria Hewan Yang Bisa Disembelih Saat Idul Adha !

Hai sobat zeropromosi ! Setelah merayakan Hari Raya Idul Fitri, sebentar lagi umat islam akan merayakan hari besar islam yang tak kalah istimewa yaitu Hari Raya Idul Adha. Hari Raya Idul Adha dirayakan kurang lebih 70 hari setelah Hari Raya Idul Fitri. Meskipun sama-sama hari raya umat islam, tapi ada perbedaan yang mencolok seperti salah satunya adalah ketika Idul Adha akan banyak kegiatan penyembelihan hewan. Pada bulan Dzulhijjah, umat Islam akan merayakan hari Idul Adha dengan berkurban. Dimana kata kurban secara bahasa memiliki arti hewan sembelihan sedangkan kurban (qurban) dalam bahasa Arab artinya sesuatu yang dekat atau mendekatkan. Dengan demikian kegiatan qurban merupakan suatu amalan dan ibadah menyembelih hewan ternak yang bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Berikut Syarat Dan Kriteria Hewan Yang Bisa Disembelih Saat Idul Adha !

Pelaksanaan kegiatan qurban itu sendiri telah diatur sedemikian rupa oleh syari'at Islam seperti dalam Al Qur'an Surat Al-Kautsar ayat 2 yang artinya "Maka salatlah untuk Tuhanmu dan sembelihlah kurban." Sebenarnya pelaksanan qurban ini hukumnya sunnah muakkad atau sunnah yang sangat dianjurkan, maka bagi orang yang mampu sangat dianjurkan untuk melaksanakan ibadah qurban karena ganjaran (pahala)  yang diberikan pun sangatlah besar. Akan tetapi untuk menyembelih hewan qurban pun ada aturan dan ketentuannya agar ibadah qurban dilakukan sesuai syariat islam dan diterima oleh Allah SWT.
Oleh karena itu kali ini Zeropromosi ingin memberikan sedikit rangkuman tentang kriteria dan ketentuan hewan yang bisa disembelih atau diqurban saat Idul Adha. Buat sobat zero yang ingin melaksanakan ibadah qurban yuk baca dan simak artikel nya sampai selesai !

Hewan Yang Disembelih Adalah Hewan Ternak

Hewan Yang Disembelih Adalah Hewan Ternak merupakan salah satu kriteria hewan yang dapat disembelih saat Idul Adha

Syarat dan ketentuan pertama yang harus dipenuhi ketika ingin melaksanakan ibadah qurban adalah hewan yang disembelih haruslah hewan ternak. Hal ini telah dituliskan dalam Q.S Al-Hajj yang artinya “Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap bahimatul an’am (binatang ternak) yang telah direzekikan Allah kepada mereka” (QS. Al Hajj: 34).
Hewan ternak yang dimaksud adalah unta, kerbau, sapi, kambing atau domba bukan hewan ternak berupa unggas seperti ayam, bebek dan unggas lainnya. Dan untuk menjelaskan ayat tersebut, Imam an-Nawawi juga menjelaskan bahwa menyembelih kurban selain tiga hewan tersebut dan jenis-jenisnya tidak diperbolehkan. Karena dalam bahasa Arab, sebenarnya ayam atau unggas bukanlah termasuk kategori al-an’âm seperti yang telah dijelaskan dalam Q.S Al Hajj ayat 34. Maka jika kamu ingin melaksanakan ibadah qurban harus menggunakan hewan seperti unta, sapi, kambing atau domba dan hewan sejenis lainnya. Sedangkan untuk kelamin dari hewan itu sendiri tidak ditentukan, alias bisa jantan ataupun betina.

Hewan Dalam Keadaan Sehat

Hewan Dalam Keadaan Sehat merupakan salah satu kriteria hewan yang dapat disembelih saat Idul Adha

Saat ingin membeli hewan qurban hendaknya kamu juga memperhatikan kondisi hewan yang kamu pilih. Pasalnya untuk diqurban hewan ternak harus dalam kondisi yang sehat dan tidak ada cacat atau penyakit lainnya. Karena Rasulullah SAW juga merinci beberapa hal yang tak boleh dialami oleh hewan yang akan dikurbankan seperti matanya buta, fisiknya sakit, kakinya pincang, telinga atau ekornya putus, dan hewan yang badannya terlalu kurus hingga hewan yang tidak memiliki sumsum tulang. Jika ada satu diantara tanda ini maka hewan tidak sah untuk diqurban. Maka dari itu saat membeli hewan harus dipilih dengan baik.

Usia Hewan Sesuai Dengan Ketentuan

Usia Hewan Sesuai Dengan Ketentuan merupakan salah satu kriteria hewan yang dapat disembelih saat Idul Adha

Tahukah kamu umur hewan yang akan disembelih juga menjadi penentu sah atau tidaknya ibadah qurban lho. Karena dalam Islam hewan yang akan diqurban harus mencapai umur minimal yang telah ditentukan sesuai syariat. Oleh karena itu saat membeli hewan qurban kamu harus banyak bertanya tentang hewan yang akan kamu pilih agar memenuhi syarat dan kriteria hewan yang bisa diqurban. Umumnya orang Indonesia menyembelih hewan qurban berupa sapi, kambing atau domba. Maka umur hewan yang bisa disembelih yaitu : jika menyembelih sapi atau kerbau harus berusia minimal 2 tahun dan telah masuk tahun ke-3. Jika menyembelih domba harus berusia 1 tahun atau minimal berusia 6 bulan. Sedangkan kambing minimal harus berusia 1 tahun dan telah masuk tahun ke-2. Jika ada yang menyembelih unta minimal berusia 5 tahun dan telah masuk tahun ke-6. Nah jadi jangan sembarangan pilih hewan qurban ya sobat, karena jika tidak sesuai walau karena umur saja nantinya qurban menjadi tidak sah.

Hewan Harus Milik Sendiri

Hewan Harus Milik Sendiri merupakan salah satu kriteria hewan yang dapat disembelih saat Idul Adha

Salah satu kriteria hewan qurban yang sangat penting adalah hewan yang akan diqurban harus milik sendiri bukan milik orang lain. Karena jika hewan bukan milik sendiri maka hukumnya tidak sah. Maksud dari hewan milik sendiri adalah bisa dari hasil ternak sendiri atau membeli nya dari orang lain. Jadi kalau mau berqurban harus punya hewan sendiri ya sobat, bukan hewan warisan, nyicil apalagi mencuri milik orang lain.

Waktu Penyembelihan Tepat

Waktu Penyembelihan Tepat merupakan salah satu kriteria hewan yang dapat disembelih saat Idul Adha

Eits ada tambahan nih sobat agar qurban yang dilaksanakan afdol atau sah. Selain memperhatikan ciri-ciri hewan yang akan di qurban, kamu juga harus memperhatikan waktu penyembelihan hewan. Karena untuk menyembelih hewan qurban ada waktu yang ditentukan yakni dapat dilakukan setelah salat Idul Adha. Dan batas akhir dari penyembelihan hewan kurban adalah terbenam matahari pada tanggal 13 Dzulhijjah. Jadi jika ingin menyembelih hewan qurban harus di tanggal 10 Dzulhijjah dan 3 hari tasyrik yaitu 11, 12 dan 13 Dzulhijjah. Jika hewan qurban disembelih lewat dari tanggal yang ditentukan, maka maka hukumnya tidak boleh dan tidak sah atau dianggap bukan berqurban. Sebenarnya lebih baik hewan disembelih setelah melaksanakan sholat Idul Adha, karena merupakan sunnah dan lebih utama.

Demikian itulah beberapa syarat dan kriteria hewan yang bisa disembelih saat Idul Adha. Jangan lupa perhatikan semua ketentuan yang ada ya sobat.  Jadi jika sobat zero ingin melaksanakan qurban harus disiapkan dari jauh-jauh hari ya sobat. Mulai dari mencari hewan qurban yang sesuai hingga mencari tempat untuk penitipan qurban. Biasanya hewan qurban bisa dititipkan di masjid, tapi kamu juga bisa kok melakukannya sendiri disekitar rumah dengan bantuan tetangga atau orang yang biasa menyembelih hewan qurban. Maka dari itu selain menyiapkan keperluan kurban, kamu juga harus menyiapkan keperluan orang-orang yang membantu untuk menyembelih hewan qurban.

Biasanya panitia penyembelihan hewan qurban akan diberikan fasilitas seperti baju/kaos dengan tulisan panitia qurban. Nah kalau kamu ingin memberikan baju/kaos khusus kepada panitia qurban bisa banget nih, itung-itung sedekah dan juga kenang-kenangan ucapan terimakasih. Gausah takut over budget, karena kamu bisa mendapatkan kaos custom untuk panitia qurban dengan harga murah di Zeropromosi.com . Di zeropromosi, kamu bisa mendapatkan kaos dengan bahan dan model yang bisa disesuaikan dengan budget dan kebutuhan. Jadi yuk siapkan keperluan Idul Adha dari sekarang, butuh souvenir kaos ? ingat zeropromosi !
Sekian dan semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk kalian semua ya. Jangan lupa untuk share artikel ini juga ke semua teman, kerabat dan keluarga kamu agar mereka lebih tau tentang kriteria hewan qurban. Terimakasih sudah membaca dan selamat hari raya Idul Adha !😁

» Thanks for reading Berikut Syarat Dan Kriteria Hewan Yang Bisa Disembelih Saat Idul Adha !

0 Response to "Berikut Syarat Dan Kriteria Hewan Yang Bisa Disembelih Saat Idul Adha !"

Posting Komentar

Komentar anda sangat membantu dan kami akan merespon secepatnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *