Beragam Cara Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Pada Generasi Milenial

Hai sobat ! Didalam kehidupan berbangsa dan bernegara tentu ada beberapa peraturan dan kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap warga negara nya tak terkecuali negara kita tercinta, Indonesia. Salah satu yang menjadi dasar dan acuan setiap rakyat Indonesia dalam menjalani kehidupan sehari-hari adalah Pancasila. Yups, Pancasila merupakan pedoman bangsa Indonesia yang juga merupakan jati diri bangsa Indonesia.

Beragam Cara Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Pada Generasi Milenial

Seperti yang kita tahu sejarah dari adanya Pancasila ini juga cukup panjang dan memiliki peran penting terutama sejak Indonesia merdeka. Pancasila sendiri berasal dari bahasa Sanskerta yang terdiri dari dua kata, yaitu 'panca' yang artinya lima dan 'sil'a yang berarti prinsip atau asas. Itu berarti Pancasila merupakan lima pedoman penting bagi rakyat Indonesia dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara. Oleh karena itu Pancasila berperan sangat penting sebagai dasar untuk mengatur pemerintahan negara.
Akan tetapi di jaman modern seperti sekarang ini membuat tak sedikit generasi milenial yang acuh dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Bahkan masih ada yang tidak hafal dengan semua sila yang ada. Semakin canggihnya teknologi membuat banyak generasi milenial yang tidak bisa lepas dari gadgetnya, mereka lebih memilih menggunakan gadget ketimbang buku untuk belajar dan mencari informasi. Memang tidak salah jika dilakukan dengan tepat, akan tetapi hal ini membuat generasi milenial menjadi ketergantungan dengan internet hingga dapat menyalahgunakannya.
Agar generasi milenial dapat memahami dan menanamkan nilai Pancasila kedalam kehidupan sehari-hari, kali ini zeropromosi akan memberikan sedikit rangkuman tentang beragam penerapan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila pada generasi milenial. Yuk langsung aja baca dan simak artikelnya sampai selesai !

Melalui Lembaga Pendidikan merupakan salah satu cara penerapan nilai pancasila pada generasi milenial

Melalui Lembaga Pendidikan merupakan salah satu cara penerapan nilai pancasila pada generasi milenial

Di era modern seperti sekarang ini, peran guru menjadi hal terpenting untuk membantu generasi milenial agar lebih mudah memahami dan mampu menanamkan nilai Pancasila. Oleh karena itu pendidikan tentang Pancasila sangat diperlukan untuk memberikan pemahaman kepada generasi milenial betapa pentingnya Pancasila di negara kita. Lewat pembelajaran di sekolah atau perguruan tinggi yang diberikan akan membantu untuk membentuk karakter yang lebih baik. Pendidikan juga sangat penting bukan hanya untuk menciptakan generasi yang cerdas tapi juga generasi yang dapat menanamkan, mempertahankan, mengembangkan,dan mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila. Jadi pendidikan itu sangat penting ya sobat, jangan sampai karena gadget generasi milenian jadi malas untuk belajar.

Melalui Keluarga merupakan salah satu cara penerapan nilai pancasila pada generasi milenial

Melalui Keluarga merupakan salah satu cara penerapan nilai pancasila pada generasi milenial

Selain pendidikan, keluarga juga memiliki peranan penting untuk membentuk karakter anak. Terlebih lagi keluarga lah yang menjadi pintu utama anak-anak untuk mengenal banyak hal. Oleh karena itu diharapkan setiap orang tua bisa memberikan pendidikan karakter yang baik seperti menggunakan tutur kata yang sopan, tatakrama yang baik, bijak dalam menggunakan teknologi dan harus mampu mengawasi aktifitas anak setiap harinya. Karena seperti yang kita tahu teknologi membuat anak jaman sekarang tumbuh lebih cepat, lewat teknologi canggih saat ini mereka mampu mengetahui apapun dengan mudah. Bahkan anak yang masih balita saja sudah mampu dan mengerti menggunakan gadget. Jadi, agar tidak terjadi hal yang diingan sebaiknya orang tua terus mengawasi aktifitas anak setiap harinya. Dan jangan lupa juga untuk memberikan pengajaran sejak dini tentang penerapan nilai Pancasila. Tidak perlu mengajarkan yang sulit, cukup terapkan nilai Pancasila kedalam lingkup keluarga seperti menghormati dan menghargai orang lain, membantu anggota keluarga, berperilaku sopan dan pentingnya bersikap toleransi. Hal ini harus diajarkan sejak dini agar mereka lebih mudah menerima dan memahaminya.

Gunakan Media Sosial Sebagai Pengarah merupakan salah satu cara penerapan nilai pancasila pada generasi milenial

Gunakan Media Sosial Sebagai Pengarah merupakan salah satu cara penerapan nilai pancasila pada generasi milenial

Dijaman sekarang semua teknologi sudah semakin canggih, semua orang bisa mencari apapun dengan mudah di internet. Sehingga jika tidak di gunakan dengan baik maka akan berdampak buruk terhadap generasi milenial, seperti misalnya adanya tindakan bullying di sosial media, penipuan, hacker dan masih banyak lagi. Agar tidak semakin besar dampak buruk yang dirasakan, kita bisa menjadikan sosial media dan internet sebagai wadah untuk mengarahkan generasi milenial agar bertindak lebih bijak dan mampu menanamkan nilai Pancasila kedalam kehidupan sehari-hari.
Cara yang bisa dilakukan adalah mengurangi situs-situs yang berdampak buruk dan menggantinya dengan konten edukasi kepada generasi milenial. Untuk mencegah kebosanan generasi milenial saat melihat konten edukasi, usahakan gunakanlah bahasa dan penyampaian yang sesuai dengan cara mereka. Entah itu dengan bahasa yang lebih gaul atau memberikan edukasi dengan cara yang lebih seru. Perihal sosial media memang sedikit sulit karena bukan hanya satu atau dua orang yang berperan, tapi semua orang berperan penting untuk membimbing pemuda pemudi generasi milenial untuk menggunakan teknologi dengan sebaik mungkin.

Nah sobat zeropromosi, itulah sedikit rangkuman cara penerapan nilai-nilai Pancasila pada generasi milenial. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kita untuk saling mengingatkan betapa pentingnya mengamalkan nilai-nilai Pancasila kedalam kehidupan sehari-hari. Semoga lewat cara penerapan yang sudah dijelaskan tadi bisa membuat generasi milenial terhindari dari dampak negative globalisasi dan perkembangan jaman ya.

Sekian artikel kali ini semoga bisa memberikan manfaat ya sobat. Jangan lupa share artikel ini juga ke semua teman, kerabat dan keluarga kamu agar bisa saling mengingatkan satu sama lain. Yuk tanamkan nilai-nilai Pancasila kedalam kehidupan kita, agar Indonesia semakin maju ! Terimakasih sudah membacašŸ˜

» Thanks for reading Beragam Cara Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Pada Generasi Milenial

0 Response to "Beragam Cara Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Pada Generasi Milenial "

Posting Komentar

Komentar anda sangat membantu dan kami akan merespon secepatnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Klien Kami