7 Tips dan Cara Agar Generasi Milenial Lebih Mencintai Tanah Air !

Hai sobat zeropromosi ! Waktu terus berlalu, jaman semakin maju bahkan banyak teknologi baru yang bermunculan. Semua hal yang bisa kita rasakan sekarang merupakan salah satu nikmat yang kita dapat dari Tuhan dengan semua usaha dan kerja keras para pahlawan terdahulu yang memperjuangankan kemerdekaan. Bahkan saat setelah kemerdekaan pun para pahlawan harus masih berjuang untuk mengamankan negara dan kita sebagai penerus bangsa sudah seharusnya ikut andil dalam memperjuangan persatuan dan kemajuan bangsa. Tidak perlu angkat senjata apalagi berperang, kita di masa modern sebagai generasi milenial bisa ikut andil dengan cara mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara.

7 Tips dan Cara Agar Generasi Milenial Lebih Mencintai Tanah Air !

Generasi milenial juga bisa melakukannya dengan menunjukkan rasa cinta kepada tanah air. Terdengar lebih mudah bukan, tapi sayangnya generasi milenial menjadi generasi yang rentan terpengaruh dengan perubahan jaman terutama teknologi digital. Kemudahan dalam mengakses dan mencaritahu apapun membuat rasa nasionalisme semakin berkurang. Banyak generasi milenial yang meniru budaya dari negara lain hingga lupa dengan budaya sendiri. Maka dari itu sikap, prilaku dan karakter mereka akan sangat berpengaruh terhadap kemajuan bangsa. Bahkan bisa dibilang maju mundurnya bangsa ini terletak di tangan para generasi milenial yang memiliki mental tangguh, kecerdasan dan keterampilannya dalam memanfaatkan teknologi jaman sekarang. 

Tapi sobat zeropromosi tidak perlu khawatir, karena kali ini zeropromosi akan memberikan sedikit tips dan cara untuk membuat generasi milenial lebih mencintai tanah air dan rasa nasionalisme semakin bertambah. Nah, buat kamu generasi milenial yuk baca dan simak cara mudah mencintai tanah air, Indonesia !

Tidak Menyebar Hoaks dan Ujaran Kebencian

Tidak Menyebar Hoaks dan Ujaran Kebencian merupakan salah satu cara agar generasi milenial lebih cinta tanah air

Seperti yang kita tahu generasi milenial lahir di tengah perkembangan jaman dan tekenologi yang sudah semakin canggih. Oleh karena itu berbagai macam teknologi jaman sekarang sudah tidak asing lagi bagi generasi milenial, seperti misalnya internet dan sosial media. Internet menjadi salah satu teknologi modern yang sudah banyak digunakan, internet sendiri sebenarnya memiliki dampak positif dan juga negative tergantung dengan yang menggunakan. Seperti yang saat ini banyak terjadi, banyak sekali tindak kejahatan yang terjadi di intenet seperti bullying, penipuan, berita hoaks dan banyak lagi. Sebagai generasi milenial penerus bangsa, sudah seharusnya kita menggunakan teknologi intenet dengan bijak. Menggunakan teknologi dengan bijak bisa menjadi salah satu cara untuk kamu menunjukan rasa cinta terhadap tanah air loh. Salah satunya dengan tidak menyebarkan hoaks atau berita palsu yang tidak jelas kebenarannya, tidak mengujar kebencian atau malakukan tindakan bullying. Kedua hal ini menjadi awalan sederhana bagi generasi milenial agar lebih mencintai tanah air. Dengan begitu generasi milenial akan lebih tenang dan nyaman ketika menggunakan internet.

Taat Lalu Lintas Saat Berkendara

Taat Lalu Lintas Saat Berkendara merupakan salah satu cara agar generasi milenial lebih cinta tanah air

Meskipun banyak kendaraan umum yang sudah difasilitasi untuk masyarakat, saat ini masyarakat Indonesia terutama generasi milenial  banyak yang lebih memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi. Bahkan saking banyaknya membuat sebagian kota kota besar mengalami kemacetan yang cukup parah. Sebenarnya kemacetan menjadi hal yang wajar, yang tidak wajar adalah ketika ada yang melanggar peraturan lalu lintas demi kepentingan sendiri. Padahal sudah banyak rambu-rambu lalu lintas yang diberikan, tapi tetap saja masih banyak pelanggaran lalu lintas yang terjadi. Bahkan tak jarang ada kecelakaan yang terjadi karena melanggar aturan. Nah, generasi milenial bisa menunjukan rasa cinta tanah air dengan cara menaati lalu lintas ketika berkendara di jalan. Seperti menggunakan perlengkapan berkendara dengan standar SNI, tidak menerobos lampu merah, ikuti rambu-rambu yang ada, dan tidak kebut-kebutan di jalan. Ini penting untuk dilakukan demi kepentingan dan keamanan bersama, jadi yuk jadi generasi milenial yang disiplin saat berkendara.

Menghargai Karya Seniman Lokal

Menghargai Karya Seniman Lokal merupakan salah satu cara agar generasi milenial lebih cinta tanah air

Seiring berkembangnya jaman dan teknologi, saat ini siapapun bisa dengan mudah mengakses dan mencari tau informasi yang mereka inginkan. Kemudahan ini membuat banyak orang yang gemar membuat konten dan menggunggahnya ke internet atau sosial media. Akan tetapi sangat disayangkan, meskipun mudah untuk mengakses konten dan karya seni orang lain, apresiasi yang didapatkan masih sangat minim. Bahkan tak sedikit ada konten yang dibajak entah itu film pendek atau karya seni lainnya. Oleh karena itu sebagai generasi milenial, kamu bisa menjadi awal untuk memberi contoh kepada yang lain untuk menghargai karya para seniman lokal. Ada banyak cara untuk menghargai karya seni orang lain seperti memberikan saran/kritik yang membangun, tidak menikmati karya bajakan, memberikan pujian atas usaha seniman membuat karya tidak menjiplak serta meminta ijin jika hendak menggunakan karya mereka. Jika ada karya seni yang harus dinikmati dengan membayar seharusnya itu bukan menjadi masalah, pasalnya mereka yang menghasilkannya pun pasti memerlukan biaya yang tidak sedikit. Entah biaya produksi atau tenaga dan ide yang mereka keluarkan. Jadi gapapa ya sobat jika harus membayuar sedikit lebih mahal untuk menikmati hasil karya orang lain.

Menjaga Lingkungan Bersama

Menjaga Lingkungan Bersama merupakan salah satu cara agar generasi milenial lebih cinta tanah air

Cara lain yang bisa kamu dilakukan agar generasi milenial lebih mencintai tanah air adalah dengan menjaga lingkungan bersama-sama. Meskipun terdengar sepele, ternyata cara ini tidak mudah loh dilakukan. Terlebih lagi generasi milenial banyak yang sudah terlalu asik dengan dunia mereka sendiri, bersama gadget dan kurang perduli dengan lingkungan sekitar apalagi untuk sosialisasi dengan yang orang lain. Karena menjaga lingkungan itu bukan hanya menjadi tugas pemerintah, melainkan tugas kita bersama. Bisa dengan cara tidak membuang sampah sembarang, menggunakan fasilitas umum dengan baik, atau melakukan kerja bakti dilingkungan rumah agar generasi milenial bisa bersosialisasi dengan orang lain, bukan hanya gadget.

Nikmati Indahnya Indonesia

Nikmati Indahnya Indonesia merupakan salah satu cara agar generasi milenial lebih cinta tanah air

Hayo siapa nih yang selalu pengen jalan-jalan atau liburan ke luar negeri ? Sebelum kamu keluar negeri, kamu udah telusuri indahnya pemandangan di seluruh penjuru di Indonesia belum ? Kalau belum, lebih baik kamu coba deh traveling ke pelosok dan kota-kota di Indonesia. Setiap kota di Indonesia memiliki keindahannya tersendiri loh sobat, bahkan Indonesia dikatakan sebagai miniaturnya dunia loh. Jadi untuk menambah rasa cinta terhadap tanah air, kamu bisa mengunjung beberapa tempat yang ada di Indonesia terlebih dahulu nih. Seperti kutipan “sebelum mencintai orang lain, cintailah diri sendiri”, kalo di Indonesia aja ada banyak tempat indah sama seperti di luar negeri, lebih baik menikmati keindahan negeri sendiri bukan. Kamu tau tidak, selain menjadi bentuk cinta tanah air, dengan mengunjung tempat-tempat di Indonesia secara tidak langsung kamu membantu warga lokal yang daerahnya kamu kunjungi loh. Karena warga lokal di tempat yang kamu kunjungi pasti ikut serta memelihara sarana dan prasarana di lingkungan pariwisata. Bahkan kamu juga akan memerlukan bantuan mereka untuk mengetahui lebih banyak tentang tempat yang kamu kunjungi.

Bangga Menggunakan Produk Asli Indonesia

Bangga Menggunakan Produk Asli Indonesia merupakan salah satu cara agar generasi milenial lebih cinta tanah air

Cara lain yang menunjukkan bahwa kamu cinta tanah air adalah jika kamu merasa bangga menggunakan produk lokal asli buatan Indonesia. Meskipun sederhana tapi ini memiliki pengaruh yang cukup besar loh, terutama untuk perekonomian dalam negeri. Dengan menggunakan produk lokal buatan Indonesia, itu tandanya kamu telah berkontribusi untuk mendukung eksistensi para produsen dan pengrajin dalam negeri, terutama UMKM. Dengan membeli produk lokal, secara otomatis kamu juga ikut menggerakkan perekonomian nasional dan meningkatkan pendapatan negara. Lagipula produk lokal asli buatan Indonesia itu bagus-bagus dan berkarakter loh sobat, bahkan sudah banyak produk lokal asli Indonesia yang terkenal hingga mendunia. Seperti kopi luwak, batik, kain tenun, kebaya dan masih banyak lagi. Gimana, pasti bangga kan dengan produk lokal yang beragam dan keren-keren ?
Oiya buat sobat zero yang ingin mengadakan acara bisa loh memberikan souvenir buatan Indonesia yang bisa kamu dapatkan di Zeropromosi. Di Zeropromosi ada banyak jenis souvenir keren yang dibuat dan produksi sendiri dengan model keren dan kualitas premium. Kamu juga bisa menambahkan keterangan logo atau nama acara dan brand di souvenir yang kamu inginkan. Jadi generasi milenial yang menerima souvenir akan terus ingat dengan acara mu dan juga makin cinta dengan produk dalam negeri.

Menjaga Persatuan dan Kemajuan Bangsa

Menjaga Persatuan dan Kemajuan Bangsa merupakan salah satu cara agar generasi milenial lebih cinta tanah air

Mendekati hari Pancasila, sobat zero pasti ingat kan bahwa Pancasila dilambangkan dengan perisai yang terdapat symbol dari kelima 5 dalam Pancasila. Perisai dengan lambang setiap sila ini terdapat di bagian  tengah burung garuda dengan kaki burung yang mencengkram erat pita bertuliskan semboyan kita yaitu Bhineka Tunggal Ika. Semboyan ini memiliki makna yang dalam loh, dengan artian “Berbeda-beda tetapi tetap satu”. Itu artinya dengan ragam kebudayaan dan perbedaan yang ada, kita semua tetap satu yaitu bangsa Indonesia. Sebagai generasi milenial penerus bangsa sudah menjadi kewajiban untuk mengingat semboyan negara kita. Karena masa depan bangsa ada di tangan kita, jadi banyaknya perbedaan harusnya menjadikan kita lebih bijak dan semakin kuat. Bukan malah menjadi terpecah dan menghancurkan bangsa ya sobat. Jadi meskipun berbeda kita harus saling menghargai dan menghormati satu sama lain ya sobat.
Nah sobat zeropromosi, itulah beberapa tips dan cara agar generasi milenial lebih mencintai tanah air. Selalu ingat bahwa nikmatnya kemederkaan saat ini adalah usaha dan jerih payah para pahlawan terdahulu. Jadi yuk sama-sama kita teruskan perjuangan para pahlawan dengan menjadi generasi anak bangsa yang cerdas dan berkarakter!

Sekian dan semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua ya. Jangan lupa share artikel ini juga ke semua teman, kerabat dan keluarga kamu ya. Terimakasih­čśü

» Thanks for reading 7 Tips dan Cara Agar Generasi Milenial Lebih Mencintai Tanah Air !

0 Response to "7 Tips dan Cara Agar Generasi Milenial Lebih Mencintai Tanah Air ! "

Posting Komentar

Komentar anda sangat membantu dan kami akan merespon secepatnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Klien Kami