Silahkan Bandingkan Harga Kami dengan yang lain! 0877 8185 7176 0877 8186 7176

6 Cara Untuk Hadapi Perubahan Perilaku Konsumen Selama Pandemi Covid-19

Halo sobat zeropromosi ! Sudah hampir 1 tahun lamanya pandemi covid-19 ada di Indonesia dan membuat banyak perubahan terjadi. Mulai dari peraturan PSBB hingga memasuki era new normal yang masih berlangsung hingga saat ini. Pemberlakukan era new normal mungkin tidak seburuk sebelumnya dimana banyak masyarakat yang harus melakukan berbagai aktifitasnya dirumah hingga banyak juga perusahaan yang gulung tikar.

6 Cara Untuk Hadapi Perubahan Perilaku Konsumen Selama Pandemi Covid-19

Akan tetapi saat new normal diberlakukan bukan berarti masyarakat bisa bebas untuk melakukan semua aktifitas seperti biasanya, tetapi masyarakat harus melakukan segala aktifitasnya dengan aturan dan protokol kesehatan. New normal justru menjadi tantangan sendiri bagi banyak orang terutama mereka yang memiliki usaha. New normal membawa banyak sekali perubahan untuk sektor ekonomi karena banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaan sehingga daya beli pun semakin menurun. Selain itu perilaku konsumen pun terus berubah sehingga pebisnis membutuhkan adanya penyesuaian dan adaptasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di masa new normal. 

Oleh karena itu hari ini zeropromosi ingin memberikan sedikit rangkuman dan tips untuk kamu para pebisnis dan pengusaha agar bisa menghadapi perubahan perilaku konsumen yang terjadi selama pandemi covid-19. Yuk simak tips nya di artikel berikut ini !

Lakukan Riset Dan Mulai Untuk Adaptasi

Lakukan Riset Dan Mulai Untuk Adaptasi merupakan salah satu cara untuk menghadapi perubahan perilaku konsumen selama pandemi

Hal yang paling utama dan paling awal untuk kamu lakukan saat menyadari aadanya perubahan perilaku konsumen adalah mencoba untuk melakukan riset konsumen dan berusaha untuk mulai beradaptasi dengan pola pikir dan perilaku konsumen sekarang. Karena menurut Devina Halim, VP Investment East Ventures  “Kegigihan dan kemampuan beradaptasi pemilik usaha menjadi faktor penting dalam menentukan kesuksesan usaha yang dibangun.” Oleh karena itu kamu bisa memulai untuk mencari tau tentang perubahan apa saja yang terjadi dan cobalah untuk mencari tau apa yang saat ini dibutuhkan oleh konsumen. Dengan begitu kamu bisa tau apa yang harus kamu lakukan untuk bisa beradaptasi ditengah perubahan perilaku konsumen yang begitu signifikan. Dari semua hasil yang kamu dapat, kamu jadi tau apakah bisnis mu sudah sesuai dengan yang mereka butuhkan atau belum.

Cek Dan Kelola Ulang Arus Kas

Cek Dan Kelola Ulang Arus Kas merupakan salah satu cara untuk menghadapi perubahan perilaku konsumen selama pandemi

Seperti yang sudah kita ketahui, semenjak pandemi covid-19 daya beli masyarakat semakin berkurang. Ini karena masyarakat jadi lebih perduli dengan kesehatan yang membuat masyarakat menahan konsumsinya dan memprioritaskan pada kebutuhan harian serta tabungan untuk kedepannya. Oleh karena itu sebagai seorang pebisnis yang sudah mengetahui perubahan perilaku konsumen, sudah semestinya kamu mengecek kembali kondisi keuangan dan arus kas bisnis kamu. Keuangan menjadi bagian paling penting bagi pebisnis dan pengusaha, oleh karena itu cobalah untuk mengola kembali arus kas keuangan bisnis kamu dan menyusunnya dengan sebaik mungkin. Usahakan untuk meninjau ulang keuangan mu secara rutin agar arus kas tetap lancar dan sehat selama pandemi. Jangan lupa untuk selalu pastikan bahwa usaha kamu bisa terus bertahan dengan keuangan yang kamu miliki.

Siapkan Dana Darurat

Siapkan Dana Darurat  merupakan salah satu cara untuk menghadapi perubahan perilaku konsumen selama pandemi

Di masa pandemi yang tidak tau kapan akan berkahir membuat kamu juga perlu untuk menyiapkan dana darurat atau dana cadangan jika sewaktu-waktu bisnis dan usaha kamu mengalami penurunan omset dan risiko yang lainnya. Meski diperuntukkan mengatasi berbagai kondisi darurat tertentu, kamu harus tau kira-kira berapa dana darurat yang kamu perlukan. Kamu bisa menyiapkan dana darurat untuk bisnis setidaknya senilai tiga sampai enam kali dari pengeluaran bulanan yang kamu gunakan untuk bisnis. Pastikan kamu terus menyimpan dana ini ya sobat, jangan sampai terambil karena kebutuhan pribadi atau kebutuhan bisnis lainnya yang kurang penting. Karena menyiapkan dana darurat amatlah penting untuk mengantisipasi terjadinya risiko bisnis.

Buat Inovasi Bisnis Baru Yang Lebih Relevan

Buat Inovasi Bisnis Baru Yang Lebih Relevan merupakan salah satu cara untuk menghadapi perubahan perilaku konsumen selama pandemi

Saat terjadinya perubahan perilaku konsumen dari yang tadinya banyak konsumen membeli pakaian jadi beralih membeli peralatan kesehatan. Hal ini mungkin sangat wajar terjadi, jadi sebagai pebisnis kamu harus bisa beradaptasi dan menciptakan inovasi-inovasi bisnis baru yang lebih relevan dan sesuai dengan apa yang saat ini konsumen butuhkan. Kamu bisa mencoba untuk sedikit mengubah bisnis kamu misal dari yang tadinya memiliki usaha butik dan ritel pakaian beralih menjadi pembuat masker kain dan sebagainya.

Buat Strategi Pemasaran Yang Lebih Efektif

Buat Strategi Pemasaran Yang Lebih Efektif merupakan salah satu cara untuk menghadapi perubahan perilaku konsumen selama pandemi

Masa new normal menjadi kesempatan untuk menggerakkan kembali roda perekonomian yang sempat melambat dampak dari pandemi COVID-19. Banyak pebisnis dan pengusaha yang berusaha untuk  melakukan penataan ulang strategi pemasaran untuk mencapai efisiensi yang lebih baik dan bisa menarik hati para konsumennya. Selain membuat inovasi baru dan meningkatkan kualitas dari segala segi baik pelayanan hingga produk yang ditawarkan, kamu juga harus meningkatkan strategi pemasaran agar lebih unggul dari kompetitor. Sebelum itu kamu perlu tau siapa yang akan menjadi target pasar agar strategi yang kamu buat tidak sia-sia. Setelah kamu mengetahui siapa targetnya dan bagaimana strateginya, kamu akan jadi lebih mudah untuk melakukan kegiatan promosi. Dengan begitu kamu akan lebih mudah untuk memikat konsumen dan mendapatkan omset.

Manfaatkan Teknologi Digital

Manfaatkan Teknologi Digital merupakan salah satu cara untuk menghadapi perubahan perilaku konsumen selama pandemi

Dengan adanya kebijakan protokol kesehatan membuat banyak masyarakat beralih ke digital platform dan lebih memilih untuk melakukan banyak aktifitas secara online. Mulai dari kegiatan belajar mengajar, bekerja, hingga membeli kebutuhan sehari-hari.  Bukan hanya memahami konsumen dari segi kebutuhan, kamu juga harus mampu untuk memahami kekhawatiran mereka saat melakukan aktifitas secara offline. Oleh karena itu dengan adanya teknologi masa kini yang lebih modern dan mudah digunakan bisa kamu manfaatkan untuk memperluas jangkauan pasar. Apalagi saat ini sudah banyak media sosial, marketplace, aplikasi pesan antar makanan dan lainnya yang bisa kamu gunakan untuk memudahkan konsumen ketika ingin menjangkau produk atau jasa yang kamu tawarkan.  Jadi cobalah untuk lebih update dengan memanfaatkan berbagai platform media sosial yang ada.
Nah sobat zeropromosi itulah beberapa cara untuk menghadapi perubahan perilaku konsumen yang terjadi selama pandemi covid-19. Dengan berbagai cara dan tips yang sudah kami jelaskan bisa menjadi inspirasi untuk sobat zero agar bisa menghadapi perubahan selama pandemi dan tetap mempertahankan bisnis yang sudah dijalani selama ini.

Sekian artikel kali ini semoga bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu ya. Jika kamu butuh merchandise ataupun souvenir untuk kegiatan promosi, kamu bisa mendapatkannya di zeropromosi. Zeropromosi menyediakan berbagai jenis merchandise promosi custom yang menarik dan berkualitas dengan harga terjangkau. Jadi jika Butuh Souvenir/Merchandise Promosi ? Ingat Zeropromosi !

Terimakasih sudah membaca dan sampai jumpa !😁

» Thanks for reading 6 Cara Untuk Hadapi Perubahan Perilaku Konsumen Selama Pandemi Covid-19

0 Response to "6 Cara Untuk Hadapi Perubahan Perilaku Konsumen Selama Pandemi Covid-19"

Posting Komentar

Komentar anda sangat membantu dan kami akan merespon secepatnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *