Silahkan Bandingkan Harga Kami dengan yang lain! 0877 8185 7176 0877 8186 7176

5 Perubahan Perilaku Konsumen Yang Terjadi Selama Pandemi Covid-19

Halo sobat zeropromosi ! Pandemi Covid-19 yang menyerang Indonesia sejak awal tahun 2020 membuat banyak sekali perubahan. Mulai dari sistem dan peraturan pemerintah yang menerapkan protokol kesehatan seperti wajib menggunakan masker, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dan tidak keluar rumah jika tidak ada keperluan yang penting. Hal ini tentu bukan hanya mempengaruhi lingkungan sekitar tapi juga membuat perilaku dan kebiasaan masyarakat ikut berubah. Bukan hanya perihal kesehatan tapi juga merubah perilaku masyarakat sebagai konsumen.

5 Perubahan Perilaku Konsumen Yang Terjadi Selama Pandemi Covid-19

Pandemi covid-19 memang lumayan memberikan dampak yang cukup besar terhadap kegiatan perekonomian sehingga tidak heran jika pola pikir dan perilaku masyarakat juga perlahan-lahan ikut berubah. Hal ini tentu sangat penting untuk diketahui oleh para pebisnis dan pengusaha agar mereka bisa menyesuaikan cara pemasaran dengan perilaku konsumen jaman sekarang agar bia bertahan di tengah pandemi. 

Oleh karena itu hari ini zeropromosi akan memberikan sedikit informasi dan penjelasan tentang apa sih saja sih perubahan perilaku konsumen yang terjadi dan kira-kira bagaimana cara untuk menanganinya? Nahhh sobat zero yang sedang berjuang mempertahankan bisnis dan usaha, yuk simak penjelasannya di artikel berikut ini !

Lebih Mawas Diri Dengan Melakukan Aktifitas Minim Kontak Fisik

Lebih Mawas Diri Dengan Melakukan Aktifitas Minim Kontak Fisik merupakan salah satu perubahan perilaku konsumen yang terjadi selama pandemi covid-19

Sudah tidak dipungkiri lagi sejak awal masuknya virus covid-19 ke Indonesia pada awal tahun 2020 membuat banyak masyarakat lebih waspada bahkan ada yang berlebihan. Ternyata adanya virus covid-19 ini membuat banyak perubahan perilaku masyarakat terutama ketika menjadi seorang konsumen. Kebanyakan konsumen saat ini akan lebih mawas diri atau waspada ketika ingin melakukan sesuatu entah itu menghadiri acara, membeli keperluan dan bekerja. Banyak dari mereka lebih memilih untuk tetap di rumah agar tidak bertemu dengan banyak orang yang bisa saja menambah jaringan untuk virus menyebar lebih luas. Hal ini mungkin sangat wajar apalagi dengan adanya peraturan dari pemerintah untuk menerapkan physical distancing dan social distancing. Mereka jadi lebih perduli dengan kesehatan diri sendiri dan juga orang disekitar mereka. Oleh karena itu sebagai pebisnis kamu bisa mengakali perubahan perilaku konsumen yang satu ini dengan memastikan dan meyakinkan kepada konsumen bahwa apa yang kamu jual itu aman karena kamu menerapkan protokol kesehatan seperti menyemprotkan desinfektan sebelum diberi ke konsumen dan yang lainnya.

Lebih Suka Bisnis Lokal

Lebih Suka Bisnis Lokal merupakan salah satu perubahan perilaku konsumen yang terjadi selama pandemi covid-19

Di tengah pandemi covid-19 tentu membuat semua orang jadi lebih hati-hati jika ingin melakukan dan membeli sesuatu. Oleh karena itu ditengah pandemi banyak masyarakat lebih suka untuk membuat sesuatu sendiri seperti misalnya memasak makanan. Apalagi dengan banyaknya tips-tips memasak dan resep makanan yang beredar luas di internet membuat banyak masyarakat jadi lebih kreatif dan tak sedikit juga yang mengubahnya menjadi sebuah usaha dirumah. Oleh karena itu di tengah pandemi ada banyak yang melakukan gerakan untuk mendukung bisnis lokal di tengah pandemi guna membantu mayarakat. Oleh karena itu saat ini banyak konsumen lebih suka membeli produk dari bisnis lokal sebagai bentuk dukungan mereka terhadap bisnis lokal. Nah dengan perubahan perilaku baru konsumen ini bisa kamu jadikan sebagai info tambahan untuk kamu agar bisa beradaptasi dengan baik dan bisa memunculkan ide baru bagi bisnis dan usaha kamu.

Melakukan Kegiatan Serba Online

Melakukan Kegiatan Serba Online merupakan salah satu perubahan perilaku konsumen yang terjadi selama pandemi covid-19

Adanya peraturan dan himbauan untuk tetap dirumah dan melakukan protokol kesehatan berupa social distancing. Dengan adanya himbauan ini membuat banyak kegiatan dilakukan secara online, mulai dari kegiatan belajar mengajar, seminar, menyaksikan hiburan hingga membeli kebutuhan juga dilakukan melalui online. Hal ini tentu dilakukan guna meminimalisir adanya kontak fisik yang memudahkan virus tersebar lebih luas. Sehingga tidak heran jika perubahan perilaku yang satu ini sangat menonjol, apalagi dengan semakin canggihnya teknologi membuat semua hal bisa diakses dengan mudah. Oleh karena itu sebagai seorang pebisnis yang mungkin masih melakukan pemasaran offline bisa mencoba untuk terjun ke dunia pemasaran online sehingga usaha dan bisnis kamu bisa lebih mudah di akses dan dijumpai oleh konsumen tanpa perlu keluar rumah dan khawatir tertular virus. Sudah banyak ko platform media sosial dan e-commerce yang bisa kamu gunakan mulai dari instagram, facebook, dan masih banyak lagi. Yang penting kamu harus terus update dan ikuti trend ya sobat.

Metode Pembayaran Berbasis Digital

Metode Pembayaran Berbasis Digital merupakan salah satu perubahan perilaku konsumen yang terjadi selama pandemi covid-19

Seiring dengan berkembangnya teknologi membuat pola pikir dan perilaku konsumen juga semakin berkembang, apalagi semenjak adanya virus corona membuat banyak hal dilakukan secara online. Untuk melengkapi perilaku konsumen yang semua dilakukan secara online, saat ini pembayaran berbasis digital juga sedang menjadi trend dan sudah dilakukan oleh banyak masyarakat. Digital Payment atau pembayaran berbasis digital ini menjadi sebuah cara tepat yang dilakukan melalui online dengan bantuan gadget dan smartphone. Melalui smartphone mereka bisa melakukan transaksi non-tunai dengan digital payment dimanapun dan kapanpun. Apalagi di tengah pandemi virus covid-19 WHO menyebutkan uang tunai berpotensi menyebarkan Covid-19 sehingga pembayaran secara digital ini semakin digemari oleh konsumen karena lebih praktis dan aman. Sebagai pebisnis dan pengusaha, kamu bisa tarik minat konsumen dengan menyediakan layakan digital payment yang mempermudah mereka saat melakukan transaksi tanpa pelu kontak fisik. Dengan cara ini tentu membuat konsumen merasa mendapatkan layanan yang sesuai dengan apa yang sedang mereka butuhkan saat ini.

Konsumen Lebih Fokus Dengan Harga

Konsumen Lebih Fokus Dengan Harga merupakan salah satu perubahan perilaku konsumen yang terjadi selama pandemi covid-19

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa pandemi ini memiliki dampak yang cukup besar terhadap sektor ekonomi, banyak perusahaan yang gulung tikar akibat pandemi covid-19 bahkan banyak juga para pekerja yang harus kehilangan pekerjaannya. Efek dari pandemi ini menyebabkan daya beli konsumen menurun secara drastis. Hal ini terjadi karena saat ini masyarakat lebih memprioritaskan kebutuhan pokok dan suplemen kesehatan untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang virus. Oleh karena itu kamu bisa gunakan ide promosi yang lebih tepat dan efektif  seperti memberikan promo besar-besaran, memberikan hadiah, memberlakukan sistem pembelian bundling dan banyak lagi.
Nah sobat zeropromosi itulah beberapa perubahan perilaku konsumen yang terjadi selama pandemic Covid-19. Kita tidak tau kapan pandemi berakhir, oleh karena itu sebagai pebisnis kamu harus bis memahami perubahan yang terjadi agar bisa memberikan pelayanan yang sesuai dan lebih baik lagi kepada konsumen. Mungkin terbilang cukup sulit tapi dengan pengetahuan akan kondisi yang sekarang bisa membantu kamu untuk menciptakan ide baru untuk bisnis dan usaha kamu.

Demikian dan semoga artikel ini bisa menginspirasi dan memberikan manfaat untuk kamu. Jangan lupa share artikel ini ke teman, kerabat dan keluarga kamu ya sobat, agar mereka tau tentang perkembangan dan informasi masa kini.

Terimakasih dan semangat untuk para pejuang bisnis !😁

» Thanks for reading 5 Perubahan Perilaku Konsumen Yang Terjadi Selama Pandemi Covid-19

0 Response to "5 Perubahan Perilaku Konsumen Yang Terjadi Selama Pandemi Covid-19"

Posting Komentar

Komentar anda sangat membantu dan kami akan merespon secepatnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *