Tradisi Unik Jelang 17 Agustus di berbagai Daerah di Indonesia

Guys, kalian tau enggak sih selama moment perayaan 17 Agustus di negeri ini selalu ada acara apa?

Selain momentum upacara bendera untuk memperingati Hari Kemerdekaan, konser musik dengan tema kemerdekaan atau juga dilaksanakannya lomba-lomba khas 17-an seperti lomba makan kerupuk, balap karung, panjat pinang dan lain-lain.

Tradisi Unik Jelang 17 Agustus di berbagai Daerah di Indonesia
Apakah kalian tau, nyatanya masih banyak tradisi-tradisi yang dilakukan masyrakat Indonesia dalam menyemarakkan hari kemerdekaan ini. Mungkin tradisi-tradisi yang berasal dari berbagai daerah ini masih kedengaran asing di telinga tapi tradisi unik berikut selalu dilakukan rutin tiap tahun lhoo.
Tradisi-tradisi unik itu diantara sebagai berikut ;

Tradisi Baritan dari Malang, Jawa Timur Jelang 17 Agustus

Tradisi Baritan dari Malang, Jawa Timur Jelang 17 Agustus
Tradisi asal Kota Apel ini dilakukan dengan, masyarakat setempat duduk secara lesehan bersama-sama, seraya menikmati nasi tumpeng berserta lauk pauknya. Makna tradisi ini adalah sebagai bentuk wujud rasa syukur atas segala berkat yang telah Tuhan berikan.
Tapi sebelum acara makan-makan ini dimulai, dilakukan sebuah sambutan dahulu dari para tetua dan pihak berwajib. Sambutan yang berisikan tentang nasehat dan pesan moral, juga menilas balik akan perjuangan para pahlawan terdahulu dalam mengusir para penjajah hinga Indonesia merdeka.

Tradisi Lomba Sampan Layar dari Batam Jelang 17 Agustus

Tradisi Lomba Sampan Layar dari Batam Jelang 17 Agustus
Tau enggak kalian kalo tradisi lomba sampan layar ini udah diselenggarakan sejak tahun 1959? Dan sampai sekarang tradisi itu masih terus dilakukan. Gimana enggak mantul coba!
Lomba sampan layar dilakukan di laut ya guys, biasanya para penonton bakal memadati area sekitar tepi laut bahkan nih bisa sampai ke area Pelabuhan Belakang Padang.
Salah satu hal yang bikin orang-orang tertarik buat nonton perlombaan ini, selain pertandingannya seru dengan sampan para peserta yang warna-warni, ditambah pemandangan langit biru bertemu dengan birunya air laut. Disini kita bisa melihat latar belakang gedung pencakar langit di Singapura lho. Double mantul kan?
Kalo ada kesempatan bisalah nonton lomba sampan layar di Batam ini, hehe.

Tradisi Lari Obor Estafet dari Semarang, Jawa Tengah Jelang 17 Agustus

Tradisi Lari Obor Estafet dari Semarang, Jawa Tengah Jelang 17 Agustus
Masyarakat Semarang enggak bakalan melewatkan tradisi ini, dari tahun ke tahun tradisi lari obor estafet ini terus dilakukan.
Tradisi ini juga dilakukan oleh semua kalangan lho,baik anak-anak, remaja hingga orang dewasa entah itu laki-laki atau perempuan boleh mengikuti ajang peringatan 17an ini.
Serunya guys, lari obor estafet ini dilakukannya pas malam hari lhoo.
Tradisi lari obor estafet ini adalah obor yang mereka bawa merupakan simbol semangat yang berapi-api yang dimiliki oleh para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa ini.

Tradisi Lomba Dayung dari Banjarmasin Jelang 17 Agustus

Tradisi Lomba Dayung dari Banjarmasin Jelang 17 Agustus
Kalo di Batam tadi ada tradisi lomba sampan layar, Banjarmasin juga enggak mau kalah dong ya. Kota berjuluk Kota Seribu Sungai ini mempunyai tradisi yang setiap tahunnya selalu digelar dan pastinya penuh semarak, nama tradisi ini adalah lomba dayung.
Lomba Dayung diselengarakan di sungai ya guys, bukan di laut seperti lomba sampan layar. Perlombaan ini biasanya dilakukan diatas Sungai Martapura. Peserta lomba dibagi dalam beberapa kelompok, satu kelompok terdiri dari 10 orang guys. Siapa yang berhasil mencapai garis finish dahulu dialah pemenangnya, yang berhak menerima hadiah dan juga piala bergilir dari Gubernur. Wuuihh.
Oh ya, jarak tempuh perlombaan ini adalah 500meter yah, jadi biar dapat reward semangat ngedayungnya. Jangan kasih kendor bosque!

Tradisi Pacu Kude dari Aceh Jelang 17 Agustus

Tradisi Pacu Kude dari Aceh Jelang 17 Agustus
Kota dengan sebutan Serambi Mekkah ini juga punya tradisi yang enggak kalah oke dari daftar diatas guys.
Namanya Pacu Kude
Yaps dari namanya sih udah ketauan tradisi ini melibatkan apa ya guys, so pasti kuda lah!
Pacu Kude ini asal muasalnya dari daerah Aceh Tengah guys, dan pada dasarnya pula tradisi ini adalah sebuah perlombaan balap kuda antar kampung.
Ratusan orang dengan sangat rela berdesakan demi menyaksikan serunya perlombaan ini dan menyerukan jagoan mereka agar menang. Yang lebih luar biasanya lagi adalah para joki dalam perlombaan ini tidak mengenakan pelana lho. Ngeri gak sih???
Jika kamu mau mengikuti perlombaan ini maka kamu harus berusia paling minimal 12 tahun dan maximal 20 tahun. Wahh pesertanya harus muda ya ternyata.

Dari daftar diatas mana kira-kira yang pengen kalian lihat secara langsung? Apa kalian tahu bahwa masih ada tradisi unik di negeri ini dalam perayaan 17 Agustus??
If you found another one, just leave one comment
Jangan lupa share ya apabila artikel ini bermanfaat.

» Thanks for reading Tradisi Unik Jelang 17 Agustus di berbagai Daerah di Indonesia

0 Response to "Tradisi Unik Jelang 17 Agustus di berbagai Daerah di Indonesia"

Posting Komentar

Komentar anda sangat membantu dan kami akan merespon secepatnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *