7 Alasan Kenapa bulan Ramadhan begitu istimewa

Zeropromosi - Dalam satu tahun ada salah satu bulan yang dimana semua umat Muslim diseluruh dunia menunggu kedatangannya, satu bulan yang sangat begitu istimewa untuk mereka. Bulan itu adalah bulan Ramadhan, bulan dimana diwajibkannya semua umat muslim untuk melakukan puasa atau shaum.

7 Alasan Kenapa bulan Ramadhan begitu istimewa
Puasa atau shaun merupakan rukun islam ketiga, yang berarti menahan diri dari makan dan minum serta segala hal yang bisa membatalkan puasa mulai dari terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari, dengan syarat tertentu untuk meningkatkan ketakwaan seorang muslim (dikutip dari Wikipedia).

Menahan makan dan minum serta hawa nafsu selama satu bulan penuh memanglah bukan yang hal yang mudah, banyak sekali godaan yang harus dilawan supaya puasa tetaplah lancar sampai nanti di hari terakhir.

Sekalipun bulan yang berat namun bulan Ramadhan tetaplah menjadi bulan yang sangat istimewa bagi para pemeluk agama Islam, mengapa demikian? Karena Bulan Ramadhan memiliki banyak keistimewaan yang tidak dimiliki oleh bulan-bulan lainnya.
Apa sajakah itu?

01. BULAN RAMADHAN ADALAH BULAN DIMANA KITAB SUCI AL-QUR’AN DITURUNKAN.

BULAN RAMADHAN ADALAH BULAN DIMANA KITAB SUCI AL-QUR’AN DITURUNKAN.
Bulan Ramadhan adalah bulan yang suci dan dibulan inilah juga Al-qur’an yang merupakan kitab suci umat Islam diturunkan. Allah SWT menurunkan Al-qur’an sebagai pedoman dan juga petunjuk untuk para umat muslim dalam menjalani kehidupan dan juga pembedaan antara yang benar dan salah.
Membaca Al-qur’an dibulan Ramadhan juga sangatlah istimewa karena pahala yang dilipatkan gandakan sampai sepuluh kali dari bulan-bulan biasanya.

02. BULAN RAMADHAN ADALAH BULAN YANG PENUH AMPUNAN.

BULAN RAMADHAN ADALAH BULAN YANG PENUH AMPUNAN
Meskipun datangnya hanya setahun sekali namun bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh akan ampunan dari Allah SWT. Setiap muslim yang dengan bersungguh-sungguh bertaubat dan serta ibadah puasa dengan ikhlas, niscaya dosa-dosanya dimasa lalu akan diampuni oleh Allah SWT, ia akan suci kembali layaknya seorang bayi yang baru lahir.

Seperti yang dikatakan oleh hadist riwayat Bukhori dan Muslim “Barang siapa yang berpuasa dengan penuh iman dan mengharap pahala, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.”

03. SETIAP AMALAN YANG DILAKUKAN AKAN DILIPAT GANDAKAN NILAINYA SAAT BULAN RAMADHAN.

SETIAP AMALAN YANG DILAKUKAN AKAN DILIPAT GANDAKAN NILAINYA SAAT BULAN RAMADHAN
Disetiap kebaikan atau ibadah yang kita lakukan pasti akan mendapat suatu ganjaran atau pahala. Begitu dengan amalan baik dan ibadah yang dilakukan saat bulan Ramadhan, bedanya adalah di bulan ini ganjaran atau pahala yang kita dapatkan akan dilipat gandakan oleh Allah SWT. Maka tidak heran banyak orang yang melakukan ibadah dan juga amalan-amalan baik dibulan suci Ramadhan.

04. BULAN RAMADHAN ADALAH BULAN DIMANA ADA MALAM LAILATUL QADAR.

BULAN RAMADHAN ADALAH BULAN DIMANA ADA MALAM LAILATUL QADAR
Pada malam 10 hari terakhir dibulan Ramadhan, ada beberapa waktu diantaranya ada malam yang disebut dengan Lailatul Qadar, malam yang begitu mulia dan digambarkan lebih baik dari seribu bulan.

 “Sesungguhnya Kami sudah menurunkannya (Al-qur’an) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Serta tahukan kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS Al-Qadr 1-3)

05. BULAN RAMADHAN ADALAH BULAN YANG PENUH BERKAH.

BULAN RAMADHAN ADALAH BULAN YANG PENUH BERKAH
Bulan Ramadhan berlangsung selama 30 hari, dimana berkah bulan suci Ramadhan dibagi dalam tiga garis besar :
• Sepuluh malam pertama, periode dimana kita dirahmati secara penuh oleh Allah SWT.
• Sepuluh hari kedua, merupakan periode dimana Allah SWT memberikan banyak maghfirah atau ampunan.
• Sepuluh hari terakhir, adalah periode pembebasan manusia dari api neraka.

Dengan kata lain setiap hari yang kita lalui selama bulan Ramadhan, Allah SWT selalu memberikan begitu banyak berkah, mulai dari rahmat-Nya, ampunan-Nya dan serta pahala yang dilipatkan gandakan oleh-Nya.

06. BULAN DIMANA SETAN DIBELENGGU, PINTU NERAKA DITUTUP DAN PINTU SURGA TERBUKA DENGAN LEBAR.

BULAN DIMANA SETAN DIBELENGGU, PINTU NERAKA DITUTUP DAN PINTU SURGA TERBUKA DENGAN LEBAR
“Jika datang Ramadhan, maka dibukalah pintu-pintu surga, ditutup pintu-pintu neraka serta syetan dibelenggu.” (HR. Muslim)

Seperti hadis diatas, saat bulan Ramadhan telah tiba maka para syetan dibelenggu supaya tidak menggangu manusia dalam menjalankan ibadah puasa dan berbuat maksiat. Jika si manusia tersebut melakukan perbuatan manusia itu dikarena ia tidak bisa menahan hawa nafsu.

Begitupun dengan pintu neraka yang ditutup sedangkan pintu surga dibuka selebar-lebarnya, agar manusia semakin semangat dalam menjalankan ibadah puasa dan berbuat kebaikan.

07. BULAN RAMADHAN ADALAH BULAN DIMANA DIKABULKANNYA DO’A.

BULAN RAMADHAN ADALAH BULAN DIMANA DIKABULKANNYA DO’A
Selain bulan yang penuh akan dengan ampunan, bulan Ramadhan juga merupakan bulan dikabulkannya do’a, tentunya do’a yang dilakukan dengan ikhlas dan juga adab yang baik.

“Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan dan setiap muslim apabila dia memanjatkan do’a maka tentu dikabulkan.” (HR. Al Bazaar dari Jabir bin ‘Abdillah)

“Tiga orang yang do’anya tidak tertolak : orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil dan do’a orang yang dizholilimi.” (HR At Tirmidzi)

Masih banyak keistimewaan bulan ramadhan, yang datang hanya satu tahun sekali ini. Sebagai umat Muslim marilah senantiasa meningkatkan ibadah kita di bulan Ramadhan ini karena belum tentu kita bisa bertemu dengannya ditahun depan. Begitu banyak berkah yang diberikan oleh Allah SWT dibulan ini, apakah kita hanya menyia-nyiakannya begitu saja? Tentu tidak bukan.

Semoga bermanfaat ya
Penulis : Maya

» Thanks for reading 7 Alasan Kenapa bulan Ramadhan begitu istimewa

0 Response to "7 Alasan Kenapa bulan Ramadhan begitu istimewa"

Posting Komentar

Komentar anda sangat membantu dan kami akan merespon secepatnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *