3 Kata Ajaib Penuh Makna : Maaf, Tolong, dan Terima Kasih

Sobat zero - Sejak kecil kita pasti diajarkan oleh kedua orang tua tentang sopan santun. Kepada siapapun, dimanapun itu namanya bersikap sopan dan santun itu perlu malah wajib.

Ada banyak sekali hal yang hal yang diajarkan mereka perihal sopan santun, contoh simplenya adalah selalu meminta maaf jika kita telah berbuat salah. Menggunakan kalimat yang baik ketika meminta pertolongan. Dan mengucapkan terima kasih kepada seseorang yang telah memberikan bantuan atau apapun kita kepada kita.

3 Kata Ajaib Penuh Makna : Maaf, Tolong, dan Terima Kasih
Seiring berkembangnya peradaban, kata seperti maaf, tolong dan terima kasih seolah mulai dilupakan dalam kehidupan sehari-hari. Mereka tidak lagi beranggapan bahwa ketiga kalimat tersebut begitu sakral dalam berhubungan antar makhluk social.
Orang dengan mudahnya menghilangkan kata tolong ketika memerlukan bantuan, contohnya : "Ambilin sepatu gue dong di lemari."
Atau ketika mereka tidak sengaja menyakiti hati seseorang bukan kata maaf yang dilontarkan melainkan, "Baperan banget sih gitu doang padahal."
Jika ponsel kini telah menjadi sebuah smartphone, sebagai usernya kita juga harus bisa lebih pintar lagi apalagi perihal norma sopan santun dalam bermasyarakat. Ingatlah bahwa kata maaf, tolong dan terima kasih merupakan kata sakral yang memiliki makna begitu dalam.
Bagaimana bisa ketiga kata itu bisa menjadi kalimat sakral penuh makna dalam hubungan social?
Yuk kita simak penjelasan 3 Kata Ajaib Penuh Makna : Maaf, Tolong, dan Terima Kasih :

• KATA TOLONG YANG SANGAT BERARTI, KENAPA?

3 Kata Ajaib Penuh Makna : Maaf, Tolong, dan Terima Kasih
Suatu hari ada dua orang yang tengah memerlukan bantuanmu. Orang pertama berkata,"Tolong ambilin buku gue di meja."
Lalu orang kedua berkata seperti ini, "Ambilin buku gue dimeja."
Dengan posisi sebagai penolong, mana kalimat yang membuatmu dihargai? Pastinya kalimat yang diucapkan oleh orang pertama.
Sebagai seorang penolong pasti akan lebih ikhlas dan senang jika ada yang meminta pertolongannya dengan menggunakan kalimat yang santun dan enak didengar. Bukan kalimat yang membuat si penolong merasa dirinya seorang kacung, karena diperintah seenaknya.
Jangan menganggap dengan menggunakan kata tolong berarti kita merendahkan diri. Tidak seperti itu, menggunakan kata tolong berarti kita menghargai dan menghormati orang yang hendak memberi kita bantuan.
Selalulah ingat bahwa kita adalah makhluk social, dimana kita akan selalu membutuhkan pertolongan orang lain. Jika kamu dalam urusan meminta tolong saja tidak baik, apa kamu yakin orang lain mau membantumu ketika sedang kesusahan?

• MAKNA DALAM DIBALIK KATA MAAF.

3 Kata Ajaib Penuh Makna : Maaf, Tolong, dan Terima Kasih
Kalo berbuat salah, ya harus minta maaf. Jangan membela diri apalagi mencibir dengan kalimat, "Alah gini doang. Baperan banget sih!"
Dan entah sejak kapan, ketika kita berbuat salah yang seharusnya mengucapkan kata maaf berubah menjadi ahh kamu baperan. Ckck, sungguh terlalu kalo kata bang Haji Rhoma Irama.
Banyak orang sangat enggan mengucapkan kata maaf, kenapa? Mereka merasa kalah, lemah jika kata itu terlontarkan. Padahal meski kita mengucapkan kata maaf bukan berarti kita lemah, bukan berarti kita kalah pula. Meminta maaf membuat diri kita lebih mulia, karena berani mengakui kesalahan yang kita perbuat. Kita akan lebih banyak belajar dan memperbaiki kualitas diri pula.
Hal lain yang membuat orang enggan meminta maaf adalah rasa takut jika permintaan maafnya tidak diterima. Mari berfikir secara sederhana, entah akan dimaafkan atau tidak biarlah menjadi urusan belakangan, setidaknya kita telah mengucapkan kata maaf.
Kalian perlu tahu, seseorang akan berada di level lebih tinggi jika dia berani mengakui kesalahannya, meminta maaf dengan penuh ketulusan dan menerima kosekuensi atas tindakan yang dilakukannya.

• TERIMA KASIH, DUA KATA YANG BEGITU BERHARGA.

3 Kata Ajaib Penuh Makna : Maaf, Tolong, dan Terima Kasih
Apa sih bentuk penghargaan kepada orang yang telah meluangkan waktunya untuk membantu kita? Materi, barang, piala, piagam atau yang lain? Tidak melulu soal materi, salah satu bentuk simple untuk menghargai bantuan mereka adalah dengan mengucapkan terima kasih.
Kalimat terima kasih memanglah sangat sederhana tapi begitu berharga, karna dengan kalimat itu merupakan bentuk apresiasi kepada seseorang yang telah membantu kita.
Terima kasih tidak hanya dilontarkan ketika kita telah mendapatkan bantuan, ketika kita selesai berbelanja entah di warung atau dimanapun daripada kalian hanya memberikan uang lalu langsung pergi. Alangkah baiknya sebelum pergi kalian mengucapkan terima kasih, kata sederhana itu bisa membuat sang pedagang lebih senang dalam menjajakan dagangannya.

Sobat Zero, sekalipun waktu terus berlalu merubah jaman tetapi jagalah selalu norma-norma dalam hubungan social. Terlebih tiga kalimat diatas, jangan sampai kalian lupakan bahkan ditinggalkan. 

Silahkan dibagikan info ini ya jika bermanfaat
Penulis : Maya

» Thanks for reading 3 Kata Ajaib Penuh Makna : Maaf, Tolong, dan Terima Kasih

0 Response to "3 Kata Ajaib Penuh Makna : Maaf, Tolong, dan Terima Kasih"

Posting Komentar

Komentar anda sangat membantu dan kami akan merespon secepatnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *