Silahkan Bandingkan Harga Kami dengan yang lain! 0877 8185 7176 0877 8186 7176

Serupa Tapi Tak Sama, Ternyata Sinterklas dan Santa Claus itu berbeda loh

Sobat zeropromosi - Hampir semua orang mengenali sosok satu ini, Sinterklass atau kadang orang menyebutnya Santa Clause. Tokoh satu ini sudah sangat melekat dengan perayaan Natal, dia dikenal sebagai sosok yang tambun, berjenggot panjang dengan kostum merahnya. Dia adalah sosok yang suka memberikan hadiah natal pada anak-anak.

Serupa Tapi Tak Sama, Ternyata Sinterklas dan Santa Claus itu berbeda loh
Sebagian orang menganggap jika Sinterklas dan Santa Claus ada sosok orang sama, hanya berbeda pada pengucapannya saja. Tapi tahukah kamu jika sebenarnya Sinterklas dan Santa Claus adalah sosok yang berbeda?

Mereka serupa tapi memiliki kisah sejarahnya masing-masing. Lalu apakah perbedaan antara Sinterklas dan Santa Claus?
Mari kita bahas satu per satu.

DIMULAI DENGAN SINTERKLAS :

Sinterklas adalah sosok yang berasal dari kebudayaan Eropa, tepatnya Belanda
Sinterklas adalah sosok yang berasal dari kebudayaan Eropa, tepatnya Belanda. Tidak heran kalau nama Sinterklas lebih umum didengar di Indonesia ketimbang Santa Claus.
Nama asli dari Sinterklas adalah Santo Nikholas, konon kelahiran Sinterklas dianggap anugerah oleh kedua orang tuanya karena mereka telah menunggu lama kehadiran Nikholas. Sinterklas lahir di kota Patara, dekat laut Mediterania pada 15 Maret 270 Masehi.

Sinterklas tumbuh dengan jiwa sosial tinggi dan religius. Karena itu dia diangkat menjadi Uskup di negeri Myra yang kini daerah tersebut kita sebut dengan negara Turki.
Selama Sinterklas menjalankan tugas, ia dibantu oleh Piet Zwarte atau lebih dikenal dengan nama Piet Hitam. Tugas Piet Hitam ini adalah mendaftar nama anak-anak yang akan mendapat hadiah saat Natal.

Sinterklas dikenal sebagai sosok yang baik hati, begitu dermawan, suka memberikan anak-anak hadiah dan membantu orang-orang miskin disekitarnya. Maka sewaktu ia wafat pada tanggal 6 December 342 Masehi, orang-orang Belanda memperingatinya sebagai salah satu apresiasi kepada Sinterklass atas kebaikan yang dia lakukan.
Figure Sinterklas sendiri digambarkan dengan memakai jubah Uskup, memegang tongkat gembala dan berambut pirang. Tak lupa dengan kendaraannya yaitu seekor kuda putih atau abu-abu.

BAGAIMANA DENGAN SANTA CLAUS?

Sinterklas berasal dari kebudayaan Belanda maka Santa Claus berasal dari tanah Amerika
Jika Sinterklas berasal dari kebudayaan Belanda maka Santa Claus berasal dari tanah Amerika terutama New York yang dulunya bernama New Amsterdam. Dilihat dari nama kota asalnya sudah bisa ditebak jika sosok Santa Claus ini masih terinspirasi dengan sosok Sinterklas yang berasal dari Belanda. Dulu New York adalah kota yang pernah dijajah Belanda.
Santa Claus bukanlah Uskup seperti Sinterklas melainkan sosok kakek tua bertubuh tambun, berjenggot panjang dan selalu menggunakan topi natal yang berasal dari Kutub Utara. Santa Claus juga memiliki suara tawa yang khas.
Kesamaan dari Santa Claus dan Sinterklas adalah mereka sosok dermawan dan selalu berbagi hadiah natal pada anak-anak kecil. Nah, kalau untuk kendaraan Santa Claus sendiri adalah kereta luncur dengan 9 rusa yang menggiringnya, salah satu nama rusa tersebut adalah Rudolf. Santa Claus akan datang pada malam Natal yaitu tanggal 24 December. Dia datang dengan membawa banyak hadiah yang siap dibagikan kepada anak-anak.

Secara garis besar perbedaan antara Sinterklas dan Santa Claus digambarkan sebagai berikut :

Secara garis besar perbedaan antara Sinterklas dan Santa Claus
  1. Perayaan Sinterklas pada tanggal 6 December sedangkan Santa Claus pada tanggal 24 December.
  2. Sinterklas bertubuh kurus memakai jubah uskup dan memegang tongkat gembala. Santa Claus bertubuh gemuk/gempal, berjenggot panjang, memakai topi natal seperti yang kita lihat selama ini.
  3. Sinterklas berasal dari Belanda dengan kendaraan khasnya yaitu kuda putih dan selalu bersama pengawalnya, Piet Hitam. Kalau Santa Claus berasal dari kebudayaan Amerika, dia datang dari kutub utara memakai kereta luncur dengan 9 ekor rusanya. Santa Claus juga diceritakan memiliki peri untuk membantunya menyiapkan segala hadiah natal.

Bagaimana sudah tahu perbedaan antara Sinterklas dan Santa Claus? Dua figur mendunia yang sering dikira sama tetapi berbeda.

Bantu kami untuk mengembangkan website ini dengan cara share artikel ini jika artikel ini bermanfaat

» Thanks for reading Serupa Tapi Tak Sama, Ternyata Sinterklas dan Santa Claus itu berbeda loh

0 Response to "Serupa Tapi Tak Sama, Ternyata Sinterklas dan Santa Claus itu berbeda loh"

Posting Komentar

Komentar anda sangat membantu dan kami akan merespon secepatnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *