Silahkan Bandingkan Harga Kami dengan yang lain! 0877 8185 7176 0877 8186 7176

Fakta Unik Lato-Lato Yang Bikin Pusing Emak-Emak Sampai Dokter !!!

Halo sobat zeropromosi ! Siapa disini yang udah mulai kecanduan main latto-latto ? Atau mungkin kamu justru jadi korban suara latto-latto yang sangat nyaring ? Latto-latto merupakan salah satu mainan tradisional yang kini sedang viral di tanah air, bahkan hampir di banyak tempat dan daerah latto-latto kerap dimainkan oleh anak-anak hingga orang dewasa. Umumnya latto-latto ini banyak dimainkan oleh anak-anak, bahkan terkadang di sepanjang jalan pun kita bisa menemukan anak-anak dengan latto-latto di tangannya. Padahal nyatanya latto-latto ini sendiri cukup sulit dimainkan, untuk memainkannya kita perlu membenturkan dua bandulan latto-latto sampai terdengar bunyi khas "tek tek tek".  Bunyi ini nih yang kadang bikin kepala jadi pusing tuju keliling.

Fakta Unik Lato-Lato Yang Bikin Pusing Emak-Emak Sampai Dokter !!!

Meskipun suaranya bising masih banyak masyarakat yang tertarik untuk mencoba mainan satu ini, harganya pun relatif murah mulai dari 10.000 hingga 20.000. Saking viralnya mainan ini kita bisa menjumpainya dengan mudah dimanapun mulai dari dipinggir jalan bahkan minzer juga menemukan latto-latto di dalam mall lho sobat tapi dengan versi yang lebih mudah dimainnya anak-anak usia balita. Ngomong-ngomong soal mainan viral, minzer mau kasih tau nih beberapa fakta unik latto-latto yang kadang ngeselin tapi ada sisi positifnya juga. 

Biar gak emosi terus ya denger suara “Tek..Tek..Tek..” dari latto-latto, yuk simak fakta unik yang telah minzer rangkum di artikel berikut ini !

Dikenal Dengan Banyak Nama merupakan salah satu fakta unik latto-latto

Dikenal Dengan Banyak Nama merupakan salah satu fakta unik latto-latto

Di Indonesia mainan ini disebut dengan latto-latto yang dimana kata “Latto” sendiri berasal dari bahasa Makassar yakni "lattok" yang menurut Kamus Makassar-Indonesia artinya "detak". Secara terminologi, "lattok" sering digunakan untuk menyebut suara yang muncul ketika dua benda padat saling berbenturan. Nah ini sama dengan penamaan mainan latto-latto yang cara mainnya harus membenturkan kedua buah bola yang telah diikat menjadi satu dengan tali. Selain itu di Amerika Serikat juga terdapat penamaan permainan sejenis yaitu"clackers" atau "(benda) pengetak." Ada juga yang menamai permainan ini dengan nama tok-tok, kato-kato, bolas, Calcinatello dan lainnya. Jadi di setiap daerah dan Negara juga punya nama yang berbeda untuk latto-latto ni sobat.

Bukan Mainan Asli Indonesia merupakan salah satu fakta unik latto-latto

Bukan Mainan Asli Indonesia merupakan salah satu fakta unik latto-latto

Meskipun latto-latto banyak dimainkan di Indonesia dan berasal dari kosa kata daerah di Indonesia, ternyata latto-latto bukan mainan asli Indonesia lho sobat. Latto-latto itu sendiri berasal dari Amerika Serikat sekitar tahun 1960-an dan popular pada tahun 1970 dengan nama Click Clacks atau Clackers Ball Toys yang dimainkan dengan cara yang sama seperti latto-latto, hanya saja ukuran tali/benang nya lebih tebal daripada benang latto-latto di Indonesia.

Sejarah Latto-Latto Cukup Mengerikan merupakan salah satu fakta unik latto-latto

Sejarah Latto-Latto Cukup Mengerikan merupakan salah satu fakta unik latto-latto

Mungkin kamu bertanya-tanya bagaimana bisa latto-latto tiba-tiba viral dan bagaimana sejarahnya. Jika sebelumnya sudah diketahui asal latto-latto, kamu juga perlu tahu bahwa ternyata sejarah latto-latto ini cukup mengerikan dimana awalnya permainan ini sampai memakan korban. Waduuh kok bisa ya mainan anak-anak memakan korban jiwa ? Hal ini bisa terjadi karena awalnya bola pada latto-latto terbuat dari kaca temper dimana hal ini membuat sifatnya bisa pecah saat dimainkan dan serpihan kacanya tentu berbahaya hingga bisa menimbulkan cedera. Karena hal ini pemerintah Amerika Serikat akhirnya melarang penjualan permainan latto-latto di negaranya. Namun beberapa tahun kemudian ada perusahaan yang membuat kembali permainan ini tapi dengan material yang lebih aman berupa plastik. Hingga sekarang permainan ini terbuat dari plastik dan aman dimainkan oleh siapa saja termasuk anak-anak.

Suaranya Bikin Emak-Emak dan Dokter Naik Darah merupakan salah satu fakta unik latto-latto

Suaranya Bikin Emak-Emak dan Dokter Naik Darah merupakan salah satu fakta unik latto-latto

Latto-latto sebenarnya mulai masuk ke Indonesia pada tahun 1990, namun viral kembali pada akhir tahun 2022 lalu karena banyak yang mengupload video memainkan permainan ini ke social media. Sebenarnya latto-latto memiliki sisi positif untuk anak-anak sehingga mereka bisa mengurangi intensitas bermain gadget. Tapi ya emang sih sisi negatifnya anak-anak jadi gak kenal waktu dan tempat untuk bermain latto-latto sampai-sampai ada juga nih viral di sosmed dokter yang terganggu karena suara latto-latto. Keluhan dokter ini di unggah melalui akun social media twitter dimana sang dokter mengatakan bahwa suara latto-latto terlalu kencang melebihi suara sang dokter sehingga mengganggu dokter ketika memberikan penjelasan kepada pasien. Bahkan sang dokter mengatakan suara khas latto-latto bikin iaa naik darah. Ya pasti ganggu banget ya sobat, soalnya latto-latto dimainkan di dalam rumah sakit yang jelas-jelas tidak boleh ada suara bising. Wah kalau ada yang sakit gigi si bisa di kejar-kejar tuu bocil hahah. (Kalau suara latto-latto terlalu keras, kamu bisa berikan souvenir hadiah anak-anak berupa
hand clapper/ kipas tangan unik seperti ini yang bisa dijadikan mainan sekaligus kipas praktis)

Ternyata Punya Banyak Manfaat merupakan salah satu fakta unik latto-latto

Ternyata Punya Banyak Manfaat merupakan salah satu fakta unik latto-latto

Sobat zero sendiri sudah mencoba bermain latto-latto atau mungkin jadi korban suara latto-latto seperti beberapa masyarakat yang mengeluh di social media? Eits biarpun suaranya bikin pusing, ternyata latto-latto punya banyak manfaat lho terutama untuk perkembangan sensorik dan motorik anak karena saat bermain latto-latto sang pemain perlu konsntrasi dan fokus agar bola dapat memantul dengan baik dan tetap bergerak dalam waktu lama. Bahkan bermain latto-latto juga bisa melatih kesabaran pemain yang kebanyakan adalah anak-anak,  hal ini membuat latto-latto juga punya manfaat untuk membantu perkembangan sensorik dan motorik anak. (Agar anak-anak bisa melatih fokus lebih baik lagi pastikan kebutuhan air nya sudah tercukupi,
berikan TumblerT88 custom cantik untuk anak yang bisa kamu dapatkan di Zeropromosi)

Sobat, itulah beberapa fakta unik permainan latto-latto yang tengah viral di Indonesia. Kira-kira kamu bisa gak nih main latto-latto seperti lord Arnold ? :D Kamu bisa dapatkan mainan ini di berbagai marketplace bahkan kamu juga bisa menemuinya dengan mudah ditepi-tepi jalan. Meskipun suaranya bising ternyata banyak hal positif yang bisa kita dapatkan dari permainan ini.

Demikian artikel mengenaik fakta unik latto-latto yang sedang viral, semoga bermanfaat untuk sobat zeropromosi ya. Dapatkan juga aneka macam souvenir berkualitas dengan harga terjangkau di Zeropromosi. Klik disini untuk dapatkan souvenir mu !

» Thanks for reading Fakta Unik Lato-Lato Yang Bikin Pusing Emak-Emak Sampai Dokter !!!

2 Responses to "Fakta Unik Lato-Lato Yang Bikin Pusing Emak-Emak Sampai Dokter !!!"

  1. Main lato lato sebenernya seru min, tapi bikin pusing denger suaranya
    Ada ga yang model ga ada suaranya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. harusnya ada ya kak. kan skg uda zaman kreatif . wkkkk

      Hapus

Komentar anda sangat membantu dan kami akan merespon secepatnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Klien Kami